me

Resep Es Kelapa Muda, Sajian Buka Puasa yang Segar dan Nikmat

May 08, 2024.By
Bagikan

freepik.es/edgunn
Cari tahu resep es kelapa muda yang enak dan segar, yuk!

Es kelapa muda merupakan salah satu jenis minuman yang memiliki cita rasa segar dan manis. Kamu bisa membeli es kelapa muda ini dengan mudah karena banyak penjual yang menyediakannya. Namun, ternyata es kelapa muda ini bisa kamu buat sendiri di rumah dengan mudah dan praktis lho. Saat membuatnya sendiri di rumah, kamu dapat melakukan variasi bahan di dalamnya. 

Ingin tahu bagaimana resep es kelapa muda yang segar dan nikmat? Tenang saja, pada artikel ini akan dibahas mengenai resep es kelapa muda yang mudah untuk dibuat. Ada dua resep varian es kelapa muda pada artikel di bawah ini. Penasaran bagaimana resepnya? Yuk, simak informasinya berikut ini. 

Baca juga :


Resep Es Kelapa Muda Melon

Resep Es Kelapa Muda Melon
diadona.id

Perpaduan buah yang segar bisa menjadi salah satu hal yang bisa kamu lakukan untuk menciptakan resep es yang segar. Jika kamu bosan dengan resep es kelapa muda yang itu-itu saja, maka memadukannya dengan buah melon bisa jadi pilihan yang tepat. Es kelapa muda melon adalah salah satu resep minuman yang menyegarkan dan cocok digunakan untuk sajian buka puasa. 

Penasaran dengan bagaimana resep es kelapa muda melon? Simak bagaimana cara membuatnya berikut ini, yuk!

Bahan-Bahan

  • 1 buah kelapa, kerok bagian dagingnya saja
  • 1 buah melon ukuran sedang
  • Es batu secukupnya
  • Sirup rasa buah melon

Cara Membuat 

  • Potong bagian 1/3 atas buah melon kemudian kerok membentuk koktail bulat
  • Sisihkan daging buah melon tersebut ke wadah lainnya
  • Bagian 2/3 buah melon tersebut bisa kamu jadikan sebagai wadah es 
  • Tuangkan sirup melon ke bagian buah melon yang sudah dijadikan sebagai wadah saji
  • Setelah itu, tambahkan bagian daging kepala yang sudah dikerok sebelumnya
  • Tambahkan pula daging buah melon yang sudah dibentuk koktail bulat
  • Jangan lupa tambahkan es batu dan sedikit air untuk membuat es kelapa muda melon yang nikmat
  • Es kelapa muda melon pun sudah siap disantap

Resep Es Serut Kelapa Muda

Resep Es Serut Kelapa Muda
freepik.com

Apakah Blibli Friends suka dengan sajian es serut? Kamu bisa membuat es serut kelapa muda yang segar dan pastinya enak. Apalagi jika ditambah bahan lain yang membuat rasa es ini semakin segar, misalnya dengan menambahkan tapai ketan hitam. Ingin tahu bagaimana resep lengkapnya untuk membuat es serut kelapa muda? Simak informasinya di bawah ini, yuk!

Bahan-Bahan

  • 1 buah kelapa muda, ambil dagingnya
  • 300 gram tapai ketan hitam
  • 100 gram biji Mutiara
  • 200 ml sirup merah
  • Es serut secukupnya
  • ¼ sdt garam
  • 200 ml susu kental manis

Cara Membuat

  • Buka kemasan biji mutiara lalu rebus isinya sampai matang, lalu masukkan ke dalam air dingin
  • Masukkan sirup merah, garam, dan serutan daging kelapa muda ke dalam es serut
  • Siapkan gelas saji yang akan digunakan untuk membuat es ini
  • Pada gelas saji tersebut, masukkan tapai ketan hitam, tapai ketan hitam, dan es serut ke dalamnya
  • Tambahkan susu kental manis di bagian atas
  • Es serut kelapa muda pun siap disajikan

Tips Membuat Es Kelapa Muda

Tips Membuat Es Kelapa Muda
freepik.com/kristantitanti

Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan sebelum membuat es kelapa muda. Penasaran bagaimana tips dalam membuat es kelapa muda? Yuk, simak informasinya berikut ini. 

Pilih Buah Kelapa yang Bagus

Salah satu komponen penting yang ada pada resep ini adalah buah kelapa. Jika kamu memilih buah kelapa yang kurang bagus, maka hal itu akan berpengaruh terhadap cita rasa dari sajian es ini. Memilih es buah kelapa bisa dilakukan dengan cukup mudah. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah perhatikan umur kelapa. 

Saat membeli buah kelapa, pastikan untuk memilih buahnya yang nggak terlalu tua dan nggak terlalu muda. Kamu bisa menanyakan kepada penjual untuk memastikan jika kelapa yang dibeli sudah sesuai dan bagus untuk dibuat es. Selain itu, pilihlah kelapa yang memiliki bobot yang terasa berat karena bobo ringan bisa menandakan jika kelapa itu kurang segar. 

Hal lain yang bisa kamu lakukan saat memilih buah kelapa bagus adalah dengan mengguncangkan kelapa muda lalu dengarkan suara air di dalamnya. Jika terdapat suara gemericik artinya kelapa muda masih segar dan memiliki banyak air. 

Jangan Menambahkan Terlalu Banyak Gula

Es yang memiliki cita rasa manis memang sangat diminati apalagi saat momen buka puasa. Namun, cita rasa es yang terlalu manis juga nggak terlalu disarankan. Pasalnya, rasa manis yang berlebihan akan membuat rasa es jadi membosankan, sehingga gampang eneg. Apalagi minuman yang terlalu manis juga nggak baik untuk kesehatan. 

Jika memungkinkan, gunakan gula yang lebih aman untuk kesehatan tubuh, misalnya gula rendah kalori atau gula aren. Blibli Friends juga bisa menggunakan cita rasa manis dari buah-buahan yang digunakan sebagai salah satu bahan saat hendak membuat es kelapa muda tersebut. Hal ini dilakukan agar rasa manis di es kelapa muda tetap baik untuk kesehatan tubuh. 

Variasi dengan Berbagai Bahan

Ingin membuat sajian es kelapa muda yang unik dan Istimewa? Alih-alih membuat es kelapa muda secara sederhana, kamu bisa menggunakan variasi bahan-bahan lain untuk membuat es tersebut terlihat lebih menarik. Ada banyak bahan-bahan yang bisa digunakan untuk membuat es kelapa muda yang menarik dan tentu lebih terlihat Istimewa. 

Misalnya, kamu bisa menambahkan biji mutiara di sajian es kelapa muda sesuai dengan resep di atas. Penambahan beraneka ragam buah pun bisa dilakukan untuk membuat sajian es kelapa muda jadi terlihat lebih enak dan menyegarkan. Selain mampu membuat cita rasa es kelapa muda jadi lebih enak, variasi bahan juga bisa membuat tampilan es kelapa muda jadi lebih menyenangkan. 

Sajikan di Wadah yang Menarik

Salah satu hal penting saat proses pembuatan es kelapa muda adalah pilih wadah yang menarik. Sajian es kelapa muda bisa terlihat lebih Istimewa jika kamu memilih wadah yang menarik. Salah satu saran penyajian es kelapa muda yang bisa kamu pilih adalah dengan menggunakan bagian dari buah melon. 

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan wadah mangkok besar cantik atau wadah dari kayu untuk membuat tampilan es kelapa muda jadi lebih menarik. 


Baca juga :

Itulah beberapa resep es kelapa muda yang bisa kamu tiru. Ingin membuat es kelapa muda yang enak? Beli semua bahannya di Blibli saja. Semua kebutuhan sehari-hari bisa kamu dapatkan dengan harga terjangkau di Supermarket Online Blibli. Ada banyak produk berkualitas dengan harga terjangkau yang bisa kamu dapatkan di Blibli. Yuk, segera belanja di Blibli sekarang juga!

Tag: