me

Manfaat Sunscreen untuk Wajah Cerah dan Awet Muda

Jul 12, 2021.By Blibli Friends
Bagikan

Via – Today Show

Manfaat Sunscreen – Skincare itu penting banget buat merawat kulit wajah. Kalau Blibli Friends rajin merawat kulit muka, jadinya kulitmu akan selalu kelihatan cerah dan bersih. Nah, produk perawatan wajah ada banyak. Salah satunya yang penting adalah sunscreen. Produk ini punya banyak manfaat dan kegunaan.

Dengan menggunakan sunscreen, kamu bisa memiliki kulit wajah yang terawat dan terlihat cerah. Terutama, kalau kamu sering melakukan aktivitas di luar ruangan. Kulitmu perlu mendapat perhatian. Nah, mari simak aja manfaat sunscreen biar kamu tahu kenapa produk perawatan ini penting.

_____________________________________

Baca juga: Sunscreen untuk Kulit Berjerawat, Kamu Pilih yang Mana?

8 Manfaat Sunscreen

Belum lengkap ritual perawatan wajah kamu kalau kamu nggak menggunakan sunscreen. Sebab, sunscreen bisa melindungi secara optimal. Nah, berikut manfaat penting sunscreen buat kulit wajah:

  1. Melindungi dari Paparan Sinar Matahari

Kulit wajah yang terlalu sering terpapar sinar matahari bisa berdampak buruk, lho. Jadi, efeknya itu terlihat dalam jangka pendek dan jangka panjang. Buat jangka pendek, kulit jadi memerah, belang, kering, mengelupas dan perih. Buat jangka panjang, bisa terjadi penuaan dini dengan banyak ciri.

Ciri penuaan dini di antaranya seperti muncul kerutan dan flek. Nah, buat menghindarkan kulitmu dari semua efek merugikan tadi, kamu bisa menggunakan sunscreen secara rutin. Penggunaan sunscreen dapat mengurangi efek bahaya yang berasal dari paparan sinar matahari.

Efek tersebut memang nggak bisa dihindari. Tapi seenggaknya dengan memakai sunscreen, efeknya bisa banget dikurangi. Jadi, kulitmu nggak kelihatan banget terkena dampak sinar matahari.

  1. Mencegah Kulit Supaya Nggak Terbakar

Manfaat sunscreen berikutnya yaitu mencegah kulit agar nggak terbakar. Kalau kamu terlalu lama beraktivitas di bawah terik matahari, biasanya ini akan bikin wajahmu jadi memerah. Ini wajah terjadi apalagi jika paparan matahari tersebut terjadi pada siang hari yang panas terik.

Kulitmu yang telah memerah akan jadi belang. Bahkan, bisa aja terbakar kalau sinar mataharinya terlalu panas. Atau, kulitmu udah terpapar sinar matahari terlalu lama. Makanya, pakailah sunscreen buat melindungi kulit wajah. Jadi, kulit wajahmu nggak akan mengalami efek terbakar tersebut.

Sunscreen bakal jadi perisai yang menangkal sinar matahari. Jadi, sinarnya nggak akan mengenai kulitmu secara langsung, melainkan terkena sunscreen yang melapisi, meresap dan melindungi kulit.

  1. Menjaga Warna Kulit Biar Tetap Merata

Mungkin aja kamu mengalami kondisi kulit yang nggak merata warnanya di beberapa area wajah. Contohnya, ada area yang kelihatan lebih gelap daripada kulit di sekitarnya. Kalau nggak gitu, mungkin aja flek-flek hitam muncul di wajah kamu. Padahal, kamu nggak berjerawat sebelumnya.

Nah, bisa jadi ini semua disebabkan kurangnya perlindungan kulitmu oleh sunscreen. Makanya, dengan memakai sunscreen maka kamu bisa melindungi kulit dengan lebih optimal. Kamu juga bisa mengembalikan kondisi kulitmu perlahan biar warnanya kembali merata seperti sedia kala.

Makanya, kalau kamu mengalami kulit belang, nggak perlu panik dulu. Kamu bisa, kok, mengatasinya dengan sunscreen. Tapi prosesnya emang butuh sedikit waktu, ya. Hasilnya nggak langsung instan.

  1. Mencegah Komedo Muncul

Komedo adalah salah satu dari masalah kulit yang bisa cukup mengganggu. Bahkan, nggak jarang komedo ini bikin kamu nggak nyaman dan nggak percaya diri. Salah satu penyebab munculnya komedo adalah paparan dari sinar matahari ke wajah. Apalagi, kalau kamu sering berada di luar.

Terutama, buat kamu yang punya kulit wajah rentan berjerawat. Maka, perawatannya harus lebih maksimal lagi. Oleh sebab itu, sunscreen penting banget buat kamu, buat melindungi kulitmu dari sinar matahari. Waktu beli sunscreen, pilih yang produknya cocok buat tipe kulit wajahmu, ya. 

Soalnya, tipe-tipe sunscreen juga berbeda satu dan lainnya. Makanya, kamu perlu tahu jenis kulitmu. Lalu, kamu bisa cari sunscreen yang cocok formulanya buat kulit wajah kamu.

  1. Mencegah Terjadinya Penuaan Dini

Sunscreen bermanfaat buat melindungi dari sinar UV yang bisa menyebabkan warna kulit menjadi gelap. Juga efek seperti kemunculan noda hitam, warna kulit nggak merata, serta penuaan dini. Makanya, efek buruk dari sinar matahari yang memapar kulit bisa bikin tanda penuaan dini muncul.

Misalnya, kulit jadi kering, kasar, lalu muncul bintik hitam. Bahkan, muncul juga garis halus dan kerutan di wajah. Kalau kamu nggak ingin berbagai tanda penuaan dini muncul, jangan lupa pakai sunscreen saat sebelum keluar ruangan. 

Gunakan sunscreen juga sebelum kamu pakai makeup. Jadikan sunscreen pelindung buat kulit kamu. Paling nggak, kamu bisa sangat memperlambat kemunculan tanda-tanda penuaan dini.

  1. Membantu Mencegah Kanker Kulit

Kalau kamu terlalu sering terkena paparan sinar matahari, maka bisa muncul dampak yang buruk terhadap kulitmu. Hal tersebut diakibatkan oleh radiasi sinar UVB. Ini adalah radiasi yang bisa membuat kamu terkena sunburn yang berupa kerusakan DNA yang ada pada sel kulitmu.

Nah, manfaat sunscreen salah satunya adalah mencegah dampak buruk akibat sinar matahari yang memaparmu secara berlebihan. Kalau kamu pakai sunscreen tiap hari, maka ini bisa meminimalisir risiko kamu terkena kanker kulit. 

Jadi, biasakan kamu selalu menggunakan sunscreen, ya. Kalau udah terbiasa, kamu bakal selalu terlindungi oleh sunscreen. Terutama untuk menjaga kesehatan kulitmu juga.

  1. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Manfaat lain sunscreen adalah mampu meningkatkan kesehatan kulitmu. Jadi, dengan mengaplikasikan sunscreen, kamu bisa melindungi protein penting yang ada pada kulit. Protein penting ini di antaranya yaitu kolagen, keratin, serta elastin. 

Sementara, kandungan protein ini penting karena berfungsi untuk menjaga kulitmu biar tetap sehat dan halus. Nah, biar kulitmu selalu terjaga kesehatannya, dan protein di dalamnya terlindungi, gunakan sunscreen dengan kandungan titanium dioksida. 

Manfaat sunscreen yang memiliki kandungan penting tersebut, bisa lebih maksimal buat kulit. Jadi, kulitmu makin sehat. Kulit yang sehat akan terlihat segar, halus dan berseri secara alami.

  1. Mencegah Kulit Menggelap

Salah satu dampak yang paling utama dari paparan sinar matahari adalah perubahan warna kulit. Di mana, kulit wajahmu bisa jadi lebih gelap. Maka dari itu, kamu bisa pakai sunscreen yang mengandung SPF. Pilih sunscreen dengan kandungan minimal SPF 30 buat kulit kamu.

Soalnya sunscreen ini bisa mencegah tanning atau penggelapan akibat paparan sinar UVB. Nah, coba biasakan kamu mengoleskan sunscreen kembali tiap dua jam. Jadi, kulitmu bakal terus terlindungi.

Kebiasaan menggunakan sunscreen tersebut bakal memberikan hasil yang lebih efektif, terutama buat kamu yang memiliki jenis kulit sensitif. Jangan lupa pakai sunscreen, ya.

_____________________________________

Baca juga: Sunscreen Ini Ternyata Jadi Idola Di Kalangan Beauty Vlogger!

Demikianlah manfaat sunscreen terutama buat kulit wajah kamu. Krim tabir surya ini bakal melindungi kulitmu dari dampak sinar matahari. Pastikan aja kamu pakai sunscreen yang sesuai dengan jenis kulitmu. Nah, kamu bisa beli sunscreen di Blibli! Produknya lengkap dan murah, lho! Apalagi sekarang Blibli lagi ada promo Anniversary loh! Yuk cek sekarang. 

Tag: