me

7 Cara Membersihkan Kamera HP yang Berdebu di Dalam, Mudah dan Praktis!

Jun 06, 2024.By Jarvis
Bagikan

freepik.com/author/freepik
Yuk ikuti cara membersihkan kamera HP yang berdebu dan praktis dengan mudah dan praktis!

Cicilan 0% Gadget

Banyak yang nggak menyadari bahwa kamera HP yang berdebu di dalamnya akan membuat kualitas gambar yang dihasilkannya menurun. Biasanya, gambar yang dihasilkan akan terlihat blur akibat lensa yang tertutup debu. Debu yang terperangkap di dalam kamera HP memang lebih sulit dibersihkan. Dibutuhkan kejelian dan ketelitian saat membersihkan debu yang ada di dalam kamera HP.

Nggak harus selalu ke tukang servis jika ingin membersihkan kamera HP yang berdebu di dalam karena kamu pun bisa melakukannya sendiri. Membersihkan kamera HP yang berdebu secara mandiri pastinya akan lebih hemat budget. Nggak perlu bingung gimana caranya membersihkan kamera HP yang berdebu karena kamu bisa mengikuti beberapa cara berikut ini!

Baca juga:


Persiapkan Alat-Alatnya Terlebih Dahulu

Persiapkan Alat-Alatnya Terlebih Dahulu
freepik.com/author/bublikhaus

Sebelum kamu membersihkan dan membongkar kamera HP, alangkah baiknya jika mempersiapkan peralatannya terlebih dahulu. Hal ini perlu kamu lakukan agar pada saat sudah membongkar kamera HP, kamu nggak perlu lagi mondar mandir untuk mengambil peralatan. HP memiliki ukuran sparepart yang kecil sehingga kamu harus fokus saat ingin memperbaiki maupun membersihkannya. 

Beberapa peralatan yang dibutuhkan untuk membersihkan kamera HP diantaranya yaitu kain microfiber obeng, dan cairan pembersih. Kain microfiber sangat direkomendasikan untuk digunakan saat membersihkan kamera HP karena memiliki kemampuan menyerap air dengan baik. Penggunaan kain microfiber ini tentunya bisa mengangkat debu tanpa menyisakan goresan pada layar HP.

Peralatan yang selanjutnya yaitu cairan pembersih khusus untuk membersihkan kamera HP. Penggunaan cairan khusus ini tentunya untuk meminimalisir terjadinya resiko korosi setelah kamera HP dibersihkan. Jangan menggunakan air biasa karena nggak bisa membersihkan kamera HP secara maksimal. Penggunaan air biasa yang kurang tepat justru akan menimbulkan kerusakan lain pada kamera HP.

Buka Casing HP Terlebih Dahulu

Buka Casing HP Terlebih Dahulu
freepik.com/author/bublikhaus

Cara kedua yang harus kamu lakukan untuk membersihkan kamera HP yang berdebu yaitu dengan membongkar bagian casingnya terlebih dahulu. Membongkar casing HP akan memudahkan kamu untuk melihat penyebab kamera HP menjadi kotor. Pastikan bahwa kamu tahu cara membuka casing HP dengan benar serta cara mengembalikannya seperti semula.

Apabila merasa kesulitan untuk membuka casing HP, kamu bisa menggunakan bantuan obeng. Gunakan obeng dengan ukuran yang sesuai agar tidak merusak casing HP. Jangan lupa untuk meletakkan sparepart berukuran kecil pada wadah tersendiri agar tidak hilang dan bercampur dengan peralatan yang lainnya. Pastikan bahwa casing HP telah terbuka dan kamu bisa memulai untuk melakukan pembersihan.

Gunakan Blower Untuk Membersihkan Bagian Lensa

freepik.com/author/bublikhaus

Cara ketiga untuk membersihkan kamera HP dari debu yang menempel yaitu dengan menggunakan blower. Tapi ingat ya, gunakan blower yang memang khusus untuk membersihkan kamera HP karena terdapat beberapa jenis blower dengan tenaga yang berbeda-beda. Blower khusus HP memiliki kemampuan atau tenaga untuk membersihkan secara maksimal namun nggak berlebihan.

Jika HP kamu memiliki jenis baterai yang bisa dilepas, sebaiknya lepas terlebih dahulu sebelum melakukan pembersihan kamera. Namun, jika HP kamu memiliki baterai jenis tanam maka bisa melindunginya dengan lapisan khusus. Apabila sudah siap, nyalak blower dan lakukan secara perlahan hingga debu benar-benar terangkat dari lensa HP.

Hindari Penggunaan Compressed Air

Hindari Penggunaan Compressed Air
freepik.com/author/bublikhaus

Sebagian orang beranggapan bahwa membersihkan kamera HP dengan menggunakan compressed air memang terasa lebih cepat dan praktis. Namun, dibalik itu semua ternyata penggunaan compressed air justru dapat mengganggu kinerja HP. Performa HP akan melemah dan menjadi lemot karena terpapar efek dari compressed air ini.

Penggunaan compressed air yang kurang tepat tentunya bisa menyebabkan kerusakan pada kamera HP. Lebih parahnya lagi, compressed air ini juga memiliki resiko yang tinggi karena dapat merusak komponen HP yang lainnya. Perlu kamu tahu bahwa di dalam sebuah HP terdapat sebuah rangkaian yang terdiri dari beberapa komponen yang cukup krusial, contohnya saja seperti baterai dan layar HP.

Gunakan Cairan Alkohol Jenis Isopropil 

Gunakan Cairan Alkohol Jenis Isopropil
freepik.com/author/bublikhaus

Langkah selanjutnya yaitu membersihkan kamera HP dengan menggunakan cairan khusus berupa alkohol dengan jenis isopropyl. Dipasaran memang terdapat berbagai jenis alkohol, namun nggak semuanya bisa digunakan untuk membersihkan kamera HP. Setiap jenis alkohol memiliki jenis kandungan yang berbeda-beda sehingga dapat menimbulkan efek yang beragam pada setiap benda.

Salah satu alasan menggunakan alkohol jenis isopropil untuk membersihkan kamera HP karena kemampuannya dalam membersihkan debu yang menempel pada kamera dengan cepat. Gunakan alkohol ini dengan takaran yang tepat saat ingin menggunakannya untuk membersihkan kamera. Tuang beberapa tetes alkohol pada ujung kain microfiber kemudian gosokkan perlahan pada bagian kamera HP.

Pastikan Kamera Dalam Kondisi Kering

Pastikan Kamera Dalam Kondisi Kering
freepik.com/author/bublikhaus

Apabila kamera sudah selesai membersihkan kamera HP dengan menggunakan cairan alkohol jenis isopropil ini maka jangan langsung memasang casingnya. Usahakan untuk menunggunya hingga kering terlebih dahulu. Jika kamu langsung menutupnya saat kamera HP dalam kondisi basah, dikhawatirkan akan mengganggu performa kamera HP sehingga memberikan hasil gambar yang nggak maksimal.

Memang kamera HP yang masih dalam kondisi basah nggak bisa terlihat dengan jelas. Hal inilah yang membuat sebagian orang langsung menutup kamera HP sesaat setelah dibersihkan menggunakan cairan alkohol. Cairan alkohol yang terjebak di dalam kamera HP akan menimbulkan kondisi yang lembab sehingga terjadi gesekan antara cairan dan kamera HP.

Bersihkan Casing HP Secara Menyeluruh

Bersihkan Casing HP Secara Menyeluruh
freepik.com/author/alexgrec

Jika kamu merasa kamera HP sudah benar-benar kering maka bisa langsung mengembalikan casingnya seperti semula. Pastikan kamu mengembalikan casing dengan cara yang tepat agar nggak mengganggu kinerja HP. Jangan lupa untuk membersihkan casing HP secara menyeluruh agar nggak ada debu maupun kotoran lain yang akan masuk kembali ke dalam kamera.

Mungkin kamu sering bertanya, kok bisa ya kamera kemasukan debu? Padahal kamera terletak pada bagian dalam HP. Biasanya debu akan masuk ke dalam kamera HP melalui celah yang ada pada casing HP. Casing HP yang kerapatannya kurang bagus bisa membuat debu lebih mudah masuk kedalamnya. Oleh sebab itulah, kamu bisa menggunakan pelindung HP agar kamera kamu tetap aman dan bersih dari debu.


Baca juga:

Itulah 7 cara mudah dan praktis untuk membersihkan kamera HP yang berdebu di dalam. Cukup mudah kan caranya? Buat kamu yang berencana ingin beralih ke handphone dengan tipe atau merk terbaru, langsung saja kunjungi toko online Blibli ya! Dapatkan handphone, tablet & wearable dengan harga terbaik dan kualitas terjamin 100% orisinil hanya di Blibli.