me

Inilah NBA Rookie of the Year di 5 Musim Terakhir

Sep 21, 2021.By Raya
Bagikan

Image Source : sportingnews.com

NBA Rookie – Buat kamu para penggemar NBA, tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah Rookie. Tapi buat yang belum tahu, NBA Rookie adalah sebutan untuk para pemain yang menjalani musim pertamanya di liga bola basket Amerika Serikat tersebut. Biasanya, para NBA Rookie adalah para pemain muda yang diambil melalui NBA Draft. Meskipun, tak menutup kemungkinan para Rookie juga bisa didatangkan dari negara lain.

Meskipun baru menjalani musim perdana di NBA, para Rookie tersebut bukan berarti tidak bisa meraih gelar individu selayaknya para superstar NBA lain. Pemain-pemain muda tersebut akan bersaing untuk meraih gelar NBA Rookie of the Year, atau dengan kata lain menjadi pemain baru terbaik.

Penghargaan NBA Rookie of the Year sudah dilakukan sejak musim 1952-53. Pemain yang memenangi penghargaan ini adalah yang paling banyak mendapatkan voting dari para jurnalis olahraga di Amerika Serikat dan Kanada. Meski begitu, biasanya peraih NBA Rookie of the Year adalah pemain yang memang punya kemampuan luar biasa.

Nah, kalau kamu belum tahu siapa-siapa saja yang meraih NBA Rookie of the Year di lima musim terakhir, ini dia daftarnya:

Baca Juga : Tips Memilih Sepatu Basket Untuk Arena Indoor dan Outdoor

____________________________________________

  1. LaMelo Ball (Charlotte Hornets) – 2021

Image Source : skysports.com

Keberhasilan LaMelo Ball meraih penghargaan NBA Rookie of the Year memang sudah diprediksi banyak pihak. Karena, LaMelo sudah mencicipi beberapa kompetisi basket profesional sebelum berlaga di NBA, di antaranya Liga Lithuania dan Liga Australia. Bahkan LaMelo juga meraih penghargaan Rookie of the Year di Liga Australia.

Pada musim perdana di NBA, LaMelo berhasil mengumpulkan catatan yang cukup apik. Bermain sebanyak 51 kali, LaMelo memiliki statistic 15,7 poin per game, 6,1 assists per game, dan 5,9 rebound per game. Namun sayangnya LaMelo belum bisa membawa Charlotte Hornets melangkah ke babak playoff.

  1. Ja Morant (Memphis Grizzlies) – 2020

Image Source : wreg.com

Perebutan gelar NBA Rookie of the Year untuk musim 2019-20 sebenarnya diprediksi akan sengit. Selain Ja Morant, ada Zion Williamson yang digadang-gadang akan menjadi superstar di NBA. Namun, Zion harus melewatkan sebagian besar musim perdananya di NBA karena cedera. Maka itu, keberhasilan Ja meraih NBA Rookie of the Year 2020 cukup terprediksi.

Keberhasilan Ja mendapatkan penghargaan NBA Rookie of the Year 2020 cukup tercermin dari statistiknya yang dia miliki. Ja bermain sebanyak 67 pertandingan dan mencatatkan 17,8 poin per game, 7,3 assists per game, dan 3,9 rebound per game.

  1. Luka Doncic (Dallas Mavericks) – 2019

Image Source : bolazola.com

Serupa dengan LaMelo Ball, Luka Doncic juga sudah punya pengalaman bermain di liga bola basket profesional sebelum tampil di NBA. Luka Doncic bermain untuk Real Madrid di EuroLeague. Bahkan, pemain asal Slovenia tersebut berhasil menjadi juara dan meraih gelar MVP alias pemain terbaik. Jadi tak heran jika Doncic sukses menyabet gelar NBA Rookie of the Year.

Dengan pengalaman yang dimilikinya, Doncic mampu tampil apik di musim perdananya. Doncic bermain sebanyak 72 pertandingan dan langsung menjadi pendulang poin bagi Dallas Mavericks, dengan catatan 21,2 poin per game. Selain itu, Doncic juga mencatatkan 6 assists per game dan 7,8 rebound per game di musim pertamanya.

  1. Ben Simmons (Philadelphia 76ers) – 2018

Image Source : basketballforever.com

Ben Simmons terbilang cukup unik saat berhasil meraih gelar NBA Rookie of the Year 2018. Pasalnya, Simmons di-draft oleh 76ers di musim 2016-17, tapi sama sekali tidak bermain karena cedera. Barulah di musim 2017-18 Simmons menjalani debutnya di NBA. Simmons menjadi pemain pertama asal Australia, dan satu-satunya sejauh ini, yang berhasil meraih gelar tersebut.

Statistik yang dicatatkan Simmons pada debutnya di NBA cukup baik. Simmons bermain sebanyak 81 kali atau hanya melewatkan satu laga sepanjang musim. Simmons memiliki 15,8 poin per game, 8,2 assists per game, dan 8,1 rebound per game di musim debutnya tersebut.

  1. Malcolm Brogdon (Milwaukee Bucks) – 2017

Image Source : dairylandexpress.com

Biasanya, seorang pemain yang meraih gelar NBA Rookie of the Year adalah pemain yang di-draft di urutan-urutan awal, atau minimal ronde pertama. Tapi hal tersebut tidak berlaku bagi Malcolm Brogdon, yang di-draft di ronde kedua, atau secara total di urutan ke-36 oleh Milwaukee Bucks. Brogdon ternyata mampu tampil mengesankan hingga meraih gelar NBA Rookie of the Year.

Pada musim debutnya tersebut, Brogdon bermain sebanyak 75 kali. Catatan statistik yang dimilikinya juga cukup impresif, yakni 10,2 poin per game, 4,2 assists per game, dan 2,8 rebound per game. Saat ini, Brogdon tak lagi memperkuat Bucks dan pindah ke Indiana Pacers.

____________________________________________________

Baca Juga : 4 Teknik Dasar Bola Basket dari Passing hingga Shooting

Itu tadi pemain yang berhasil meraih gelar NBA Rookie of the Year dalam lima tahun terakhir. Patut ditunggu, siapa yang akan terlebih dulu mendapatkan gelar-gelar bergengsi lainnya seperti MVP, atau bahkan meraih gelar NBA.

Buat kamu para pencinta NBA, kurang lengkap rasanya jika tidak memiliki pernak-pernik seputar NBA. Sekarang, kamu bisa mendapatkannya dengan mudah melalui Blibli, dan yang jelas semua barangnya adalah asli karena berasal dari Official Store NBA.

TEMUKAN BERAGAM PRODUK MENARIK SEPUTAR NBA DENGAN HARGA TERMURAH DI SINI!

 

Tag: