me

Gejala Hingga Penyebab Polip Telinga Kucing, Hati-hati Ya!

Jan 15, 2023.By Blibli Friends
Bagikan

tuftcatnip.com

Cicilan 0% KAM

Bagi kamu, nih, para pecinta kucing, tentu harus rajin memberikan makanan hingga vitamin, bukan? Tapi, di samping itu semua, kamu juga harus peka terhadap kondisi kesehatan dari kucingmu, lho, karena kucing juga seperti manusia yang bisa sakit sewaktu-waktu jika terkena bakteri ataupun virus jahat. 

Oleh sebab itu, nggak heran saat merawat kucing, kamu dituntut untuk bisa membersihkannya secara rutin. Belum lagi dengan berbagai perawatan lainnya, dari grooming hingga pemberian suntikan tertentu untuk menjaganya agar tetap sehat, terawat, dan terhindar dari bakteri berbahaya. 

Perlu kamu ketahui ada banyak sekali penyakit yang mungkin bisa menginfeksi kucingmu jika nggak dijaga kebersihan dan kesehatannya, lho! Salah satunya seperti polip telinga kucing ini. Makin membuatmu penasaran dan was was bukan, apa itu polip telinga kucing, berbahayakah? Yuk, simak saja penjelasan berikut!

Baca juga: Cara Membuat Vitamin Kucing Sendiri 


Gejala Polip Telinga Kucing

Polip telinga kucing
dokterhewan.co.id

Rasanya ketika membaca ini kamu harus lebih aware lagi deh dengan tingkah laku hingga kesehatan dari kucing peliharaanmu itu, bukan tanpa alasan tapi karena terkadang gerakan kakinya yang selalu menggaruk garuk bagian badannya itu bisa jadi merupakan sebuah gejala penyakit, lho!

Terkadang kita menilainya kucing yang garuk-garuk badan itu adalah hal yang lumrah bukan? Bahkan nggak jarang kita hanya menganggapnya sebagai suatu hal yang sepele, padahal apabila dilihat lebih lanjut lagi, itu bisa jadi gejala polip telinga kucing.

Apa sih polip telinga itu? Secara umum, polip adalah penyakit pada bagian telinga kucing yang lebih disebabkan karena infeksi dari bakteri hingga virus yang nggak kita duga.

Terkadang bekas kemerahan pada telinga hanya kita anggap sebagai bentuk gatal biasa. Tapi nyatanya inilah salah satu gejala dari penyakit polip telinga kucing yang harus kamu sadari. Memang sih hanya gatal-gatal saja pada awalnya, tapi jika dibiarkan begitu saja nyatanya bisa berdampak pada infeksi hingga bengkaknya saluran telinga, lho!  

Gejala lebih jelasnya adalah adanya tanda kemerahan yang meradang di bagian telinga, kucing seringkali memiringkan kepalanya, sering menggeleng gelengkan kepalanya seakan ada sesuatu yang masuk di telinganya, mencium bau-bau busuk pada bagian telinga atau hingga terjadi pendarahan pada bagian telinganya.

Penyebab Polip Telinga Kucing

Seringkali hal-hal sepele nggak kita sadari bisa menyebabkan penyakit yang cukup parah bagi hewan peliharaan kita, lho! Lebih kurangnya, semua bisa berawal dari pentingnya menjaga kebersihan dari hewan peliharaan. Sebab kondisi kandang hingga lingkungannya yang sangat kotor pun bisa membuat kucing mudah sekali terjangkit penyakit, lho! 

Nyatanya penyebab penyakit sendiri nggak hanya berasal dari imun tubuh kucing yang mungkin lemah ataupun dari kondisi genetiknya yang memang berpotensi terserang penyakit, melainkan lingkungannya pula memiliki peranan yang cukup penting. 

Salah satunya polip telinga yang bisa menginfeksi kucing ini, hal ini disebabkan oleh infeksi bakteri yang ada pada kucing. Dan tentunya semua infeksi bakteri hingga virus ini bisa terjadi karena kotoran yang menumpuk pada bagian telinga kucing atau hingga telah terjadinya peradangan yang cukup berbahaya. 

Cukup sepele memang penyebab polip telinga kucing yang seringkali terjadi ini, namun hal tersebut malah yang kurang disadari oleh para pemiliknya. Oleh karena itu, bagi kamu yang punya peliharaan nih nyatanya nggak cukup cuma memberinya makan secara rutin saja agar bisa tetap hidup dan nggak kelaparan tapi kamu juga harus memperhatikan kondisi kesehatannya, lho.

Cara Mengobati Polip Telinga Kucing

Ketika kamu sudah memahami gejalanya akankah lebih baik jika membawa kucing atau hewan peliharaanmu itu langsung ke dokter, atau jika memang sebelumnya kucing kamu telah memiliki gejala serupa dan pernah diberikan obatnya, akan lebih  baik jika kamu meminumkannya lagi agar nggak bertambah parah dan memicu terjadinya infeksi yang lainnya. 

Karena pada dasarnya tanpa kamu ketahui, hal sepele seperti berada di tempat atau lingkungan yang kotor, nggak menjaga kebersihan kandang, terinfeksi bakteri, virus hingga jamur merupakan penyebab dari timbulnya penyakit yang parah, lhoo! 

Tentunya kamu nggak akan pernah tega bukan melihat kucing peliharaan itu nggak bisa beristirahat dengan baik bahkan hingga kehilangan selera makannya hanya karena merasa kesakitan dan terganggu pada salah satu bagian tubuhnya. Oleh karenanya ketika kamu melihat gejalanya langsung cari tahu cara mengobati polip telinga kucing atau bahkan jika kamu ingin cepat tertangani langsung bawah saja ke dokter hewan. 

Untuk pertolongan pertamanya ketika kamu menyadari bahwa itu merupakan gejala polip kamu perlu memberikannya obat sesuai dengan resep dokternya secara rutin, barulah nanti kamu bisa mulai membersihkan bagian kandangnya hingga ke sudut-sudutnya, pastikan saja nggak ada kotoran yang tersisa. Karena mungkin saja itu bisa menyebabkan penyakit kucingmu jadi lebih parah lagi, lho!

Obat Polip Telinga Kucing

Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya bahwa polip telinga kucing ini lebih disebabkan karena timbulnya jamur yang bisa saja terinfeksi dari bakteri ataupun virus yang beragam jenisnya  itu. Dan tentu kamu pun nggak bisa terlalu cepat dalam menentukan asal dari virus hingga bakteri tersebut bukan? Mungkin juga nggak jauh jauh dari lingkungan hingga tempatnya berada sehari sehari. 

Namun agar nggak membuatnya semakin parah, kamu bisa mengatasi gejala polip telinga kucing ini dengan obat polip telinga kucing yang memiliki kandungan anti jamur, obat obat tersebut diantaranya seperti itrakonazol, terbinafine, bahkan hingga flukonazol lho! 

Tapi perlu diketahui kamu nggak bisa dengan mudah dan sembarangan memberikannya begitu saja, walaupun kamu tahu obatnya tapi akankah lebih baik jika kamu juga mengikuti resep obat yang telah diberikan oleh dokter. Karena bisa saja itu yang lebih ampuh bukan?

HERBS Ear Drops 30ml - Obat Tetes Pembersih Telinga Kucing Dan Anjing


Baca juga:Jangan Sepelekan Kucing! Ini Manfaat Pelihara Kucing

So, dengan informasi yang berkaitan dengan polip telinga kucing dari gejala, penyebab hingga bahayanya ini tentu kamu harus merasa lebih aware lagi dengan kondisi kesehatan dan tingkah laku dari kucing peliharaanmu itu. Untuk beberapa jenis obat yang mungkin ingin kamu sediakan buat jaga-jaga akan kesehatan kucing kamu bisa dengan mudah mencarinya di Blibli juga kok!

Di Blibli juga buanyak banget pilihan diskon menarik dan gratis ongkir yang bisa kamu dapatkan! Jangan sampai ketinggalan promo-promo khusus lainnya di hari-hari spesial ya!

Tag: