me

5 Cara Merawat Mesin Cuci dengan Mudah

Mar 09, 2024.By
Bagikan

freepik.com/author/tete-escape
Berikut cara merawat mesin cuci dengan mudah agar tetap nyaman digunakan dan semakin awet.

Cicilan 0% KAM

Cara merawat mesin cuci yang baik penting untuk dilakukan buat menjaga kondisinya. Blibli Friends pasti sering menggunakannya, bukan. Kamu pakai mesin cuci untuk mencuci baju sampai cucian yang lebih berat kainnya seperti handuk dan sprei bahkan gorden. Maka dari itu, nggak cuma menggunakannya, tapi merawat mesin cuci juga penting.

Yuk, langsung kita lihat seperti apa cara yang tepat untuk merawat mesin cuci, berikut ulasannya.

Baca juga: 


Membersihkan Bagian Luar Mesin Cuci

Membersihkan Bagian Luar Mesin Cuci
freepik.com/author/user19622617

Cara membersihkan mesin cuci yang penting untuk diperhatikan, pertama yaitu kita perlu membersihkan semua bagiannya. Jadi, bagian luar yang biasanya jarang rusak, juga perlu untuk dibersihkan. Hal ini karena mesin cuci di bagian luar juga akan berubah seiring waktu berjalan.

Semakin lama, bagian luar dari mesin cuci akan menjadi usang, tampilannya juga kelihatan kusam. Kondisi tersebut bakal paling terlihat dari tutup mesin cuci, serta serta bagian bawahnya yang biasa terkena air yang mencipratinya saat dipakai mencuci, atau kadang tergores benda yang lainnya.

Oleh karena itu, penting bagi Blibli Friends buat selalu memerhatikan semua komponen mesin cuci tersebut. Pastikan kamu nggak hanya mengecek bagian dalamnya tapi juga bersihkanlah bagian luar dari mesin cuci. Caranya, kita bisa memakai lap yang teksturnya lembut buat menggosok.

Gunakan kain lap lembut tersebut buat menggosok mesin cuci khusus bagian luarnya. Kalau misalnya kamu menggunakan mesin cuci 1 tabung, maka ingat juga untuk kamu perhatikan bagian atasnya dan setiap sisinya. Sebab, sisi mesin cuci tersebut yang sering tergores benda-benda dari luar.

Membersihkan Selang Mesin Cuci

Membersihkan Selang Mesin Cuc
freepik.com/author/user3251707

Selanjutnya, cara agar mesin cuci tidak berlumut dan bau adalah dengan rajin membersihkan selangnya. Selang ini sangat penting perannya bagi mesin cuci. Namun, bisa jadi selang mesin cuci biasa terabaikan soalnya kan cuma berfungsi buat mengalirkan dan membuang air sisa dari cucian.

Nah, meskipun demikian, sebenarnya, selang mesin cuci juga sangat perlu untuk diperhatikan. Hindari melupakan si selang karena komponen inilah yang bikin air bisa mengalir keluar dengan lancar dari mesin cuci. Terbayang, kan, kalau nggak ada selang mesin cuci atau selangnya rusak.

Penting juga untuk tahu bahwa pada umumnya terdapat tiga selang pada mesin cuci, yang terdiri dari 2 selang inlet dan 1 selang outlet. Selang inlet berfungsi mengalirkan air ke dalam, dan selang outlet mengalirkan air ke luar. Buat membersihkannya, kamu dapat membaca manual petunjuk di buku panduan.

Dengan membaca buku panduan, kita nggak hanya membersihkan dengan cara tepat, tapi juga terhindar dari risiko mesin cuci mengalami kerusakan. Kalau buat selang outlet, kamu juga perlu rutin mengecek kondisinya. Pasti bakal ada kotoran, debu, serat kain, atau rambut dan partikel lainnya yang menumpuk di selangnya, jadi harus dibersihkan.

Menggunakan Deterjen yang Tepat

Menggunakan Deterjen yang Tepat
freepik.com/author/whitebearstudio

Agar mesin cuci selalu bersih, deterjen yang kamu pakai juga berperan penting. Pemilihan deterjen yang tepat juga membuat mesin cuci berumur panjang dan awet. Jadi, kuncinya yang penting adalah memilih deterjen yang khusus digunakan untuk mencuci baju di mesin cuci.

Soalnya nggak jarang kan, kita memilih deterjen sesuai kebiasaan saja, dan terlupa untuk memerhatikan jenisnya. Jadi, gunakan deterjen yang formulanya memang khusus dibuat untuk mencuci dengan mesin cuci. Ini berarti, kita nggak lagi memakai deterjen biasa.

Jadi disarankan buat nggak menggunakan deterjen yang biasa dipakai buat mencuci baju dengan tangan atau secara manual. Di samping itu, ada juga hal yang nggak kalah penting buat diperhatikan, yaitu kamu perlu memerhatikan kandungan yang terdapat di dalam bahan deterjen tersebut.

Gunakan deterjen dengan bahan yang kandungannya nggak terlalu keras. Sebisa mungkin, hindari juga deterjen yang mengandung alkaline tinggi, karena kandungan tersebut nggak hanya berisiko merusak mesin cuci, tapi juga bisa bikin kerusakan pada kain baju. Maka dari itu, cek dahulu kandungan deterjen yang akan kamu beli, ya.

Meninggalkan Pakaian Terlalu Lama di Dalam Mesin Cuci

Meninggalkan Pakaian Terlalu Lama di Dalam Mesin Cuci
freepik.com/author/sersoll

Sudah menjadi hal yang biasa kalau kamu mungkin meninggalkan baju di mesin cuci. Misalnya, setelah mencuci saat malam kemudian bajunya ditinggalkan di dalam mesin cuci semalaman. Nah, coba untuk nggak melakukannya lagi, ya, karena bisa bikin mesin cuci lebih cepat rusak.

Jadi, cara merawat mesin cuci agar tidak cepat rusak, yaitu dengan nggak meninggalkan baju di dalamnya. Disarankan begitu kamu selesai mencuci dan mesin cuci telah mati, kamu bisa pindahkan saja langsung baju-baju cucian ke tempat lainnya, seperti ember atau bak untuk dijadikan wadah.

Soalnya, nggak hanya membuat mesin cuci mudah rusak, tapi baju yang dibiarkan menumpuk di dalamnya setelah dicuci, bisa membuat bajunya jadi berbau nggak sedap, bahkan kamu jadi harus mencuci kembali. Di samping itu, ada juga risiko lainnya yang bisa kamu dapati dari kebiasaan ini.

Selain bikin risiko kerusakan, jika kita membiarkan menumpuk baju kotor terlalu lama, hal ini juga bisa membuat bau nggak sedap muncul pada bagian tabung mesin cuci. Jadi, kalau memang sedang ingin mencuci, kita bisa mengumpulkan baju kotor dan menempatkannya di wadah lain, bukan di tabung mesin cuci.

Membersihkan Filter Mesin Cuci

Membersihkan Filter Mesin Cuci
freepik.com/author/sersoll

Kalau tabung luar sudah kamu bersihkan nih, saatnya beralih ke filter mesin cuci. Pastikan dahulu untuk melepas kabel daya mesin cuci dari stop kontak. Kemudian lepaskan filter mesin cuci dengan mengikuti petunjuk yang ada pada buku panduan, biar caranya benar dan aman untuk dilakukan. Adapun filter ini biasanya ditempatkan di bagian yang berbeda di setiap mesin cuci. 

Ada filter yang berada di luar pojok bawah, ada juga yang di bawah agitator. Begitu filter sudah terlepas, kamu bisa segera membersihkannya, pakai saja tisu dapur buat membersihkan dan menghilangkan serat yang menumpuk pada filter. Kalau misalnya, serat di filter tersebut sudah cukup tebal, maka kamu bisa pakai sikat gigi bekas atau sikat yang lembut buat membersihkan. 

Lepaskan layar filter kemudian rendam pakai air panas selama sekitar 10 menit. Kalau nggak bisa melepaskannya, maka bersihkanlah di bawah aliran air keran. Jika sudah, periksa mesin bagian dalam di mana filter berada, kamu bakal melihat serat yang biasanya tertinggal. Kamu dapat membersihkannya pakai tisu atau digosok pakai spons yang sudah dibasahi. 

Kalau sudah selesai dan filter sekarang bersih, kamu bisa memasangnya kembali ke mesin cuci. Oh iya, satu lagi, selalu pakai mesin cuci dalam kondisi kosong ya, buat memastikan kalau filter sudah dipasang dengan benar. Nggak sulit kan, cara-cara menjaga mesin cuci agar awet.


Baca juga: 

Mengetahui cara-cara merawat mesin cuci, bisa memudahkan kamu dalam menggunakannya, sekaligus menjaganya biar awet. Kebetulan, kalau kamu sedang ingin membeli mesin cuci baru, lagi ada promo peralatan elektronik di Blibli. Langsung cek produknya sekarang, lengkap banget dan banyak diskonnya!

Tag: