me

Destinasi Wisata dengan Kereta Api dari Jakarta

Apr 24, 2024.By Nadine
Bagikan

Image Source: ensiklopediduniakeretaapi888.blogspot.com

Destinasi Wisata dengan Kereta Api — Zaman sekarang ini sudah ada banyak pilihan moda transportasi yang bisa dipilih untuk bepergian. Salah satu jenis transportasi yang cocok untuk berwisata ke luar kota bersama sahabat atau keluarga tercinta adalah kereta api. Selain harga tiketnya murah, kereta api juga menawarkan keselamatan yang maksimal. Lalu kota mana saja yang bisa jadi pilihan destinasi wisata dengan kereta api?

Baca Juga: 10 Hotel Murah di Jakarta Rekomendasi Buat Kamu


Destinasi Wisata dengan Kereta Api dari Kota Jakarta

Saat berwisata ke luar kota bersama orang tersayang, kereta api memang kerap dijadikan pilihan transportasi yang nyaman. Termasuk kalau kamu berasal dari Kota Jakarta dan pengen jalan-jalan ke luar kota saat libur panjang. Ini dia beberapa pilihan kota destinasi wisata dengan kereta api yang bisa kamu jelajahi!

1. Bandung

Pilihan destinasi pertama adalah Ibu Kota Jawa Barat yang terkenal dengan aneka kuliner nikmatnya. Bandung yang juga dijuluki sebagai Kota Kembang memang termasuk kota yang ngangenin karena punya banyak destinasi wisata menarik. Nggak heran kalau setiap liburan dan akhir pekan banyak warga Jakarta yang bertolak ke kota ini.

Bandung bisa jadi pilihan buat kamu yang pengen menikmati liburan pendek dengan berbagai view yang menenangkan. Di Bandung ada beberapa tempat wisata alam yang sejuk dan asri seperti Orchid Forest Cikole, Puncak Ciumbuleuit, hingga Gunung Tangkuban Perahu. Kalau mau menikmati warna-warni bunga nan indah, kamu bisa juga berkunjung ke Rainbow Garden.

Kalau mau menikmati cantiknya Bandung dari ketinggian, kamu bisa pergi ke Jalan Asia Afrika atau Tebing Keraton. Sedangkan untuk yang ingin berwisata sambil belajar sejarah, Gedung Sate dan Jalan Braga bakal jadi opsi yang menarik.

Di sana kamu juga bisa mencicipi berbagai kuliner asli Bandung seperti Batagor, Seblak, Surabi Bandung, Colenak, hingga Bandros. Walaupun sebenarnya makanan-makanan tersebut sudah banyak dijual di mana, tentu saja rasanya akan lebih otentik yang langsung dibeli di kota asalnya.

2. Malang

Malang merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang juga menawarkan banyak banget destinasi menarik. Di sana kamu bisa menemui tempat-tempat seru yang nggak pernah kamu temui di Jakarta sebelumnya. Malang bisa jadi pilihan destinasi liburan panjang bersama pasangan atau keluarga tersayang.

Cuacanya yang dingin membuat siapa saja nyaman berlama-lama di sana, apalagi kalau kamu berasal dari Jakarta yang sehari-hari kepanasan. Malang juga menawarkan berbagai objek wisata keluarga yang sangat menakjubkan.

Ada Kampung Warna-Warni Jodipan yang merupakan destinasi wisata dengan konsep colorfull. Tempat ini dulunya adalah perkampungan kumuh yang kemudian rumah-rumah dan jalanannya dicat berwarna-warni untuk menarik wisatawan. Ada juga Kampung 3D, yang juga menawarkan kawasan perkampungan dengan berbagai spot foto 3 dimensi.

Kalau mau liburan sambil menaiki berbagai wahana yang seru dan menantang, kamu bisa berkunjung ke Jatim Park. Kalau destinasi wisata alamnya ada Kebun Wonosari, Taman Kelinci Pujon, hingga Kusuma Agrowisata. Di malam hari kamu bisa pergi ke Malang Night Paradise ataupun Batu Night Spectacular.

3. Surabaya

Pilihan destinasi wisata yang nggak kalah menarik selanjutnya adalah Ibu Kota Jawa Timur, yaitu Surabaya. Kota dengan ikon Ikan Hiu dan Buaya ini memang mempunyai cuaca yang panas, namun objek-objek wisatanya dijamin sangat menarik perhatian. Mulai dari wisata edukasi, wisata alam, hingga wisata sejarah.

Salah satunya yang menjadi magnet bagi para wisatawan adalah Jembatan Suramadu yang menjadi penghubung antara Pulau Jawa dengan Madura. Di jembatan tersebut kamu bisa menikmati view perairan yang menenangkan sambil menikmati makanan-makanan yang dijajakan di warung sekitar.

Selain itu, di sana kamu juga bisa melihat dan memberi makan ratusan hewan eksotis di Kebun Binatang Surabaya. Mengingat bahwa Surabaya adalah kota Pahlawan, di sana ada juga tempat wisata yang sudah ada sejak zaman penjajahan yaitu Tugu Pahlawan. Tugu tersebut dikelilingi oleh berbagai tanaman hijau nan rindang sehingga cocok buat yang lagi cari yang segar-segar.

Ada juga beberapa museum sejarah yang cocok buat menambah pengetahuan seperti Museum House of Sampoerna dan Museum 10 November. Bahkan, Surabaya juga menawarkan berbagai tempat wisata religi seperti Kelenteng Sanggar Agung, Patung Buddha 4 Rupa, Gereja Katolik Santa Parawan Maria dan Makam Sunan Ampel.

4. Yogyakarta

Penasaran dengan cita rasa gudheg yang otentik? Kamu bisa mengunjungi Kota Yogyakarta di kala liburan panjangmu. Seperti kita tahu, Yogyakarta merupakan Kota Pelajar yang di dalamnya ada banyak banget sekolah dan perguruan tinggi yang terkenal. Sehingga saat ke sana kamu akan merasa awet muda karena bertemu dengan mahasiswa-mahasiswa dari berbagai daerah.

Yogyakarta bisa menjadi wisata yang sekaligus tempat belajar seni dan budaya. Karena di sana ada banyak wisata sejarah seperti Candi Prambanan, Museum Benteng Vredeburg, Monumen Yogya Kembali, hingga Museum Dirgantara. Kalau membawa anak-anak, kamu bisa mengunjungi Taman Reptil Gembira Loka Zoo, Taman Pintar, atau Kampung Wisata Taman Sari.

Kalau juga bisa menghabiskan siang hari di taman hiburan seperti Jogja Bay Pirates Adventures Waterpark atau Sindu Kusuma Edupark. Sedangkan, malam harinya kamu bisa berkunjung ke Jalan Malioboro untuk menikmati eloknya kota Yogyakarta dengan keramaiannya. Kamu bisa juga sekaligus membeli oleh-oleh di sekitar sana.

Nggak cuma di Malioboro, masih ada banyak lagi pilihan pusat oleh-oleh seperti Toko Djoen, Yogyatourium Dagadu Djokdja, Pasar Beringharjo, dan lain sebagainya. Yang paling penting, saat ke Yogyakarta jangan lupa membeli bakpia dan kain batik khas sana. Tapi, kalau pergi ke sana kamu harus siap-siap kangen dengan suasananya setelah kembali ke Jakarta.

5. Solo

Solo juga bisa jadi pilihan destinasi wisata tak terlupakan yang bisa diakses dengan kereta api. Kota di Jawa Tengah yang terkenal dengan masyarakatnya yang lembut dan santun ini mempunyai sejumlah magnet wisata yang sayang untuk dilewatkan. Salah satu yang paling menarik adalah Air Terjun Jumog, Karanganyar yang berada di lereng Gunung Lawu.

Saat berkunjung ke sana Anda akan disuguhi dengan merdunya gemericik air, pepohonan yang teduh, suasana pegunungan, dan aliran air yang menenangkan. Kombinasi sempurna yang cocok untuk relaksasi tubuh dan pikiran kamu.

Kalau mau ke tempat wisata yang terkesan modern, kamu bisa mengunjungi The Heritage Palace Solo, bangunan yang didesain mirip kastil khas Eropa. Di sana ada berbagai area menarik yang bisa dipilih seperti Museum 3D Trick Art, Garden Retro Paradise, bahkan streetfood yang menjajakan aneka makanan lezat.

Kalau mau suasana yang lebih tenang, kamu bisa berkunjung ke Gardu Pandang Bukit Batur untuk menikmati kemegahan Gunung Merbabu dan Sindoro. Selain itu, masih ada banyak pilihan wisata lain yang nggak kalah menawan. Kamu wajib mengunjungi semuanya saat pergi ke Solo!

_____________________________________________________________________

Baca Juga: 10 Rekomendasi Hotel Murah di Puncak Terbaik

Itulah 5 pilihan kota untuk destinasi wisata dengan kereta api yang cocok dikunjungi saat akhir pekan atau memasuki liburan. Kini, nggak perlu antre di stasiun untuk membeli tiket kereta api karena kamu sudah bisa mendapatkannya di Blibli secara online. Selain hemat waktu dan praktis, beli tiket di Blibli juga bikin liburanmu makin murah karena ada penawaran promo menarik buat kamu. 

Yuk, pilih kota tujuanmu dan beli tiket kereta apinya di Blibli sekarang!

Tag: