me

7 Rekomendasi Pupuk Tanaman untuk Kebun di Rumah

Oct 21, 2021.By Raya
Bagikan

Image Source : farmersalmanac.com

Rekomendasi Pupuk Tanaman – Nggak salah lagi kalau hobi berkebun memang punya sejuta manfaat, mulai dari menghilangkan stres dan kebosanan sampai hasil tanaman yang bisa dikonsumsi. Sayangnya, seringkali bibit yang dirawat ternyata justru tidak berkembang dengan baik. Dalam hal ini, jelas kamu butuh pupuk tanaman terbaik biar si hijau kesayangan jadi lebih subur.

Simak yuk, apa saja rekomendasi pupuk tanaman terbaik yang bisa kamu jadikan penyubur tanaman sekaligus membuat daun, bunga, dan buah tumbuh lebih maksimal!

Sebelum memilih jenis pupuk yang pas, kamu tentu perlu tahu dulu seperti apa kebutuhan tanamanmu. Kalau kamu masih pemula dalam hal berkebun, bisa meminta rekomendasi dari orang yang sudah ahli atau mencari jawabannya melalui internet, tentang pupuk seperti apa yang cocok untuk tanaman kesayangan.

Baca Juga : Kebutuhan Basic Buat Mulai Hobi Berkebun Anti Tekor

BBF HOM Gardening

___________________________________________________

  1. Green World MAGICgro G2 Pupuk Tanaman

Green World MAGICgro G2 Pupuk Tanaman (998ml)

Kalau kamu berkebun di halaman rumah, pasti ada kekhawatiran pupuk berbahan kimia akan meracuni anak atau hewan peliharaan. Untungnya, saat ini sudah ada pupuk organik seperti Green World MAGICgro G2 yang terbuat dari 100 persen mineral dengan kandungan unsur hara makro serta mikro organik. Harga pupuk ini sangat terjangkau, Rp66 ribu untuk kemasan 998ml.

Kelebihan utama dari pupuk tanaman ini adalah tinggi kandungan oksigen, bisa mengatasi berbagai permasalahan seperti akar busuk, dapat dimanfaatkan menjadi media tanam atau hidroponik, serta menjadi stabilisator pH tanaman. Penggunaan pupuk berbentuk cair ini sangat mudah, tinggal disemprotkan pada tanaman yang diinginkan.

  1. OEM Gaviota Pupuk Tanaman

OEM Gaviota Pupuk Tanaman (100 g)

Pilihan pupuk lain yang juga bisa kamu coba untuk menyuburkan tanaman kesayangan adalah OEM Gaviota. Harga pupuk ini sangat terjangkau, Rp30 ribuan saja untuk 100 gram. Di dalam pupuk ini terkandung nitrogen, phosphoric acid, dan juga potash yang bermanfaat untuk berbagai jenis tanaman dan bisa mempercepat proses berbunga atau pembuahan.

Untuk menggunakan pupuk ini, larutkan 1 sampai dengan 2 gram gaviota ke dalam 1 liter air. Setelah itu, masukkan ke dalam botol penyemprot dan semprot secara merata ke setiap bagian tanaman. Proses ini bisa dilakukan satu hari sekali setiap 5 sampai dengan 10 hari khusus untuk tanaman anggrek, dan seminggu dua kali untuk jenis tanaman lainnya. Sebaiknya kamu melakukan penyemprotan pupuk ini di pagi hari atau sore hari, ketika tidak ada matahari.

  1. OEM Furadan 3GR Pupuk Tanaman

OEM Furadan 3GR Pupuk Tanaman (1 kg)

Fungsi dari pupuk ternyata bukan cuma menyuburkan tanaman, tapi bisa juga dijadikan pengusir berbagai jenis hama yang merusakan daun, bunga, dan buah. Kalau kamu cari jenis pupuk dengan fungsi ganda seperti ini, cobalah OEM Furadan 3GR yang di dalamnya terkandung insektisida dan juga nematisida.

Pupuk ini efektif untuk membunuh berbagai jenis hama dan juga larva, sehingga tanaman jadi lebih subur dan buahnya bisa utuh sampai matang. Untuk menggunakannya, gunakan 100 gram per tanaman dengan mengaplikasikannya di area sekitar akan tanaman. Harga pupuk ini sangat murah, hanya Rp26 ribu untuk kemasan 1 kilogram.

  1. Natural Nusantara HORMONIK Nasa Pupuk Tanaman

Natural Nusantara HORMONIK Nasa Pupuk Tanaman (500 cc)

Kalau kamu sudah bosan dengan tanaman yang tumbuhnya sangat lambat bahkan kemudian mati, coba deh aplikasikan pupuk Natural Nusantara HORMONIK ini. Di dalam pupuk ini terdapat berbagai senyawa alami yang mengandung hormon giberelin, sitokinin, dan juga auksin. Semua hormon ini terbuat dari bahan-bahan alami yang aman untuk lingkungan.

Manfaat dari pupuk ini sangat banyak, misalnya saja mempercepat dan memperkuat pertumbuhan akar, memperbanyak buah, serta menjadikan tanaman lebih sehat dan besar. Untuk menggunakannya, campurkan 1 sampai 2 cc pupuk ke dalam 1 liter air lalu semprotkan pada seluruh bagian tanaman. Harga pupuk ini adalah Rp120 ribu untuk 500 cc.

  1. Growmore NPK Growmore 10-55-10 Pupuk Tanaman

Growmore NPK Growmore 10-55-10 Pupuk Tanaman (454 g)

Pupuk satu ini nggak cuma cocok untuk tanaman hias, tapi juga padi, jagung, kacang-kacangan, tanaman kopi dan teh, berbagai jenis sayur, serta buah-buahan. Di dalamnya terkandung berbagai jenis bahan yang baik untuk tanaman, mulai dari nitrogen, phospate, kalsum, magnesium, sulfur, zat besi, dan juga zinc. Pupuk ini bisa kamu dapatkan dengan harga Rp61 ribuan dengan kemasan 454 gram.

Untuk menggunakan pupuk ini, kamu tinggal mencampurkan 1 hingga 2 gram kristal dan larutkan ke dalam 1 liter air. Setelah itu, semprotkan ke bagian bawah daun di pagi dan sore hari, setiap 5 sampai 10 hari sekali. Untuk tanaman padi atau perkebunan skala besar, dosis penyemprotan bisa ditingkatkan saat musim kemarau.

  1. Verti Spray Pupuk Cair

Verti Spray Pupuk Cair pupuk bunga pupuk daun dan pupuk buah praktis langsung semprot pupuk aglonema semprot pupuk bonsai

Kalau kamu masih tergolong pemula dalam hal berkebun, memang nggak gampang mencampurkan dan melarutkan sendiri pupuk dalam bentuk kristal atau cair. Nah, pupuk siap pakai ini cocok banget buat kamu. Verti Spray sudah tersedia dalam kemasan semprot dan tinggal dipakai, harganya juga hanya Rp44 ribu saja.

Di dalam pupuk cair ini terdapat kandungan nutrisi lengkap untuk tanaman, misalnya saja magnesium, kalsium, zinc, dan berbagai jenis hormon tanaman. Kamu bisa menggunakan pupuk ini untuk berbagai tanaman hias mulai dari aglonema sampai adenium. Penggunaannya tinggal disemprotkan saja pada bagian daun dan akar setiap pagi atau sore hari, sekitar seminggu sekali.

  1. Pupuk MKP Pak Tani – Pupuk Buah dan Bunga

Pupuk MKP Pak Tani - Pupuk Buah dan Bunga

Banyak orang yang lebih suka bertanam aneka buah dan bunga, karena menganggapnya lebih sedap dilihat dengan penuh warna cantik. Tapi perawatan tanaman buah dan bunga ini juga nggak mudah. Kamu jelas butuh pupuk yang pas misalnya saja Pupuk MKP Pak Tani yang harganya cukup terjangkau, Rp43 ribu saja.

Pupuk ini berbentuk kristal dan mengandung fungisida alami, bisa digunakan dengan dilarutkan dalam air atau ditaburkan langsung pada bagian tanah. Tanaman buah seperti melon, semangka, mentimun, tomat, dan juga berbagai tanaman hidroponik sangat cocok dengan pupuk ini.

________________________________________________

Baca Juga : Rekomendasi Tanaman Indoor Agar Ruangan Lebih Sejuk

Harga pupuk tanaman ternyata cukup terjangkau kan, apalagi kalau kamu beli di Blibli. Dompet aman, tanaman pun jadi lebih subur dan bebas hama!

TEMUKAN BERAGAM PUPUK TANAMAN BERKUALITAS LAINNYA HANYA DI SINI

Tag: