me

3 Cara Kerja Mesin Cuci Pengering

Mar 20, 2024.By
Bagikan

freepik.com/author/atlascompany
Yuk, simak cara kerja mesin cuci pengering, baca ulasannya di sini ya.

Cicilan 0% KAM

Cara kerja mesin cuci pengering penting untuk diketahui, terutama jika kamu menggunakannya sehari-hari. Di samping itu, memahami seperti apa  mesin cuci pengering bekerja, juga membantu Blibli Friends memutuskan pilihan, saat akan beli produknya yang baru. Maka dari itu, coba sekarang kita lihat cara kerjanya, ya.

Berikut cara kerja mesin cuci pengering dan tips untuk menggunakannya.

Baca juga:


Cara Kerja Mesin Cuci Pengering

Pada dasarnya, setiap mesin cuci punya fungsi untuk mencuci dan mengeringkan. Kita biasa mencuci sekaligus mengeringkan, tapi bisa jadi kurang memahami cara kerjanya. Adapun cara-cara kerja mesin cuci untuk mengeringkan adalah sebagai berikut:

Cara Kerja Mesin Cuci Pengering Secara Umum

freepik.com/author/freepik

Bagaimana cara kerja mesin cuci pengering? Pada umumnya, mesin pengering bekerja dengan cara menggunakan panas buat mengeluarkan uap dari air yang masih teresap pada pakaian. Adapun proses ini berlangsung di bagian tertutup yang tempatnya ada di dalam mesin pengering atau mesin dryer.

Setelah itu, mesin akan menyalurkan udara panas ke sekitar pakaian yang masih basah. Lantas, mesin pengering bakal bekerja mengubah air jadi uap. Kemudian, mesinnya akan mengeluarkan uap tersebut. 

Sejumlah mesin pengering tertentu, memiliki sensor yang fungsinya bekerja mengukur kelembapan dari pakaian. Jadi, begitu sensor tersebut mendeteksi bahwa pakaian sudah kering, maka mesin pengering bakal secara otomatis berhenti. Jadi, seperti demikian cara kerja dari mesin pengering secara umum.

Adapun untuk prosesnya secara teknis, cara kerja tersebut terbagi menjadi dua macam, yang dibedakan menurut jenis mesin cucinya. Ada cara kerja mesin pengering otomatis yang biasanya buat mesin cuci 1 tabung. Lalu, ada cara kerja mesin pengering manual yang biasanya buat mesin cuci 2 tabung. Yuk, lihat ulasannya berikut.

Cara Kerja Mesin Cuci Pengering Otomatis

Cara Kerja Mesin Cuci Pengering Otomatis
freepik.com/author/lifestylememory

Mesin cuci dengan pengering tipe ini berarti siklus mencuci dan mengeringkan semuanya berjalan secara otomatis. Jadi, mesin cuci bakal langsung bekerja untuk mencuci pakaian kemudian mengeringkannya sendiri.

Mesinnya melakukan proses pencucian hingga pengeringan, sampai cucian kamu selesai diproses. Kamu pun tinggal menjemur semua pakaian yang sudah dicuci dan dikeringkan.

Cara Kerja Mesin Cuci Pengering Manual

youtube.com

Cara kerja manual ini biasa ada di mesin cuci dua tabung. Soalnya, tabung satunya berfungsi untuk mencuci, dan satunya berfungsi untuk mengeringkan. Pertama, mesin cuci akan mencuci pakaian. Kedua, mesin cuci akan mengeringkan pakaian. 

Bedanya dengan proses otomatis, di mesin pengering manual, kamu harus memindahkan pakaian dari tabung pencuci ke pengering terlebih dahulu. Baru setelah itu, pakaian akan dikeringkan.

Cara Tepat Mengeringkan Baju dengan Mesin Cuci

Selain cara kerja mesin cucinya, penting juga untuk mengerti langkah-langkah yang tepat dalam mengeringkan pakaian. Soalnya kadang kita nggak sadar melakukannya dengan cara yang keliru, sehingga membuat mesin cucinya lebih cepat rusak. Berikut caranya:

1. Memisahkan Pakaian Putih dan Berwarna

Memisahkan Pakaian Putih dan Berwarna
freepik.com/author/odua

Untuk langkah yang pertama ini, sudah menjadi kebiasaan umum sebenarnya, di mana kita harus memisahkan pakaian yang putih dan berwarna. Tujuannya untuk menghindari terjadinya luntur yang berasal dari pakaian berwarna. Jadi biar pakaian yang berwarna putih, itu tetap terjaga warnanya. 

Selain itu, kalau mencuci, pisahkan juga pakaian luar dan baju dalam ya. Kemudian, hati-hati dengan pakaian yang ada ritsleting dan kancingnya. Khususnya untuk ritsleting pastikan tertutup, sebelum pakaian tersebut dicuci biar nggak berisiko merusak kain baju lainnya.

2. Mengisikan Pakaian Secukupnya ke Dalam Mesin

freepik.com/author/faizaminudin

Ada kalanya cucian lagi menumpuk dan inginnya cepat selesai. Jadi kita langsung memasukkan banyak pakaian tanpa sadar, sampai melebihi kapasitas maksimal mesin cuci. Bisa jadi, ada mesin cuci yang tetap bekerja dengan normal dan dapat mencucinya, tapi sebaiknya ini dihindari.

Jadi hindari memasukkan pakaian terlalu banyak, apalagi sampai lebih dari kapasitas yang maksimal.  Jadi biar mesin cuci memuat pakaian secukupnya, supaya mesinnya nggak bekerja terlalu keras saat mencuci apalagi mengeringkannya.

3. Menggunakan Deterjen Khusus untuk Mesin Cuci

Menggunakan Deterjen Khusus untuk Mesin Cuci
freepik.com/author/jcomp

Kalau mencuci di mesin cuci, maka sebaiknya kamu pakai deterjen khusus. Jadi pilih deterjen yang biasa digunakan untuk mesin cuci. Biasanya deterjen ini mengandung formula yang lembut dan aman buat mesin, sehingga nggak berisiko terhadap mesinnya maupun pakaiannya.

Boleh juga kamu pakai deterjen cair yang biasanya lebih lembut daripada deterjen bubuk, terutama kalau kamu mencuci pakaian dengan menggunakan mesin cuci, dan nggak pakai tangan sama sekali atau mengucek dengan minimal saja.

4. Menunggu Proses Pengeringan Sampai Selesai

Menunggu Proses Pengeringan Sampai Selesai
freepik.com/author/lifestylememory

Artinya, tunggu sampai mesin cuci benar-benar selesai melakukan proses pencucian hingga pengeringan. Soalnya, mungkin saja, kadang-kadang kita iseng membuka tutup mesin cuci, terutama yang model 2 tabung, saat mesinnya sedang melakukan proses mencuci dan mengeringkan.

Biasanya hal tersebut membuat mesin cucinya berhenti bekerja sementara, di samping itu, juga bisa meningkatkan kemungkinan mesinnya jadi rusak. Jadi biarkan mesin cucinya bekerja sampai benar-benar selesai seluruh prosesnya.

5. Langsung Menjemur Pakaian yang Sudah Kering

Langsung Menjemur Pakaian yang Sudah Kering
freepik.com/author/jcomp

Nah, cara terakhir tentu saja melakukan langkah selanjutnya setelah pakaian sudah kering.  jadi begitu Proses pengeringan berakhir maka rangkaian Kegiatan mencuci pakaian ini sudah selesai.  maka langsung ambil pakaian yang sudah kering dan segera jemur cucian kamu tersebut.

Soalnya kalau dibiarkan terlalu lama, nanti pakaian basah yang menumpuk tersebut, bisa kembali jadi kotor. Biasanya pakaian yang basah dan dibiarkan menumpuk, akan jadi berbau nggak sedap, dan risiko lainnya juga bisa bikin mesin cuci pengering mengalami kerusakan. Jadi biasakan untuk langsung menjemur.

Cara Mengatasi Mesin Cuci Pengering yang Berhenti Bekerja

Nggak menutup kemungkinan kalau mesin cuci pengering tiba-tiba berhenti bekerja, atau masih berfungsi tapi nggak normal, atau kinerjanya nggak benar. Biasanya ini lebih sering dialami mesin cuci yang sudah lama usianya. Jika kamu mengalaminya, kamu bisa melakukan cara untuk mengatasinya seperti berikut:

Membaca dan Mengikuti Petunjuk Manual Mesin

Membaca dan Mengikuti Petunjuk Manual Mesin
freepik.com/author/freepik

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan dan biasanya cara ini paling efektif, yaitu membaca secara teliti petunjuk manual mesin cuci. Pada petunjuk ini, biasanya ada deskripsi yang jelas banget tentang berbagai gangguan dan cara-cara untuk menyelesaikan masalah tersebut. Kamu bisa mengikuti langkah-langkahnya dengan cermat.

Meminta Bantuan Teknisi Resmi yang Berpengalaman

Meminta Bantuan Teknisi Resmi yang Berpengalaman
freepik.com/author/dmytro-sidelnikov

Kalau misalnya mesin cuci pengering kamu masih nggak bekerja, maka hal yang perlu kamu lakukan, satu-satunya langkah terbaik, yaitu menghubungi teknisinya. Jadi mintalah bantuan kepada pusat layanan perbaikan mesin cuci tersebut yang resmi dari merek produknya. Kamu bisa menghubungi pusat servis dan sampaikan kendala yang kamu alami.


Baca juga:

Demikian cara kerja mesin cuci pengering yang sebenarnya cukup mudah dipahami, benar nggak. Hal penting lainnya adalah mencuci dan mengeringkan baju dengan cara yang tepat, supaya mesin cucinya awet. Oh ya, kalau mau beli mesin cuci, yuk langsung cek produknya di Blibli. Lagi ada promo peralatan elektronik, yuk, buruan mumpung banyak diskonnya.

Tag: