me

Pahamin Dulu Cara Pake Sistem COD Kalo Gak Mau Kena Blacklist

Nov 09, 2022.By Prakash Bramayudha
Bagikan

infobisnis.id

Kita semua sempet dibikin heboh sama kejadian ibu-ibu marah-marah, yang sempet viral beberapa waktu lalu. Psa itu, si ibu ngomelin abang kurir, trus ngomong kasar gara-gara pesenannya salah. Si ibu gak terima disuruh bayar dan ngerapiin barangnya lagi kek packing-an semula. Padahal kan belanjanya aja pake fitur COD (Cash On Delivery) huhuhu. 

Kejadian marah-marah karena pesenan gak sesuai dengan sistem COD, trus marah-marah sama kurir emang udah sering banget viral di social media. Kurirnya mah gak salah, wong tugas mereka cuma nganterin barang. Pembelinya yang kudu lebih paham sama sistem COD. Soalnya kan, mau sesuai atau enggaknya, pembeli kudu tetep bayar barangnya.

Cuma masalahnya, ibu-ibu yang salah ini malah lebih galak, sampe-sampe marahin orang lain. Padahal kan kalo salah mah jangan ngotot, soalnya bisa ngerugiin, bisa jadi malu atau malah viral di social media. Kalo udah salah terus ngotot, siap-siap aja deh sama yang bakalan didapetin nantinya. Nih, saya kasih tau akibatnya. 

Pertama, bisa di-blacklist sama toko online pas mau belanja lagi. Malahan, bisa juga punya rating jelek di e-commerce yang ngebikin jadi gak bisa beli lagi. Kalo udah gini, mau belanja di mana hayo? 

Bisa juga jadi terkenal di geng kurir, soalnya kan sistem COD berhubungan langsung ama mereka. Masalahnya, terkenalnya jelek gara-gara marah-marah. Kalo udah begini, bisa-bisa si kurir jadi males tuh nganterin paket ke rumah hehehe. Pas giliran ada paket ke alamat itu, abang kurirnya bakal ketakutan. “Gak ah, rumah itu serem banget. Lo inget kan video dia pas marah-marah gara-gara salah barangnya?” 

arenalte.com

Kejadian kaya gini harusnya gak boleh keulang lagi. Bukan apa-apa yak, sekarang cepet banget kalo urusan viral buat netijen! Masa kenang-kenangan di sosmednya malah dijadiin meme gara-gara marah-marah. Mau emang?

bca.co.id

Biar gak ngalamin kek gitu, sebagai pembeli kudu tau dan sadar kalo udah pilih belanja pake sistem COD, kurir gak punya tanggung jawab apa-apa selain nganterin barang. Jadi jangan sesekali marah-marah sama mereka. Kalopun emang ada salah barang, bisa langsung dikomunikasiin sama pedagangnya aja. 

Biar gak tiba-tiba terkenal di geng kurir gara-gara marah-marah salah barang, kita kudu ngerti sama sistem COD yang beda-beda di tiap e-commerce. Jadi, sebelum mutusin belanja pake sistem COD, pahamin yang bener dulu yak biar gak malu gara-gara salah hehehe. Kek di Blibli, pembeli yang milih sistem COD bakalan dikenain biaya layanan sebesar 2% dari total transaks, klik di sini! Jadi, gak ada lagi tuh yang namanya pembeli gak mau bayar sama sekali. 

Nah, kalo udah ngerti kan enak, belanja online pake sistem COD juga makin tenang. Pokoknya mah, semuanya jadi nyaman. Pembeli nyaman, penjual nyaman, kurir juga gak kudu ngerasain tegang cuma karena mau nganterin paket. 

Tag: