me

Bocoran Spesifikasi iPhone 16 Series

Feb 12, 2023.By Jarvis
Bagikan

Bocoran spesifikasi iPhone 16 Series super lengkap.

iPhone 15 belum rilis, tapi sudah ada bocoran spesifikasi iPhone 16 Series? Memang, orang-orang makin nggak sabaran kalau sudah menyangkut dengan perkembangan teknologi. Apalagi buat para fans berat Apple yang tiap tahunnya selalu menantikan update terbaru. Apa pun produk yang dikeluarkan, langsung dibeli! 

Rumornya, di tanggal 12 September 2023 nanti keluarga iPhone 15 bakal dirilis secara global. Lalu iPhone 16, iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max bakal dirilis di tahun 2024. Lalu kenapa sudah dibicarakan dari sekarang? Tak lain karena spesifikasinya yang menarik. Makin penasaran kan seperti apa? Yuk, kita bahas satu-persatu dari berbagai sumber bocoran yang beredar. 

Baca juga: Cara Melihat Seri Laptop HP, Jangan Sampai Salah Lho!


iPhone 16 Pro

yankodesign.com

Ternyata yang bikin keluarga iPhone 16 ini sudah ramai banget diperbincangkan adalah performanya. Rumornya, Apple bakal merilis ponsel dengan fitur yang jauh meningkat dari sebelumnya. Bahkan iPhone 16 Pro dikabarkan mengalami peningkatan memori dan kekuatan prosesor. Kalau kemarin-kemarin saja iPhone sudah ngebut banget, tahun 2024 kira-kira jadi seperti apa ya cepatnya? 

Salah satu yang penting banget dari sebuah smartphone adalah prosesornya. Hampir bisa dipastikan, seri iPhone 16, termasuk iPhone 16 Pro, bakal dibekali dengan A18 Bionic SoC yang berbasis proses TSMC dengan kecepatan 3 nm! Nggak kaleng-kaleng, kan, Blibli Friends? Kalau iPhone 14 saja sudah segitu mulus dan ngebutnya dengan fabrikasi 5 nm, yang 3 nm nanti bakal seperti apa?

System on Chip Apple memang sudah dikenal super keren. Inilah yang bikin iPhone selalu digemari. Selain karena image elegan yang sudah terbentuk, prosesor dan performanya memang nggak main-main. Apple juga termasuk yang rajin update software. Karena itu, pengguna iPhone bahkan banyak yang memakai satu seri hingga bertahun-tahun saking awetnya. 

Tapi selain SoC, sebenarnya ada 2 hal lagi yang benar-benar nggak sabar ditunggu oleh penggemar Apple maupun pengguna gadget pada umumnya. Keduanya adalah:

  • Under Display Camera

Beberapa merek Android sudah menggunakan teknologi kamera depan dan sensor wajah dengan kamera under display. Artinya, lensa kamera nggak bakal terlihat di layar. Untuk kelas harganya, seharusnya iPhone bisa menggunakan teknologi ini. Nah, katanya ini akan hadir di iPhone 16 Series.

  • Bebas Notch!

Kalau kamera under display benar-benar bisa diwujudkan, artinya pengguna iPhone akhirnya bisa terbebas dari notch yang tebal di layar! Ini adalah poin yang bikin banyak orang penasaran.

iPhone 16 Pro Max

yankodesign.com

Baru-baru ini, jagat TikTok lagi heboh banget dengan beberapa video yang menampilkan orang lagi pegang smartphone yang diduga kuat sebagai iPhone 16 Pro Max. Jelas saja heboh, karena iPhone 15 saja rilisnya masih pertengahan September. Kok bisa pegang iPhone 16 Pro Max? Jadi banyak yang bertanya-tanya, apa memang Apple sengaja skip seri 15 dan langsung loncat ke seri 16? 

Apalagi akhirnya ada akun TikTok yang dengan jelasnya menampilkan video kemasan boks iPhone 16 Pro Max, lengkap dengan tulisannya jelas. Makin banyak yang galau dan sudah siap-siap mau ganti HP. Apalagi ditampilkan kalau kamera belakangnya ada 5! Jadi berapa harga HP iPhone 16 Pro Max dengan 5 kamera belakang tersebut?

Ternyata, bocoran yang satu ini bisa dibilang hanya rekayasa saja. Pihak Apple sendiri belum pernah mengeluarkan pernyataan apa pun tentang keluarga iPhone 16. Yang sudah sedikit-sedikit dibocorkan oleh Apple adalah seri 15. Bahkan untuk iPhone 16 Pro Max belum disebut-sebut akan ada atau nggak serinya. Jadi kita tunggu saja kabar selanjutnya dari Apple yang resmi. 

iPhone 16 Plus

spesifikasi iphone 16 series
yankodesign.com

Range Harga: Rp 16.000.000 – Rp 18.000.000

Sebenarnya belum jelas apakah keluarga iPhone 16 bakal punya seri Plus atau nggak. Kalau seri 14 memang ada seri Plus, ada iPhone 14 Plus yang bisa kamu dapatkan dengan harga Rp 16.99 jutaan. Nah, kalau memang tahun 2024 nanti ada seri Plus, harga iPhone 16 Plus diperkirakan nggak terlalu jauh dari iPhone 14 Plus. 

Satu hal yang bisa dipastikan adalah layar iPhone 16 Plus nantinya pasti lebih besar dibandingkan iPhone seri 16 lainnya. Entah itu yang reguler, iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max. Bagi Blibli Friends yang mengikuti perkembangan iPhone pasti sudah hafal banget, seri Plus layarnya selalu lebih besar. Ini jadi pilihan bagi yang lebih suka layar lebih besar. 

Sebagai contoh dari iPhone 14 Series saja. iPhone 14 layarnya berukuran 6.1 inci, sedangkan iPhone 14 Plus ukuran layarnya 6.7 inci. Adanya seri iPhone Plus memang menjawab permintaan pasar yang kepingin menggunakan iPhone, tapi merasa layarnya terlalu kecil. Terutama bagi yang suka menonton atau main game di HP, memang layar iPhone ukurannya kurang memuaskan. 

Meski perbedaan 6.1 inci dan 6.7 inci kesannya sedikit sekali, tapi nyatanya lumayan banget, lho. Konsumen jadi punya pilihan sesuai selera masing-masing. Jadi walaupun sampai sekarang kita belum tahu apakah benar-benar bakal dirilis atau tidak, tapi kehadiran iPhone 16 Plus bisa diantisipasi, nih, buat para streamers dan gamers

Rumor Tanggal Rilis iPhone 16

spesifikasi iphone 16 series
yankodesign.com

Hingga saat ini belum ada pernyataan yang resmi dari Apple terkait tanggal rilis iPhone 16. Sepertinya Apple bakal fokus dulu ke rilisnya iPhone 15 di bulan September nanti. Tapi tentu saja, ini nggak menghentikan para penggemar Apple mengira-ngira. Begitu pula dengan para pengamat gadget yang kadang-kadang perkiraannya tepat! 

Ada pengamat gadget yang berpendapat kalau iPhone 16 sepertinya bakal rilis di bulan Juni atau Juli 2024. Tapi banyak yang juga yang memperkirakan rilisnya di bulan September 2024. Tebakan yang kedua ini terdengar lebih beralasan, soalnya ini didasari dari rilisnya iPhone 14 Series dan rumor tanggal rilis iPhone 15 Series. 

Yuk, coba diperhatikan polanya dari iPhone 13 Series:

  • iPhone 13 Series dirilis secara global tanggal 14 September 2021
  • iPhone 14 Series dirilis secara global tanggal 16 September 2022
  • iPhone 15 Series rumornya akan dirilis tanggal 12 September 2023.

Dilihat dari tanggalnya, ketiga seri ini sama-sama dirilis di pertengahan bulan September. Hanya tanggalnya yang berbeda-beda sedikit saja. Jadi diperkirakan iPhone 16 Series juga akan dirilis di pertengahan September 2024 nanti. 


Baca juga: 5 Rekomendasi Tablet Murah, Mana yang Paling Menggiurkan?

Nah, setelah mengintip bocoran spesifikasi iPhone 16 Series, jadi kepingin ganti HP nggak di tahun 2024 nanti? Dengan rumor spesifikasi yang makin keren, nggak heran kalau rumornya bahkan sudah ramai dibicarakan jauh sebelum tanggal rilisnya. Yang pasti, tunggu kehadiran iPhone 16 di Blibli, karena pasti tersedia semua tipe lengkapnya!