me

7 Macam-Macam Mode pada AC, Gunakan Sesuai Kebutuhan

Mar 29, 2024.By
Bagikan

freepik.com/author/marysan2000
Apa saja macam-macam mode pada AC?

Cicilan 0% KAM

Salah satu peralatan elektronik yang dimiliki oleh mayoritas rumah tangga adalah Air Conditioner atau AC. Penggunaan alat elektronik yang satu ini dianggap penting untuk mengantisipasi cuaca panas karena bisa membuat ruangan lebih sejuk dan membuat kamu bisa melakukan aktivitas dengan lebih nyaman saat di dalam ruangan.

Nah, penggunaan AC di ruangan dengan mode AC yang tepat bisa memberikan sejumlah manfaat. Seperti supaya suhu ruangan tetap sejuk, membantu meminimalisir risiko terserang penyakit, supaya kualitas udara lebih bersih dan masih banyak lagi. Lalu mode AC apa saja dan yang mana mana mode AC yang benar? Ikuti terus yang berikut.

Baca juga :


Auto Mode

Auto Mode
abangbenerin.com

Mode auto cocok buat kamu yang nggak punya banyak waktu luang dan nggak mau ribet. Ini karena dengan auto mode alat pendingin ruangan secara otomatis akan memulai proses pendinginan untuk disesuaikan dengan suhu yang ada di dalam ruangan. Jadi saat proses pendinginan kecepatan kipas dan kompresor akan menyesuaikan suhu dengan kondisi ruangan tersebut.

Termasuk praktis karena kamu nggak perlu ribet mengatur suhu AC secara manual. Oleh karena kelebihannya ini mode auto menjadi salah satu mode AC yang paling banyak dipilih. Buat yang mungkin belum familiar, mode auto pada remote AC mempunyai tanda berupa huruf A yang kelilingi dengan tanda panah. 

Dry Mode

Dry Mode
fordanddoonan.com.au

Selain mode auto, AC umumnya juga ada mode dry. Menggunakan mode ini bisa membantu menghemat pemakaian listrik, lho karena baik kipas maupun kompresor AC bekerjanya nggak terlalu berat. Selain itu AC juga bisa lebih awet, jadi bisa lebih hemat pengeluaran karena nggak perlu sering ganti AC yang baru.

Mode yang pada remote AC umumnya dilambangkan dengan simbol tetesan air ini saat diaktifkan secara otomatis bisa menyerap hawa lembap atau menyedot kandungan air yang ada di dalam ruangan. Dengan begitu udara yang dikeluarkan juga lebih sehat dan kondisi dalam ruangan tetap kering.

Oleh karena kondisi ruangan tetap kering, maka menggunakan dry mode juga bisa membantu membantu menekan pertumbuhan jamur, lumut pada dinding dan timbulnya tungau. Nah, dry mode cocok digunakan pada ruangan yang lembap atau saat musim hujan. 

Fan Mode

Fan Mode
arlingtonairconditioningheating.com

Sama seperti dry mode mengaktifkan fan mode juga bisa membantu menghemat listrik. Cara kerja fan mode ini menyerupai kipas angin pada umumnya karena kinerja AC bergantung penuh pada kipas indoor. Selain itu komponen outdoor AC juga akan dinonaktifkan hanya mengaktifkan kipas indoor. 

Walaupun angin yang dihembuskan fan mode nggak terlalu dingin alias kurang maksimal untuk mendinginkan ruangan tapi tetap sejuk, kok dan oke banget untuk membantu mengusir hawa panas dan kamu tetap bisa beraktivitas dengan nyaman. Tertarik menggunakan mode ini? Pada remote AC umumnya menggunakan simbol seperti kipas.

Cool Mode

Cool Mode
acwahana.com

Nggak betah karena cuaca yang sangat panas? Coba aktifkan cool mode, nggak butuh waktu lama mode AC yang satu ini bisa membuat ruangan dingin dan nyaman. Namun jika sering menggunakan cool mode kudu siap tagihan listrik membengkak karena mode ini paling boros energi. 

Nah, untuk mengakali supaya tagihan listrik nggak melonjak, bila ruangan sudah mulai dingin dan kamu sudah mulai merasa nyaman nggak kepanasan maka mode AC bisa diubah ke mode lain yang lebih hemat energi.

Fungsi fitur cool mode yang merupakan mode standar AC ini memang untuk menyebarkan udara dingin dengan cepat ke seluruh sudut ruangan. Hal tersebut membuatnya cocok dipilih saat musim kemarau karena suhunya bahkan bisa di bawah 25 derajat Celcius.

Namun jika cool mode digunakan di dalam kamar maka sebaiknya begitu menjelang terlelap suhu bisa dinaikkan secara bertahap atau ganti dengan mode lainnya. Ini dilakukan untuk mencegah tubuh menggigil karena umumnya saat dini hari udara menjadi sangat dingin.

Turbo Mode

Turbo Mode
facebook.com

Pilihan lain untuk mendinginkan ruangan dengan cepat adalah menggunakan turbo mode. Bisa jadi solusi saat udara sangat panas karena begitu diaktifkan komponen AC dan kipas AC akan bekerja maksimal sehingga ruangan pun bisa super dingin dalam waktu singkat.

Sebetulnya mode turbo fungsinya hampir mirip dengan mode cool. Sama juga seperti cool mode, terlalu sering menggunakan turbo mode juga bikin tagihan listrik nggak aman. Jadi pastikan menggunakannya saat dibutuhkan saja. Namun sayangnya belum semua AC dilengkapi dengan turbo mode.

Eco Mode

Eco Mode
aircomfortlab.com

Jika kamu termasuk orang yang peduli lingkungan, menggunakan eco mode bisa dijadikan pilihan. Fitur yang terdapat di alat pendingin ruangan ini lebih ramah lingkungan dibanding mode lainnya karena bisa lebih meminimalkan emisi akibat penggunaan AC.

Mode eco akan bekerja mengandalkan kerja kipas internal dengan maksimal sehingga bisa menghasilkan udara yang sejuk. Selain itu mode eco juga bisa dijadikan solusi untuk mendapatkan ruangan yang sejuk tapi tetap hemat energi sehingga tagihan listrik tetap aman.

Self Clean Mode

Self Clean Mode
storables.com

Pada AC tertentu yang sudah dilengkapi fitur modern, biasanya juga akan dilengkapi self clean mode. Mode ini jika diaktifkan akan membersihkan AC secara otomatis. Seperti untuk membersihkan jamur dan bakteri yang menumpuk di evaporator AC. Dengan mengaktifkan mode ini udara yang akan dihasilkan pun lebih bersih.

Caranya, cukup tekan tombol self clean pada remote kemudian biarkan selama kurang lebih 40 menit. Hal ini dilakukan supaya ion plasmacluster bekerja menghilangkan kotoran AC dari dalam. 


Baca juga :

Lalu mana mode AC yang paling oke dipilih? Jawabannya tentu disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing, jika nggak mau ribet maka auto mode cocok dipilih. Namun jika ingin lebih cepat mendinginkan ruangan maka cool mode atau turbo mode adalah pilihan tepat walaupun lebih boros listrik. Sementara jika peduli lingkungan maka eco mode bisa dijadikan pilihan tepat.

Setelah mengetahui macam-macam mode pada AC seperti di atas, semoga bisa membantu untuk memilih mode AC yang sesuai dengan kebutuhan. Buat yang berkeinginan beli AC baru, nggak perlu repot karena bisa memilih cara belanja yang cepat, mudah dan praktis di Blibli. Belanja di toko online terpercaya ini menguntungkan dan menyenangkan. kok dan sudah pasti lebih hemat.

Produk AC yang ditawarkan ada beragam, dari berbagai jenis, ukuran dan merek dengan kualitas yang terjamin. Harganya juga bisa lebih murah karena Blibli ada penawaran promo dan diskon istimewa. Proses transaksi nggak ribet dan ada layanan perlindungan untuk barang elektronik. Jadi nggak perlu ragu, segera belanja AC terbaik dan peralatan elektronik lainnya hanya di Blibli.

Tag: