me

Puasa Sebelum Idul Adha, Niat Puasa Dzulhijjah, Tarwiyah, dan Arafah

Jul 19, 2021.By Blibli Friends
Bagikan

freepik.com/author/odua

Umat Islam bakal merayakan Idul Adha 2021 sebentar lagi, nih. Hari Raya Idul Adha 1442 H ditetapkan pemerintah jatuh pada hari Selasa tanggal 20 Juli 2021. Ada sejumlah amalan yang bisa dilakukan Blibli Friends sebelum Idul Adha. Salah satunya yaitu puasa sebelum Idul Adha.

Yuk, simak aja dalam ulasan selengkapnya.

______________________________________

Baca juga: Syarat Hewan Qurban yang Boleh Disembelih saat Idul Adha

Kewajiban Puasa Sebelum Idul Adha

Kamu bisa menjalankan puasa Dzulhijjah, Tarwiyah, dan Arafah sebelum Idul Adha. Puasa Dzulhijjah adalah puasa sunnah dengan pelaksanaan tanggal 1 sampai 7 bulan Dzulhijjah. 

Lalu, puasa Tarwiyah dilaksanakan pada tanggal 8 Dzulhijjah. Kalau puasa Arafah dilakukan pada tanggal 9 Dzulhijjah atau sehari sebelum Idul Adha.

Ini rincian jadwal puasa sunnah menjelang Idul Adha yang jatuh di tanggal 20 Juli 2021:

  • 1 Dzulhijjah : Minggu tanggal 11 Juli 2021
  • 2 Dzulhijjah : Senin tanggal 12 Juli 2021
  • 3 Dzulhijjah : Selasa tanggal 13 Juli 2021
  • 4 Dzulhijjah : Rabu tanggal 14 Juli 2021
  • 5 Dzulhijjah : Kamis tanggal 15 Juli 2021
  • 6 Dzulhijjah : Jumat tanggal 16 Juli 2021
  • 7 Dzulhijjah : Sabtu tanggal 17 Juli 2021
  • 8 Dzulhijjah : Minggu tanggal 18 Juli 2021
  • 9 Dzulhijjah : Senin tanggal 19 Juli 2021

Perhatiin juga waktu kamu haram berpuasa berikut ini:

  • 10 Dzulhijjah : Selasa tanggal 20 Juli 2021
  • 11 Dzulhijjah : Rabu tanggal 21 Juli 2021
  • 12 Dzulhijjah : Kamis tanggal 22 Juli 2021
  • 13 Dzulhijjah : Jumat tanggal 23 Juli 2021

Nah, mulai tanggal 11 sampai 19 Juli 2021 kamu disunnahkan puasa serta memperbanyak amal shaleh. Dengan begitu, diharapkan pahala yang diterima akan dilipatgandakan. Adapun, tanggal yang paling diutamakan untuk berpuasa adalah berikut ini. 

  • Puasa Tarwiyah 8 Dzulhijjah : tanggal 18 Juli 2021
  • Puasa Arafah 9 Dzulhijjah : tanggal 19 Juli 2021
  • Idul Adha 10 Dzulhijjah : tanggal 20 Juli 2021

Sekali lagi, tanggal 11, 12, dan 13 Dzulhijjah 1442 atau 21, 22, dan 23 Juli 2021 adalah hari Tasyrik di mana haram untuk berpuasa. Diingat-ingat, ya.

Niat Puasa Sebelum Idul Adha

Berikut niat puasa sebelum Idul Adha:

  • Puasa Dzulhijjah

Niat puasa Dzulhijjah:

نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ ذِيْ الْحِجَّةِ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى

Bacaannya:

Nawaitu shouma syahri dzil hijjah sunnatan lillahi ta’ala

Artinya:

Saya niat puasa sunah bulan Dzulhijjah karena Allah Ta’ala.

  • Puasa Tarwiyah

Niat puasa Tarwiyah:

نَوَيْتُ صَوْمَ تَرْوِيَةَ سُنَّةً لِّلِه تَعَالَى

Bacaannya:

Nawaitu shouma tarwiyata sunnatan lillahi ta’ala.

Artinya:

Saya niat puasa Tarwiyah, sunnah karena Allah Ta’ala.

  • Puasa Arafah

Niat puasa Arafah:

نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةَ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى

Bacaannya:

Nawaitu shouma ‘arofata sunnatan lillahi ta’aalaa.

Artinya:

Saya niat puasa Arafah, sunah karena Allah Ta’ala.

Kebaikan Puasa Idul Adha

Nah, setelah memahami waktu puasa sebelum Idul Adha beserta niatnya, sekarang yuk simak berbagai kebaikannya. 

Puasa Tarwiyah dan Kebaikannya

Puasa Tarwiyah ini dianjurkan buat yang berhaji maupun yang nggak lagi berhaji, dan beserta 7 hari sebelumnya juga. Puasa Tarwiyah punya keistimewaan utama yaitu menghapus dosa yang udah diperbuat di tahun lalu. Sementara, puasa Tarwiyah ini dilaksanakan pada tanggal 8 Dzulhijjah.

Lebih lanjut, puasa Tarwiyah memiliki keutamaan dapat menghapus dosa selama setahun. Sementara, puasa Arafah dapat menghapus dosa selama dua tahun.

Jadi, apabila kamu berpuasa di hari Tarwiyah dan hari Arafah, maka pahala bakal bertambah, kemudian dosa-dosa dihapus, dan bisa mendapatkan ridho Allah SWT.

Puasa Arafah dan Kebaikannya

Puasa Arafah dilaksanakan di tanggal 9 Dzulhijjah, kecuali buat jamaah haji. Soalnya, para jamaah ini sedang melaksanakan rukun-rukun dan amalan yang dilakukan saat menunaikan ibadah haji. Kebaikan puasa Arafah ini ada banyak, di antaranya yaitu:

  • Menghapus Dosa Tahun Lalu dan yang Akan Datang

Kalau diri kamu penuh dengan dosa, lalu ada kabar tentang akan diberikan ampunan, nggak ada yang bisa diungkapkan kecuali rasa syukur dan kebahagiaan atas kemurahan Allah SWT. Kemurahan ini diberikan kepada umat Islam yang melakukan puasa Arafah.

Pun Rasulullah juga menjelaskannya ketika ditanya mengenai puasa Arafah. Rasulullah bersabda, “Dapat menebus dosa tahun lalu dan yang akan datang.” Demikian menurut HR. Muslim.

  • Hari Makan dan Minum

Dari Uqbah bin Amir, berikut sabda Rasulullah: “Hari Arafah, hari Qurban dan hari Tasyriq adalah hari raya penganut Islam, dan hari-hari itu adalah hari untuk makan dan minum.” Ini diriwayatkan oleh kelimanya kecuali Ibnu Majah, dan kemudian dinyatakan sudah sah oleh Turmudzi.

  • Khusus Buat yang Nggak Hadir di Arafah

Dari Abu Hurairah, beliau berkata, “Rasulullah melarang puasa di hari Arafah.” Ini menurut riwayat Ahmad, Abu Daud, Nasai, dan Ibnu Majah. 

Kemudian, Imam Turmudzi mengatakan bahwa “Para ulama memandang sunah untuk puasa di hari Arafah, kecuali buat orang-orang yang lagi ada di Arafah.”

Dari Ummul Fadhal, beliau berkata, “Mereka bimbang tentang puasa Nabi di Arafah, kemudian saya kirimkan susu, maka diminumnya, saat itu beliau memberi khotbah di depan para manusia di Arafah.” Demikian dari HR. Mutafaq Alaih.

Manfaat Puasa

Puasa sangat baik dilakukan buat kesehatan fisik maupun mental. Berikut manfaat puasa:

  • Membuat Jantung Lebih Sehat

Puasa bisa menyehatkan organ jantung. Menurut sebuah penelitian, orang yang puasa sekali dalam sebulan, punya risiko lebih rendah 58% dari serangan penyakit jantung. Diklaim, orang yang puasa itu punya jantung lebih sehat daripada mereka yang nggak berpuasa.

  • Mengurangi Risiko Kanker

Puasa juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit kanker. Ini karena saat berpuasa, pembelahan sel di dalam tubuh bakal berkurang kecepatannya. Sementara, asupan yang terbatas juga menurunkan pertumbuhan sel. Tapi, hal ini masih perlu penelitian lebih lanjut, ya.

  • Menurunkan Risiko Terkena Penyakit

Kalau dibarengi dengan pola makan yang sehat, berpuasa bisa menghindarkan penyakit apa saja dari kamu. Kalau kamu rutin puasa dengan cara yang benar, ini bisa membantu memperbaiki kondisi radang usus besar, radang sendiri, dan juga penyakit kulit di antaranya seperti eksim dan psoriasis.

  • Memiliki Berat Badan yang Ideal

Proses pembakaran lemak agar menjadi energi, bisa bantu kurangi berat badan. Inilah yang bikin puasa memberi efek yaitu penurunan berat badan. Nggak cuma bikin kamu punya berat badan yang ideal. Saat berat badanmu menurun, ini juga bagus buat mengontrol tekanan darah dan diabetes.

_________________________

Baca juga: Aneka Masakan Favorit Idul Adha Berbahan Daging

Jadi, barusan Blibli Friends, udah mengetahui puasa yang baik dilakukan sebelum Idul Adha. Terus, sudah ada niat puasanya juga. Kemudian, kamu juga udah memahami apa aja kebaikannya. Nah, kamu udah menjalankan puasa sunnah ini atau belum? Yuk, mumpung masih ada dua hari menjelang Idul Adha.

Selain puasa sebelum Idul Adha, perbanyak juga amal ibadah lainnya. Salah satunya dengan mulai rutin melaksanakan solat sunah. Biar makin semangat ibadahnya, dapetin alat solat terbaru di Blibli. Produknya lengkap banget. Terus, ada diskon dan harga promo buat kamu! 

Dapatkan Alat Solat Terbaikmu Hanya di Sini!

Tag:

Artikel Kategori Terkait

Artikel Tag Terkait

Artikel Penulis Terkait

Lihat Artikel Lainnya