me

Apa Perbedaan antara Zakat Fitrah dan Zakat Mal?

Apr 22, 2024.By Blibli Friends
Bagikan

Ini dia penjelasan lengkap perbedaan antara zakat fitrah dan zakat mal untukmu! / islamonline.net

Apa Perbedaan antara Zakat Fitrah dan Zakat Mal — Dalam Islam sendiri kita punya beberapa penamaan zakat yang sering membuat orang bingung mengenai perbedaannya. Dua jenis zakat yang sering disamakan adalah zakat fitrah dan zakat mal, padahal kedua zakat ini sangatlah berbeda. Biar kamu nggak rancu ada beberapa perbedaan antara zakat fitrah dan zakat mal yang perlu diketahui. 

Baca Juga: Ketahui Jenis-jenis Zakat dan Cara Mudah Menghitungnya


Antara zakat fitrah dan zakat mal memang sama-sama berkaitan dengan harta dan kemampuan begitu juga dengan zakat yang dikeluarkan. Kira-kira apa saja perbedan dari zakar fitrah dan zakat mal? Cek dulu yuks beberapa penjelasan penting di bawah ini!

Perbedaan Ukuran Zakat Fitrah dan Zakat Mal

Hal pertama yang perlu kamu tahu dari zakat fitrah dan zakat mal ini adalah perbedaan ukurannya. Zakat fitrah sendiri untuk semua usia baik balita sampai orang tua ukurannya sama yakni sekitar 3,5 liter atau 2,5 kg beras. Ukuran beras ini bahkan juga bisa diganti dalam bentuk uang atau rupiah sesuai dengan harga beras atau bahan pokok yang dikonsumsi. 

Kemudian untuk zakat mal merupakan zakat yang berkaitan dengan harta benda, biasanya ukuran mengeluarkannya adalah sekitar 25 persenan dari total kekayaan yang didapatkan. Hal ini masih ada penjelasan lebih lanjutnya terutama untuk yang pekerjaannya dalam sektor pertanian. Jika pengerjaannya dengan air irigasi maka besaran zakat mal sekitar 5 persenan. 

Selanjutnya jika air yang dipakai untuk mengerjakan sektor pertanian tersebut dari sumber alami maka besaran zakal mal adalah 10 persenan. Untuk zakat mal sendiri diwajibkan bagi yang mampu dalam hal finansial terutama yang punya penghasilan tetap dan cukup untuk menghidup dirinya sendiri serta keluarganya. 

Perbedaan Waktu Zakat Fitrah dan Zakat Mal

Perbedaan kedua yang perlu kamu tahu antara zakat fitrah dan zakat mal adalah dari segi waktu pelaksanaannya. Untuk zakat fitrah pelaksanaannya adalah di bulan Ramadhan mulai dari awal dilaksanakan puasa sampai menjelang sholat Idul Fitri. Adapun waktu dari penunaian zakat fitrah ini memang dibagi menjadi beberapa bagian sebagai berikut!

1. Waktu Haram

Waktu haram (nggak diperbolehkan) ketika matahari terbenam pada saat Hari Raya Idul Fitri. 

2. Waktu Makruh

Waktu makruh ini terjadi ketika kamu menunaikan zakat fitrah pada saat pelaksanaan sholat Idul Fitri berlangsung. 

3. Waktu Afdhal

Waktu afdhal adalah waktu yang paling disarankan yakni setelah pelaksanaan sholat subuh di akhir bulan Ramadhan sampai waktu sholat Idul Fitri tiba. 

4. Waktu Wajib

Waktu wajib ini menjadi penanda menuju batas akhir penunaian zakat fitri yakni saat matahari terbenam di Hari Raya Idul Fitri.

5. Waktu Harus

Jika kamu orang yang pelupa maka bisa menggunakan waktu ini yakni pada saat Ramadhan sampai akhir bulan puasa. 

Lalu bagaimana dengan waktu dari zakat mal? Zakat mal dilaksanakan di luar bulan Ramadhan, sehingga jika kamu sudah melaksanakan zakat mal maka kewajibanmu untuk zakat fitrah tetap harus ditunaikan. Biasanya zakat mal ini bakalan diberikan setiap bulan maupun langsung setahun sekali sesuai keinginan penggunanya. 

Perbedaan Jenis Harta Zakat Fitrah dan Zakat Mal

Perbedaan ketiga yang nggak kalah penting kamu tahu dari zakat fitrah dan zakat mal adalah mengenai harta yang diberikan. Untuk zakat fitrah harta yang diberikan berupa bahan pokok yang dimakan biasanya berupa beras (untuk Indonesia) atau bisa juga dikonversikan dalam bentuk uang (jumlahnya disesuaikan dengan harga beras).

Kemudian untuk zakat mal sendiri bentuk hartanya bermacam-macam. Pertama, ada yang namanya Al-Asham wa as-Sanadat atau surat perjanjian utang dan saham. Kedua, ada yang namanya Kasb al Amal wa al-Minhah al-Hurrah yakni upah atau gajiu. Ketiganya adalah Al-Mustaghallat yakni kekayaan dari hasil industri. 

Kelima, Ats-Tsarwah al-Ma’daniyah wa al-Bahriyah yakni kekayaan laut dan pertambangan. Keenam, Al-Muntajat al-Hayawaniyah wa az-Zira’iyyah yakni produk atau barang yang dihasilkan oleh hewan. Ketujuh, An-Nuqud yakni uang simpanan atau tabungan. Kedelapan, Ats-Tsarwah az-Ziro’iyyah yakni kekayaan hasil pertanian. 

Kesembilan, Ats-Tsarwah al-Hayawaniyah yakni kekayaan dalam bentuk hewan. Terakhir, ada yang namanya Adz-Dzahab wa al-Fiddlah yakni berupa logam (emas, perak, batu berlian dll). 

Perbedaan Makna Zakat Fitrah dan Zakat Mal

Perbedaan keempat yang perlu kamu perhatikan dari zakat fitrah dan zakat mal ini adalah dari segi maknanya. Zakat fitrah memiliki makna fitrah dan fitri yang artinya kembali dalam keadaan suci (seperti bayi baru lahir). Begitu juga dengan pelaksanaannya yang bertepatan bulan Ramadhan sehingga berguna untuk menyempurnakan puasa biar pahalanya nggak berkurang.

Kemudian untuk zakat mal merupakan zakat dalam bentuk harta benda yang wajib dikeluarkan seorang muslim sesuai ketentuan (nisab dan haulnya). Harta yang dikeluarkannya pun cukup banyak dan beragam seperti yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya. Cari tahu dulu jenis harta yang kamu punya untuk mempermudah proses pembayarannya. 

banner artikel digital

Perbedaan Objek Zakat Fitrah dan Zakat Mal

Perbedaan kelimanya adalah dari segi fokus objeknya. Untuk zakat fitrah sendiri objeknya adalah jiwa manusia, maksudnya jika dalam satu keluarga beranggotakan tiga orang jiwa maka zakat yang harus dibayarkan adalah sebanyak tiga jiwa tersebut. Bahkan jika salah satu jiwanya belum mampu bayar sendiri maka bakalan jadi beban untuk walinya.

Kemudian untuk zakat mal objek yang digunakan adalah fokus pada harta dari seorang muslim. Biar lebih mudah nisab atau perhitungan untuk zakat mal ini menggunakan standar Internasional yang disetujui oleh para ulama yakni 85 gram emas. Hanya saja hitungan ini nggak berlaku untuk harta sektor pertanian yang wajib zakatnya ketika sudah mencapai 653 kg untuk nisabnya.

Perbedaan Manfaat Zakat Fitrah dan Zakat Mal

Hal terakhir yang perlu kamu tahu dari perbedaan zakat fitrah dan zakat mal adalah manfaatnya. Zakat fitrah punya manfaat yang mendalam banget terutama untuk orang berpuasa biar pahalanya nggak berkurang (sebagai penyempurna puasa). Selain itu, zakat fitrah juga punya manfaat untuk sesama muslim biar nggak merasa kekurangan terutama saat Idul Fitri tiba. 

Kemudian untuk zakat mal punya beberapa manfaat seperti menghindarkan diri karena kekufuran nikmat, memberikan rasa simpati dan empati pada sesama umat muslim, memperkuat keimanan dan ketaqwaan, mencegah kecintaan berlebih terhadap dunia dan belajar untuk bisa berinfaq serta saling memberi terhadap sesama. 

Kedua zakat ini hukumnya wajib bagi yang mampu untuk menunaikannya. Sehingga yang awalnya wajib ini bakalan memberikan dampak luar biasa untuk kelangsungan hidupmu. 


Baca Juga: Hukum Zakat Online, Begini Caranya Agar Sah! 

Gimana Blibli Friends? Udah mengenalikan sekarang apa perbedaan antara zakat fitrah dan zakat mal? Masih bingung mau bayar zakat fitrah ke mana? Baik bayar zakat mal atau zakat fitrah semuanya bisa dilakukan di Blibli saja. Pilihan lembaganya cukup banyak dan terpercaya, selain itu pasti disalurkan ke orang-orang yang berhak mendapatkannya. 

Tag:

Artikel Kategori Terkait

Artikel Tag Terkait

Artikel Penulis Terkait

Lihat Artikel Lainnya