me

Produk Ramah Lingkungan yang Pas di Kantong, Cobain Skuy!

Apr 19, 2022.By Blibli Friends
Bagikan

image source: www.pexels.com

Menjelang Hari Bumi di tanggal 22 April 2022, coba perhatikan yuk, apakah barang-barang yang kita gunakan setiap hari sudah termasuk produk ramah lingkungan atau belum? Penggunaan produk yang ramah lingkungan penting banget lho untuk menjaga kelestarian Bumi. Dengan menggunakan produk semacam ini, kita juga berpartisipasi menyelamatkan lingkungan.

Sebenarnya apa hubungannya produk ramah lingkungan dengan pemanasan global? Buat yang belum paham, nggak ada kata terlambat kok. Yuk, mulai dari sekarang dengan cari tahu berbagai info tentang pemanasan global. Ini dia infonya buat kamu.

BACA JUGA: Motor Listrik Niu Ramah Lingkungan


Apa Itu Pemanasan Global?

Pernah nggak sih kamu merasa kalau udara sekarang sering terasa makin panas? Atau dalam sehari bisa tiba-tiba hujan deras tapi kemudian panas terik? Nah kedua hal ini adalah dampak pemanasan global yang bisa kita rasakan secara langsung. Pemanasan global sendiri adalah meningkatnya suhu rata-rata di permukaan Bumi yang terjadi karena emisi gas rumah kaca.

Apa itu efek rumah kaca? Matahari menyinari Bumi dan sebagian panasnya menghangatkan permukaan Bumi. Sebagian panas matahari seharusnya memantul kembali ke luar angkasa. Tapi karena gas rumah kaca makin parah karena banyaknya asap gas pabrik, polusi kendaraan bermotor, karbon dioksida dan berbagai gas buangan aktivitas manusia lainnya, panas ini jadi terperangkap di atmosfer Bumi.

Inilah yang menyebabkan Bumi terasa semakin panas. Nggak main-main, bahkan saking panasnya sampai es di Kutub Utara mencair yang mengakibatkan tempat tinggal beruang kutub, penguin dan berbagai fauna yang ada di sana terancam. Sudah ada satwa yang diperkirakan punah akibat pemanasan global yang sebagian besar disebabkan oleh manusia ini.

Peran Produk Ramah Lingkungan dalam Mengurangi Pemanasan Global

Tanpa sadar, kebiasaan kita sehari-hari sebenarnya berdampak banget pada pemanasan global. Misalnya menggunakan pendingin ruangan terlalu sering dan membuka tutup lemari es terlalu sering padahal nggak terlalu dibutuhkan. Menggunakan tas plastik buat belanja dan sedotan plastik untuk minum juga berdampak buruk bagi lingkungan lho.

Berikut ini adalah peran produk ramah lingkungan dalam usaha untuk mengurangi pemanasan global di Bumi kita tercinta:

  • Produk ramah lingkungan mampu mengurangi jumlah limbah, sehingga nggak menambah pencemaran lingkungan lebih parah lagi.
  • Membiasakan penduduk Bumi untuk lebih berhemat dan mengapresiasi apa yang ada di sekitar mereka.
  • Mampu mengurangi risiko menurunkan kondisi kesehatan manusia dan makhluk hidup lainnya.
  • Efektif dan efisien untuk memanfaatkan sumber daya alam, lingkungan pun bisa lebih terjaga.

Rekomendasi Produk Ramah Lingkungan

Meski masih harus melewati jalan yang panjang agar seluruh penduduk Bumi lebih mencintai lingkungan, tapi saat ini sudah banyak kok yang sedikit demi sedikit memperbaiki kebiasaan mereka. Usaha sekecil apa pun pasti berarti untuk Bumi kita. Karena itu, yuk mulai gunakan produk ramah lingkungan seperti beberapa rekomendasi di bawah ini:

  1. Bengok Craft Tote Bag Tas Eceng Gondok
    Bengok Craft Tote Bag Tas Enceng Gondok (Handmade/Small)

Jalan-jalan ke mal atau kumpul bareng teman pakai produk ramah lingkungan, kenapa nggak? Kamu bisa lho pakai aksesoris yang terbuat dari bahan-bahan alami dan diproses dengan tangan tanpa proses yang merugikan lingkungan. Misalnya saja Bengok Craft Tote Bag Tas Enceng Gondok ukuran Small yang harganya Rp 60 ribuan.

Tas keren ini terbuat dari daun eceng gondok. Dianggap sebagai gulma atau hama karena mengganggu tanaman lainnya, tapi tanaman ini bisa dijadikan tas keren lho. Tas berukuran 25 x 30 x 5 cm dengan bobot 150 gram ini panjang talinya 20 cm. Pas banget deh buat jalan-jalan santai. Di dalamnya ada 1 kompartemen utama dan 1 saku kecil.

  1. Sedotan Bambu Go Green Bersih Ramah Lingkungan
    Sedotan Bambu Bamboo Straw Go Green Bersih Ramah Lingkungan (12 Pcs)

Minum pakai sedotan itu sudah jadi bagian dari keseharian banyak orang. Tanpa sadar, dengan minum pakai sedotan plastik kita sudah menyumbangkan sampah plastik yang semakin menumpuk dan mengotori Bumi. Meski ukurannya kecil banget, tapi bayangkan kalau jutaan orang di dunia setiap hari menggunakan 1 – 2 sedotan. Pasti menumpuk banyak banget!

Karena itu, kita bisa ganti pakai sedotan yang bisa dipakai berulang kali seperti Sedotan Bambu Go Green Bersih Ramah Lingkungan. Sedotan ini dijual dalam kemasan isi 12 yang dibanderol seharga Rp 14 ribuan saja. Cocok banget untuk dipakai sehari-hari. Ringan banget, mudah dibawa ke mana saja dan mudah dibersihkan juga.

  1. Tas Belanja Pakai Ulang ‘Kresek’
    Tas Belanja Pakai Ulang 'Kresek'

Hayo siapa yang masih pakai tas plastik buat belanja padahal tahu kalau itu nggak bagus buat lingkungan? Yuk ubah kebiasaan kita dengan mulai menggunakan tas belanja yang bisa digunakan berkali-kali. Misalnya Tas Belanja Pakai Ulang ‘Kresek’ yang bisa kamu dapatkan seharga Rp 29 ribuan.

Tas ini terbuat dari kain katun dengan ukuran 54 x 12 x 56 cm dan bobotnya 150 gram. Ringan, kainnya lembut, dan pastinya gampang banget buat dicuci dengan tangan maupun mesin cuci. Tersedia dalam warna putih dan hitam, kita bisa mengurangi sampah plastik kalau belanja pakai tas ini.

  1. Beach Ramah Lingkungan Detergen
    Beach Ramah Lingkungan Deterjen (5 L)

Mencuci pakaian pasti kita lakukan karena nggak mungkin dong kita pakai baju kotor saat beraktivitas. Bahkan saat di rumah saja pun, jauh lebih nyaman pakai baju bersih. Masalahnya nggak semua detergen itu mengandung bahan yang ramah lingkungan.

Sekarang sudah ada solusinya. Coba deh gunakan Beach Ramah Lingkungan Detergen kemasan 5 liter yang dipasarkan dengan harga Rp 60 ribuan. Detergen ini bahan bakunya adalah surfaktan nabati Metil Ester Sulfonate (MES) dari minyak kelapa sawit. Bahannya aman di tangan kita dan pastinya nggak bakal merusak serat dan warna pakaian.

  1. Secret Garden Bali Frangipani Moisturizing Lotion
    Secret Garden Bali Frangipani Moisturizing Lotion (230 g)

Bukan hanya produk fashion dan peralatan rumah tangga saja lho. Produk skincare juga ada yang bahan-bahan dan proses pembuatannya lebih ramah lingkungan. Salah satunya adalah Secret Garden Bali Frangipani Moisturizing Lotion kemasan 230 gram yang harganya Rp 122 ribuan.

Lotion yang cocok untuk kulit normal dan cenderung sensitif ini memiliki kandungan anti inflamasi alami dari ekstrak bunga kamboja. Kulit kita pun bisa terhindar dari kemerahan dan iritasi. Selain itu, ada kandungan Silk Protein yang melembapkan dan melembutkan kulit.


BACA JUGA: Cara Menggunakan Panci Elektrik

Tunjukkan dukunganmu untuk lebih mencintai lingkungan, yuk. Di Promo Aksi Cinta Bumi yang diadakan Blibli, kamu bisa mendapatkan berbagai produk ramah lingkungan. Mulai dari kebutuhan rumah tangga, perlengkapan ibu dan anak, produk perawatan kulit, dan masih banyak lagi.

Belum lagi, di Blibli ada berbagai voucher spesial yang menarik. Mulai dari potongan harga, gratis ongkir, sampai cashback yang bisa dipakai untuk belanja produk lainnya lagi. Lebih hemat, yuk intip koleksi produk ramah lingkungan yang ada di Blibli sekarang juga!

Tag: