Cara Screenshot di Laptop, Mudah dan Cepat

techpp.com

Cara Screenshot di Laptop — Screenshot atau tangkapan layar menjadi hal yang sangat populer di kalangan pengguna smartphone. Setiap kali melihat informasi atau bahkan cuplikan video yang menarik, kamu pasti akan cepat tanggap dalam melakukan screenshot, kan? Melakukan tangkapan layar ini juga akan memudahkan Blibli Friends setiap kali akan membagikan informasi menarik pada kerabat.

Meski umumnya dilakukan oleh pengguna smartphone, screenshot juga bisa dilakukan oleh pengguna laptop, lho. Caranya pun nggak kalah simpel dibandingkan dengan screenshot smartphone yang mengandalkan tiga jari. Biar nggak penasaran lagi, simak cara screenshot di laptop yang mudah dan cepat berikut.

BACA JUGA: Deretan Laptop Berkualitas Terbaik Buat Aktivitas Kamu!

______________________________________

1. Menggunakan Tombol Print Screen

Seperti yang kamu ketahui, keyboard yang terdapat di laptop berisi beragam tombol di dalamnya. Jika kamu perhatikan, di bagian kanan atas akan ada tombol Print Screen atau yang disingkat dengan PRT Sc. Tombol inilah yang bisa kamu manfaatkan setiap kali akan melakukan screenshot. Hanya dengan kamu klik, kamu bisa langsung mengambil screenshot dengan ukuran satu layar penuh.

Tampilan layar yang sudah kamu screenshot, akan secara otomatis tersimpan dalam slot copy di laptop. Dengan kata lain, kamu bisa langsung membagikannya hanya dengan mengklik paste atau CTRL+V. Satu hal yang perlu kamu ketahui, bahwa laptop nggak akan memberikan reaksi atau tanda apapun setiap kali kamu mengklik tombol Print Screen. Jika ingin menyimpan gambar tangkapan kamu, buka aplikasi Paint atau sejenisnya dan tempelkan atau lakukan paste. Kemudian, barulah kamu bisa menyimpan hasil tangkapan layar tersebut.

2. Menggunakan Aplikasi Snipping Tool

Selain tombol Prin tScreen, kamu juga bisa melakukan screenshot menggunakan aplikasi bawaan laptop, yakni Snipping Tool. Jika kamu tak menemukan aplikasi ini, tenang kamu bisa melakukan pengunduhan dan penginstalan terlebih dahulu. Lakukan pencarian aplikasi pada menu Windows untuk lebih memudahkan kamu.

Berbeda dengan tombol PrintScreen yang membuat kamu melakukan screenshot pada satu layar penuh, aplikasi ini memungkinkan kamu melakukan screenshot sesuai dengan objek dan ukuran yang kamu inginkan. Klik opsi “New” setiap kali kamu ingin melakukan screenshot. Jika sudah mendapatkan tangkapan layar yang dibutuhkan, klik “Save As” untuk melakukan penyimpanan.

3. Menggunakan Aplikasi PhotoScape

Aplikasi lainnya yang bisa kamu gunakan untuk melakukan screenshot, yakni PhotoScape. Meski identik digunakan untuk mengedit foto, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk screenshot, lho. Sebelum menggunakannya, buka aplikasi PhotoScape terlebih dahulu. Klik ikon “Menangkap Layar” atau “Screen Capture” untuk menyimpan layar yang ingin kamu screenshot. Setelah berhasil mengambil tangkapan layar penuh, Blibli Friends bisa langsung melakukan crop atau edit hasil screenshot tersebut sebelum akhirnya disimpan dan dibagikan. Lakukan crop jika hasil tangkapan layar terlalu luas.

______________________________________

BACA JUGA: Laptop Tiga Jutaan Paling Jempolan Untuk Memulai Ajaran Baru di Rumah

Mudah, kan proses melakukan screenshot menggunakan laptop? Kamu bisa memilih satu diantara ketiga cara di atas untuk membagikan potongan video atau tangkapan layar lainnya pada teman. Agar seluruh hasil screenshot bisa mudah dijumpai, jangan lupa untuk membuat folder khusus. Dengan begitu, kamu bisa melihat seluruh gambar tangkapan layar dengan lebih mudah.

Agar proses screenshot berlangsung lebih mudah, kamu tentu membutuhkan perangkat laptop yang terbaik. Jika laptop kamu sudah usang, akan lebih baik jika kamu mulai mengganti laptop dengan yang baru. Membeli laptop kini bisa kamu lakukan secara online tanpa perlu ke luar rumah. Bahkan, di Blibli kamu juga bisa mendapatkan harga laptop yang murah, Friends!

BELI LAPTOP BERKUALITAS DI SINI!

Jarvis

Addicted to gadget and tech. My main gig is writing clear, concise, and compelling web copy that demands attention. I love playing with my son, indoor or outdoor at the weekend.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY