me

Cara Bayar Zakat Fitrah

Mar 07, 2023.By Blibli Friends
Bagikan

image source: www.istockphoto.com

Cara Bayar Zakat Fitrah — Bayar zakat fitrah jadi salah satu kewajiban umat muslim. Jadi, kalau kamu merupakan orang Islam, pastikan untuk bayar zakat fitrah setahun sekali. Lebih tepatnya pada waktu bulan Ramadan. Ibadah yang satu ini juga bisa kamu lakukan dengan memberi beras maupun uang. Maka, kamu bisa pilih mau memberi beras atau uang supaya lebih gampang untuk menunaikan kewajiban.

Emang sih zakat fitrah ada baiknya disampaikan secara langsung ke penerimanya. Tapi kadang ada sejumlah orang yang nggak sempat melakukannya, jadi lebih memilih kasih kepercayaan ke pihak tertentu. Udah tau belum kalau sekarang bayar zakat fitrah bisa kamu lakukan tanpa perlu keluar rumah? Kalau belum, cek cara bayar zakat fitrah selengkapnya di sini, yuk!

Baca Juga: Hukum Zakat Online, Begini Caranya Agar Sah!


Sekilas tentang Zakat Fitrah

Zakat fitrah merupakan zakat yang wajib dibayarkan oleh setiap muslim, baik laki-laki maupun perempuan yang rutin dikeluarkan di bulan Ramadan menuju hari raya Idul Fitri. Zakat fitrah itu wajib dibayarkan sejumlah 2,5 kg beras. Bisa juga dalam bentuk uang yang setara dengan berat beras tersebut. Jadi, kamu pun bisa menyesuaikan nominalnya dengan harga beras yang layak dan biasa dimakan.

Zakat fitrah juga bisa disebut dengan zakat al-nafs (zakat jiwa) atau al-fatr. Disebut zakat jiwa sebab salah satu tujuan zakat fitrah ialah untuk membersihkan juga memurnikan jiwa seseorang. Tujuan mengeluarkan zakat fitrah adalah untuk mensucikan diri sesudah menjalankan ibadah pada bulan Ramadan.

Makna zakat fitrah menjadi bentuk kepedulian untuk sesama, khususnya untuk yang kurang mampu dengan membagi kebahagiaan serta kemenangannya di hari raya Idul Fitri. Jadi, orang-orang yang kurang beruntung pun bisa merasakan adanya kebahagiaan pada momen ini. Dengan demikian, kehidupan mereka pun akan terasa lebih baik.

Sekarang kamu udah bisa bayar zakat fitrah secara online. Nggak sulit, kamu bisa melakukan hal ini dengan memilih lembaga atau badan resmi penyalur zakat. Kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini supaya nggak ribet untuk bayar zakat fitrah, apalagi sampai lupa. Hal seperti ini juga cocok buat kamu yang sibuk. Jadi, pembayarannya pun bakal dituntaskan dalam waktu beberapa menit aja.

Kriteria Membayar Zakat Fitrah

Ada beberapa kriteria untuk umat muslim yang wajib membayar zakat fitrah. Pertama, mereka harus beragama Islam merdeka atau yang bukan merupakan hamba sahaya atau budak. Lalu orang tersebut juga memiliki kelebihan makanan di malam dan siang hari raya Idulfitri serta menemui hari-hari pada bulan Ramadan serta awal jatuhnya 1 Syawal.

Kalau seseorang meninggal setelah terbenamnya matahari ketika hari terakhir Ramadan (29 atau 30 Ramadan), maka dia akan dikenai zakat fitrah. Lalu kalau ada anak yang lahir sebelum matahari terbenam di hari terakhir Ramadan, maka juga akan tetap dikenai zakat fitrah. Kewajiban zakat fitrah suami pun nggak cuma untuk diri sendiri, tapi untuk tanggungan seperti isteri dan anaknya.

Lembaga Penyalur Zakat Fitrah

Di zaman yang semakin canggih seperti sekarang ini, di Indonesia udah ada sejumlah lembaga pengelola dan penyalur zakat fitrah yang bisa dipercaya. Kamu juga nantinya bisa membayar zakat fitrah dengan mempercayakannya pada beberapa lembaga tersebut. Supaya nggak salah, simak beberapa pilihan lembaga tersebut seperti di bawah ini.

  • Baznas

Baznas atau Badan Amil Zakat merupakan badan resmi punya pemerintah yang tugasnya menghimpun dan menyalurkan zakat, infaq, serta sedekah (ZIS). Keberadaannya di Indonesia udah bisa ditemukan sejak lama. Lembaga ini juga bisa menerima pembayaran zakat fitrah secara online dan udah bekerja sama dengan e-commerce terpercaya di Indonesia untuk menyalurkan dana tersebut.

Lembaga yang bernaung di bawah Kementrian Agama Republik Indonesia ini juga sudah punya jangkauan yang luas dan dipercaya banyak orang. Lembaga ini pun didirikan pada tahun 2001. Baznas juga udah disediakan di tiap provinsi nusantara. Maka, penggalangan dana dan penyaluran zakat fitrah juga bisa dilakukan dengan lebih gampang.

  • Dompet Dhuafa

Dompet Dhuafa menjadi platform online yang menyediakan layanan pembayaran zakat. Lembaga ini juga udah lama didirikan, yaitu mulai tanggal 3 Juli 1993. Nah, Dompet Dhuafa merupakan lembaga filantropi Islam yang berfokus dalam pemberdayaan kaum dhuafa.

Jangkauannya luas dan udah banyak orang yang menerima bantuan. Maka, nggak heran kalau penyaluran zakat fitrah ke berbagai pihak yang membutuhkan udah dilakukan, sehingga tujuan mereka pun bisa direalisasikan dengan baik.

  • Rumah Zakat

Seperti namanya, lembaga ini akan menyalurkan zakat ke orang yang membutuhkan. Rumah Zakat merupakan lembaga filantropi yang bertujuan mengelola zakat, sedekah, infak, dan berbagai dana sosial lainnya dengan beraneka program pemberdayan masyarakat. Pemberian dana dari donatur juga udah bisa dilakukan secara online. Jadi, jangkauannya lebih luas untuk membantu orang yang membutuhkan.

banner artikel digital

Cara Bayar Zakat Fitrah dengan Blibli

Bayar zakat fitrah udah jadi sebuah kewajiban yang dilakukan setiap muslim kalau memenuhi syarat. Nah, di zaman sekarang ini juga udah ada kemudahan yang bisa digunakan untuk bayar zakat. Kamu juga bisa melakukan hal yang satu ini secara online. Jadi, ikuti aja cara bayar zakat fitrah dengan Blibli seperti di bawah ini!

  • Buka dulu web resmi Blibli atau bisa juga memakai aplikasi supaya lebih praktis.
  • Log in dengan memakai akun yang udah kamu bikin. Kalau belum, kamu bisa daftar dulu.
  • Di laman utama, cari “Lihat Semua” dan klik.
  • Setelah itu kamu bakal diarahkan ke pilihan berbagai pembayaran dan kategori produk.
  • Kamu pilih aja “Zakat”.
  • Kalau udah, klik “Zakat Fitrah”.
  • Berikutnya, kamu bisa klik “Lembaga” dan pilih mana lembaga yang paling bisa dipercaya dan sesuai keinginan buat bayar zakat fitrah.
  • Isi nominal zakat fitrah yang mau kamu bayar di kolom bawah lembaga.
  • Klik “Lanjut bayar”.
  • Pilih metode pembayaran yang kamu inginkan.

Tunggu konfirmasi keberhasilan pembayaran dikirim.


Baca Juga: Hukum Bayar Zakat Fitrah Online Tetap Sah

Blibli Friends, informasi tentang cara bayar zakat fitrah di atas udah kamu tahu. Kamu juga bisa ikuti beberapa langkah yang nggak ribet. Pastinya hal seperti ini akan bikin kamu lebih ringan untuk bisa memenuhi kewajiban sebagai umat muslim. Nah, kemudahan yang ada juga udah sepantasnya kamu gunakan sebaik mungkin supaya lebih efisien untuk melakukan sesuatu yang semestinya.

Kalau kamu nggak mau ribet dan dirugikan, ke Blibli aja. Kamu bisa ngerasain kemudahan bayar zakat fitrah dan mendapat keuntungannya. Hal ini pastinya nggak bikin kamu gigit jari. Bayar Zakat Fitrah Online di sini. Maka kepuasan pun bakal kamu dapat dalam sekali transaksi aja. Kamu juga bisa lebih tenang soalnya Blibli udah bekerja sama dengan badan penyalur zakat terpercaya di Indonesia.

Tag:

Artikel Kategori Terkait

Artikel Tag Terkait

Artikel Penulis Terkait

Lihat Artikel Lainnya