me

Panduan Tentang AC Portable, Ruangan Lebih Sejuk dan Nyaman

Mar 29, 2024.By
Bagikan

berita.99.co
Intip, yuk panduan tentang AC portable yang berikut.

Cicilan 0% KAM

Hidup di negara tropis seperti Indonesia dengan sinar matahari yang melimpah sepanjang tahun, membuat suhu udara menjadi panas. Suhu yang panas ini nggak hanya di luar ruangan tapi juga di dalam ruangan. Keadaan tersebut seringkali bikin kurang nyaman saat beraktivitas di dalam rumah bahkan saat tidur.

Sebagai solusi bisa menggunakan AC yang memungkinkanmu beraktivitas dengan nyaman saat dalam kondisi panas. Selain menyejukkan, AC juga bermanfaat membantu meningkatkan kualitas udara, mengurangi kehadiran serangga sampai bikin tidur lebih nyenyak. Nah, salah satu jenis AC yang bisa dipilih adalah AC portable yang punya banyak kelebihan.

Baca Juga :


Apa Itu AC Portable?

Tentang AC Portable
teknokreatips.com

Seperti diketahui, AC terdiri ada beberapa jenis,. Mulai AC Ducting atau AC Central, AC Split, AC Window, AC Standing, Smart Air Conditioner dan AC Portable. Lalu AC portable itu apa? Begini, AC portable merupakan jenis AC yang mempunyai sistem closed loop dan nggak membutuhkan exhaust untuk membuang udara secara terpisah.

AC portable menarik udara hangat dari ruangan lalu menjalankannya melalui proses pendinginan, kemudian mendorong udara yang didinginkan tadi ke dalam ruangan. Proses tersebut akan menciptakan hawa panas yang dihembuskan AC ke luar melalui selang pembuangan.

AC portable beda dengan jenis AC pada umumnya karena nggak dilengkapi mesin unit outdoor tempat membuang udara panas. Cara kerjanya mirip AC standing tapi desainnya lebih ringkas dan mudah banget dipindah-pindah.

AC yang satu ini juga nggak memerlukan proses pemasangan khusus supaya bisa beroperasi. Ukurannya yang bervariasi, mudah untuk dipindah-pindah dan harganya yang ramah di kantong membuat AC portable banyak diminati.

Apa Perbedaan AC Portable dan AC Biasa?

Saat memilih AC mungkin bisa bingung untuk memilih mana yang terbaik sebab nggak tahu apa bedanya AC portable dan AC biasa? Untuk menjawabnya simak yang berikut.

Bentuk dan Ukuran

Bentuk dan Ukuran
freepik.com/author/rosshelenphoto

Dari bentuknya AC portable atau AC duduk ada yang menyerupai tabung yang tinggi dan kotak. Ukurannya bervariasi, jika hunian kamu termasuk minimalis bisa memilih yang ukurannya nggak terlalu besar. Asyiknya, AC portable mudah untuk dipindah-pindah ke lain ruangan.

Sementara AC biasa bentuknya persegi panjang dan dipasang di dinding bagian atas. Simpel, nggak makan tempat namun sifatnya tetap alias nggak bisa dipindah-pindah.

Cara AC Beroperasi

Cara AC Beroperasi
radartegal.disway.id

AC portable memiliki keunggulan lebih praktis karena nggak membutuhkan instalasi yang rumit. AC ini juga nggak ada bagian yang harus dipasang di luar ruangan. Supaya AC bisa beroperasi tinggal colokkan ke sumber listrik maka kamu langsung bisa menikmati udara yang dingin.

Pada AC biasa memiliki dua bagian yakni untuk dipasang di dalam ruangan dan di luar ruangan. Supaya AC bisa digunakan, butuh instalasi khusus.

Teknologi

Teknologi
selka.id

Soal teknologi yang disematkan pada AC portable lebih terbatas. Contohnya adanya fitur untuk mengatur suhu dan mengatur kelembapan. AC biasa lebih unggul dalam hal teknologi dan lebih bervariasi. Contohnya ada yang dibekali fitur eco smart dan intelligent auto mode.

Suara AC

Suara AC
productnation.co

AC portable lebih bising dan lumayan mengganggu. Suara bising itu karena unit pendingin dan unit pelepasan udara panas jadi satu di dalam ruangan. AC biasa hampir yang nggak mengeluarkan suara karena satu bagian AC yakni unit pelepasan panas ada di luar ruangan dan ini menjadi salah satu kelebihannya. 

Pemasangan

Pemasangan
atome.id

AC portable pemasangannya nggak butuh bantuan ahli, tinggal tempatnya bisa disesuaikan dengan saluran pembuangan. Nah, AC biasa pemasangannya butuh teknisi khusus dan biaya pemasangan biasanya nggak termasuk harga paket pembelian.

Harga

Harga
ceklist.id

Harga AC portable lebih terjangkau sehingga bisa dijadikan solusi buat yang dananya mepet. Sedangkan AC biasa umumnya harganya lebih tinggi karena teknologi yang disematkan lebih beragam.

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan AC Portable?

Sama seperti barang elektronik lainnya, AC portable juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Sebelum memutuskan untuk beli berikut kelebihan dan kekurangan AC portable.

Kelebihan AC Portable

Kelebihan AC Portable
micool.id

AC portable banyak diminati karena memiliki sejumlah kelebihan, antara lain:

  • Lebih hemat energi, dibanding jenis AC lainnya AC portable lebih hemat energi. Ini karena AC ini bisa dipindah-pindah ke ruangan satu ke ruangan lainnya jadi nggak perlu membeli banyak AC. 

Pada AC portable modern ada yang menggunakan teknologi inverter yang bisa mengontrol konsumsi energi sehingga bisa menghemat biaya pemakaian listrik untuk jangka panjang.

  • Portabilitas, AC portable nggak memerlukan instalasi yang rumit. Pengoperasiannya mudah dan merupakan AC yang bisa dipindah-pindah di berbagai ruangan tanpa harus membongkarnya bahkan bisa membawanya saat bepergian.
  • Nggak butuh pemasangan yang rumit, kamu hanya perlu memasukkan selang pembuangan panas ke jendela atau lubang ventilasi lainnya yang sesuai. Bahkan kamu bisa langsung menikmati kesejukannya setelah membelinya.
  • Kontrol suhu baik, kontrol suhu pada AC portable lebih baik dan efisien. Dengan satu mesin saja sudah mampu membuat suhu ruangan dingin. Caranya tinggal atur suhu pada pengaturan yang lebih tinggi dan ruangan pun bisa lebih cepat dingin.
  • Ukurannya beragam, AC portable tersedia dalam berbagai ukuran. Mulai ukuran kecil sampai ukuran yang besar, tinggal disesuaikan dengan kebutuhan. 
  • Perawatan mudah dan Harga Lebih Murah, hanya butuh perawatan sederhana seperti membersihkan filter secara teratur dan membersihkan permukaannya dengan rutin. Selain itu harganya lebih terjangkau dan bisa dijadikan pilihan bila dana mepet.

Kekurangan AC Portable

Kekurangan AC Portable
nytimes.com

Selain punya banyak kelebihan, AC portable juga memiliki kekurangan. Antara lain:

  • Suara lebih bising, dibanding alat pendingin lainnya, AC portable lebih bising karena kompresor yang menyatu dengan AC. Walaupun pada beberapa produk sudah didesain untuk mengurangi kebisingan, tapi tetap ada suara yang dikeluarkan.
  • Kapasitas pendingin terbatas, AC ini kurang efektif untuk mendinginkan ruangan yang besar karena mempunyai kapasitas pendinginan yang lebih rendah dibanding AC split atau AC sentral.
  • Rawan rusak, oleh karena mudah dipindah-pindah AC portable lebih rawan mengalami kerusakan.

Baca Juga :

Demikian penjelasan singkat panduan tentang AC portable, perbedaannya dengan AC biasa beserta kelebihan dan kekurangannya. Semoga bisa membantu Blibli Friends dalam memilih AC yang sesuai kebutuhan. Buat yang berkeinginan beli AC portable bisa banget, lho mampir ke Blibli. Toko online terpercaya ini selalu siap memberikan yang terbaik untuk kepuasan pelanggan.

Produk tersedia lengkap dari berbagai merek terpercaya dengan kualitas yang nggak perlu diragukan. Harga yang ditawarkan juga oke punya bahkan bisa lebih murah karena banyak penawaran diskon. Ada layanan gratis 15 hari retur dan layanan proteksi produk elektronik dengan biaya perlindungan mulai Rp 3.090/barang. Pastikan belanja peralatan elektronik di Blibli.

Tag: