me

Lebih Hemat Listrik Mesin Cuci 1 Tabung atau 2 Tabung, Tentukan Pilihanmu Sekarang Juga! 

Mar 28, 2024.By Jarvis
Bagikan

freepik.com/author/chormail
Nggak perlu bingung lagi buat menentukan pilihan mesin cui yang hemat listrik!

Cicilan 0% KAM

Pasti kamu sering merasa kebingungan ketika hendak memilih mesin cuci. Saat ini mesin cuci nggak hanya tersedia dalam beragam merk yang berbeda, namun juga jumlahnya tabungnya. Kamu bisa memilih mesin cuci yang memiliki 1 tabung atau 2 tabung. Lantas, apa sih yang membedakan antara mesin cuci 2 tabung dan 1 tabung?. Pastikan kamu mengetahui perbedaan kedua jenis mesin cuci tersebut ya!

Di pasaran ada 2 jenis mesin cuci yang ditawarkan yaitu tipe bukaan depan yang hanya memiliki satu tabung dan biasa disebut dengan front load. Selain itu, ada juga jenis bukaan atas atau top load. Jenis bukaan masih terbagi lagi dalam tipe 1 tabung dan 2 tabung. Lalu, kenapa mesin cuci 2 tabung leih murah dari tabung?, kamu bisa mengetahui jawabannya melalui artikel di bawah ini. Yuk, simak sekarang juga!.

Baca juga :


Mesin Cuci 1 Tabung VS 2 Tabung

Sebelum memutuskan untuk membeli mesin cuci, alangkah baiknya jika kamu mengetahui setiap kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya. Harga yang mahal nggak menjamin bahwa mesin cuci tersebut memiliki kualitas yang bagus dan hemat listrik. Nah, berikut ini adalah sekilas tentang kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh masing-masing jenis mesin cuci.

Kelebihan Mesin Cuci 1 Tabung

Kelebihan Mesin Cuci 1 Tabung
freepik.com/author/primagefactory

Jenis mesin cuci yang satu ini sangat cocok bagi kamu yang nggak suka ribet. Kamu nggak perlu kerja dua kali ketika mencuci pakaian menggunakan jenis mesin cuci 1 tabung. Meskipun memiliki tabung hanya 1, namun fungsinya nggak kalah dengan mesin cuci yang 2 tabung. Justru mesin cuci dengan 1 tabung akan membuat pekerjaan mencuci pakaian akan terasa lebih praktis dan mudah.

Mesin cuci 1 tabung atau bisa dikenal dengan istilah single tub tentunya hanya memiliki 1 tabung yang berfungsi sebagai tempat mencuci sekaligus memeras. Mesin cuci 1 tabung ini dapat dijalankan secara otimatis maupun semi-otomatis. Lalu, apa kelebihan mesin cuci tabung?, tentu saja mesin cuci jenis ini memiliki beberapa kelebihan yang cukup menarik.

Kelebihan tersebut diantaranya yaitu praktis digunakan karena dapat bekerja secara otomatis. Selain itu, kamu bisa menghemat waktu jika menggunakan mesin cuci 1 tabung karena nggak perlu memindahkan pakaian dari tabung pencucian ke tabung pengeringan. Mesin cuci 1 tabung juga memiliki daya peras yang cenderung lebih efisien sehingga pakaian akan lebih cepat kering.

Mesin cuci 1 tabung juga dilengkapi dengan sistem pengisian air yang bekerja secara otomatis yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Menariknya lagi, mesin cuci ini memiliki kapasitas yang lebih banyak jika dibandingkan dengan mesin cuci 2 tabung. Mesin cuci ini juga memiliki desain yang lebih ergonomis karena lebih ramping sehingga bisa lebih hemat ruang. 

Kekurangan Mesin Cuci 1 Tabung

Kekurangan Mesin Cuci 1 Tabung
freepik.com/author/primagefactory

Setiap merk dan jenis mesin cuci pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Begitu juga dengan mesin cuci 1 tabung yang ternyata nggak luput dari kekurangan. Kira-kira apa kekurangan dari mesin cuci 1 tabung?, pastikan kamu mengetahui apa saja kekurangan yang dimilikinya agar tidak kecewa ketika kamu sudah memutuskan untuk membelinya. 

Kekurangan yang paling mencolok dari mesin cuci 1 tabung adalah konsumsi daya listriknya yang tinggi, atau dengan kata lain cenderung boros listrik. Jadi, jangan heran jika mesin cuci 1 tabung ini sangat tidak efisien secara energy. Satu hal lagi yang membuat mesin cuci 1 tabung ini jarang digunakan oleh rumah tangga kalangan menengah karena harganya yang lebih mahal.

Nggak perlu heran jika mesin cuci 1 tabung dibanderol dengan harga yang mahal karena memiliki rangkaian komponennya yang lebih rumit. Bahkan yang beranggapan bahwa mesin cuci 2 tabung memiliki daya tahan yang nggak terlalu bagus alias cepat rusak. Kekurangan yang satu ini terbilang cukup masuk akal karena 1 tabung digunakan untuk 2 fungsi sekaligus.

Mesin cuci 1 tabung ini juga nggak cocok buat kamu yang nggak suka sesuatu yang rumit. Mesin cuci 1 tabung ini memiliki pengaturan yang sangat lebih rumit jika dibandingkan dengan mesin cuci 2 tabung. Bagi kamu yang pertama kali menggunakan mesin cuci 1 tabung, pasti akan memerlukan waktu yang lebih lama untuk terbiasa dengan fitur-fitur yang dimilikinya.

Kelebihan Mesin Cuci 2 Tabung

Kelebihan Mesin Cuci 2 Tabung
homesteadcaravans.co.uk

Kalau jenis mesin cuci yang satu ini pasti kamu juga pernah menggunakannya kan?.   Yup, inilah dia mesin cuci 2 tabung yang sering digunakan oleh para ibu rumah tangga. Mesin cuci ini memiliki dua tabung yang terpisah dengan masing-masing fungsi yang berbeda. Satu tabung berfungsi untuk mencuci dan satu tabung untuk mengeringkan. Memang terkesan ribet karena penggunaannya dijalankan secara manual.

Lalu, apa kelebihan mesin cuci 2 tabung?, kok banyak yang lebih memilih jenis ini ketimbang yang satu tabung. Kelebihan yang pertama, tentunya harganya yang lebih murah sehingga semua kalangan mampu menjangkaunya. Selain itu, mesin cuci 2 tabung jika terbilang cukup hemat listrik sehingga penggunaannya bisa lebih efisien.

Menariknya lagi, mesin cuci 2 tabung ini juga nggak memerlukan perawatan yang ekstra. Jika terjadi kerusakan, mesin cuci 2 tabung ini lebih mudah untuk diperbaiki. Selain itu. Mesin cuci 2 tabung juga sangat mudah dioperasikan jadi sangat cocok bila digunakan oleh ibu rumah tangga yang belum begitu memahami teknologi.

Kekurangan Mesin Cuci 2 Tabung

Kekurangan Mesin Cuci 2 Tabung
homesteadcaravans.co.uk

Selain kelebihan, ternyata mesin cuci 2 tabung juga memiliki beberapa kekurangan yang harus kamu tahu lho!. Lantas, apa kekurangan mesin cuci 2 tabung?, memiliki body yang lebih besar sehingga memakan banyak tempat. Selain itu, kamu harus sering mengontrol secara berkala karena sistemnya yang masih manual. Mesin cuci ini juga terbilang ribet dan daya peras yang nggak terlalu efisien.

Lebih Hemat Mana Mesin Cuci 1 Tabung VS 2 Tabung

Lebih Hemat Mana Mesin Cuci 1 Tabung VS 2 Tabung
freepik.com/author/freepik

Nah, setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing jenis mesin cuci. Kini, saatnya kamu mempertimbangkan mana yang lebih hemat listrik antara kedua jenis mesin cuci ini. Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa mesin cuci 2 tabung memiliki daya konsumsi listrik yang lebih rendah atau dapat dikatakan hemat listrik.

Kira-kira berapa watt mesin cuci 2 tabung dan 1 tabung?, pertanyaan ini pasti selalu muncul di benak kamu ketika hendak membeli mesin cuci. Untuk mesin cuci 2 tabung memiliki daya sekitar 90 sampai 230 watt untuk proses pencucian, sedangkan untuk proses pengeringan hanya sekitar 40 sampai 130 watt. Kalau, mesin cuci 1 tabung memiliki daya sekitar 250 hingga 420 watt untuk mencuci dan mengeringkan.


Baca juga :

Pilihanmu jatuh pada mesin cuci jenis apa nih?. Apapun pilihanmu pastikan hanya membelinya di Blibli. Manfaatkan Program Cicilan 0% Blibli untuk mendapatkan mesin cuci impianmu. Melalui Blibli Elektronik Cicilan 0% kamu juga bisa mendapatkan peralatan elektronik dengan harga yang lebih ringan. Program Cicilan 0% Blibli, hanya mengharuskan kamu membayar cicilan tanpa harus membayar biaya bunga lho.  

Tag:

Artikel Kategori Terkait

Artikel Tag Terkait

Artikel Penulis Terkait

Lihat Artikel Lainnya