me

14 Rekomendasi Lagu tentang Masa SMA Penuh Kenangan

Sep 26, 2023.By Blibli Friends
Bagikan

smasantotarcisius.ypr.or.id
Ini dia 14 rekomendasi lagu tentang masa SMA untukmu!

Rekomendasi Lagu tentang Masa SMA — Masa SMA memang menjadi salah satu momen yang menyenangkan banget karena banyak kejadian menarik di sana entah bertemu teman, sahabat sejati, pacar cinta pertama, atau lainnya. Sehingga banyak orang yang nggak mau cepat lulus bahkan ketika sudah lulus memorinya masih saja terekam di sana. Apalagi momen ini memang hanya terjadi sekali seumur hidup. 

Kamu yang pengen nostalgia tentang SMA atau yang belum bisa move on dari momen tersebut bisa mendengarkan lagu tentang masa SMA sebagai pertimbangan. 

Baca Juga:


Rekomendasi Lagu tentang Masa SMA 

Pengen dengar lagu tentang masa SMA dan membuatnya dalam sebuah playlist? Jangan khawatir karena kamu bisa langsung cek rekomendasi lengkapnya di bawah ini!

1. Terlalu Manis – Slank

rekomendasi-lagu-tentang-masa-sma

Rekomendasi lagi pertama yang bisa kamu dengarkan adalah Terlalu Manis yang dinyanyikan oleh Slank. Lagu ini memang mengisahkan sebuah perpisahan dari kisah yang sangat indah sehingga sayang untuk terjadi apalagi momennya memang sangat manis. Slank memadukannya dengan melodi yang mendayu mewakili apa yang didengarkan oleh penyukanya. 

Lirik yang ngena banget dari lagu ini adalah “Terlalu manis untuk dilupakan, Kenangan yang indah bersamamu, Tinggallah mimpi.” Meskipun maknanya memang luas namun lagu ini kerap digunakan untuk perpisahan masa SMA. Kenangan yang manis apalagi untuk cinta yang belum sempat tersampaikan atau bahkan sudah pupus sebelum bersemi. 

2. Bebas- Iwa K

rekomendasi-lagu-tentang-masa-sma
fimela.com

Rekomendasi lagu kedua ini iramanya memang lebih ceria namun pesan yang disampaikan di dalamnya cukup dalam. Lagu Bebas ini dinyanyikan oleh Iwa K seorang penyanyi yang sudah legendaris dengan karya terbaiknya. Lagunya memang sudah lama namun masih banyak diputar terutama untuk penutupan acara seperti perpisahan masa SMA. 

Lagu ini lebih membahas tentang pertemanan yang erat di masa SMA sesuai dengan lirik “Kita saling berpandang berpegangan tangan erat, dan biarkan tubuh tersiram hujan yang lebat, dan pekat di bawah naungan awan nan gelap.” Teman yang rela hujan-hujanan bareng dan sefrekuensi tentu saja susah ditemukan kebanyakan memang dari SMA. 

3. Sampai Jumpa – Endank Soekamti

rekomendasi-lagu-tentang-masa-sma
mldspot.com

Lagu ketiga yang nggak kalah keren untuk didengarkan adalah Sampai Jumpa yang dinyanyikan oleh Endank Soekamti. Lagu ini menjelaskan tentang pedihnya perpisahan namun kita juga harus sadar bahwa dalam hidup memang ada yang datang dan pergi. Sesuai dengan masa SMA orang-orang bakalan naik tingkat dan nggak hanya ada di fase tersebut saja. 

Seperti lirik yang merepresentasikan perpisahan untuk teman-teman di masa SMA “Untuk kita bertemu lagi, Kurelakan dirimu pergi, Meskipun ku tak siap untuk merindu, Ku tak siap tanpa dirimu, Kuharap terbaik untukmu.” Perpisahan yang baik ini untuk bisa tetap bertemu karena masa ini pasti bakalan terjadi dalam kehidupan kita. 

4. Sebuah Kisah Klasik – Sheila On 7

rekomendasi-lagu-tentang-masa-sma
haliyora.id

Rekomendasi lagu keempat yang bisa kamu pertimbangkan adalah Sebuah Kisah Klasik yang dinyanyikan oleh Sheila On 7. Lagu ini cukup ikonik dan rilisnya sudah lama namun masih banyak didengar dan diputar sampai saat ini karena merdu banget. Alunannya enak dan bikin semua orang yang mendengarnya bakalan terharu. 

Hal ini sesuai dengan liriknya “Bersenang-senanglah, karena hari ini yang kan kita rindukan, di hari nanti sebuah kisah klasik untuk masa depan, Bersenang-senanglah, karena waktu ini yang akan kita banggakan di hari tua. Apa yang hari ini kita jalani ayo kita lakukan dengan baik karena nanti di masa tua hanya akan menjadi kenangan. 

5. I Remember – Mocca

rekomendasi-lagu-tentang-masa-sma
hai.grid.id

Rekomendasi lagu kelima yang bisa kamu dengarkan adalah I Remember yang dinyanyikan oleh Mocca. Lagu ini tentang masa-masa indah bersama seseorang yang nggak bakalan bisa dilupakan seumur hidupnya namun masa itu sudah menjadi masa lalu. Sehingga nggak bakalan bisa kembali hanya sebagai kenangan yang diingat. 

Sesuai dengan liriknya “I remember, All the things that we shared, and the promise we made, just you and I, I remember, All the laughter we shared, all the wishes we made, upon the roof at dawn.” Sesuai dengan judulnya lagu ini memang banyak menggunakan kata yang artinya “aku ingat” di mana maksudnya adalah dia sedang bernostalgia. 

6. Dulu Kita Masih Remaja – The Panasdalam Bank

rekomendasi-lagu-tentang-masa-sma
liputan6.com

Lagu Dulu Kita Masih Remaja yang dinyanyikan oleh The Panasdalam Bank ini memang khas ala anak SMA banget karena di dalamnya juga banyak menyebut kata SMA sehingga cukup melekat di telinga. Kisahnya memang tentang anak SMA dan semua kenangan yang terjadi kala itu. Sementara mereka hanya bisa bernostalgia masa yang nggak bakalan mungkin kembali. 

Hal ini sesuai dengan liriknya yang berbunyi “Dulu kita masih bersama, Asmara anak SMA, Aku suka selalu denganmu, Di atas motor berdua”. Kisah cinta anak SMA yang cukup manis dan banyak huru-haranya namun tetap bakalan terkenal sampai dewasa. Kisah cinta yang belum terpikirkan banyak hal hanya tentang kamu dan aku yang saling mencintai kala itu. 

7. Ingatlah Hari Ini – Project Pop

hardrockfm.com

Lagu ketujuh tentang masa SMA yang bisa kamu dengarkan adalah Ingatlah Hari Ini dari Project Pop. Kamu tentunya sudah cukup familiar dengan Project Pop ini, mereka adalah grup yang menyanyikan lagu-lagu dengan makna mendalam. Mereka banyak memberikan kritik dan tanggapan mengenai kehidupan bukan hanya soal cinta. 

Seperti halnya dengan lagu yang satu ini, iramanya sangat enak untuk joget sekaligus bercerita tentang indahnya masa SMA. Sama seperti penggalan liriknya yang berbunyi “Kamu sangat berarti, istimewa di hati, Selamanya rasa ini, Jika tua nanti kita telah hidup masing-masing, Ingatlah hari ini.” Tentu saja hal ini sesuai dengan apa yang terjadi hari itu dan masa depannya. 

8. Remaja – HiVi!

cultura.id

Rekomendasi lagu yang kedelapannya adalah Remaja yang dinyanyikan oleh HiV!. Lagu ini memang oke banget dan banyak menyebut kata masa SMA di mana banyak hal yang terjadi untuk remaja termasuk di antaranya adalah kisah dimabuk asmara. Tentu saja karena asmara anak SMA dan orang dewasa pasti berbeda banget. 

Sesuai banget dengan lirik “Kita remaja yang sedang dimabuk asmara, Mengikat janji bersama selamanya, Hati telah terikat, sepasang mata memikat, Melambungkan asmara, yang selalu meminta. Kamu yang punya kisah asmara yang ngena banget di waktu SMA pasti bakalan senang untuk bernostalgia. 

9. Tujuh Belas – Tulus

Rekomendasi lagu kesembilannya adalah Tujuh Belas yang dinyanyikan oleh Tulus. Siapa yang nggak suka dengan Tulus? Suaranya sangat unik dan halus sehingga nyaman banget untuk masuk ke telinga nggak heran kalau lagu apapun yang dinyanyikannya bakalan merdu banget. Salah satunya lagu yang cocok untuk era masa SMA ini. 

Sesuai banget dengan liriknya “Masihkah kau mengingat di saat kita masih 17? Waktu di mana tanggal-tanggal merah terasa sungguh meriah, Masihkah kauingat cobaan terberat kita, Matematika? Masihkah engkau ingat lagu di radio yang merdu mengudara?” Banyak banget kenangan yang terjadi dan nggak mungkin terulang ketika sudah dewasa. 

10. Kita Selamanya – Bondan & Fade 2 Black

liputan6.com

Anak era 90-an pasti sudah nggak asing lagi dengan penyanyi yang satu ini apalagi lagu-lagunya juga enak banget untuk memberikan nasihat tentang asmara sampai kehidupan. Ciri khas dari lagu ini ada rap yang ringan sehingga bisa dinikmati oleh pendengar. Lagu ini juga menggunakan video clip dengan tema anak SMA. 

Apalagi jika ditinjau dari liriknya “Kita pernah sebut itu kenangan tempo dulu, Pernah juga hilang atau takkan pernah berlalu, Masa jaya putih biru atau abu-abu, Memori cerita cinta aku, dia dan kamu.” Ada banyak hal yang terjadi di masa SMA entah kenangan dengan pacar, teman atau hal-hal yang nggak bisa diutarakan begitu saja. 

11. Arti Sahabat – Nidji

dictio.id

Lagu kesebelas yang bisa kamu dengarkan untuk nostalgia masa SMA adalah Arti Sahabat yang dinyanyikan oleh Nidji. Sesuai dengan judulnya lagu ini memang bercerita tentang arti sahabat yang sebenarnya. Lagu ini cocok banget diputar untuk mengenang masa SMA maupun yang sedang kangen dengan masa SMA terutama dengan teman-temannya. 

Lirik lagunya juga keren banget “Engkau teman sehati, Kita teman sejati, Hadapilah dunia, Genggam tanganku.” Maknanya adalah sebuah teman sejati, seseorang yang sejati untuk menggenggam tangan jangan sampai melepaskannya. Lagu yang berisikan betapa pentingnya kehadiran sahabat untuk menemani rasa sepinya.

12. Sahabat Kecil – Ipang

wikipedia.org

Rekomendasi lagu kedua belasnya adalah Sahabat Kecil yang dinyanyikan oleh Ipank. Ipank nggak hanya mampu membuat lagu dengan ciamik namun juga mampu menyanyikannya dengan nada yang unik banget. Nggak heran kalau lagunya pasti selalu pas di telinga seperti halnya lagu yang satu ini. Lagunya tentang sahabat kecil yang sedang dirindukannya. 

Hal ini sesuai banget dengan lirik “Bersamamu kuhabiskan waktu, Senang bisa mengenal dirimu, Rasanya semua begitu sempurna, Sayang untuk mengakhirinya.” Kenangan yang terukir sangat indah sehingga semuanya terasa lebih sempurna. Lagu yang bagus untuk dinyanyikan pada sahabat yang memang kamu sayangi banget. 

13. Kepompong – Sindentosca

fimela.com

Lagu ketiga belasnya adalah Kepompong yang dinyanyikan oleh Sindentosca. Siapa yang ingat dengan lagu legendaris ini? Dulunya sangat viral dan banyak dinyanyikan baik oleh orang dewasa maupun anak-anak. Lagunya memang tentang persahabatan semasa kecil sampai ada kerenggangan di antara keduanya. 

Lagu ini menarik banget dan cocok juga untuk masa SMA yang nggak bakalan bisa kembali. Sesuai banget dengan liriknya “Persahabatan bagai kepompong, Mengubah ulat menjadi kupu-kupu, Persahabatan bagai kepompong, Hal yang tak mudah berubah jadi indah.”

14. Monokrom – Tulus

ngopibareng.id

Lagu keempat belasnya adalah Monokrom yang dinyanyikan oleh Tulus. Lagu dengan nada yang santai dan musik alunan tenang ini memang cocok untuk bernostalgia. Sebenarnya lagunya memang punya makna banyak namun cocok juga untuk mengenang masa sekolah saat SMA bersama teman-teman lama. 

Sesuai banget dengan liriknya “Di mana pun kalian berada, Kukirimkan terima kasih, Untuk warna dalam hidupku dan banyak kenangan indah, Kau melukis aku.”


Baca Juga:

Pengen lebih nyaman dalam mendengarkan lagunya? Jangan lupa untuk beli voucher Spotify premium di Blibli saja. Harganya terjangkau dan pilihannya banyak jadi aman banget untuk digunakan.