me

Perbedaan Susu UHT dan Fresh Milk, Sudah Tahu?

Aug 12, 2020.By Blibli Friends
Bagikan

pexels.com

Perbedaan Susu UHT dan Fresh Milk ー Sejak kecil kita sudah lekat dengan image susu yang merupakan salah satu minuman luar biasa, pelengkap 4 sehat 5 sempurna.  Bahkan selama masa pertumbuhan, anak-anak juga wajib mengonsumsi susu untuk memaksimalkan perkembangan tulang serta otak. Blibli Friends tahu nggak apa saja kandungan susu yang menjadikannya sangat bergizi? Di dalam segelas susu, terdapat protein, kalsium, magnesium, lemak, fosfor, selenium, dan berbagai vitamin. Lengkap banget, kan?

Nah, saat ini kamu punya banyak pilihan dalam mengonsumsi susu. Bisa minum susu sapi segar, bisa pula minum susu UHT yang sudah dalam kemasan. Mungkin kamu pernah bertanya-tanya, kira-kira kandungan nutrisinya sama nggak, ya? Kenapa ada susu segar dan kenapa ada susu dalam kemasan? Yuk, cari tahu perbedaan susu UHT dan fresh milk di sini!

BACA JUGA: 3 RESEP OLAHAN SUSU UHT

Supermarket Online BLM

Susu UHT

Ultra High Temperature atau UHT merupakan proses pemanasan dengan suhu tinggi mencapai 235 derajat celcius dalam waktu singkat hanya selama beberapa detik saja. Proses pemanasan ini bertujuan untuk menghilangkan bakteri yang ada di dalam susu, sehingga lebih awet disimpan dalam waktu lama. Sayangnya, pemanasan dengan suhu tinggi ini secara tidak langsung juga merusak struktur protein alami dalam susu. Beberapa mikroorganisme baik juga ikut mati.

Tapi tenang saja Blibli Friends, di dalam susu UHT sudah ditambahkan vitamin dan mineral untuk menjadikan manfaatnya setara dengan susu sapi segar. Dalam dunia pengolahan pangan, hal ini umumnya dikenal dengan fortifikasi atau memperkaya suatu bahan dengan vitamin dan mineral untuk memaksimalkan manfaatnya bagi tubuh. Jadi susu UHT yang kamu minum selama ini bisa dibilang sama bermanfaatnya dengan susu sapi segar.

Kelebihan lain dari susu UHT dalam kemasan adalah bisa disimpan hingga 12 bulan lamanya (jika kemasan belum dibuka). Susu UHT juga sudah dikembangkan sedemikian rupa sehingga terdiri dari berbagai rasa yang unik, bukan hanya coklat atau stroberi saja. Kini bahkan sudah ada susu denga rasa keju atau juga kopi. Kamu yang hobi masak makanan manis, bisa juga menjadikan susu UHT salah satu bahan untuk kue atau puding.

KLIK DI SINI UNTUK PILIHAN SUSU UHT TERBAIK!

Fresh Milk

Yang disebut dengan fresh milk alias susu segar, sebenarnya adalah susu yang sudah mengalami proses pasteurisasi. Proses ini dibutuhkan untuk membunuh bakteri dan mikroorganisme jahat yang bisa menyebabkan sakit perut dan gangguan kesehatan lainnya pada susu mentah. Jadi jangan berpikir kalau susu mentah yang baru diperah bisa dikonsumsi, ya!

Proses pasteurisasi ini dilakukan dengan memanaskan susu dengan suhu yang lebih rendah sehingga tidak sampai merusak kandungan baik di dalamnya. Itulah mengapa secara umum susu segar memiliki kandungan yang lebih baik dibanding susu UHT. Rasa susu segar juga jauh lebih alami dan gurih tanpa ada tambahan bahan apapun.

Sayangnya, kelemahan dari susu segar adalah tidak bisa disimpan dalam waktu lama. Sebentar saja membiarkan susu di dalam suhu ruangan, warna, aroma dan rasanya akan mulai berubah menjadi sedikit asa. Supaya susu sehar bisa awet, harus disimpan dengan cara dibekukan di suhu 0 sampai 4 derajat celcius.


Rekomendasi Produk Susu UHT dan Fresh Milk

1. Greenfields UHT Milk Full Cream

Greenfields UHT Milk Full Cream

Produk susu UHT ini diambil dari 100% susu segar sapi perah pilihan di area peternakan Greenfields, yang berlokasi di daerah Malang, Jawa Timur. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan kekhasan susu segar tersendiri karena produk ini benar-benar berasal dari peternakan produsen yang menggunakan jenis sapi Friesian Holstein yang khusus dikembangkan untuk dairy products melalui proses pengolahan berteknologi tinggi di pabrik Greenfields.

Selain kaya beragam vitamin dan mineral penting, produk susu ini juga bebas zat tambahan, hormon, dan antibiotik. Jadi, Greenfields Susu UHT Full Cream ini dirancang penuh dengan segala kebaikan susu segar untuk seluruh keluarga di berbagai belahan negara, termasuk Indonesia. Setiap tetes susunya yang diproduksi dengan cermat dan standar mutu tinggi memastikannya menjadi susu segar yang sehat, bergizi, dan bermanfaat. productnation

2. MilkLife Fresh Milk Murni

MilkLife Fresh Milk Murni

Susu bebas laktosa ini baik bagi kesehatan tulang dan lain-lain nya. Dan juga dapat dikonsumsi untuk anda yang mempunyai alergi terhadap, laktosa. Milk Life menjadi solusi minuman bernutrisi sehat dan seimbang bagi semua keluarga.

3. Indomilk Full Cream Plain Susu UHT

Indomilk Full Cream Plain Susu UHT

Susu cair UHT indomilk dibuat dgn susu sapi. Tahan lama karena diproses dgn tekhnologi ultra high temperature dgn menggunakan kemasan multi lapis kedap cahaya dan udara yg melindungi dari pengaruh suhu dan sinar matahari.

4. Oatside Oat Milk Barista Blend

Oatside Oat Milk Barista Blend

tekstur susu ini sangat ringan di antara susu oat Oatside lainnya. Aromanya pun persis seperti susu cokelat kacang yang dibuat dengan susu sapi. Namun, varian ini tentu tidak bisa dikonsumsi oleh kamu yang intoleran kacang-kacangan, termasuk hazelnut. Pasalnya, meski tidak dibuat menggunakan perasa buatan, hazelnut yang ditambahkan ke dalam susu adalah kacang hazel asli dari Turki. Selain itu, ada sedikit rasa pahit di akhir yang terasa seperti gandum panggang. Susu oat milik Oatside sudah bisa ditemui di beberapa swalayan dengan harga mulai Rp 42.000 hingga Rp 52.000 untuk kemasan satu liter.

5. Greenfields Fresh Milk

Greenfields Fresh Milk

Greenfields Fresh Milk Plain [1000 mL] merupakan minuman susu yang mengandung mineral, vitamin, sumber fosfor, dan kalsium yang tinggi dengan rasa yang nikmat. Susu ini sangat cocok untuk dikonsumsi setiap hari.

6. MilkLife Fresh Stroberi Pisang

MilkLife Fresh Stroberi Pisang

Susu bebas laktosa ini baik bagi kesehatan tulang dan lain-lain nya. Dan juga dapat dikonsumsi untuk anda yang mempunyai alergi terhadap, laktosa. Milk Life menjadi solusi minuman bernutrisi sehat dan seimbang bagi semua keluarga. Ditambah varian rasa ini perpaduann rasa unik dari buah stoberi dan pisang yang wajib kamu coba.

7. Greenfields UHT Milk Choco Malt

Greenfields UHT Milk Choco Malt


BACA JUGA: RESEP DESSERT BERBAHAN DASAR SUSU

Itulah perbedaan susu UHT dan fresh milk. Lalu susu jenis mana yang lebih baik dikonsumsi? Keduanya sama baiknya, tergantung kebutuhan Blibli Friends. Jika lokasi rumah dekat peternakan dan bisa sering membeli susu segar, maka tentu lebih baik meminum fresh milk. Tapi kalau kamu super sibuk dan ingin menyimpan susu dalam jumlah banyak supaya mudah diminum kapan saja, maka susu UHT adalah pilihan terbaik. Yuk, pilih susu favoritmu di Blibli dan stok di rumah sekarang juga!

KLIK DI SINI UNTUK PILIHAN PRODUK SUSU TERBAIK!

Tag: