me

Ini Dia Keutamaan Zakat Fitrah Bagi Umat Muslim

Apr 22, 2024.By Blibli Friends
Bagikan

7 keutamaan zakat fitrah yang penting umat muslim tahu / islamic-relief.org.uk

Keutamaan Zakat Fitrah — Sejak kecil biasanya umat muslim sudah diajarkan untuk membayar zakat menjelang akhir bulan Ramadhan. Karena merupakan kewajiban, mungkin saja banyak yang belum memahami apa sebenarnya keutamaan zakat fitrah. Kalau sudah tahu, dijamin kamu nggak akan melewatkannya! Yuk, cari tahu apa saja keutamaan zakat fitrah di bawah ini. 

Baca Juga:


1. Membersihkan Diri

Ketentuan zakat fitrah salah satunya terdapat dalam hadis Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan dalam HR Bukhari dan Muslim, yaitu:

فَرَضَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم زَكَاةَ الْفِطْرِ صَاعاً مِنْ تَمَرٍ، أوْصَاعاً مِنْ شَعِيْرٍ، عَلَى الْعَبْدِ وَالْحُرِّ، وَالذَّكَرِ وَالأُنْثَى، وَالصَّغِيْرِ وَالْكَبِيْرِ مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ، وَأمَرَ بِهَا أنْ تُؤَدَّى قَبْلَ خُرُوْجِ الناَّسِ إلى الصَّلَاةِ‎

Artinya: “Rasulullah SAW telah mewajibkan zakat Fitrah sebanyak satu sha’ kurma atau gandum atas oaring muslim baik budak dan orang biasa, laki-laki dan wanita, anak-anak dan orang dewasa, beliau memberitahukan membayar zakat Fitrah sebelum berangkat (ke masjid) ‘Idul Fitri” (HR Bukhari dan Muslim).

Bagi umat muslim yang, pria maupun wanita, yang mampu menunaikan zakat fitrah, dirinya akan dibersihkan dari segala dosa dan perbuatan keji yang pernah dilakukan sebelumnya, baik disengaja maupun tidak disengaja. Tentunya harus dilakukan dengan tulus dan ikhlas. 

Sebagai manusia biasa, tentu nggak terlepas dari perbuatan salah selama, yang mungkin dilakukan selama bulan Ramadhan maupun sebelumnya. Misalnya berdusta, menghasut orang, iri dan dengki, berucap kasar dan kotor, dan masih banyak lagi.

Berbagai kesalahan yang dilakukan secara sengaja maupun tak disengaja ini mampu dibersihkan dengan zakat fitrah. Dengan sendirinya, zakat fitrah adalah yang menyempurnakan ibadah umat muslim setelah menjalankan bulan Ramadhan. 

2. Jembatan Menuju Surga

Umat muslim yang menunaikan zakat fitrah dijanjikan semakin dekat dengan surga. Hal ini bisa Blibli Friends temukan di dalam Al-Qur’an, tepatnya surat An-Bisa’ ayat 162. Di sini, Allah SWT berfirman:

“Tetapi orang-orang yang mendalam ilmunya di antara mereka dan orang-orang mukmin, mereka beriman kepada apa yang telah diturunkan kepadamu (Al Quran), dan apa yang telah diturunkan sebelummu dan orang-orang yang mendirikan shalat, menunaikan zakat, dan yang beriman kepada Allah dan hari kemudian. Orang-orang Itulah yang akan Kami berikan kepada mereka pahala yang besar.” (QS. An-Nisa’: 162).

3. Mendapat Pahala Terbaik

Tentu menunaikan hanyalah salah satu bagian dari jalan menuju surga. Jika dibarengi dengan mendirikan shalat, beriman kepada Allah SWT dan beriman kepada hari kemudian, maka umat muslim akan semakin dekat kepada surga. 

Setiap hal positif yang kita lakukan selama bulan Ramadhan akan memberikan kita pahala. Bahkan hanya dengan beristirahat dari kesibukan sehari-hari saja sudah mendapat pahala. Nah, dengan menunaikan zakat fitrah, kita akan mendapatkan pahala yang terbaik. 

Dalam Surat An-Nuur ayat 37-38, Allah SWT bersabda:

“(Meraka mengerjakan yang demikian itu) supaya Allah memberikan balasan kepada mereka (dengan balasan) yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan, dan supaya Allah menambah karunia-Nya kepada mereka. dan Allah memberi rezeki kepada siapa yang dikehendaki-Nya tanpa batas.” (QS. An-Nuur: 37 – 38).

4. Harta yang Dimiliki Lebih Berkah

Dalam hadis Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan dalam HR Muslim, Rasulullah bersabda bahwa “Sedekah (zakat) tidak akan mengurangi harta.” Bagi umat muslim yang mampu sudah seharusnya mengeluarkan sebagian harta mereka untuk berzakat, karena apa yang mereka miliki nggak akan berkurang, justru hartanya menjadi semakin berkah. 

Secara jumlah, harta umat muslim setelah menunaikan zakat memang berkurang, tapi zakat itu akan diterima oleh mustahiq yang membutuhkan sehingga berkah. Yang memberi zakat pun mendapat pahala, ini merupakan tabungan bagi umat muslim untuk menuju surga. 

Sudah bukan rahasia lagi kalau orang yang banyak bersedekah dan berbagi, mereka akan mendapatkan tambahan yang berlipat ganda. Datangnya rezeki yang berlipat ganda ini tak hanya dalam bentuk harta. Bisa juga berbentuk kesehatan diri sendiri, kesehatan seluruh anggota keluarga, kedekatan dengan keluarga, dan masih banyak lagi. 

5. Mendapat Hidayah dari Allah SWT

Keutamaan zakat fitrah berikutnya adalah umat muslim mendapatkan petunjuk dari Allah SWT. Hal ini bisa kita lihat di surat At-Taubah ayat 18, di mana Allah bersabda:

“Hanya yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari Kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapa pun) selain kepada Allah, Maka merekalah orang-orang yang diharapkan Termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk.” (QS. At-Taubah: 18).

Umat muslim yang mendirikan shalat, ikut serta dalam memakmurkan masjid dan menunaikan zakat, termasuk zakat fitrah, merupakan golongan orang-orang yang mendapatkan hidayah dari Allah SWT. Nggak semua orang siap menerima hidayah, karena itu sebaiknya kita nggak melewatkan kesempatan yang datang setahun sekali ini. 

6. Bukti Kepedulian Terhadap Sesama

Dalam menjalani kehidupan yang kian sibuk setiap hari, tak dapat dipungkiri ada banyak umat muslim yang terkadang melupakan betapa pentingnya berbagi dengan sesama. Di momen yang berbahagia, tiap umat muslim akan kembali diingatkan untuk kembali peduli terhadap sesama dan mengulurkan tangan bagi mereka yang mampu. 

Umat muslim sejak kecil sebaiknya diingatkan bahwa nggak semua sesama muslim di dunia ini bisa menjalani hidup seberuntung mereka. Rasa bahagia di Hari Raya Idul Fitri juga bisa kita dapatkan dengan cara memedulikan sesama muslim yang membutuhkan.  

7. Memaknai Hari Raya Idul Fitri Sebagai Hari Kemenangan

Selama bulan Ramadhan, umat muslim menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Bukan hanya menahan diri dari rasa haus dan lapar saja, melainkan juga harus menahan diri dari hawa nafsu. Selama bulan puasa, umat muslim juga berbondong-bondong menjalankan ibadah shalat tarawih dan tadarus (membaca Al-Qur’an).

Setelah melewati 30 hari, tentu kebahagiaanlah yang dirasakan sebagian besar umat muslim di seluruh dunia. Harus disadari bahwa ada juga sebagian orang yang nggak bisa menikmati hari besar ini dengan penuh suka cita, yaitu para fakir miskin. 

banner artikel digital


Baca Juga:

Inilah keutamaan zakat fitrah agar umat muslim yang mampu dapat berbagi kepada mereka yang kurang mampu. Pada akhirnya umat muslim yang berhak menerima zakat pun dapat merasakan kebahagiaan dalam menyambut kemenangan di Hari Raya Idul Fitri. 

Itu tadi sederet keutamaan zakat fitrah yang perlu diketahui setiap umat muslim. manfaatnya luar biasa besar bagi diri kita sendiri dan juga umat muslim yang lain, sehingga kita makin menyadari betapa pentingnya menunaikan zakat fitrah bagi yang mampu. Pastikan untuk menghitung zakat fitrah dengan tepat dan membayarkannya kepada lembaga amil zakat yang resmi dan bertanggung jawab. 

Tag:

Artikel Kategori Terkait

Artikel Tag Terkait

Artikel Penulis Terkait

Lihat Artikel Lainnya