Perbedaan Susu UHT dan Fresh Milk, Sudah Tahu?

Perbedaan Susu UHT dan Fresh Milk

Perbedaan Susu UHT dan Fresh Milk ー Sejak kecil kita sudah lekat dengan image susu yang merupakan salah satu minuman luar biasa, pelengkap 4 sehat 5 sempurna.  Bahkan selama masa pertumbuhan, anak-anak juga wajib mengonsumsi susu untuk memaksimalkan perkembangan tulang serta otak. Blibli Friends tahu nggak apa saja kandungan susu yang menjadikannya sangat bergizi? Di dalam segelas susu, terdapat protein, kalsium, magnesium, lemak, fosfor, selenium, dan berbagai vitamin. Lengkap banget, kan?

Nah, saat ini kamu punya banyak pilihan dalam mengonsumsi susu. Bisa minum susu sapi segar, bisa pula minum susu UHT yang sudah dalam kemasan. Mungkin kamu pernah bertanya-tanya, kira-kira kandungan nutrisinya sama nggak, ya? Kenapa ada susu segar dan kenapa ada susu dalam kemasan? Yuk, cari tahu perbedaan susu UHT dan fresh milk di sini!

BACA JUGA: 3 RESEP OLAHAN SUSU UHT

___________________

Susu UHT

Ultra High Temperature atau UHT merupakan proses pemanasan dengan suhu tinggi mencapai 235 derajat celcius dalam waktu singkat hanya selama beberapa detik saja. Proses pemanasan ini bertujuan untuk menghilangkan bakteri yang ada di dalam susu, sehingga lebih awet disimpan dalam waktu lama. Sayangnya, pemanasan dengan suhu tinggi ini secara tidak langsung juga merusak struktur protein alami dalam susu. Beberapa mikroorganisme baik juga ikut mati.

Tapi tenang saja Blibli Friends, di dalam susu UHT sudah ditambahkan vitamin dan mineral untuk menjadikan manfaatnya setara dengan susu sapi segar. Dalam dunia pengolahan pangan, hal ini umumnya dikenal dengan fortifikasi atau memperkaya suatu bahan dengan vitamin dan mineral untuk memaksimalkan manfaatnya bagi tubuh. Jadi susu UHT yang kamu minum selama ini bisa dibilang sama bermanfaatnya dengan susu sapi segar.

Kelebihan lain dari susu UHT dalam kemasan adalah bisa disimpan hingga 12 bulan lamanya (jika kemasan belum dibuka). Susu UHT juga sudah dikembangkan sedemikian rupa sehingga terdiri dari berbagai rasa yang unik, bukan hanya coklat atau stroberi saja. Kini bahkan sudah ada susu denga rasa keju atau juga kopi. Kamu yang hobi masak makanan manis, bisa juga menjadikan susu UHT salah satu bahan untuk kue atau puding.

KLIK DI SINI UNTUK PILIHAN SUSU UHT TERBAIK!

Fresh Milk

Yang disebut dengan fresh milk alias susu segar, sebenarnya adalah susu yang sudah mengalami proses pasteurisasi. Proses ini dibutuhkan untuk membunuh bakteri dan mikroorganisme jahat yang bisa menyebabkan sakit perut dan gangguan kesehatan lainnya pada susu mentah. Jadi jangan berpikir kalau susu mentah yang baru diperah bisa dikonsumsi, ya!

Proses pasteurisasi ini dilakukan dengan memanaskan susu dengan suhu yang lebih rendah sehingga tidak sampai merusak kandungan baik di dalamnya. Itulah mengapa secara umum susu segar memiliki kandungan yang lebih baik dibanding susu UHT. Rasa susu segar juga jauh lebih alami dan gurih tanpa ada tambahan bahan apapun.

Sayangnya, kelemahan dari susu segar adalah tidak bisa disimpan dalam waktu lama. Sebentar saja membiarkan susu di dalam suhu ruangan, warna, aroma dan rasanya akan mulai berubah menjadi sedikit asa. Supaya susu sehar bisa awet, harus disimpan dengan cara dibekukan di suhu 0 sampai 4 derajat celcius.

___________________

BACA JUGA: RESEP DESSERT BERBAHAN DASAR SUSU

Itulah perbedaan susu UHT dan fresh milk. Lalu susu jenis mana yang lebih baik dikonsumsi? Keduanya sama baiknya, tergantung kebutuhan Blibli Friends. Jika lokasi rumah dekat peternakan dan bisa sering membeli susu segar, maka tentu lebih baik meminum fresh milk. Tapi kalau kamu super sibuk dan ingin menyimpan susu dalam jumlah banyak supaya mudah diminum kapan saja, maka susu UHT adalah pilihan terbaik. Yuk, pilih susu favoritmu di Blibli dan stok di rumah sekarang juga!

KLIK DI SINI UNTUK PILIHAN PRODUK SUSU TERBAIK!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY