me

Resep Sarden Kaleng yang Lezat dan Mudah Disiapkan

May 08, 2024.By
Bagikan

Ini dia resep sarden kaleng yang anti ribet.

Resep Sarden Kaleng — Kamu dan keluarga suka banget menyantap sarden kaleng yang rasanya gurih tapi nggak punya banyak waktu buat masak? Tenang saja, ada banyak varian resep sarden kaleng yang cara membuatnya nggak sulit, kok. Buat yang suka menyantap terong dan petai, bisa coba resep sarden terong balado di bawah ini. Yuk, langsung cek apa saja bahan dan alat-alat yang dibutuhkan sebelum mulai masak. 

Baca juga: 39 Ide Menu Buka Puasa yang Wajib Kamu Coba (Updated 2024)

Promo Bliblimart THR

Bahan dan Alat yang Dibutuhkan

Bahan Utama

Sarden terong balado membutuhkan bahan utama dan bahan untuk bumbu ulek. Ini dia bahan-bahan utama yang perlu kamu siapkan:

  • Sarden kaleng ukuran kecil 2 
  • Terong 2 buah, dipotong-potong
  • Petai 2, kupas 
  • Cabai rawit merah 7, iris menyerong
  • Bawang bombai 1, iris-iris
  • Daun jeruk 3 lembar, iris tipis.

Sedangkan bahan untuk bumbu uleknya yang harus diulek kasar adalah:

  • Cabai rawit merah 5
  • Cabai merah keriting 10
  • Bawang merah 6 siung.

Alat-alat yang Diperlukan

Selain bahan-bahan di atas, pastikan di dapur Blibli Friends juga sudah siap peralatannya. Alat-alatnya simpel kok, mungkin kamu sudah punya semuanya di dapur, jadi tinggal disiapkan dan dicuci saja sebelum dipakai. Ini dia daftar alat-alat untuk membuat sarden terong balado:

  • Pisau
  • Talenan
  • Cobek dan ulekan
  • Panci penggorengan (saute pan)
  • Spatula anti lengket
  • Piring saji. 

Cara Membuat Sarden Terong Balado

Sudah siap semua bahan dan alat-alatnya? Langsung saja mulai masak. Ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

  1. Ulek semua bahan ulek dengan kasar, nggak perlu sampai halus
  2. Tumis bumbu ulek hingga harum
  3. Tambahkan daun jeruk dan tumis sebentar hingga harumnya daun jeruk keluar
  4. Terong dan petai yang sudah dipotong-potong dimasukkan ke dalam tumisan
  5. Lanjutkan dengan memasukkan sarden kalengan
  6. Aduk rata semua bahan
  7. Tambahkan garam, irisan cabai rawit dan bawang bombay, aduk kembali hingga rata
  8. Angkat sarden kaleng dan bumbunya, sajikan di piring saji
  9. Tunggu hingga nggak terlalu panas, dan hidangan sarden terong balado pun sudah siap disajikan.

Tips Membuat Sarden Terong Balado

Rentang Harga: Rp 21.000 – Rp 23.000

Kalau kamu dan keluarga suka banget dengan cita rasa yang pedas, bisa pilih sarden kalengan yang memang bumbunya sudah pedas. Seperti Maya Sarden Saus Cabe Makanan Kaleng [425 g] yang dihadirkan dengan saus pedas. Lalu tambahkan lagi dengan cabai pas diolah biar makin pedas!

Selain itu, kalau mau mengolah sarden kalengan ada beberapa hal yang harus Blibli Friends perhatikan. Supaya cita rasa sarden makin nikmat, yuk perhatikan beberapa tips penting berikut ini:

1. Membuka Tutup Kaleng Biar Aman

freepik.com

Dulu membuka makanan kalengan bisa cukup merepotkan, karena teknologinya belum secanggih sekarang. Kalau kita salah sedikit saja, jari tangan kita bisa terluka. Sekarang sih kita nggak perlu kuatir ini terjadi, asalkan sudah tahu cara membuka kaleng makanan yang benar. Biasanya sarden kalengan jaman sekarang sudah dilengkapi dengan sistem yang sama. 

Caranya gampang banget, Tarik tuas kemasan kaleng sampai tutupnya terbuka sedikit saja. Nah, kalau diteruskan, tutup bakal sulit terbuka. Ada cara mudahnya, yaitu putar tuasnya. Secara otomatis, tutup kaleng sarden bakal terbuka secara sempurna. Dan kita bisa langsung mengangkat tutupnya. Jadi nggak perlu pakai tenaga yang berlebihan dan pakai banyak alat untuk membuka kaleng. 

2. Nggak Perlu Dipanaskan Kalau Mau Diolah Lagi

Baru pertama kali mengolah sarden kalengan dan bertanya-tanya, sebenarnya di dalam kaleng itu isinya ikan sarden mentah atau matang? Jawabannya, sarden kalengan sudah dalam keadaan matang. Biasanya di dalamnya sudah lengkap dengan minyak, saus tomat dan berbagai bumbu lainnya. Meski begitu, tentu rasanya bakal kurang enak kalau langsung dimakan begitu saja setelah kalengnya dibuka. 

Bagi yang nggak mau repot-repot masak, cukup keluarkan sarden dan panaskan saja. Kamu bisa memanaskannya dengan penggorengan, tanpa perlu tambahan minyak lagi. Bisa juga panaskan sarden di dalam microwave. Caranya tempatkan sarden ke dalam mangkok tahan panas dan panaskan sebentar ke dalam microwave. Setelah itu, sarden sudah bisa langsung disantap. 

Sementara kalau mau diolah lagi, seperti resep sarden terong balado di atas, sarden nggak perlu dipanaskan dulu. Langsung saja dimasak dengan tambahan bumbu dan bahan-bahan yang baru. Setelah itu baru disajikan. 

3. Masak Tanpa Saus di Kalengnya

Biasanya sarden kalengan bumbunya menggunakan saus tomat yang rasanya nggak pedas, supaya cocok dengan semua lidah, walau sekarang ada juga yang menyajikan sarden kalengan pedas. Nah, alau kamu kurang suka dengan rasa bumbu di dalam kaleng, kamu bisa kok mengolahnya lagi tanpa saus jadinya.

Begitu kaleng sarden dibuka, keluarkan ikan sardennya saja dari dalam kaleng. Sebisa mungkin jangan menyendok sausnya terlalu banyak. Setelah itu, kamu bisa menyiapkan bumbu sendiri yang lebih sesuai dengan seleramu dan keluarga. Biasanya rasa saus aslinya nggak terlalu kuat, apalagi kalau kamu menambahkan bumbu-bumbu kuat seperti cabai dan bawang putih, rasa aslinya bakal hilang. 

4. Potong Ikan Sarden Sesuai Selera

Potongan ikan sarden kalengan biasanya cukup panjang, tapi nggak terlalu besar. Jadi tanpa dipotong pun, sebenarnya sudah layak untuk disajikan di atas piring saji. Mungkin saja Blibli Friends mau menyajikan olahan ikan sarden kalengan untuk anak-anak, yang lebih suka makan dalam potongan kecil, ikan sarden bisa dipotong-potong dulu sebelum disajikan. 

5. Cara Menyimpan Sarden Kalengan Biar Awet

freepik.com

Kalau kaleng sudah dibuka, sebaiknya sarden cepat disantap atau diolah. Soalnya kalau kaleng sudah terbuka, masa simpannya otomatis jadi lebih pendek. Kalau kamu mau menyimpan sarden dalam waktu lama, untungnya ada solusinya. 

Cukup siapkan wadah makanan bersih yang penutupnya rapat. Pindahkan isi sarden kaleng ke dalam wadah tersebut dan tutup wadahnya rapat-rapat. Setelah itu, simpan di dalam kulkas. Jangan sampai wadah ini terkena sinar matahari, karena bisa cepat busuk dan nggak layak santap lagi. 


Baca juga: Resep Coto Makassar, Kuahnya Segar Bikin Nagih!

Selain resep sarden kaleng di atas, Blibli Friends bisa mengolahnya menjadi berbagai hidangan lezat lainnya. Sudah dibumbui, jadi mengolah sarden kaleng sebenarnya relatif mudah. mau menghadirkan hidangan lezat di atas meja makan untuk seluruh keluarga jadi lebih mudah. Yuk, langsung saja dapatkan sarden kaleng di Bliblimart.

Pasti untung belanja di Bliblimart! Produknya segar dan kualitasnya terjamin, pengemasannya rapi dan aman, kondisi makanan terjamin sampai di alamat tujuan. Pengirimannya pun pasti cepat. Kalau belanja Rp 100.000, dapat promo cashback, lho!

Tag: