me

6 Perbandingan PS4 vs Xbox One, Console Game Mana yang Lebih Oke?

May 21, 2024.By Jarvis
Bagikan

freepik.com/author/miglagoa
Simak perbandingan antara PS4 vs Xbox One untuk memilih console game yang tepat!

Cicilan 0% Gadget

Pertarungan antara PS4 dan Xbox One telah menjadi perdebatan panjang di kalangan gamer. Pasalnya, kedua konsol ini menawarkan pengalaman gaming yang menarik dengan berbagai fitur unggulan dan permainan eksklusif yang menggiurkan bagi para penggemar. PlayStation 4, atau sering disingkat PS4, dikenal karena eksklusivitasnya pada sejumlah besar game yang sangat populer.

Di sisi lain, Xbox One juga memiliki keunggulan dalam integrasi dengan layanan online Microsoft dan fitur tambahan seperti backward compatibility dengan beberapa game Xbox 360. Kelebihan dan kekurangan antara keduanya, menjadi penting untuk dipertimbangkan sebelum memutuskan konsol mana yang lebih oke. So, simak dulu beberapa perbandingan PS4 vs Xbox One di bawah ini!

Baca juga :


Perbandingan PS4 vs Xbox One

Sebelum kita memasuki pembahasan mengenai perbandingan antara PS4 vs Xbox One, penting untuk memahami bahwa kedua konsol ini telah memainkan peran penting dalam industri game. Dengan basis penggemar yang kuat dan beragam, kedua konsol ini menawarkan pengalaman gaming yang menarik baik dari sisi eksklusivitas hingga fitur-fitur unggulannya. Nah, Inilah perbandingannya:

Desain

wccftech.com

Perbandingan pertama antara PS4 dan Xbox One terletak pada desain keduanya. PS4 memiliki desain yang lebih ringkas dan ramping dengan sudut-sudut yang tajam, memberikan kesan futuristik. Sementara itu, Xbox One memiliki desain yang sedikit lebih besar dan lebih kotak, dengan sudut-sudut yang lebih lembut, memberikan kesan yang lebih kokoh dan solid. 

PS4 hadir dengan pilihan warna yang lebih beragam, sementara Xbox One cenderung memiliki desain yang lebih monoton dengan warna dominan hitam. Namun, ada yang tahu nggak Xbox One keluaran tahun berapa? Xbox One pertama kali dirilis pada bulan November 2013 yang hadir dengan beberapa versi, termasuk Xbox One S dan Xbox One X.

Performa

id.wikipedia.org

Perbandingan performa antara PS4 dan Xbox One juga menjadi faktor penting dalam memilih konsol yang sesuai dengan kebutuhan gaming kamu. Secara umum, keduanya memiliki spesifikasi yang cukup serupa dengan prosesor multi-core dan memori yang cukup besar untuk mendukung permainan modern. 

PS4 memiliki keunggulan performa dalam hal kinerja grafis dan kecepatan pemrosesan dengan GPU 4,2 teraflop yang sedikit lebih kuat pada seri PS4 Pro yang mendukung resolusi 4K dan teknologi HDR untuk pengalaman visual yang luar biasa. Seperti nggak mau kalah, Xbox One juga membekali chip grafis mereka dengan GPU AMD Radeon yang memiliki kecepatan 1,31 teraflops.

Namun, angka tersebut ditingkatkan menjadi 6,0 teraflops pada varian Xbox One X. Hal ini membuat kinerja Xbox One X menjadi lebih gahar, dan diklaim sebagai console game paling kuat dibanding PS4 milik Sony. Meskipun demikian, performa konsol nggak hanya ditentukan oleh spesifikasi hardware saja, tetapi juga oleh optimasi perangkat lunak dan fitur tambahan seperti integrasi layanan online.

Kapasitas RAM

gimbot.com

Dalam hal kapasitas RAM, PS4 dan Xbox One memiliki perbedaan yang cukup signifikan. PS4 memiliki RAM DDR5 8GB, sementara Xbox One menggunakan RAM DDR3 8GB. Perbedaan jenis RAM ini bisa memengaruhi performa sistem secara keseluruhan. Pasalnya, GDDR5 cenderung lebih cepat dalam mentransfer data, menghasilkan kinerja grafis yang baik dan waktu loading yang lebih singkat pada PS4. 

Sementara itu, DDR3 cenderung lebih murah dan memiliki kapasitas yang lebih besar, tetapi dengan kecepatan transfer data yang lebih lambat. Namun, Xbox One memiliki alokasi memori yang sedikit berbeda dibandingkan dengan PS4. Lalu, berapa RAM Xbox One? Dari total 8GB RAM, Xbox One mengalokasikan sekitar 5GB untuk pengembang game. 

Sisanya, sekitar 3GB, digunakan untuk sistem operasi dan fungsi lainnya. Hal ini memberikan keuntungan bagi para pengembang game Xbox One dalam penggunaan memori yang lebih besar. Sedangkan PS4 hanya mencadangkan 3,5GB dan menyisakan 4,5GB untuk pengembang. Namun, terkadang PS4 mengakses memory fleksibel tambahan sebesar 1GB.

Eksklusivitas Permainan

store.playstation.com

Dalam hal eksklusivitas permainan, baik PS4 maupun Xbox One memiliki koleksi game eksklusif yang menarik. PS4 dikenal dengan koleksi eksklusifnya yang kuat, termasuk franchise populer seperti God of War, Uncharted, The Last of Us, dan Spider-Man. Selain itu, PS4 juga memiliki dukungan yang kuat dari pengembang Jepang, menghasilkan banyak judul JRPG dan game dengan gaya visual yang unik.

Di sisi lain, Xbox One lebih oke karena memiliki beberapa game eksklusif yang bagus dan menarik, terutama seperti Halo, Gears of War, Forza Motorsport, dan Horizon yang menjadi entri luar biasa dalam seri ini. Selain itu, Xbox One juga menonjol karena hadirnya Xbox Game Pass, layanan langganan game mereka, menawarkan akses ke ±100 game dari Xbox Game Studios serta penerbit lainnya.

Sistem Hiburan

polygon.com

Perbandingan kelima antara PS4 dan Xbox One adalah dalam hal sistem hiburan. PS4 dikenal karena fokusnya pada permainan, dengan pustaka permainan eksklusif yang kuat dan layanan streaming seperti PlayStation Now untuk memainkan permainan secara langsung dari cloud, tetapi juga menawarkan berbagai aplikasi hiburan seperti NBA Gametime dan NHL GameCenter.

Sementara itu, Xbox One memiliki integrasi yang lebih kuat dengan lebih erat dengan layanan Microsoft, menawarkan lebih banyak fitur hiburan seperti integrasi dengan Windows 10, akses ke aplikasi seperti Skype, dan kemampuan untuk streaming game ke PC melalui jaringan lokal. 

Nggak sampai disitu saja, Xbox One juga memiliki fitur tambahan seperti Xbox Live dan Xbox Game Pass. Xbox One juga dikenal dengan kemampuannya sebagai pusat multimedia dengan integrasi yang lebih luas dengan TV kabel dan fitur layar terbagi untuk multitasking. Jadi, dari segi sistem hiburan ini, Xbox One tentu lebih oke dibandingkan PS4. 

Harga

tomsguide.com

Jika berbicara soal harga, sebenarnya perbandingan antara PS4 dan Xbox One bisa berbeda tergantung pada model dan paket yang ditawarkan, serta lokasi geografis di mana konsol tersebut dibeli. Namun pada saat peluncurannya, PS4 memiliki harga yang sedikit lebih terjangkau dibandingkan dengan Xbox One. Itulah, salah satu alasan mengapa PS4 sangat laris di pasaran. 

Untuk saat ini, ketersediaan PS4 standar dijual dalam kisaran harga Rp4,4 juta hingga Rp5,2 jutaan, sedangkan untuk versi PS4 Pro dibanderol sekitar Rp6 jutaan ke atas. Sementara itu, berapa harga Xbox One sekarang? Untu seri Xbox One S atau yang paling kecil, harganya mencapai Rp2,5 juta. Sedangkan untuk seri terbaiknya yaitu Xbox One X dibanderol dengan harga mulai Rp6,9 jutaan. 


Baca juga :

Itulah, keenam perbandingan antara PS4 dan Xbox One, mulai dari desain, performa, sistem hiburan, hingga harga. Jika ingin merasakan pengalaman bermain game yang imersif dengan salah satu konsol terbaik ini, kamu harus memiliki perangkat berkualitas seperti Komputer & Gaming yang bisa dibeli di Blibli. Ayo cek Blibli sekarang dan dapatkan perangkat yang tepat untuk menikmati berbagai game menarik.