me

10 Lagu untuk Lebaran, Cocok Diputar Saat Kumpul Keluarga

Feb 16, 2024.By Blibli Friends
Bagikan

freepik.com/author/odua
Lagu untuk Lebaran yang cocok diputar bareng keluarga

Nggak terasa nih, di pertengahan bulan Maret 2024 sudah masuk Ramadhan lho. Rasanya baru aja kita masuk ke tahun baru 2024, sebentar lagi kita sudah bertemu lagi dengan bulan yang suci dan penuh berkah, yang selalu ditunggu-tunggu semua umat Islam di seluruh dunia. 

Lebaran sendiri diperkirakan bakal jatuh di awal bulan April. Nah, nggak lengkap rasanya kalau membicarakan Lebaran tanpa membahas kumpul keluarga. Lebaran jadi momen langka saat semua keluarga yang bahkan berada jauh di kota lain bisa hadir dan kumpul bersama. 

Acara kumpul keluarga besar bakal makin berkesan kalau diiringi dengan lagu khas lebaran nih! Di bawah ini rekomendasi 10 lagu untuk lebaran yang bisa kamu putar saat lagi kumpul keluarga. Simak yuk!

Baca Juga :


Minal Aidin Wal Faidzin – Tasya

youtube.com

Penyanyi cilik yang sekarang nggak lagi kecil, yaitu Tasya Kamila punya lagu bertema lebaran yang cukup populer nih. Walaupun populer banget saat masih kecil, tapi lagunya masih sering didengar sampai sekarang, termasuk yang berjudul Minal Aidin Wal Faizin.

Lagu Minal Aidin Wal Faizin mengajak pendengarnya untuk saling maaf bermaafan di momen lebaran. Setelah bermaaf-maafan diharapkan semua dendam dan kemarahan bisa hilang dan berjalan ke lembaran baru yang bersih. Supaya lebaran makin meriah, pendengarnya juga diajak untuk melakukan tradisi selama lebaran seperti membeli sepatu dan baju baru. 

Raihlah Kemenangan – Elfa’s Singers

liputan6.com

Buat kamu yang kelahiran tahun 1980 an mungkin sudah nggak asing dengan vocal group Elfa’s Singer. Salah satu lagu dari Elfa’s Singer yang bertema religi adalah Raihlah Kemenangan. Lagu ini dirilis pada tahun 1991 dan sudah sering diputar saat menjelang lebaran tiba. 

Lagu dengan genre pop ini mengisahkan tentang datangnya hari kemenangan yaitu Idul Fitri yang sudah ditunggu-tunggu setelah melalui 30 hari dengan berpuasa di bulan Ramadhan. 

Lebaran Sebentar Lagi – Bimbo

intipseleb.com

Lagu-lagu dari Bimbo rasanya hampir selalu bisa menghipnotis penggemarnya dengan lirik dan nada yang indah. Lagu Lebaran Sebentar Lagi salah satunya. Lagu ini dirilis pada tahun 2007 dengan judul album yang sama. 

Lagu ini mengisahkan aktivitas kebanyakan umat muslim saat di bulan Ramadhan, salah satunya yaitu berpuasa. Kemudian, puasa segera beralih menjadi Idul Fitri, hari di mana umat muslim merayakan kemenangan. Melalui lagu ini semua umat muslim diminta untuk selalu memperbanyak amal di bulan suci yang penuh berkah sebelum tiba di Idul Fitri. 

Selamat Lebaran – Ungu

youtube.com

Band Ungu punya cukup banyak lagu religi yang pernah dirilis selama mereka masih aktif berkarir. Salah satu lagu religi bertema Ramadhan yang pernah dirilis berjudul Selamat Lebaran. Lagu dengan aura ceria yang menyenangkan ini dirilis pada tahun 2012 dan ada dalam album Collection of Ramadhan Song. 

Ungu lewat lagu ini ingin memberi selamat atas perayaan Hari Raya Idul Fitri bagi seluruh umat muslim di dunia. Lebaran adalah saat yang tepat untuk meraih kemenangan, saling bermaaf-maafan dan menghapus dosa. 

Idul Fitri – Gita Gutawa

youtube.com

Gita Gutawa saat masih aktif sebagai penyanyi juga pernah merilis lagu religi lho, judulnya yaitu Idul Fitri. Lagu bertema Lebaran ini dirilis pada tahun 2010 dan tergabung dalam album Balada Shalawat. 

Lagu ini memiliki makna yang cukup dalam tentang apa saja yang umat muslim lakukan  selama bulan Ramadhan hingga tibanya hari kemenangan yaitu Idul Fitri. Makna lagu yang mendalam dan suara merdu Gita Gutawa yang membawakannya, cocok banget untuk diputar saat sedang kumpul keluarga nih. Catat ya!

Selamat Lebaran – Ismail Marzuki

bantennews.co.id

Siapa nih yang tahu Ismail Marzuki lewat jalur lagu nasional? Komponis Ismail Marzuki juga punya lagu dengan tema religi yang populer lho, yaitu berjudul Selamat Lebaran. Lagu ini sudah mulai dipopulerkan di dekade 1950-an dan masih sering diputar sampai sekarang. 

Coba deh dengerin lagunya, karena cocok banget buat diputar saat kumpul keluarga. Ditambah lagi kalau kakek dan nenek dengar, mungkin mereka bakal bernostalgia sambil mengingat masa kecilnya dulu. 

Selamat Lebaran – Dhea Ananda

bola.com

Siapa nih yang masih ingat dengan penyanyi cilik Dhea Ananda? Dulu saat ia masih berkarir sebagai penyanyi di era 90-an, Dhea Ananda juga pernah merilis lagu bertema religi lho, yaitu Selamat Lebaran. Walaupun sudah dirilis cukup lama tapi lagu Selamat Lebaran masih sering diputar sampai sekarang, terutama di bulan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri.

Lagu Selamat Lebaran sendiri menceritakan tentang aktivitas yang umumnya dilakukan saat lebaran, yaitu bersilaturahmi. Semua orang saling bertemu, bersalaman dan meminta maaf. 

Raya Nusantara – All Artists

open.spotify.com

Lagu Raya Nusantara masih tergolong baru nih karena dirilis pada tahun 2019 yang lalu. Lagu ini adalah hasil duet atau kolaborasi beberapa penyanyi dari Indonesia dan Malaysia lho.

Beberapa penyanyi dari Indonesia yang menyumbangkan suaranya yaitu Rizky Febian dan Fatin Shidqia. Penyanyi asal Malaysia yang ikut dalam lagu Raya Nusantara yaitu Ismail Izzani, Sufi Rashid, Siti Nordiana, Alvin Chong dan Kashika. 

Lagu Raya Nusantara menceritakan tentang umat muslim yang bersukacita karena hari raya Idul Fitri yang dirindukan sudah datang. Bentuk sukacita ini digambarkan dengan berbagai persiapan seperti berbenah dan menyiapkan masakan yang spesial.

Ketupat Lebaran – Tasya

fimela.com

Selain lagu Minal Aidin Wal Faidzin, Tasya Kamila juga pernah merilis Ketupat Lebaran yang merupakan remake. Ketupat Lebaran adalah remake dari lagu milik Ismail Marzuki yang berjudul Selamat Lebaran. Lagu remake ini cukup sukses dan populer nih setelah dirilis.

Lewat lagu ini Tasya ingin mengisahkan tentang makanan khas saat Lebaran yaitu ketupat. Nah, lagu ini cocok banget nih kalau kamu putar saat lagi kumpul keluarga sambil menikmati seporsi ketupat dengan opor.  

Selamat Hari Lebaran – Gigi

youtube.com

Lagu Selamat Hari Lebaran dari Gigi ini populer banget, mungkin lebih banyak orang yang pernah mendengarnya daripada yang nggak nih. Lagu ini tergabung dalam album Pintu Surga dan rilis pada tahun 2006, yang juga populer banget saat itu. 

Lewat lagu ini band Gigi ingin mengajak umat muslim untuk mengucap syukur karena sudah bisa kembali dipertemukan dengan hari raya Idul Fitri dan bisa berkumpul dengan keluarga. Di dalam lagu ini Gigi juga ingin mengajak pendengarnya untuk menyucikan hati dan pikiran saat Lebaran. 


Baca Juga :

Itu dia 10 rekomendasi lagu lebaran yang cocok banget kamu putarkan saat lagi kumpul keluarga. Lebaran memang jadi momen yang ditunggu-tunggu nih, terutama saat shalat Idul Fitri yang hanya dilakukan satu kali dalam setahun, sangat sakral dan langka.

Tag:

Artikel Kategori Terkait

Artikel Tag Terkait

Artikel Penulis Terkait

Lihat Artikel Lainnya