me

8 Rekomendasi Makanan Underrated Surabaya, Wajib Dicoba!

May 06, 2024.By
Bagikan

faktualnews.co
Ini dia 8 rekomendasi makanan underrated Surabaya untukmu!

Makanan Underrated Surabaya — Siapa yang punya liburan atau pengen berkunjung ke Surabaya? Surabaya merupakan kota besar yang memberikan banyak destinasi menarik untuk dikunjungi saat sendirian maupun pergi bersama teman dan keluarga. Kalau sudah ke Surabaya jangan lupa untuk mencoba banyak menu makanan yang enak banget untuk dimakan sebagai wisata kuliner. 

Hanya saja beberapa memang ada makanan underrated Surabaya yang kurang dibicarakan. Kamu yang pengen coba bisa langsung cek semua rekomendasi lengkapnya di bawah ini!

Baca Juga: 


1. Roti Bakar Surabaya 

Roti Bakar Surabaya
pergikuliner.com

Lokasi: Thick Toast, Jalan Raya Kupang Indah No.45e, Dukuh Kupang, Kec. Sukomanunggal, Surabaya

Harga: Rp24 ribu-Rp100 ribu

Rekomendasi menu pertama yang bisa kamu coba dari makanan underrated Surabaya adalah roti bakar Surabaya. Roti bakar ini beda banget dengan roti bakat pada umumnya karena ukurannya memang cenderung lebih besar dan mantab. Begitu juga dengan isiannya yang banyak dan unik khas rasa otentik dari menu makanan Indonesia. 

Beberapa pilihan isian yang bisa kamu coba adalah jasuke, spicy cakalang, ayam geprek dan sate yang enak banget. Nggak hanya rasa gurih saja namun di sini juga ada isian yang manis-manis seperti cokelat, kacang, keju dan juga beberapa isian kekinian yang sedang viral. Satu porsinya sudah banyak dan besar jadi bisa dimakan bersama-sama. 

2. Pentol Pedas Surabaya 

jagel.id

Lokasi: Pentol Goyang Lidah Cempaka, Jalan Rungkut Madya No.243, Surabaya

Harga: Rp10 ribu-Rp50 ribu

Rekomendasi menu underrated kedua yang bisa kamu coba saat pergi ke Surabaya adalah pentol pedas. Menu ini penting banget dicoba untuk camilan yang enak dengan bumbu khas yang beda banget dengan pentol yang ada di kota lainnya. Kamu yang ngaku pecinta pedas nggak boleh ketinggalan untuk mencoba menu yang satu ini. 

Ada banyak pilihan pentol yang bisa kamu coba seperti siomay, pentol isi telur puyuh, tahu, pentol goreng, pentol kasar dan pentol halus semuanya ada di sini. Kemudian untuk bumbu-bumbunya ada kecap, saus sambal dan saus tomat yang dicampur jadi satu. Kamu bisa menambahkan sambal lagi untuk menambah cita rasa pedas yang diberikan. 

3. Lontong Kupang 

Makanan Underrated Surabaya
food.detik.com

Lokasi: Lontong Kupang Pak H. Woko, Jalan Kalasan No. 30, Pacar Keling, Tambaksari, Surabaya

Harga: Rp20 ribu-Rp50ribu

Rekomendasi menu underrated ketiga yang nggak kalah bagus untuk dicoba adalah lontong kupang. Lontong ini menjadi salah satu menu khas Surabaya dan legendaris banget jadi sayang banget untuk dilewatkan terlebih untukmu yang suka dengan olahan lontong dengan bumbu otentik dan rempah yang lebih melekat. 

Lontong ini disajikan bersama dengan kupang, kamu yang belum tahu kupang merupakan hewan laut yang bentuknya mirip dengan kerang kecil namun hidupnya ada di lumpur. Rasanya gurih dan kenyal terlebih dengan kuahnya yang segar mampu memberikan perpaduan cita rasa yang bakalan bikin kamu kangen terus untuk mencobanya. 

4. Tahu Telor 

Tahu Telor
radarmukomuko.disway.id

Lokasi: Tahu Telor Pak Jayen, Jalan Dharmahusada No. 112, Mojo, Gubeng, Surabaya

Harga: Rp2o ribu-Rp50 ribu

Rekomendasi menu underrated keempat yang bisa kamu pertimbangkan untuk dicoba adalah tahu telor. Makanan ini memang enak banget dan menjadi pilihan terbaik untukmu yang bingung makan apa saat ada di Surabaya. Sebenarnya menu ini memang sudah ada di kota lain namun mengenai rasa otentik jelas beda banget. 

Sesuai dengan namanya menu ini memang menyatukan telur dan tahu yang dimasak bersamaan kemudian ditambah adanya kentang dan tauge kecil. Lanjut menu ini bakalan disiram dengan bumbu petis yang enak banget. Rasanya gurih manis dan ada pedasnya jadi cocok untuk menu makanan yang dikonsumsi kapan saja. 

5. Nasi Babat 

Makanan Underrated Surabaya
pergikuliner.com

Lokasi: Nasi Babat Pegirian, Jalan Nyamplungan Ampel, Semampir, Surabaya

Harga: Rp24 ribu-Rp100 ribu

Rekomendasi menu underrated yang kelimanya adalah nasi babat. Nasi ini menjadi kuliner yang menarik banget untukmu saat pergi ke Surabaya karena rasa dan rempahnya beda dari kota lainnya. Nasi ini menyajikan nasi dengan lauk babat dan paru sapi. Tentu saja sudah dibumbui dengan bumbu khas sehingga membuat rasanya sangat menonjol. 

Uniknya nasi yang digunakan adalah nasi jagung bukan nasi putih sehingga membuat penyajiannya menjadi lebih jadul dan wajib banget untuk dicoba. Nasi babat ini bisa dimakan dengan tambahan sambal untuk rasa yang lebih menggugah selera. Cocok banget untuk sarapan pagi terlebih jika kamu suka dengan menu yang rasanya menonjol. 

6. Sego Sambel 

Sego Sambel
pergikuliner.com

Lokasi: Sego Sambal Mak Yeye, Jalan Jagir Wonokromo Wetan No. 10, Jagir, Wonokromo, Surabaya

Harga: Rp15 ribu-Rp30 ribu

Rekomendasi menu underrated yang keenamnya adalah sego sambel. Sesuai dengan namanya menu ini memang khasnya menggunakan nasi dengan sambal yang mantap banget rasanya. Kunci utamanya adalah rasa sambal yang cenderung lebih pekat dan enak sehingga ketika dipadukan dengan lauk lainnya. 

Biasanya kamu bisa memilih penyetan untuk lauknya seperti ikan pari, telur, tahu dan tempe sehingga rasanya bakalan lebih gurih nantinya. Nantinya penyajiannya juga lebih sederhana lengkap dengan lalapan mentimun dan kemangi yang segar banget. 

7. Pecel Rawon

detik.com

Lokasi: Pecel Rawon Warung Pojok Moroseneng, Jalan Pucang Anom No 17, Gubeng, Surabaya.

Harga: Rp24 ribu-Rp50 ribu

Rekomendasi menu ketujuh yang bisa kamu coba adalah pecel rawon. Menu ini memang khas banget di Surabaya sehingga penting banget untuk dipertimbangkan saat pergi ke sana. Pecel ini beda dengan pecel lainnya karena nasi pecelnya disiram dengan kuah rawon sehingga rasanya menjadi lebih khas dan otentik tentunya. 

Hanya saja kebanyakan menu ini dijual mulai dari sore menuju malam jadi kamu bisa memasukkannya sebagai menu makan malam. Rasanya lebih unik dan variatif terlebih aroma khas dari kuah rawonnya yang bakalan bikin kamu ketagihan banget untuk mencoba nantinya. 

8. Lontong Balap 

Makanan Underrated Surabaya
masakapahariini.com

Lokasi: Lontong Balap Garuda Pak Gendut, Jalan Kranggan no. 60, Sawahan, Surabaya (depan bekas Bioskop Garuda)

Harga: Rp24 ribu-Rp50 ribu

Rekomendasi menu selanjutnya yang perlu banget kamu coba adalah lontong balap. Belum ke Surabaya kalau belum coba lontong balap ini. Lontong ini beda banget dengan menu lontong lainnya karena bumbunya cukup otentik untuk dirasakan dibandingkan dengan lontong balap yang ada di kota lainnya. 

Isiannya lebih banyak dan rempahnya lebih seimbang jadi bukan yang bikin eneg untuk dicoba. Sehingga kamu bisa menikmatinya sampai tuntas tentunya. Menu ini bisa menjadi andalan saat pengen sarapan atau makan siang yang lebih ringan. Banyak sekali pilihan menu tambahan yang bisa kamu coba tentunya. 


Baca Juga: 

Kamu pengen coba kulineran di Surabaya? Jangan lupa untuk beli voucher hotel Surabaya hanya di Blibli saja. Ada banyak pilihan hotel dengan fasilitas dan kualitas yang bagus banget. Kamu bisa pilih sendiri hotel mana yang diinginkan dengan harga lebih terjangkau tentunya. 

Tag: