me

3 Cara Menggunakan Mesin Cuci Sesuai Jenisnya

Mar 08, 2024.By Blibli Friends
Bagikan

freepik.com/author/faizaminudin
Berikut cara menggunakan mesin cuci dengan tepat sesuai jenisnya, yuk baca ulasan selengkapnya di sini.

Cicilan 0% KAM

Cara menggunakan mesin cuci penting untuk disesuaikan dengan jenisnya. Blibli Friends tentunya pakai mesin cuci sesuai desainnya, iya kan. Adapun setiap jenis dan tipe mesin cuci ini berbeda-beda cara untuk menggunakannya. Untuk itu, sebelum mengetahui cara pakainya, ketahui dahulu jenis-jenisnya.

Yuk, scroll ke bawah untuk mencari tahu tipe mesin cuci dan cara penggunaannya.

Baca juga: 


Cara Lengkap Menggunakan Mesin Cuci

Cara Lengkap Menggunakan Mesin Cuci
freepik.com/author/faizaminudin

Setiap mesin cuci memiliki tipe masing-masing, dan cara penggunaannya juga berbeda. Jadi, untuk mengetahui langkah-langkah mencuci baju dengan mesin cuci dengan benar, yuk kenali dahulu jenis-jenisnya.

Jenis-Jenis Mesin Cuci

Kalau di pasaran saat ini, mesin cuci ada 3 macam jenisnya, khususnya yang biasa digunakan untuk di rumah. Ketiga jenis tersebut yaitu mesin cuci dua tabung, mesin cuci satu tabung tipe top loading, dan mesin cuci satu tabung tipe front loading. Penjelasannya yaitu sebagai berikut:

1. Mesin Cuci 2 Tabung

Mesin Cuci 2 Tabung
storables.com

Mesin cuci dengan desain 2 tabung ini adalah model lama yang masih ada hingga kini. Banyak yang menyukainya karena kelebihannya, terutama harga mesin cuci ini biasanya lebih terjangkau. Terus, lebih sedikit untuk konsumsi listriknya. Maka dari itu, bisa irit tagihan listrik setiap bulan.

Hanya saja, kalau pakai mesin cuci 2 tabung, kamu mungkin memerlukan tenaga lebih. Soalnya, kamu perlu memindahkan baju-baju yang sudah selesai dibilas, ke dalam tabung untuk pengeringan. Memindahkannya secara manual. Pengeringan juga sekitar 70% sehingga masih perlu dijemur.

2. Mesin Cuci 1 Tabung Top Loading

Mesin Cuci 1 Tabung Top Loading
blibli.com

Jika ingin lebih simpel, maka kamu bisa pakai mesin cuci 1 tabung. Soalnya, kamu bisa mencuci pakaian, membilasnya, lalu mengeringkannya di satu tabung saja. Jadi, cukup kamu memasukkan pakaian sekali dan tinggal menunggu prosesnya selesai di tabung yang sama.

Jadi mesin cucinya bekerja secara otomatis. Dari awal pengisian air sampai pencucian selesai, semuanya dilakukan di satu tabung. Adapun untuk harganya memang biasanya lebih mahal sedikit daripada mesin cuci 2 tabung. Namun, harganya masih di bawah mesin cuci 1 tabung front loading.

3. Mesin Cuci 1 Tabung Front Loading

Mesin Cuci 1 Tabung Front Loading
freepik.com/author/atlascompany

Model mesin cuci front loading memiliki pintu bukaan di depan. Maka cara menggunakannya yaitu kamu membuka pintunya tersebut seperti halnya pintu lemari atau pintu kulkas. Jadinya lebih praktis karena mudah untuk memasukkan dan mengeluarkan baju dari bagian dasar mesin cuci.

Di mesin cuci ini, ada 1 tabung yang menjadi satu tempat untuk mencuci dan membilas hingga mengeringkan baju. Mesin ini berputar vertikal, meminimalkan risiko kerusakan pada kain baju. Pengeringannya juga sampai 90%. Penggunaan air juga paling sedikit di mesin cuci ini. Namun, memang konsumsi dayanya paling tinggi dan harganya paling mahal.

3 Cara Menggunakan Mesin Cuci Sesuai Jenisnya

Cara mencuci menggunakan mesin cuci agar wangi dan bersih adalah sebagai berikut:

1. Cara Menggunakan Mesin Cuci 2 Tabung

Cara Menggunakan Mesin Cuci 2 Tabung
blibli.com

Mesin cuci 2 tabung cocok buat mencuci secara manual dengan mengucek lalu membilas. Adapun tabung kiri biasanya buat mencuci, dan tabung kanan buat mengeringkan baju. Pertama, masukkan semua baju kotor yang akan dicuci ke tabung kiri, tuangkan deterjen dan air, operasikan mesin cuci.

Lalu, buang air sabun tersebut. Kemudian, kembali tambahkan air bersih buat membilas. Kalau mau membilas dengan cara manual juga bisa, caranya keluarkan baju lalu dibilas di ember terpisah. Kalau sudah, masukkan baju ke dalam tabung kanan, lalu keringkan, cukup dengan sekali putar biasanya. Kemudian, jemur baju sampai kering sempurna, dan kemudian setrika bajunya.

2. Cara Menggunakan Mesin Cuci Top Loading

Cara Menggunakan Mesin Cuci Top Loading
blibli.com

Cara pakai mesin cuci model 1 tabung, biasanya lebih simpel dan praktis daripada 2 tabung, soalnya tanpa harus memindahkan baju cucian dari tabung cuci dan bilas ke tabung satunya buat mengeringkan. Adapun baju yang sudah dicuci dan dibilas akan dikeringkan di tabung yang sama.

Makanya, mulai dari proses mencuci sampai membilas sampai mengeringkan, semuanya dilakukan di satu tabung. Buat mesin cuci top loading, kita masukkan baju melalui bukaan di atas, begitu pula saat mengeluarkan bajunya. Kalau sudah kering, barulah kita menjemur baju cucian tersebut.

3. Cara Menggunakan Mesin Cuci Front Loading

Cara Menggunakan Mesin Cuci Front Loading
freepik.com/author/pixel-shot-com

Kalau mesin cuci front loading pada dasarnya bekerja dengan cara yang sama seperti top loading. Jadi, tabungnya ada satu saja, sehingga semua proses pencucian, pembilasan, sampai pengeringan, dilakukan di tabung yang sama.

Hanya saja, perbedaan ada pada pintunya. Jadi pintu mesin cuci front loading terdapat di bagian depan. Buat sebagian orang, desain pintu ini bikin lebih mudah dan praktis buat memasukkan dan mengeluarkan baju dari mesin cuci.

Tips Penggunaan Mesin Cuci

Buat cara mengoperasikan mesin cuci dengan benar, juga ada hal yang penting buat diperhatikan, seperti berikut:

Do’s and Don’ts Penggunaan Mesin Cuci

Do’s and Don’ts Penggunaan Mesin Cuci
freepik.com/author/graystudiopro1

Do menempatkan mesin cuci di tempat yang lebih tinggi dan kering kondisinya. Kamu bisa pakai alas balok kayu di bawah mesin cuci, sehingga bagian bawahnya tersebut nggak terkena air yang mengalir. Don’t menempatkan mesin cuci di area lembap dan langsung terkena air, karena bisa bikin berkarat dan rusak.

Do mencuci baju dengan jumlah sewajarnya, juga sesuai warna dan bahannya, sehingga kamu bisa mencuci dengan lebih efektif. Don’t mencuci baju sekaligus langsung banyak jumlahnya, apalagi tercampur semua jenis bajunya tanpa memerhatikan warna dan bahannya. Selain bikin mesin cuci bekerja keras sehingga cepat rusak, pakaian juga bisa luntur dan mengalami kerusakan.

Do secara rutin bersihkan mesin cuci. Ini penting biar baju yang kamu cuci di dalam mesin cucinya juga ikutan bersih. Don’t mengabaikan mesin cuci dan nggak pernah membersihkannya. Nggak cuma bikin tumbuh jamur dan bakteri, tapi baju yang kamu cuci di dalam mesin cucinya juga jadi nggak bisa bersih. Jadi coba deh, lakukan cara berikut buat membersihkan mesin cuci.

Cara Membersihkan Mesin Cuci

Cara Membersihkan Mesin Cuci
freepik.com/author/newafrica

Untuk membersihkan mesin cuci dapat dilakukan dengan rutin dan berkala, contohnya satu bulan sekali. Kamu cukup pakai deterjen khusus buat membersihkan bagian dalam tabung mesin cuci. Siram dengan air hangat buat membersihkan semua kotoran biar terangkat dengan sempurna.

Pastikan juga kamu membersihkan komponen mesin cuci yang lain, termasuk filter, selang, bodi, dan lainnya. Pakailah sikat kecil dengan sabun cuci buat membersihkannya. Satu lagi, kamu dapat menggunakan air cuka yang dicampur air matang, perbandingannya 1:1, buat disemprotkan pada setiap komponen mesin cuci. Tujuannya biar nggak berbau apek dan mencegah jamur tumbuh.


Baca juga: 

Demikian cara menggunakan mesin cuci sesuai dengan jenisnya. Nah, buat yang lagi mencari mesin cuci baru, kamu bisa langsung cek produknya di Blibli. Lagi ada promo peralatan elektronik dan tersedia produk mesin cuci lengkap buat kamu. Belanja sekarang dan dapatkan diskonnya!

Tag:

Artikel Kategori Terkait

Artikel Tag Terkait

Artikel Penulis Terkait

Lihat Artikel Lainnya