me

Kenalan Sama Perbedaan Xpander dan Xpander Cross, Yuk!

Mar 28, 2024.By Rio
Bagikan

image source: www.mitsubishi-motors.co.id

Perbedaan Xpander dan Xpander Cross – Siapa yang suka dengan mobil Xpander? Tipe ini merupakan keluaran dari Mitsubishi yang sudah terkenal dengan banyaknya mobil kekinian tentunya dengan performa yang bagus. Nyatanya Xpander ini juga muncul pilihan lainnya yakni Xpander Cross. Lalu, apa yang menjadi perbedaan Xpander dan Xpander Cross untuk pertimbangan?

Baca Juga: 200 Juta Dapat Mobil Apa? Berikut Mobil 200 Jutaan Terbaik 2022


Perbedaan Xpander dan Xpander Cross, Apa Saja Itu?

Nggak cukup berhenti dengan keluaran Xpander, nyatanya PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) juga secara resmi mengeluarkan adiknya yang bernama Xpander Cross. Adapun perbedaan yang perlu diperhatikan bisa dilihat sebagai berikut:

Penjelasan secara singkat terkait Xpander dan Xpander Cross

Sebelum masuk ke pembahasan yang lebih mendalam kamu perlu tahu terlebih dahulu sekilas mengenai Xpander dan Xpander Cross ini. Xpander merupakan tipe mobil mewah yang memberikan cukup banyak fitur yang ditawarkan untuk para penggunanya. Sementara untuk Xpander Cross termasuk varian tertinggi yang dikeluarkan baru-baru ini.

Xpander yang biasa saja sudah banyak orang yang suka karena kenyamanan dan ketangguhan yang diberikannya. Sementara untuk Xpander Cross ini dibuat lebih menawan karena tambahan MPV dengan ketangguhan SUV. Kedua hal ini nyatanya memang meningkatkan sisi maksimal yang diberikan untuk penumpangnya.

Namun jelas saja, kamu perlu tahu jika dikupas tuntas antara Xpander dan Xpander Cross ini memiliki perbedaan yang signifikan begitu juga dari sisi pengadaan harga jualnya.

1. Perbedaan secara Exterior

Parameter pertama yang bisa digunakan untuk melihat perbedaan Xpander dan Xpander Cross ini bisa dilihat dari tampilan luarnya. Seperti yang sudah diketahui bahwa kebanyakan orang cenderung melihat dari sisi luarnya terlebih dahulu sebelum memantau dari tipe mesin dan transmisi yang digunakan.

Sehingga semakin menarik tampilan mobilnya tentu saja potensi dipilihnya juga semakin tinggi didapatkan. Jika dilihat dari warna yang digunakan pada bagian luarnya, Xpander lebih didominasi dengan penggunaan warna chrome. Sementara untuk Xpander Cross sudah nggak menggunakan tipe chrome lagi.

Berikutnya, bisa dilihat dari segi desain bumper yang digunakan. Xpander Cross cenderung menggunakan bentuk yang lebih kotak dibandingkan dengan Xpander biasa sehingga bentuknya memang terlihat lebih jantan dan kokoh. Xpander Cross juga menggunakan gril dengan warna yang cenderung hitam.

Xpander masih menggunakan tipe lampu bohlam sementara untuk Xpander Cross sudah menggunakan tipe LED. Pada bagian desain bumper depannya juga bisa dilihat sisi perbedaannya. Hal ini dikarenakan adanya perbedaan model dan ukuran pada bagian ini yang membuatnya cukup mencolok.

2. Perbedaan secara Interior

Nggak cuma untuk bagian luarnya saja, karena kamu perlu tahu bahwa Xpander dan Xpander Cross ni juga memiliki perbedaan untuk penataan bagian dalamnya. Pertama, kamu bisa melihat dari tipe warna yang digunakan. Xpander terkenal dengan penggunaan warna hitam sementara untuk Xpander Cross ada tambahan cokelat untuk paduannya.

Kamu bisa lebih mudah membandingkan penataan kabin dan juga penggunaan paduan warna yang telah dijelaskan sebelumnya. Berikutnya bisa diperhatikan mengenai jok penumpang dan lapisan pembungkusnya. Untuk Xpander menggunakan lapisan fabric biasa sementara untuk Xpander Cross sudah menggunakan lapisan kulit.

Bahkan untuk bagian yang paling atas dari Xpander Cross ini sudah dibekali dengan Leather Seat Premium Package. Kedua mobil ini sama-sama memberikan sisi kenyamanan yang lebih baik untuk para penggunanya. Apalagi keduanya sudah didukung dengan pengadaan pengaturan kursi dan area kepala lebih mudah.

Penataan interior ini didukung juga dengan pengadaan fitur lain yang menawan. Seperti halnya pengadaan layar monitor yang sudah touchscreen sampai dengan koneksi lain yang mempermudah penggunaan hiburan terlebih sambungan untuk smartphone yang digunakan.

3. Perbedaan secara Fitur

Pembanding keempat yang nggak kalah menarik untuk dipertimbangkan adalah mengenai fitur yang digunakan untuk Xpander dan Xpander Cross ini. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa Xpander Cross memang memiliki banyaknya fitur yang lebih lengkap dibandingkan dengan Xpander yang biasa.

Tipe Xpander yang biasa saja sudah dibekali dengan pengadaan beberapa fitur penting seperti dual airbags, active stability & traction control, cruise control sampai pengadaan hill start assist. Begitu juga dengan fitur keamanan untuk sistem rem yang digunakan berupa ABS dan EBD.

Untuk Xpander Cross diberikan tambahan dalam hal fitur hiburan berupa Cruise Control dan layar infotainment 7 inci yang membuat para penumpangnya lebih puas dan nggak bosan di dalam mobilnya. Pada Xpander Cross ini juga dibekali dengan sensor parkir sehingga mempermudahmu untuk melakukan parkir.

Begitu juga dengan pengadaan fitur defogger di kaca belakang untuk Xpander Cross. Tentu saja fitur yang satu ini belum ada pada Xpander biasa sebelumnya. Kamu bisa mendapatkan kemudahan yang lebih baik ketika menggunakannya.

4. Perbedaan secara Spesifikasi

Lebih mudah lagi kamu bisa membandingkan Xpander dan Xpander Cross melalui spesifikasinya. Adapun beberapa spesifikasi yang bisa kamu perhatikan sebagai berikut:

  • Mesin yang Digunakan

Spesifikasi pertama yang perlu diperhatikan antara Xpander dan Xpander Cross ini bisa dilihat dari mesin yang digunakan. Perlu kamu tahu bahwa mesin merupakan komponen penting yang harus diutamakan ketika membeli sebuah mobil. Bagusnya kedua mobil ini menggunakan tipe mesin yang sama.

Keduanya menggunakan 1.5L Petrol Engine, 4 Cylinder 16 Valve DOHC. Dipadukan dengan banyaknya katub silinder sebanyak 4 buah dan perkatubnya juga ada 4 buah. Hal ini tentu saja membuat lajuan kedua mobilnya sama-sama bisa dibanggakan.

  • Kemudi

Spesifikasi kedua yang dibandingkan adalah mengenai kemudinya. Xpander dan Xpander Cross ini nyatanya menggunakan tipe kemudi yang sama. Keduanya dibekali dengan Rack & Pinion untuk gear type, jenisnya berupa power dan Tilt & Telescopic untuk kolom kemudinya.

Kemudi ini dibekali juga dengan pengaturan posisi stir yang lebih mudah. Kamu bisa memanfaatkan hal ini untuk mendapatkan posisi menyetir yang lebih nyaman nantinya.

  • Pelek dan Ban

Spesifikasi ketiga yang perlu dipahami adalah mengenai pelek dan ban. Perlu dipahami untuk Xpander Cross menggunakan jenis ban Radial dengan ukuran R17 sementara untuk peleknya 17 inchi dengan tipe 205/55 R17 untuk bannya. Kemudian berbeda dengan Xpander biasa menggunakan ukuran yang lebih kecil dibandingkan tipe Xpander Cross. Ukurannya adalah pelek sekitar R16 sementara untuk pelenya sekitar 16 inchi saja. Hal ini menyesuaikan juga dengan bentuk bagian bawah mobilnya.

  • Transmisi

Spesifikasi berikutnya adalah mengenai transmisi yang digunakan. Bagusnya Xpander dan Xpander Cross ini menggunakan tipe transmisi yang sama yakni manual dengan kecepatan sebanyak 5 kali. Tentunya hal ini membuat lajuannya semakin cepat dan maksimal.


Baca Juga: Daftar Mobil SUV Terbaik di Indonesia Beserta Harganya

Kamu bingung untuk membeli Mitsubishi Xpander atau Mitsubishi Xpander Cross? Untuk membeli kedua mobil ini kamu cukup membuka aplikasi Blibli saja. Ada banyak penawaran menarik menunggu mulai dari cashback sampai dengan gratis ongkir setiap harinya.

Tag:

Artikel Kategori Terkait

Artikel Tag Terkait

Artikel Penulis Terkait

Lihat Artikel Lainnya