me

Resep Kastengel Keju Kraft yang Premium, Dijamin Renyah!

Apr 18, 2024.By Blibli Friends
Bagikan

Ini dia resep kastengel keju Kraft yang lezat!

Resep Kastengel Keju Kraft — Kastengel sudah jadi kue wajib di Hari Lebaran. Tahu nggak sih, kastengel itu adalah peninggalan kolonial Belanda yang disuka banget oleh orang Indonesia? Dulunya kastengel cuma ada di rumah pribumi yang punya kedudukan dan orang Belanda yang berkedudukan tinggi juga. Yuk, temukan resep kastengel keju Kraft yang bisa Blibli Friends buat sendiri di rumah berikut ini. 

Baca juga: Menu Kue Kering Lebaran Kekinian

Supermarket Online BLM


Bahan dan Alat yang Dibutuhkan

Bahan Utama

Kata orang, kalau buat kue itu selain harus sesuai resep dan harus teliti, bahannya juga jadi poin penting. Bahan yang terbaik nggak bakal salah, karena hasilnya pasti enak. Sementara kalau kualitas bahannya kita turunkan, biasanya rasanya jadi kurang enak juga. Nah, untuk resep kastengel keju kraft, ini dia bahan-bahan yang harus kamu siapkan:

Bahan Topping

  • Keju parut secukupnya
  • Telur 1 butir, dikocok lepas.

Alat-alat yang Diperlukan

Jangan lupa siapkan juga alat-alat untuk membuat kastengel. Ini dia peralatannya:

  • Parutan keju
  • Pengocok telur
  • Wadah untuk mencampur adonan
  • Mixer
  • Spatula
  • Ayakan tepung
  • Gilingan adonan kue
  • Loyang kue
  • Kuas pengoles 
  • Oven
  • Toples

Cara Membuat Kastengel Premium

Semua bahan-bahan dan alat sudah siap? Yuk, langsung buat kastengel dengan langkah-langkah di bawah ini:

  1. Masukkan margarin Wijsman, Anchor butter dan gula halus ke dalam wadah
  2. Nyalakan mixer dan campur ketiga bahan di atas selama sekitar 2 menit atau sampai adonan jadi creamy
  3. Tambahkan kuning telur dan bubuk vanila, aduk sebentar hingga rata
  4. Sisihkan mixer
  5. Masukkan susu bubuk dan keju ke dalam adonan tadi dan aduk hingga rata tanpa mixer, cukup gunakan spatula saja
  6. Setelah rata, masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit dengan cara diayak di atas adonan
  7. Aduk rata adonan dengan tepung
  8. Setelah itu, pipihkan adonan dengan gilingan hingga tebalnya mencapai sekitar 0.5 cm
  9. Cetak adonan sesuai selera
  10. Siapkan loyang yang sudah diolesi dengan mentega 
  11. Susun adonan yang sudah di cetak di atas loyang
  12. Oles bagian atas adonan dengan telur dan taburi dengan keju parut
  13. Panaskan oven dengan temperatur hingga 150 derajat Celcius untuk api atas dan bawah, sekitar 10 menit
  14. Masukkan loyang ke oven dan panggang kue selama 1 jam, bisa dicek setelah sekitar 40 menit tingkat kematangannya
  15. Setelah matang, diamkan kastengel hingga dinginnya sama dengan suhu ruangan
  16. Masukkan ke dalam toples dan tutup rapat atau bisa langsung disajikan. 

Tips Membuat Kastengel Premium

KRAFT CHEESE CHEDDAR BLOCK 165 GR - KEJU

Rentang Harga: Rp 19.000 – Rp 21.000 

Supaya rasa kastengel buatanmu gurih dan terasa banget kejunya, pastikan kamu pakai KRAFT CHEESE CHEDDAR BLOCK 165 GR – KEJU, yang terbuat dari keju Cheddar asli yang berkualitas tinggi. Tekstur keju ini lebih lembut dan rasa kejunya gurih, lebih berasa! Pastinya jeu Kraft kaya akan kandungan gizi seperti kalsium, karbohidrat, zat besi, protein dan lemak. Baik untuk anak-anak maupun dewasa.

Selain itu, ada beberapa hal yang wajib kamu perhatikan pas bikin kastengel sendiri di rumah supaya hasilnya nggak bikin kecewa. Apa saja sih? Yuk simak beberapa tips membuat kastengel premium berikut ini biar puas dengan kue buatan sendiri:

1. Pastikan Memilih Tepung Berprotein Rendah

Buat yang sudah pro bikin kue, pasti sudah tahu banget bedanya terigu yang satu dan yang lain dan apa saja fungsinya. Nah, khusus untuk kastengel, kita mau hasil yang renyah dan bisa tahan lama renyahnya. Tepung terigu yang paling cocok adalah yang berprotein rendah. 

Kenapa sih harus pakai tepung berprotein rendah? Soalnya jenis tepung ini bakal bikin kue jadi renyah banget dan dijamin tahan lama kalau kita menyimpannya dengan benar. Yang pasti, tepung harus diayak seperti cara di atas.

2. Kualitas Keju Harus Bagus

‘Kaas’ dalam bahasa Belanda artinya keju dan kita tahu kastengel memang identik dengan rasa kejunya yang selalu bikin kangen. Kalau Blibli Friends pernah merasakan kastengel yang harganya mahal dan yang murah, pasti bisa langsung membedakan rasa kejunya. 

Kualitas keju yang baik pasti hasilnya super enak, jadi disarankan untuk nggak mengganti kualitas keju dengan yang harganya jauh lebih rendah. Kalaupun diganti, tetap pilih yang berkualitas supaya rasa kejunya benar-benar terasa. Biasanya untuk adonan digunakan keju Edam dan Parmesan, sedangkan untuk topping, bisa pakai keju Cheddar.

3. Cetakan Harus Sama

Ada yang suka mencetak kastengel pakai cetakan biar nggak ribet, tapi ada juga yang lebih suka manual biar terlihat klasik kastengel banget. Nah, kalau Blibli Friends menggunakan cetakan, nggak perlu kuatir soal ukurannya, karena pasti bakal sama. Sementara buat yang mencetak manual, harus memastikan ukurannya sama. 

Apa alasannya? Ternyata tujuan ukuran sama adalah supaya matangnya bisa lebih merata. Jadi begitu diangkat dari oven, semua kastengel pasti rasanya sama, renyahnya sama. Jadi nggak ada kue yang matangnya sempurna, sementara yang lain ternyata masih kurang matang atau bahkan gosong. 

4. Olesi Lagi dengan Kuning Telur Pas Setengah Matang

Sebelum dimasukkan ke dalam oven, bagian atas kue pasti diolesi dengan kuning telur dan ditaburi keju. Nah, ternyata ada satu tips yang bikin tampilan kastengel jadi makin menarik. Jadi dalam keadaan setengah matang, keluarkan dulu loyang dan olesi lagi dengan telur.

Step ini ternyata punya dua manfaat. Yang pertama, supaya tampilan kastengel jadi lebih menarik dan yang kedua supaya permukaan kastengel jadi nggak gampang gosong. jadi begitu matang, tampilannya tetap oke. 

5. Gunakan Toples yang Kedap Udara

Penting banget menyimpan kastengel di wadah kedap udara, soalnya ini bakal bikin kastengel rumahan kita jadi lebih tahan lama. Meski sudah disimpan 1 minggu lebih pun, rasanya tetap renyah seperti waktu baru pertama kali dipanggang!


Baca juga: 5 Kumpulan Resep Kue Kering Lebaran Lengkap

Itu dia resep kastengel keju kraft premium yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Langsung saja dapatkan bahan-bahannya seperti Keju Kraft dan lain sebagainya di Bliblimart. Selain itu, banyak banget bahan kue lainnya seperti tepung Maizenaku dan baking powder yang pasti berguna banget buat bikin kue Lebaran. Pokoknya, pasti untung belanja di Bliblimart!

Tag: