me

5 Rekomendasi Tablet Murah, Mana yang Paling Menggiurkan?

Feb 12, 2023.By Jarvis
Bagikan

mynexttablet.com

Selain smartphone, tablet juga menjadi salah satu jenis perangkat yang digandrungi oleh masyarakat. Tablet sendiri merupakan persilangan antara smartphone dan laptop sehingga ukuran layarnya relatif lebih lebar. Umumnya, tablet mempunyai ukuran di atas 7 inci sehingga sering dimanfaatkan untuk keperluan hiburan seperti menonton film atau drama. 

Di awal kehadirannya, tablet hanya mengedepankan fungsi multimedia dan tidak bisa digunakan untuk telepon atau SMS. Seiring meningkatnya minat masyarakat, tablet kini sudah dibekali dengan berbagai fitur canggih untuk memenuhi kebutuhan penggunanya. Sekarang pun sudah ada banyak brand yang menawarkan rekomendasi tablet murah dengan kualitas terbaik.

Baca juga: Cara Melihat Seri Laptop HP, Jangan Sampai Salah Lho!


Samsung Galaxy Tab A7 Lite

thedailyguardian.com

Rekomendasi pertama datang dari brand Samsung yang sudah sangat terkenal dengan kualitas dan keawetan produk-produknya. Samsung Galaxy Tab A7 Lite dijual dengan harga terjangkau namun tetap mengusung fitur yang premium. Tablet besutan Samsung ini hadir dengan layar LCD 8,7 inci beresolusi 800 x 1.340 piksel. Dapur pacunya ditenagai oleh chip canggih MediaTek Helio P22T.

Di punggungnya terdapat kamera beresolusi 8 MP yang mampu menghasilkan gambar tajam dan jernih. Sedangkan kamera depannya hadir dengan resolusi 2 MP. Dilengkapi RAM 3 GB dan penyimpanan internal 32 GB yang dapat diekspansi dengan kartu microSD hingga 1 TB. Sedangkan software-nya menggunakan sistem operasi Android 11 yang dilapisi dengan antarmuka One UI 3.1.

Kapasitas baterainya terbilang cukup besar, yaitu 5.100 mAh dengan dukungan teknologi adaptive fast charging 15 W. Dibekali pula dengan audio jack 3,5 mm, Wi-Fi 5, Bluetooth 5.0, Face Recognition, Samsung Knox, dan beberapa fitur canggih lainnya. Menariknya lagi, ada fitur Samsung Kids yang bisa kamu manfaatkan untuk mengawasi penggunaan tablet oleh anak-anak.

Tablet Samsung yang rilis pada Juni 2021 ini juga sudah dilengkapi dengan sensor accelerometer, compass, dan light sensor. Tersedia dalam warna gray dan silver, tablet ini bisa kamu miliki dengan harga sekitar Rp2 jutaan saja.

HUAWEI MatePad SE 10.4″ Tablet

mynexttablet.com

Huawei menghadirkan pilihan tablet terbaru yang rilis pada November 2022 lalu. Huawei MatePad SE 10.4 hadir dengan desain yang kalem dan minimalis. Bodinya pun cukup tipis dengan berat hanya 440 gram sehingga gampang banget buat dibawa ke mana-mana. Karena sangat ringan dan ringkas, tablet ini bisa kamu gunakan sebagai daily driver yang memberikan kenyamanan maksimal.

Tablet ini hanya hadir dalam satu varian warna saja, yaitu Graphic Black. Sesuai dengan namanya, tablet ini hadir dengan layar berukuran 10.4 inci berpanel 2K. Setiap pengguna akan dimanjakan dengan kualitas multimedianya yang super jernih dan nyaman di mata. Bahkan, perangkat ini juga mendukung TV Low Blue Light dan Flicker Free yang mampu memberikan proteksi tambahan untuk pengguna. 

Tak hanya itu, tablet ini mengusung chipset garang Qualcomm Snapdragon 680 yang suportif untuk membuka berbagai aplikasi berat. Untuk memaksimalkan performanya, Huawei menawarkan beberapa opsi RAM dan penyimpanan internal untuk tabletnya. Adapun pilihannya adalah 3/32 GB, 4/64 GB, dan 4/128GB, bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan.

Tablet ini dibekali kamera belakang dengan lensa 5 MP yang dapat merekam video hingga FHD 1080p. Sedangkan kamera depannya beresolusi 2 Mp yang dengan kualitas vieo HD 720p. Kalau tertarik, siapkan uang sekitar Rp2,8 jutaan buat mendapatkannya.

Xiaomi Pad 5

techadvisor.com

Rekomendasi tablet murah yang selanjutnya adalah Xiaomi Pad 5 yang desainnya tampak serupa dengan iPad Pro besutan Apple. Pasalnya, keempat sudutnya tampak rata dan menyiku, nggak melengkung atau membulat seperti tablet pada umumnya. Tablet yang dirilis pada September 2021 ini menghadirkan layar IPS LCD beresolusi WQHD Plus seluas 11 inci.

Untuk sektor fotografinya, tablet ini dilengkapi dengan satu kamera belakang beresolusi 13 MP. Sedangkan kamera depannya hadir dengan resolusi yang juga cukup besar, yaitu 8 MP.  Performanya sangat handal berkat otak chip Snapdragon yang ditanam di balik casing-nya. Disandingkan dengan RAM 6 GB dan memori internal 256 GB yang dapat menyimpan banyak data penting.

Spesifikasi lain dari tablet Xiaomi ini adalah dibekali dengan baterai berkapasitas jumbo, 8.720 mAh. Dilengkapi dengan fitur pengisian daya cepat 22,5 W yang sangat menakjubkan. Tablet ini hadir dalam pilihan warna Cosmic Gray dan Pearl White. Untuk harganya saat ini di pasaran adalah mencapai Rp5 jutaan.

iPad Air (Generasi ke-5)

slashgear.com

Nggak mau kalah dari kompetitornya, Apple resmi memboyong tablet terbaru ke pasar Indonesia, yaitu iPad Air 5. Tablet canggih ini sudah dipasarkan di Indonesia sejak Mei 2022 lalu. Generasi terbaru ini tentu saja mendapatkan sejumlah peningkatan. Mulai dari aspek kamera, prosesor, hingga dukungan jaringan 5G super kencang.

Pada bagian layarnya, iPad Air 5 menggunakan panel Liquid Retina 10,9 inci dengan resolusi 2.360 x 1.640 piksel. Layarnya memiliki kerapatan 264 ppi dengan tingkat kecerahan cahaya hingga 500 nits. Yang paling menarik adalah kamera depan iPad ini mempunyai resolusi sebesar 12 MP. Sehingga mampu memberikan pengalaman terbaik untuk selfie dan video call.

Dilengkapi dengan fitur Center Stage yang memungkinkan pengguna agar tetap berada di tengah layar saat melakukan panggilan telekonferensi atau video call. Sedangkan kamera belakangnya mempunyai resolusi 12 MP yang nggak kalah jernih. Kamu bisa memiliki tablet ini dengan harga mulai Rp11 juta – Rp17 jutaan tergantung varian memori yang dipilih.

Advan Tab Sketsa 2

grid.id

Rekomendasi selanjutnya adalah brand lokal yang kualitasnya tak patut diragukan, yaitu Advan Tab Sketsa 2. Tablet ini hadir dengan kapasitas penyimpanan yang cukup besar, yaitu RAM 4 GB dan ROM 64 GB.  Untuk membantu produktivitas pengguna, tablet ini sudah dilengkapi dengan aksesori stylus dan keyboard magnetis yang nggak perlu dibeli secara terpisah.

Nggak hanya itu, tablet keluaran Advan ini juga mempunyai slot microSD berkapasitas hingga 1 TB, loh. Sehingga kamu bisa meng-install banyak aplikasi dari Play Store dan menyimpan banyak file penting tanpa khawatir kapasitas akan cepat penuh.

Ukuran layarnya 10,1 inci dengan resolusi HD 800 x 1200 piksel, cukup luas buat menonton konten hiburan. Sedangkan untuk chipset-nya menggunakan Unisoc Tiger T310 yang dibangun atas proses fabrikasi 12 nm.  

Kapasitas baterainya pun cukup jumbo, yaitu sebesar 6.000 mAh dengan efisiensi daya yang cukup tinggi. Sayangnya, tablet ini belum dibekali dengan fitur fast charging sehingga pengisian dayanya terbilang cukup lambat. Kalau kamu berminat dengan tablet ini, cukup siapkan bujet Rp2,7 jutaan saja.


Baca juga: Bocoran Spesifikasi iPhone 16 Series

Itu dia 5 rekomendasi tablet murah yang bisa kamu beli sesuai dengan kebutuhan. Untuk membeli pilihan tablet di atas kamu bisa segera mencarinya di Blibli. Selain lebih praktis dan cepat, harga yang ditawarkan Blibl juga terbilang paling murah, loh. Semua produk yang dijual pun dijamin ori dan menawarkan kualitas terbaik. Yuk, buruan pilih tablet favoritmu dan masukkan ke troli Blibli!