me

9 Rekomendasi Menu Bukber Sederhana Enak!

Apr 18, 2024.By Blibli Friends
Bagikan

Ini dia rekomendasi menu bukber sederhana untukmu! / tastynesia.com

Untuk mendapatkan kenikmatan ketika berbuka ternyata nggak harus dengan makanan mahal maupun pergi restoran terkenal loh. Kamu bahkan bisa membeli maupun membuat makanannya sendiri kemudian dimakan bersama teman-teman untuk bukber yang lebih ramah di kantong. Cek dulu yuks rekomendasi menu bukber sederhana di bawah ini!

Baca juga: 7 Tempat Bukber Bareng Pacar Terbaik, Cek Dulu!


Rekomendasi Menu Bukber Sederhana, Dijamin Enak

1. Penyetan Tahu, Tempe, dan Terong

menu bukber sederhana, penyetan
cookpad.com

Kamu tahu nggak sih setelah berpuasa seharian kita bakalan diberikan anugerah kenikmatan ketika berbuka walaupun dengan menu yang sederhana. Salah satu menu yang menggugah selera siapapun yang menemuinya adalah penyetan tahu, tempe terong. Menu ini biasanya disajikan bersama sambal dan lalapan sayur untuk gizi yang seimbang. 

Tahu, tempe dan terongnya digoreng terlebih dahulu kemudian dipenyet dengan sambal uleg. Hanya saja untuk buka puasa kamu bisa menyesuaikan tingkat kepedasannya biar nggak sakit di perut. Dijamin menu yang sederhana ini malah bikin kamu pengen nambah nasi terus karena kenikmatan yang diberikan apalagi makannya secara bersama-sama. 

2. Tumis Buncis dan Tempe

menu bukber sederhana
resepkoki.co

Rekomendasi menu bukber sederhana kedua adalah tumis buncis dan tempe. Menu yang satu ini termasuk super lengkap karena sudah memadukan protein dan serat dalam satu penyajian. Selain itu, rasanya juga super enak untukmu apalagi disajikan bersamaan dengan nasi hangat dan kerupuk putih. Kamu dan teman-temanmu pasti bakalan lahap banget. 

Menu yang satu ini pembuatannya mudah banget, kamu hanya perlu memotong-motong buncis dan tempe. Kemudian goreng sebentar tempenya dan berikan irisan bawang merah, bawang putih serta beberapa cabai rawit. Tumis dengan minyak dan beberapa tambahan penyedap rasa atau kecap sesuai seleramu. 

3. Mie Goreng Sosis

mie goreng sosis
cookpad.com

Siapa yang nggak suka dengan mie goreng? Menu yang satu ini ternyata bisa menjadi pilihan menu bukber sederhana yang pasti enak dan terjamin. Kamu bisa menggunakan mie instan kemasan maupun membuat sendiri bumbu-bumbunya. Jangan lupa untuk memberikan potongan sosis agar lauknya lebih lengkap. 

Kamu bisa menambahkan sayuran seperti kol, sawi pokcoy atau sawi putih untuk menambah cita rasa mie yang kamu hidangkan. Menu yang satu ini proses penyajiannya sangat cepat dan mudah sehingga kamu dan teman-teman yang nggak berpengalaman memasakpun tetap bisa membuatnya. Lengkapi dengan kerupuk udang untuk rasa yang lebih mantab. 

4. Ayam Goreng Tepung

menu bukber sederhana, ayam goreng tepung
istockphoto.com

Punya budget lebih? Cobalah untuk menyajikan ayam goreng tepung sebagai menu bukber sederhana milikmu. Dibandingkan beli ayam goreng tepung di pinggir jalan yang dagingnya sedikit atau ayam goreng restoran yang mahal kamu bisa dapat lebih banyak potongan ayam kalau membuatnya sendiri. 

Di sini kamu hanya perlu ayam potong (pilih bagian dada, paha dan sayap) kemudian beli telur dan tepung serbaguna agar lebih mudah. Cuci ayam sampai bersih kemudian masukkan ke dalam adonan tepung basah yang ditambah telur dan tepung kering. Kemudian goreng di dalam minyak panas sampai cokelat keemasan. Sajikan bersama saus tomat maupun saus sambal biar lebih mantab. 

Selain itu ayam goreng tepung ini bisa dimakan bersama nasi hangat dan acar timun untuk pelengkapnya. 

5. Telur Pedas Manis

dapurumami.com

Menu bukber sederhana kelima yang perlu banget kamu coba adalah telur pedas manis. Menu yang ini proses pembuatannya juga mudah bahkan bahan yang dibutuhkan juga sedikit banget. Kamu hanya perlu telur, cabai rawit, bawang merah, bawang putih dan kecap manis. Jika kamu suka buncis kamu bisa menambahkannya pada tumisan. 

Ceplok telor menjadi bentuk mata sapi sesuai jumlah yang dibutuhkan. Kemudian kupas semua bahan dan potong kecil-kecil untuk ditumis. Masukkan ceplokan telur dan tambahkan kecap manis (berikan sedikit air jika terlalu kental). Koreksi rasa dan telur pedas manis ini sudah siap untuk disajikan bersama nasi hangat. 

6. Ayam Saus Tiram

menu bukber sederhana, ayam saos tiram
sweetrip.id

Suka dengan olahan ayam? Kamu bisa membuat ayam saus tiram sendiri di rumah dengan porsi yang lebih banyak tentunya. Jangan khawatir untuk bumbunya karena kamu bisa langsung beli saus tiram instan di minimarket untuk memberikan rasa yang lebih otentik. Sehingga kamu hanya perlu menambah bumbu pelengkap lainnya. 

Cara membuatnya juga super mudah, cuci ayam sampai bersih kemudian marinasi dengan jeruk nipis dan garam. Goreng sampai matang kemudian siapkan bumbu saus tiramnya. Tumis bawang merah dan bawang putih beserta cabai rawit secukupnya. Masukkan saus tiram instan dan berikan sedikit air. Biarkan mengental kemudian masukkan ayam gorengnya. 

Selesai, ayam saus tiram sudah siap menjadi menu buka puasa yang super enak untukmu. Sajikan bersama nasi hangat dan beberapa olahan sayuran lain agar gizi buka puasamu lebih seimbang. 

7. Ayam Geprek

ayam geprek
istockphoto.com

Lagi pengen makan yang pedas-pedas bersama teman untuk bukber? Jangan khawatir karena kamu bisa membuat ayam geprek sebagai menu sederhana. Di sini kamu perlu menyiapkan ayam, tepung serbaguna, bawang putih, minyak dan cabai rawit untuk sambalnya. Goreng ayam dengan tepung sampai matang. 

Kemudian siapkan cobek untuk mengulek bumbu sambal sampai halus. Masukkan ayam ke cobek dan geprek. Jangan lupa untuk memberikan beberapa tetes minyak panas agar rasanya lebih otentik. Menu ini bakalan bikin kamu nambah nasi karena rasanya yang enak dan bikin nagih. Makin lengkap disajikan bersama tumisan kangkung. 

8. Nasi Goreng Sosis

menu bukber sederhana, nasi goreng sosis
freepik.com

Rekomendasi menu bukber sederhana selanjutnya yang bisa kamu coba bersama teman-teman adalah nasi goreng sosis. Nasi goreng rasanya pasti enak dan proses pembuatannya juga super mudah untukmu. Di sini kamu hanya perlu menyiapkan nasi yang sudah matang, bumbu nasi goreng instan, geprekan bawang putih dan sosis. 

Tumis geprekan bawang sampai harum kemudian masukkan nasi dan berikan bumbu nasi goreng instan. Aduk semua nasi sampai merata dan masukkan potongan sosis di dalamnya. Masak kembali sampai nasi goreng dan sosisnya matang merata. Makanan ini bakalan bikin kamu kenyang maksimal jangan lupa sajikan bersama kerupuk dan es teh manis. 

9. Nasi Pecel Telur

cookpad.com

Rekomendasi menu bukber sederhana berikutnya adalah nasi pecel telur. Untuk membuatnya juga nggak repot karena kamu hanya butuh nasi putih, kangkung, kacang panjang, kecambah panjang, telur dan sambal pecel siap makan. Potong dan cuci bersih semua sayuran kemudian kukus sampai matang. 

Ceplok telur atau dadar sesuai jumlah yang dibutuhkan kemudian sisihkan. Siapkan sambal pecel siap makan dan larutkan menggunakan air panas biar encer. Tambahkan gula merah dan gula pasir di dalam larutan sambalnya biar lebih mantab seperti buatan sendiri. Sajikan sayuran, nasi dan telur di atas piring kemudian guyur dengan sambal pecel.

Menu ini lebih enak lagi ditambah dengan rempeyek kacang maupun udang.


Baca juga: Cara Gampang Booking Tempat Bukber di Luar

Blibli Friends sudah siap untuk membuat menu bukber sederhana ini? Jangan lupa gunakan voucher Segari untuk belanja lebih mudah. Pilihan produknya banyak dan kualitas kesegarannya nggak perlu diragukan lagi. Cek kebutuhanmu semuanya hanya di Blibli saja! 

Tag: