me

Liburan Akhir Tahun Stay di Jakarta? Coba Kunjungi 5 Tempat Ini Bersama Keluarga!

Dec 21, 2023.By
Bagikan

Blibli Friends, liburan akhir tahun biasanya tiket transportasi mulai melonjak ya. Kamu yang merencanakan liburan keluar dari Jakarta harus memutar otak untuk menangani hal ini. Blibli Friends tau nggak kalau sebenarnya di Jakarta dan sekitarnya ada lho tempat liburan yang bagus.

Baca juga:


Monumen Nasional

iwarebatik.org

Alamat: Jl. Merdeka Barat No.12, Jakarta Pusat

Monumen Nasional atau Monas masih jadi tempat menarik yang banyak dikunjungi wisatawan, nggak terkecuali saat pergantian tahun. Bangunan dengan puncak emas yang menjadi ikon kota Jakarta ini menawarkan ragam wisata edukasi dan sejarah. Di dalam tugu Monas terdapat museum yakni Museum Sejarah Nasional yang berisi berbagai foto peristiwa sejarah di Tanah Air.

Selain itu di Monas juga banyak spot foto menarik, salah satunya di Air Terjun Menari yang lengkap dengan efek lighting-nya yang apik. Tamannya juga luas dan terdapat area hutan mini cocok buat kamu yang ingin piknik. Walaupun memasuki kawasan Monas nggak dipungut biaya namun bila masuk ke monumen dan naik ke atas akan dikenakan tarif.

Kebun Binatang Ragunan

ragunanzoo.jakarta.go.id

Alamat: Jl. Harsono RM No.1, Ragunan, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan

Menghabiskan liburan tahun baru yang murah meriah adalah mengunjungi Kebun Binatang Ragunan. Buat warga Jakarta dan sekitarnya tempat wisata ini memang sudah nggak asing karena menjadi kebun binatang tertua di Indonesia. 

Cocok dijadikan tempat berlibur bareng anak-anak karena bisa sambil mengenalkan pada mereka aneka satwa. Mulai hewan mamalia, hewan melata, hewan primata sampai beragam ikan bisa dijumpai. Fasilitas yang ditawarkan diantaranya Taman Marga Satwa, Gajah Tunggang, Onta Tunggang, kereta keliling, taman perahu angsa, pentas satwa dan masih banyak lagi.

Sea World Ancol

ancol.com

Alamat: Jl. Lodan timur No.7, RT.14/RW.10, Ancol, Jakarta Utara

Walaupun sama-sama fokus pada hewan laut tapi Ocean Dream Ancol dan Sea World beda atau punya bidang fokus yang berbeda. Keduanya sama-sama menarik dikunjungi saat liburan tapi Seaworld menawarkan lebih banyak variasi atraksi dan fokus ke aspek pendidikan dan konservasi alam.

Beragam fasilitas ditawarkan mulai dari Antasena Tunnel, Shark Aquarium, Interactive Aquarium, Main Aquarium, Touchpool sampai Museum Misteri Kehidupan Laut. Nah, biar anak-anak makin happy ada juga fasilitas Magic Aquarium yang merupakan wahana bermain untuk anak. Mereka bisa mewarnai berbagai biota laut dan hasilnya akan ditampilkan dalam screen projector.

Pelabuhan Sunda Kelapa

progres.id

Alamat: Jl. Maritim No.8 Sunda Kelapa, Jakarta

Selain sebagai tempat penting untuk perdagangan, Pelabuhan Sunda Kelapa juga punya daya tarik wisata yang oke dikunjungi saat liburan. Banyak terdapat kontainer berbagai warna yang bisa dijadikan spot foto yang menarik dan unik. Di tempat ini kamu juga bisa melihat kapal-kapal Phinisi dari berbagai daerah dan negara lain berlabuh.

Saat yang paling pas untuk datang ke Pelabuhan Sunda Kelapa adalah saat sore hari. Selain cuacanya nggak panas, kamu bisa menyaksikan pemandangan matahari tenggelam yang super indah. Jadi bila ingin menikmati liburan dengan suasana yang sedikit beda, mampir ke Pelabuhan Sunda Kelapa bisa jadi alternatif.

Kapal Phinisi De Sartika

tiket.com

Alamat: Baywalk Mall Pluit

Menikmati ibu kota dengan kapal Phinisi yang keren? Bisa, kok karena kamu nggak perlu jauh-jauh ke negeri tetangga untuk bisa merasakan pengalaman naik kapal Phinisi. Kamu hanya perlu ke Baywalk Mall Pluit kemudian Kapal Phinisi De Sartika akan membawamu berlabuh selama 5 jam untuk menyaksikan pemandangan indah Pulau Seribu.

Kapal Phinisi De Sartika ini merupakan hasil karya suku Bugis dan termasuk salah satu kendaraan yang punya nilai sejarah tinggi. Kapal dibagi menjadi 4 area yakni lantai paling bawah sebagai tempat tidur awak kapal, area main deck, upper deck, dan sun deck. Nah, sun deck ini menjadi tempat favorit menikmati sunset.

Holeo Museum

tiket.com

Alamat: Jl. Cilamaya No.3, Cideng, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat

Holeo Museum yang tempatnya sedikit tersembunyi bisa dijadikan pilihan untuk dikunjungi saat ke ibukota. Tempatnya apik, menyajikan spot menarik untuk bermain mini golf dan mengabadikan gambar diri juga mantap. Bangunan terdiri dari dua lantai dan setiap ruangan didesain kaya warna dengan tema yang berbeda.

Di Holeo pengunjung juga bisa melukis di Painting Room dan menulis harapan di Hydroponics of Ice Cream. Buat yang hobi foto bisa selfie mirror di Disco Room, Pink Room, Yellow Room dan Blue Room. Jangan ketinggalan mampir ke Secret Garden.

Tebet Eco Park

wisatamilenial.com

Alamat: Jl. Tebet Barat Raya, RT.1/RW.10, Tebet Barat, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan

Tebet Eco Park ini merupakan taman kota yang diresmikan pada 2022 lalu, jadi masih tergolong baru. Menarik untuk dikunjungi bareng keluarga saat liburan, apalagi fasilitas yang disediakan termasuk lengkap. Antara lain ruang terbuka hijau, danau buatan dan taman bermain.

Dolan ke Tebet Eco Park kamu bisa menikmati suasana yang asri dengan pepohonan hijau, duduk-duduk santai atau mau berolahraga juga bisa. Jangan lupa untuk foto-foto karena banyak spot foto cantik. Yang berlibur bersama anak-anak nggak perlu khawatir karena Tebet Eco Park juga menyediakan wahana playground.

Desa Laguna

pulauseribu-resorts.com

Alamat: Pulau Karang Bongkok Administrasi, Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu

Pulau Laguna adalah salah satu tempat di Kepulaun Seribu yang sempurna untuk memulihkan ‘kewarasan’ diri. Desa Laguna ini merupakan objek wisata yang mengusung konsep glamping dan tenda biasa di Pulau Karang Bongkok. Walaupun termasuk pulau mungil dibanding pulau lainnya tapi pengalaman menginap di tempat ini nggak bakalan terlupa.

Kamu bisa healing dengan nyaman sambil menikmati suasana yang tenang dengan suara debur ombak. Bisa juga melakukan aktivitas seperti snorkeling, main paddle board dan island hopping. Lapar? Gampang , untuk urusan perut Desa Laguna punya beragam hidangan lezat. Tertarik menghabiskan liburan di sini?

Pulau Pari

tiket.com

Alamat: Wilayah Administrasi Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta

Masih di kawasan Kepulauan Seribu, tempat yang nggak kalah cakep adalah Pulau Pari. Dikenal dengan wisata Pantai Pasir Perawan dan terumbu karangnya yang luar biasa indah. Beragam aktivitas bisa dilakukan seperti snorkeling, bersepeda, menikmati sunset, banana boat dan hunting foto keren.

Di Pantai Pasir Perawan wisatawan juga bisa melakukan camping dengan tarif khusus jika kamu ingin menikmati malam pergantian tahun bareng keluarga atau sahabat.

Pulau Ayer

turiz.id

Alamat: Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta

Berkunjung ke Jakarta bakalan rugi jika nggak menyempatkan waktu singgah ke Pulau Ayer yang juga berlokasi di Kepulauan Seribu. Pulau ini dikenal dengan wisata resort yang memiliki tema rumah adat dari Papua yakni Honai yang mengapung di atas laut. 

Liburan dijamin nyaman karena fasilitas yang ditawarkan pulau ini tergolong komplit. Selain resort juga ada penginapan lainnya dengan harga lebih terjangkau, lapangan basket, kolam renang dan area bermain anak. Di pulau yang paling dekat dengan Jakarta ini kamu juga menikmati olahan seafood sembari menikmati pemandangan cantik. 


Baca juga:

Nah, biar acara liburan kamu makin menyenangkan bisa juga memanfaatkan Promo Mengisi Liburan Akhir Tahun yang bisa memudahkan kamu untuk mempersiapkan liburan.

Tag: