Syarat Hewan Qurban yang Boleh Disembelih saat Idul Adha

harga & syarat hewan qurban
sumber: tegas.id

Hari Raya Idul Adha yang semakin dekat membuat banyak umat muslim mulai mempersiapkan ibadah menyembelih hewan qurban. Ibadah yang satu ini dilakukan sebagai wujud ketaatan kepada Allah SWT serta kepedulian kepada sesama. Di mana baik masyarakat kelas menengah ke atas dan ke bawah bisa bersama-sama menikmati daging hewan qurban. Sapi, domba, dan kambing menjadi hewan qurban yang paling populer di Indonesia. Sama halnya dengan ibadah lainnya, pelaksanaan dari ibadah menyembelih hewan qurban ini juga telah diatur oleh syariat agama. Salah satunya perihal syarat dari hewan qurban itu sendiri. Langsung aja, yuk cari satu apa saja yang menjadi syarat hewan qurban boleh disembelih:

Umur Hewan

Berapa umur hewan yang boleh disembelih tentu ditentukan oleh syariat Islam. Setiap jenis hewan qurban juga memiliki umur minimal yang berbeda-beda. Untuk sapi qurban, boleh dijadikan hewan sembelih saat qurban setelah berusia di atas dua tahun. Usia ini dianggap sebagai usia remaja ketika sapi telah memiliki daging yang lebih banyak.

Dompet Dhuafa Berkurban Sambil Bersedekah Sapi Jantan
Dompet Dhuafa Berkurban Sambil Bersedekah Sapi Jantan

Untuk domba, setidaknya telah berusia satu tahun atau telah mengalami pergantian gigi. Sulitnya mencari domba berusia satu tahun, membuat kamu bisa menjadikan domba enam bulan sebagai hewan qurban. Berbeda dengan kambing kurban, hewan ini harus setidaknya telah berusia dua tahun.

Master Domba Farm Hewan Qurban Domba Bobot 25 35 kg
Master Domba Farm Hewan Qurban Domba Bobot 25 35 kg

Sehat, Besar, dan Gemuk

Pastikan hewan qurban yang kamu pilih dalam kondisi yang sehat. Hindari memilih hewan yang dalam kondisi sakit dan gak bisa meninggalkan kandangnya. Pasalnya, kondisi hewan yang sakit dan tidak fit akan berdampak pada kualitas dari daging hewan itu sendiri. Untuk itu, kamu gak dianjurkan memilih hewan yang sedang sakit.

Hewan betina yang dalam kondisi baru beranak atau bahkan sedang mengandung juga gak boleh dijadikan hewan qurban, ya Blibli Friends. Selain sehat, kondisi hewan qurban sebaiknya besar dan juga gemuk. Sehingga hewan tersebut memiliki daging yang cukup banyak untuk dibagikan kepada sesama. Pastikan juga bahwa hewan yang akan disembelih dalam kondisi yang masih hidup dan bukanlah bangkai.

YUK SEGERA CEK HARGA HEWAN QURBAN 2020 DI SINI!

Milik Sendiri

Hewan yang akan diqurbankan haruslah merupakan hewan milik sendiri yang sah. Hewan hasil curian atau pegadaian gak boleh dijadikan sebagai hewan qurban. Bahkan, hewan warisan pun juga gak dianjurkan sebagai hewan qurban. Untuk itu, pastikan hewan yang akan diqurbankan telah sah merupakan milik sendiri.

BMH Qurban Berkah Nusantara Kurban Kambing
BMH Qurban Berkah Nusantara Kurban Kambing

Tidak Cacat

Selain hewan harus sehat, hewan qurban juga tidak boleh cacat, lho. Perhatikan secara detail kondisi hewan yang akan kamu jadikan sebagai qurban. Hewan yang dalam kondisi cacat, seperti buta, pincang, sebaiknya gak kamu jadikan pilihan karena gak sesuai dengan syariat agama. Hindari juga memilih hewan qurban dengan kondisi yang sangat kurus dan membuatnya gak memiliki sumsum tulang, ya.

CEK HARGA HEWAN QURBAN LAINNYA DI SINI, YA!

Jenis Kelamin Hewan

Sejatinya, perihal jenis kelamin hewan qurban gak tercantum secara khusus dalam syariat yang ditentukan. Hanya saja, akan lebih baik jika hewan qurban yang kamu pilih memiliki jenis kelamin jantan. Mengingat hewan jantan umumnya memiliki ukuran dan jumlah daging yang jauh lebih banyak.

Kelima syarat hewan qurban yang telah disebutkan di atas wajib kamu taati saat memilih hewan qurban, Blibli Friends! Selain bisa dibeli secara langsung, tahukah kamu jika hewan qurban juga bisa dibeli secara online, lho. Yuk, kunjungi Blibli dan pilih jenis hewan qurban yang kamu inginkan di sini!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY