me

Daftar Tempat Liburan di Jakarta yang Wajib Dikunjungi Untuk Refreshing

Dec 13, 2022.By
Bagikan

image source: www.ancol.com 

Dikenal sebagai ibukota negara dan kota terbesar di Indonesia, Jakarta memang memiliki banyak gedung tinggi. Nggak cuma itu aja, Jakarta juga punya beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi untuk menghabiskan waktu liburan. Oleh karena itu, menghabiskan waktu liburan di Jakarta sebenarnya juga merupakan ide yang cemerlang. 

Nah, kamu penasaran apa aja tempat liburan di Jakarta yang bisa dikunjungi untuk refreshing? Yuk, langsung aja simak daftarnya di bawah ini!

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Hotel di Jakarta dengan City View Terbaik


Daftar Tempat Liburan di Jakarta yang Wajib Dikunjungi Untuk Refreshing

1. Ancol 

Taman Impian Jaya Ancol adalah salah satu tempat rekreasi paling terkenal di Jakarta, bahkan terbesar di Indonesia. Letaknya ada di Jakarta Utara, tepatnya Kecamatan Pademangan. Destinasi tepi laut ini memiliki banyak daya tarik wisata yang bisa dinikmati bersama dengan teman-teman, keluarga, atau pasangan. 

Sebagai sebuah destinasi wisata tepi laut, tentunya ada pantai di Ancol yang bisa kamu kunjungi untuk bermain air atau pasir. Pantai Ancol memang terkenal untuk melakukan berbagai olahraga air. Nggak sampai di situ aja, kamu juga bisa menghabiskan waktu malam hari dengan menikmati suasana di pinggir Pantai Ancol. 

Selain itu, di Ancol juga ada Faunaland dimana kamu bisa melihat binatang-binatang. Di Faunaland, anak-anak juga bisa naik kuda poni dan melihat atraksi burung bersama pawangnya. 

2. Dufan 

Dunia Fantasi atau yang biasa dikenal dengan nama Dufan adalah sebuah taman hiburan di kawasan Ancol. Ada banyak wahana permainan yang bisa dinikmati keseruannya di Dunia Fantasi. Beberapa wahana sangat cocok untuk kamu yang suka menguji adrenalin seperti tornado, hysteria, kora-kora, halilintar, kicir-kicir, dan lain-lain. 

Nggak sampai di situ aja, beberapa wahana yang seram juga cocok buat kamu yang suka horror seperti Rumah Riana, Kereta Misteri, Conjuring House, dan lain-lain. Namun, di Dunia Fantasi juga ada kok beberapa wahana yang bisa dinikmati oleh semua umur, bahkan anak-anak. Beberapa wahana ini meliputi gajah bledug, turangga-rangga, istana boneka, dan sebagainya. 

Fasilitas di Dufan juga udah lengkap banget dan bisa mengakomodir semua pengunjung yang datang dengan baik!

3. Funworld

Selanjutnya, ada Funworld yang bisa kamu kunjungi bersama anak-anak saat liburan. Funworld merupakan sebuah taman rekreasi untuk bermain. Ada banyak wahana permainan atau mainan arcade yang bisa kamu nikmati di dalamnya. Beberapa wahana permainan juga menghasilkan tiket sebagai hadiahnya. 

Nah, tiket-tiket inilah yang nantinya bisa kamu kumpulkan dan tukarkan dengan hadiah lainnya. Hadiah yang didapatkan tergantung dari tiket yang kamu kumpulkan. Tentunya, makin banyak tiket yang kamu kumpulkan, makin banyak atau besar hadiah yang akan didapatkan. Nah, gimana nih, Blibli Friends? Ternyata, seru juga ya!

Buat kamu yang ingin main di Funworld, lokasinya terdapat di beberapa mall besar di Jakarta. Dengan demikian, kamu bisa lebih mudah untuk mengunjunginya. 

4. Jakarta Aquarium

Sesuai dengan namanya, Jakarta Aquarium adalah sebuah akuarium yang letaknya di kawasan Jakarta Barat. Aquarium ini letaknya di dalam sebuah mall yaitu Neo Soho sehingga aksesnya nggak sulit. Jakarta Aquarium menyimpan banyak koleksi satwa, terutama yang hidup di air. Tentunya, Jakarta Aquarium adalah tempat yang pas untuk edukasi. 

Selain itu, di Jakarta Aquarium kamu juga bisa mencoba pengalaman aqua trekking, diving, atau menggunakan kapal selam dan melihat bawah air dari dekat. Di sini, kamu bisa turun ke bawah air tanpa harus memiliki sertifikat diving terlebih dahulu. Beberapa animal shows juga bisa kamu saksikan nih, Blibli Friends!

Kalau kamu ingin menonton pertunjukan putri duyung, ada Pearl of The South Sea Show yang bisa ditonton bersama anak-anak. 

5. Ocean Dream Samudera 

Tiket Orang Masuk Ancol - Sesi II 11.00 - 16.00 WIB Khusus Masuk Pantai Symphony of The Sea (All Days)

 

Tentunya, di Ancol kamu juga bisa kok menonton pertunjukan hewan-hewan laut dan beberapa satwa darat. Nama tempatnya adalah Ocean Dream Samudera. Di tempat ini, kamu bisa menyaksikan pentas lumba-lumba dan singa laut yang menggemaskan. Nggak sampai di situ aja, kamu juga bisa kok melihat aksi burung-burung yang pintar. 

Dulunya, Ocean Dream Samudera adalah Gelanggang Samudera Ancol. Selain pentas satwa, kamu bisa menikmati beberapa wahana permainan yang seru bersama dengan keluarga atau teman-teman. Ada kids playground yang bisa dipakai untuk bermain oleh anak-anak supaya nggak merasa jenuh. 

Selain sebagai tempat rekreasi, Ocean Dream Samudera juga merupakan tempat penelitian lumba-lumba nih, Blibli Friends!

6. Sea World 

Nggak cuma di Jakarta Aquarium aja, kalau ingin melihat akuarium berisi aneka satwa laut di Ancol juga ada Sea World. Salah satu spot yang menarik adalah Antasena Tunnel yang merupakan terowongan akuarium. Di sana, kamu bisa melihat aneka ikan-ikan dari akuarium yang bentuknya seperti terowongan. 

Selain itu, ada akuarium interaktif yang bisa kamu kunjungi untuk berinteraksi dengan hewan-hewannya. Ada shark aquarium yang bisa kamu kunjungi untuk melihat aneka macam hiu dan jellyfish sphere untuk melihat ubur-ubur. Untuk kamu yang ingin menyaksikan penyelam memberi makan ikan, bisa kamu lihat di Main Aquarium ya!

7. Kota Tua 

Kawasan Kota Tua adalah tempat yang cocok kalau kamu ingin bernostalgia. Suasana di Kota Tua benar-benar historis dengan banyaknya bangunan bersejarah seperti Museum Fatahilah, Toko Merah, dan lain-lain. Kamu bisa bersepeda di pelataran Kota Tua atau sekadar jalan-jalan menikmati suasana. 

Nggak sampai di situ aja, kamu juga bisa menikmati aneka makanan di restoran yang sangat historis yaitu Café Batavia. Desainnya memang klasik dan antik dengan suasana kolonial Belanda yang masih sangat kental. Ada banyak jenis makanan yang bisa kamu nikmati di sini!

8. Museum MACAN 

Siapa bilang bahwa semua museum identik dengan kesan kuno? Ada Museum MACAN yang penuh dengan instalasi seni modern nih, Blibli Friends! Museum MACAN adalah singkatan dari Modern and Contemporary Art in Nusantara. Jadi, nggak usah heran kalau di tempat ini banyak hasil karya seni modern dan kontemporer yang nggak kalah indah. 

Tentunya, di tempat ini ada banyak spot fotogenik yang bisa kamu nikmati buat berfoto-foto. Buat anak-anak muda yang suka berfoto-foto, yuk mending langsung aja ke Museum MACAN buat memperbanyak stock foto! Selain sebagai sarana rekreasi, Museum MACAN juga menawarkan sarana edukasi kok. 


BACA JUGA: Liburan Akhir Tahun Stay di Jakarta? Coba Kunjungi 5 Tempat Ini Bersama Keluarga!

Jadi, itulah beberapa tempat liburan di Jakarta yang bisa kamu kunjungi kalau berencana untuk menghabiskan waktu akhir tahun di ibukota. Apakah ada salah satu tempat yang udah kepikiran untuk kamu kunjungi? Kalau udah, kamu bisa segera atur itinerary perjalanannya ya!

Nggak sampai di situ aja, kamu juga bisa kok beli tiket atraksi & taman hiburan lewat Blibli biar nggak kehabisan. Selain bisa beli lebih cepat, tentunya lewat Blibli kamu juga bisa memanfaatkan aneka voucher dan membayar dengan berbagai metode. Semua transaksi juga dijamin aman dan mudah. 

Tag: