me

Daftar Makanan yang Mengandung Zat Besi, Catat Ya!

Nov 12, 2022.By Blibli Friends
Bagikan

alokamedicare.in

Makanan yang mengandung zat besi – Makanan yang sehat adalah makanan yang banyak mengandung vitamin dan mineral yang menyehatkan. Salah satu kandungan menyehatkan dalam makanan adalah zat besi. Mengapa sih kita butuh zat besi ini? Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa simak ulasan di bawah ini.

BACA JUGA: Jelajahi Jajanan dan Makanan Pilihan Tirta Lie di Festival Jajanan Lokal

______________________________________________________

5 Manfaat Konsumsi Makanan yang Mengandung Zat Besi

Prevention.com

Zat besi sebenarnya bisa secara alami didapatkan dari makanan atau pun suplemen. Blibli Friends, perlu tahu kalau fungsi utama zat besi adalah untuk membantu pembentukan sel darah merah. Selain itu, masih banyak sekali fungsi utama dari konsumsi zat besi ini.

  1. Atasi Kelelahan

Hal pertama yang sangat dirasakan ketika konsumsi zat besi kurang adalah tubuh mudah terasa lemas. Zat besi bisa memberikan energi tambahan untuk tubuh. Untuk itu, kamu perlu memenuhi kebutuhan asupan zat besi harian untuk tubuh, ya.

  1. Sembuhkan Anemia

Ketika tubuh mengalami anemia atau kurang darah, penyebab terbesar salah satunya adalah kekurangan zat besi. Hal itu karena, penyebab anemia adalah kurangnya kadar hemoglobin pada tubuh. Zat besi itulah yang bisa membantu untuk membentuk hemoglobin dalam tubuh.

  1. Tingkatkan Kekuatan Otot

Dengan konsumsi zat besi yang cukup, otot bisa menjadi lebih kuat. Hal itu karena zat besi bisa memberikan oksigen yang cukup untuk otot bisa mudah berkontraksi. Kalau kamu kekurangan zat besi, efeknya elastisitas otot akan menurun dan otot pun menjadi kendur.

  1. Tingkatkan Imun Tubuh

Nggak cuma untuk tingkatkan produksi hemoglobin, zat besi memiliki peran penting pada sistem imun atau sistem kekebalan tubuh. Ketika produksi hemoglobin meningkat, oksigen akan bisa lancar berjalan ke jaringan, sel, dan organ yang rusak. Dengan begitu, proses penyembuhan pun bisa dimulai dengan cepat.

  1. Tingkatkan Konsentrasi

Kurangnya zat besi dalam tubuh diklaim sebagai salah satu penyebab seseorang untuk berkonsentrasi. Untuk itu, memenuhi kebutuhan mineral harian terutama zat besi akan membuat kemampuan kognisi meningkat.

10 Makanan yang Mengandung Zat Besi

Jumlah kebutuhan zat besi tiap orang berbeda. Kebutuhan zat besi tersebut sangatlah bergantung pada jenis kelami, kondisi tubuh, dan terutama usia. Nah, untuk bisa memenuhi kebutuhan nutrisi zat besi tiap harinya, kamu bisa mengonsumsi jenis makanan di bawah ini.

  1. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan adalah salah satu sumber zat besi yang cukup tinggi. Beberapa jenis kacang seperti kacang kedelai dan kacang polong adalah sumber makanan yang zat besinya tinggi. Kamu yang menjalani pola makan vegan bisa makan kacang-kacang tersebut untuk memenuhi kebutuhan zat besi harian.

  1. Biji Buah Labu

Selain kacang-kacangan, biji buah labu adalah sumber makanan yang mengandung zat besi tinggi. Bahkan, dalam 1 porsi atau 1 ons biji buah labu mentah, ada kandungan zat besi sebesar 2.7 mg, lho. Untuk mendapatkan manfaatnya itu, kamu bisa mencampurkannya pada salad atau roti. Merebus menjadi camilan sehat juga bisa menjadi alternatif.

  1. Tahu

Kalau kamu mencari makanan lain yang mengandung zat besi, maka tahu adalah jawabannya. Tahu merupakan makanan dengan kandungan zat besi tinggi yang bisa memenuhi asupan kebutuhan zat besi harian. Satu mangkuk atau 126 gram tahu memiliki kandungan zat besi sekitar 3.4 mg.

  1. Seafood

Makanan lainnya yang mengandung zat besi melimpah adalah makanan laut. Makanan laut seperti tiram dan kerang memiliki kandungan zat besi tinggi. Nggak cuma itu, dalam makanan laut juga terkandung vitamin B12 yang bisa menjaga kesehatan saraf serta sel darah.

Makanan laut untuk asupan tambahan zat besi sangat cocok terutama kamu yang tinggal di daerah laut. Tapi, kalau kamu punya alergi pada seafood, sebaiknya hindari mengonsumsi ini. Kamu yang rentan akan jenis makanan tertentu juga sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk tahu kebutuhan zat besi yang diperlukan tubuh.

  1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau adalah salah satu sumber vitamin dan mineral yang sangat baik. Beberapa sayuran hijau seperti brokoli, kale, dan bayam adalah makanan yang mengandung zat besi yang tinggi. Tapi, kamu perlu pastikan kalau sayuran tersebut dikonsumsi dalam kondisi yang segar dan sudah dibersihkan, ya.

  1. Jeroan

Apakah kamu penggemar jeroan? Nah, kemungkinan besar kamu memiliki asupan zat besi yang cukup. Jeroan mulai dari ginjal, otak, hati, dan jantung adalah sumber makanan dengan kandungan zat besi tinggi. Kamu bisa mengonsumsinya dengan asupan yang tepat agar kebutuhan zat besi terpenuhi.

Jeroan ini biasanya baik untuk selingan konsumsi makanan anak-anak. Kamu yang memiliki kadar kolesterol tinggi sebaiknya membatasi konsumsi jeroan ini. Ibu hamil yang butuh asupan zat besi juga sebaiknya membatasi makan jeroan karena bisa meningkatkan risiko bayi cacat lahir.

  1. Daging Mentah

Selain jeroan, daging mentah adalah salah satu sumber zat besi yang baik. dalam 100 gram daging merah yang tanpa lemak, ada 2 mg zat besi di dalamnya. Jumlah tersebut tentu cukup untuk memenuhi kebutuhan zat besi harianmu. Pastikan saja mengonsumsi daging mentah secara normal, ya.

  1. Tomat

Tomat adalah makanan lain yang sangat disarankan untuk memaksimalkan penyerapan zat besi. Di dalam tomat terkandung vitamin C yang tinggi. Kandungan tersebut bisa memaksimalkan penyerapan zat besi. Untuk memenuhi kebutuhan zat besi dalam tubuh, sebaiknya kamu mengonsumsi makanan bergizi dengan berimbang.

  1. Kuning Telur

Kuning telur adalah sumber vitamin yang melimpah. Pada kuning telur terkandung tujuh vitain lengkap mulai dari B6, folat, vitamin A, D, E, K, B, dan B-12. Kandungan vitamin itu nggak ada pada putih telur. Selain itu, kuning telur memiliki kandungan zat besi yang tinggi.

Dibandingkan dengan bagian putih telur, kandungan mineral dalam kuning telur lebih tinggi. Bahkan, ada 90% kalsium dan 93% zat besi pada kuning telur. Jadi, kamu bisa jadikan kuning telur sebagai alternatif sumber zat besi tambahan untuk tubuh.

  1. Susu

Susu adalah sumber nutrisi yang lengkap dan tinggi. Nah, jenis susu yang memiliki kandungan vitamin dan mineral terlengkap adalah susu organik. Susu organik merupakan susu dari sapi perah peternakan yang dibiarkan berkembang biak dengan alami. Jadi, kandungan susunya pun bebas dari bahan kimia.

Kandungan zat besi pada susu organik ini bisa dibilang cukup tinggi. Zat besi dalam susu tersebut sangat diperlukan oleh si kecil untuk membentuk hemoglobin. Dengan hemoglobin yang cukup, oksigen bisa tersalurkan merata ke seluruh tubuh.

__________________________________________________________

BACA JUGA: 

Pilih Alat Makan yang Bikin Nyantep Makanan Jadi lebih Mantep

Untuk memenuhi kebutuhan zat besi harian, kamu perlu mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang. WHO menyarankan orang dewasa untuk mengonsumsi suplemen zat besi dengan dosis 30–60 mg. Kamu pun bisa mengonsumsi susu yang memiliki kandungan gizi seimbang untuk menambah asupan gizi cukup.

Kabar baiknya, kamu bisa beli berbagai produk susu di Ranch Market lewat website maupun aplikasi Blibli, lho. Yuk cek promo menariknya sekarang!

BELI PRODUK SEGAR DAN GROCERIES DI RANCH MARKET SEKARANG!

Tag: