me

Panduan Tentang Suhu AC, Tetap Sejuk dan Sehat

Mar 29, 2024.By Jarvis
Bagikan

freepik.com/author/naypong
Begini, lho panduan tentang suhu AC.

Cicilan 0% KAM

Saat cuaca terik dan kipas angin sudah nggak mampu mengatasi maka penggunaan AC menjadi sangat dibutuhkan. Ini karena alat pendingin ruangan ini punya peran penting untuk menghalau udara panas dari luar. Hal inilah yang membuat orang-orang yang berada di ruangan ber-AC akan merasa lebih nyaman, sejuk dan bisa beraktivitas dengan lebih baik.

Untuk bisa mendapatkan udara yang sejuk dan nyaman dibutuhkan pengaturan suhu AC yang tepat dan disesuaikan dengan kebutuhan. Namun masih ada, lho yang belum sepenuhnya paham tentang cara pengaturan suhu AC ini sehingga udara dalam ruangan justru lembap dan panas. Biar nggak lagi melakukan kesalahan, berikut panduan tentang suhu AC.

Baca Juga :


Berapa Suhu AC yang Baik untuk Kesehatan?

Berapa Suhu AC yang Baik untuk Kesehatan
freepik.com/author/user6724086

AC memang solusi paling cepat dan mudah untuk menghadapi dan mengusir hawa panas. Begitu pula saat musim dingin, sepertinya nggak ada yang lebih oke dibandingkan kesejukan AC. Bahkan nggak jarang ada orang yang suka duduk tepat di depan AC. 

Namun sebenarnya suhu AC yang baik untuk kesehatan itu berapa, sih? Walaupun suhu ideal pada tiap orang bisa berbeda tapi suhu AC yang bagus untuk kesehatan sekitar 24 – 25 derajat Celcius. Suhu ini bisa mendukung fungsi tubuh dengan baik. Pasalnya, suhu AC yang terlalu rendah bisa menjadi pemicu kerusakan pada kulit. Ini karena kelembapan ruangan berkurang drastis.

Suhu tubuh yang menurun bisa mengurangi produksi keringat yang bisa memicu produksi lemak tubuh yang berlebihan. Bila terjadi terus-menerus bisa menimbulkan permasalahan. Seperti iritasi kulit, keriput, noda hitam di wajah, migrain dan asma. Sementara untuk jangka panjang bisa menjadi penyebab penuaan dini, alergi, tenggorokan kering dan iritasi saluran pernapasan.

Jadi penggunaan AC dalam ruangan itu aman asalkan pastikan mengatur suhu AC dengan tepat sesuai kebutuhan supaya nggak menimbulkan masalah pada kesehatan. Nah, setiap orang akan memiliki suhu ideal masing-masing, contohnya:

  • Untuk balita suhu idealnya nggak kurang dari 18 derajat Celcius karena bayi masih sensitif pada perubahan suhu. 
  • Untuk lansia suhu idealnya 20-23 derajat Celcius. Paparan udara yang terlalu dingin bisa membuat lansia sakit. 

Suhu AC Terendah

Suhu AC Terendah
freepik.com/author/kamontad123

Saat udara panas berada di dalam ruangan ber-AC yang sejuk memang nyaman. Lalu berapa, sih suhu AC yang paling dingin? Secara umum suhu AC paling dingin yang bisa diatur adalah 16 derajat Celcius dan ini adalah pengaturan suhu yang paling dingin untuk ruangan. 

Namun supaya AC nggak mudah rusak, disarankan untuk nggak menjadikan suhu ini sebagai pengaturan standar. Suhu yang terlalu dingin juga bisa mengakibatkan beberapa masalah kesehatan. Seperti kaku pada leher dan tengkuk, perut kembung, hidung tersumbat, sering buang air kecil dan pembuluh darah menyempit.

Nah, suhu yang ideal untuk ruangan adalah sekitar 24 derajat Celcius. Bila cuaca sedang sangat panas bisa menggunakan mode cool atau mode turbo yang bisa mendinginkan udara dengan lebih cepat. Namun penggunaan mode tersebut bisa membuat tagihan listrik meningkat.

Suhu AC Tertinggi

Suhu AC Tertinggi
freepik.com/author/jofreepik

Jika suhu AC terendah atau yang paling dingin adalah 16 derajat Celcius maka umumnya suhu tertinggi yakni 30 derajat Celcius. Lalu apakah boleh menggunakan  AC dengan suhu di atas 28 derajat Celcius? Sebetulnya boleh-boleh saja karena hal tersebut tergantung dari kebutuhan masing-masing orang. 

Namun disarankan saat menurunkan maupun menaikkan suhu AC dilakukan secara bertahap. Pertama di kisaran angka 25 derajat kemudian dinaikkan secara bertahap. Bisa juga memanfaatkan mode pengaturan suhu yang terdapat pada AC dan pilih  mode yang sesuai kebutuhan.

Suhu AC yang Cocok untuk Kamar Tidur

Suhu AC yang Cocok untuk Kamar Tidur
freepik.com/author/lifestylememory

Menyalakan AC sepanjang malam konon bisa membantu meningkatkan kualitas tidur jadi lebih nyenyak dan nyaman. Namun karena tidur merupakan fase pemulihan tubuh dan pikiran maka suhu ruangan perlu diatur dengan tepat. Tidur di ruangan yang panas bisa bikin tidur kurang nyenyak tapi tidur di ruangan yang terlalu dingin juga bisa membuat pola istirahat berantakan.

Secara ilmiah suhu ideal (bisa berbeda bagi setiap orang) untuk kamar tidur bisa diatur di angka 18-19 derajat Celcius. Suhu di angka tersebut bisa efektif menjaga suhu tubuh dan kamu bisa terlelap sepanjang malam tanpa kepanasan. Ini karena menjelang tidur tubuh akan melepaskan suhu panasnya. Lalu suhu perlahan akan turun sekitar pukul 5 pagi. 

Suhu AC 18 derajat Celcius dinilai ideal untuk kamar tidur baik untuk orang dewasa maupun anak-anak. Buat anak-anak perhatikan pakaian tidurnya supaya suhu AC nggak mengganggu tidurnya. Berikut beberapa tip untuk mengatur suhu AC yang nyaman saat tidur sekaligus hemat energi.

  • Memastikan semua ventilasi tertutup, ini dilakukan supaya AC bisa bekerja lebih maksimal dan bisa mendinginkan udara dengan cepat.
  • Mengatur suhu bertahap, pertama kali menyalakan AC hindari mengatur suhu terlalu rendah, atur suhu awal pada angka 15 derajat Celcius. Selanjutnya jika tubuh mulai beradaptasi tapi merasa kurang dingin bisa menurunkan suhu 1-2 derajat. Tunggu beberapa saat sampai suhu ruang berubah dan ulangi sampai menemukan suhu yang nyaman.
  • Menaikkan suhu sebelum terlelap, saat mulai mengantuk dan hampir terlelap menaikkan suhu 1-2 angka di atas suhu sebelumnya. Cara ini bertujuan supaya tubuh tetap rileks dan menghindari tubuh kedinginan saat terlelap. Sebab biasanya menjelang dini hari udara mulai dingin dan beberapa orang bisa terbangun akibat suhu yang terlalu rendah.
  • Memanfaatkan mode pada AC, bila nggak mau ribet bisa menggunakan mode auto pada AC. Mode ini secara otomatis menyesuaikan proses pendinginan berdasarkan kondisi ruangan dan bisa membuat ruangan menjadi sejuk dan tetap nyaman semalaman. 

Selain itu jika kamu ingin AC mati setelah beberapa saat kamu tertidur bisa memanfaatkan timer yang bisa mematikan AC secara otomatis. Dengan cara ini tidur kamu nggak perlu terganggu hanya untuk mematikan AC.


Baca Juga :

Seperti itulah penjelasan singkat panduan tentang suhu AC, suhu AC yang baik untuk kesehatan dan suhu AC yang baik untuk kamar tidur. Nah, bila Blibli Friends berencana beli AC yang baru bisa banget berkunjung ke Blibli, toko online terpercaya yang siap memberikan yang terbaik untuk kepuasan pelanggan.

Pilihan produk sudah pasti komplit, tersedia dari berbagai merek yang memiliki kualitas oke. Proses pembeliannya nggak pakai ribet dan belanja bisa lebih hemat karena ada penawaran promo menarik. Untuk lebih mempermudah belanja online, Blibli menyediakan metode pembayaran yang praktis. Nggak perlu menunggu nanti, segera belanja AC dan peralatan elektronik di Blibli.

Tag:

Artikel Kategori Terkait

Artikel Tag Terkait

Artikel Penulis Terkait

Lihat Artikel Lainnya