Ini Penyebab Laptop Lemot, Sudah Tahu?

Source by pinterest.com

Penyebab Laptop Lemot —Buat kamu yang sehari-hari bekerja pakai laptop, perangkat satu itu seakan jadi nyawa keduamu. Kalau laptopmu lagi sehat, maka semua jenis pekerjaan pun bisa kamu selesaikan dengan cepat. Kepalamu pun akan langsung pusing tujuh keliling saat laptopmu mendadak bertingkah. Laptop yang mendadak jadi lemot adalah salah satu masalah yang paling umum terjadi. Aktivitas kerja atau bahkan rekreasi seperti main game pun mendadak jadi terhenti gara-gara laptop yang jadi lemot banget. Pastinya, Blibli Friends pun dibuat dongkol karenanya.

Namun, bukan berarti kamu harus segera membawanya ke tempat service komputer. Apalagi, kalau saat ini kondisi keuangan belum mendukung. Lebih baik, Blibli Friends cari tahu dulu penyebab laptop lemot berikut ini.

BACA JUGA: Cara Mengaktifkan Kamera Laptop, Mudah dan Cepat

_______________________

  1. Harddisk yang Sudah Penuh

Ini nih penyebab laptop lemot yang paling sering terjadi. Kamu bisa jadi menyimpan terlalu banyak file di dalam laptopmu. Akibatnya, laptopmu jadi lemot. Selain file, bisa jadi harddiskmu penuh gara-gara tumpukan cache, thumbnails, atau sisa file lainnya. Ibarat otak manusia, kamu pun pasti langsung mendadak lemot kalau lagi kebanyakan pikiran, kan? Makanya, rajin-rajin bersihkan harddisk, yuk.

Caranya bisa dengan menghapus file video, lagu, atau aplikasi komputer yang jarang banget kamu pakai. Kalau Blibli Friends masih sayang banget dengan koleksimu, kamu bisa pakai hardisk eksternal buat menyimpan file-file tersebut. Selain itu, jangan lupa hapus file cache dan sejenisnya, ya.

  1. Kapasitas RAM Laptop yang Terlalu Kecil

Penyebab laptop lemot lainnya juga bisa disebabkan gara-gara kapasitas RAM yang terlalu kecil. Akibatnya, laptop jadi kewalahan saat kamu membuka beberapa aplikasi atau file sekaligus. Jadilah laptopmu jadi terasa lemot banget. Buat mengatasinya, kamu bisa kok menambahkan memori RAM untuk laptopmu. Bawa saja ke tempat service laptop dan minta mereka buat mengupgrade kapasitas RAM dari laptopmu. Kamu juga bisa tanya terlebih dahulu soal perkiraan biaya. Dengan begitu, kamu jadi bisa menyediakan budget yang cukup.

Masalah ini juga bisa kamu atasi dengan lebih teliti sebelum memutuskan buat beli laptop. Pastikan buat memperhatikan spek RAM dari laptop tersebut sebelum memutuskan buat membelinya. Jangan lupa sesuaikan dengan kebutuhanmu. Misalnya, kamu bekerja di bidang web atau game development. Artinya, kamu bakal butuh laptop dengan kapasitas RAM yang besar. Jangan pilih laptop murah yang memang dikhususkan buat kegiatan word processing biasa. Laptop gaming bisa jadi pilihan yang tepat buat kamu. Walaupun, harganya juga lumayan menguras kantong.

  1. Terlalu Banyak Aplikasi yang Beroperasi

Kalau dua faktor di atas ternyata clear, berarti bisa jadi masalahnya terletak pada jumlah aplikasi yang kamu buka. Aplikasi-aplikasi ini bisa jadi berjalan secara otomatis di latar belakang. Contohnya, seperti aplikasi anti-virus atau fitur auto-update. Laptopmu juga bisa jadi lemot gara-gara Blibli Friends mengoperasikan aplikasi yang terlalu banyak. Apalagi, kalau aplikasi itu punya kapasitas yang lumayan besar. Bisa dijamin, kapasitas RAM yang terpakai pun bakal lebih besar. Kalau ini terjadi, coba deh tutup beberapa aplikasi yang nggak terlalu kamu gunakan. Kalau kamu harus menjalankan aplikasi berat, batasi dengan membuka satu atau maksimal dua aplikasi saja. Tujuannya, supaya kamu nggak membebani kapasitas RAM dan memori internal yang dimiliki laptopmu.

_______________________

BACA JUGA: Cara Screenshot di Laptop, Mudah dan Cepat

Itulah beberapa penyebab laptop lemot. Buat kamu yang butuh beli harddisk eksternal buat laptop, coba deh beli di Blibli. Kamu bisa temukan harddisk dengan kapasitas yang bermacam-macam. Khawatir dengan harga yang mahal? Blibli punya banyak banget penawaran promo buat kamu yang ingin dapatkan harga diskon. Apalagi, layanan retur yang ditawarkan toko online ini juga terpercaya banget. Kamu jadi bisa belanja berbagai aksesoris laptop dengan nyaman dan aman.

BELI LAPTOP TERBAIK DI SINI!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY