14 Langkah Jitu Tingkatkan Kualitas Foto Instagram Kamu

Bisa dibilang hubungan antara Instagram dan penggunanya adalah love hate relationship. Media sosial berbasis foto ini kian menjadi ajang pamer kreativitas visual. Banyak orang berusaha menunjukkan tampilan terbaik dari pose atau bidikan kameranya.

Menurut data yang dikutip dari situs Bloomberg.com pada Kamis (25/7/2019), sekitar 95 juta gambar diunggah ke Instagram setiap harinya sehingga tidak heran jika banyak dari mereka “tersesat di kerumunan” dan alhasil kurang seksi untuk mendapat tanda suka (likes).

Semua ingin mendapat likes dari setiap materi yang diunggahnya ke Instagram dan itu sudah menjadi rahasia umum di kalangan penggunanya. Untuk meraih capaian tersebut, tentu harus sebanding dengan kualitas unggahannya. Oleh karena itu, banyak orang tidak ragu untuk bekerja ekstra keras dalam membuat konsep visual yang menarik.

Jika kamu masih merasa jauh dari anggapan sebagai “kreator Instagram” yang dipenuhi sejuta ide di otaknya. Jangan takut! Kamu bisa mengulik berbagai teknik dan tips sederhana untuk menghasilkan visual terbaik untuk diunggah di Instagram.

Tidak percaya? Coba deh segera praktikkan 14 tips jitu di bawah ini. Dijamin kualitas unggahan Instagram kamu akan semakin berkualitas dan menggundang potensi likes lebih banyak.

ADA BANYAK PERLENGKAPAN GADGET TERBAIK BISA KAMU TEMUKAN DI SINI

1. Jangan Memotret via Instagram

Meskipun mungkin tampak nyaman untuk mengambil foto menggunakan aplikasi Instagram, sejatinya itu tidak lebih bagus dari kamera ponsel yang kamu gunakan. Aplikasi kamera Instagram tidak memungkinkan penggunanya untuk memperbesar fokus gambar dan terkadang secara otomatis memotong semua foto menjadi bujur sangkar.

Penting juga dicatat bahwa sebagian besar ponsel cerdas hadir dengan fungsi HDR yang memungkinkan pengguna mengambil foto dengan berbagai paparan yang telah ditentukan sebelumnya. Fitur istimewa tersebut tidak bisa ditemukan di kamera Instagram. Jadi, sebaiknya foto dengan kamera dan kemudian diedit.

BELI PAKET DATA DENGAN HARGA BERSAING DI SINI

2. Gunakan Bentuk Foto Bujur Sangkar (Square)

Ternyata ada alasan khusus dulu Instagram “mewajibkan” ukurang bujur sangkar (square) pada setiap foto yang diunggah penggunanya. Alasan tersebut digunakan untuk mempermudah dalam pengaturan komposisinya.

Standar potongan foto, portrait dan landscape, memang menawarkan lebih banyak potensi dalam mengeksplorasi gambar. Namun, bagi orang awam, hal ini akan membingungkan, terutama soal titik fokusnya. Sering kali kejadiannya adalah ada banya ruang kosong yang tersisa, sehingga membuat foto terlihat kurang proporsional.

Dengan menggunakan perbandingan 1:1, setidaknya pengguna dapat memperkirakan dengan lebih mudah tentang komposisi foto yang sedap dipandang. Apalagi dengan panduan kotak-kotak penanda, menjadikannya mudah untuk digeser ke berbagai arah hingga benar-benar didapat hasil yang kompak, tidak ada ruang yang terbuang sia-sia.

TEMUKAN ANEKA AKSESORI GADGET DENGAN HARGA BERSAING DI SINI

3. Gunakan Tripod

Hasil foto yang hebat membutuhkan tangan yang mantap. Untuk mendapatkan foto yang tajam dan bebas dari hasil buram, tentu kamu membutuhkan tripod. Jika kamu jeli dalam melihat peluang di sekitar, kamu bisa memanfaatkan benda atau sudut-sudut terdekat sebagai penahan ponsel saat memotret.

Namun, alangkah baiknya jika kamu selangkah lebih maju dengan membeli mini-tripod sebagai investasi. Aksesori ini dapat diletakan di atas meja, bangku atau lantai dengan mudah, sehingga kamu dapat mempertahankan sudut potret terbaik hingga lensa kamera membidiknya.

Kamu juga bisa mempertimbangkan untuk membeli Gorillapod, yang memiliki kaki-kaki fleksibel. Benda ini dapat menjangkar kamera atau ponsel kamu ke pohon, pagar, tepian, atau apa pun yang dapat kamu temukan. Hal yang baik tentang tripod adalah kamu juga dapat mengambil selfie menggunakan pengatur waktu jarak jauh, tanpa khawatir terhalang benda atau ponsel tergelincir dari tangan.

BINGUNG CARI MINI-TRIPOD BERKUALITAS? CEK SELENGKAPNYA DI SINI

4. Cek Titik Fokus

Via ephotozine.com

Fitur zoom digital pada ponsel hanya berkisar untuk memperbesar visual, tanpa diikuti oleh penguatan kulitas tangkapan detailnya. Untuk itu, sangat disarankan belajar mengatur fokus foto dengan baik dengan memperhatikan letak cahaya, komposisi benda, dan sudut pengambilan gambar dari obyek yang dibidik.

Jika ingin foto terlihat tajam, kamu mungkin perlu berjalan sedikit untuk mendapatkan pencahayaan yang sesuai atau lebih dekat dengan target yang dibidik. Kamu juga dapat mengetuk layar ponsel untuk memungkinkan fokus langsung pada obyek yang dibidik, sekaligus mencari titik jernih gambar saat dipotret.

Beberapa ponsel masa kini memungkinkan penggunanya untuk mengunci fokus dan pencahayaan dengan mengetuk dan menahan layar. Ketika kata ‘Kunci AE / EF’ muncul di bagian bawah ponsel, itu berarti fokus dan pencahayaan sudah diperbaiki dan tidak akan berubah.

INGIN GANTI PONSEL? YUK CEK BERAGAM REKOMENDASI TERBAIKNYA DI SINI

5. Pikirkan Komposisi Foto

Tidak ada yang mengatakan seseorang harus mengikuti aturan baku fotografi, tetapi mengetahui cara membingkai foto sudah cukup membantu kamu untuk meningkatkan kualitas foto yang dipotret. Pikirkan tentang kemungkinan sudut kamera, latar belakang, simetri, keseimbangan, dan pencahayaan agar mendapatkan komposisi apik saat memotret dengan kamera ponsel.

Saat melihat pemandangan dengan mata telanjang, otak kamu pasti akan memilih subjek yang menarik. Pilih subjek itu, dan cari titik latar belakang yang membuatnya terlihat hidup, kunci, dan potret saat itu juga. Dijamin foto kamu bakal terlihat menawan.

CARI PONSEL DENGAN KAMERA CIAMIK? CEK DEH DI SINI

6. Bijak Mengedit Foto

Via dribbble.com

Tidak masalah jika menggunakan aplikasi Instagram untuk membuat perubahan mendasar pada foto yang kamu potret. Tetapi, jika kamu mencari visual alternatif, ada ratusan aplikasi pengeditan yang kaya fitur dan mudah digunakan di luar sana.

App store benar-benar penuh dengan aplikasi yang didedikasikan untuk mengedit foto menjadi lebih hidp. Beberapa contohnya adalah Camera Pro yang cocok untuk menguatkan bidikan di cahaya malam, 8mm Vintage Camera untuk menjadikan komposisi warna foto vintage lebih intens, dan VSCO yang bagus untuk pengeditan visual pasca-bidik.

KAMERA MIRRORLESS YANG CANGGIH SEMUA TERSEDIA LENGKAP DI SINI

7. Cermat Menggunakan Filter

Via cultofmac.com

Sebuah studi ilmiah terbaru oleh Georgia Tech menemukan bahwa foto dengan filter memiliki potensi dilihat sebanyak 21 persen, dan potensi dikomentari sebanyak 45 persen. Para peneliti juga menemukan foto-foto dengan filter hangat, eksposur yang lebih besar, dan kontras yang terdefinisi dengan baik adalah foto-foto yang terbukti paling populer.

Sementara gambar-gambar dengan efek saturasi menyebabkan pandangan yang lebih rendah. Namun, gambar yang diproses berlebihan sering kehilangan definisi dan meningkatkan kebisingan di visual foto, sehingga baiknya tidak berlebihan dalam menggunakan filter.

TEMUKAN ANEKA PONSEL CANGGIH DENGAN HARGA BAGUS DI SINI

8. Ajak Beberapa Orang Bergabung dalam Foto

Via businessinsider.com

Sebuah studi terpisah oleh Georgia Tech dan Yahoo Labs juga menemukan bahwa foto-foto Instagram dengan kehadiran wajah lebih banyak, sangat mungkin mendapat banyak komentar dan likes dibandingkan yang tidak.

Untuk lebih spesifik, jika foto kamu menyertakan wajah, itu 38 persen lebih mungkin untuk mendapatkan likes dan 32 persen lebih mungkin untuk mendapatkan komentar daripada foto matahari terbenam atau foto makanan.

Potensi likes juga akan lebih banyak dipanen jika caption yang ditulis menandakan hal positif, seperti ungkapan kebahagiaan, rasa optimisme, da lain sebagainya.

TEMUKAN AKSESORI PONSEL UNTUK BERAGAM KEGUNAAN DI SINI

9. Memasukan Teks ke Foto

Belakang ini sedang menjadi tren untuk memasukkan teks singkat ke dalam foto yang diunggah ke Instagram, terutama yang berbentuk layaknya subtitle pada film.

Beberapa aplikasi yang dapat diandalkan adalah Tetxgram, Salt, dan Caption It. Semuanya gratis diunduh di Google Playstore dan App Store, serta menawarkan cukup banyak mode tulisan dan tata letak teks yang bisa kamu sesuaikan dengan preferensi pribadi.

Perhatikan untuk selalu menyematkan teks yang singkat yang menarik sehingga pengguna Instagram lainnya dapat dengan mudah melirik dan memerhatikan unggahanmu. Teks yang kepanjangan justru akan membuatnya terlihat kurang berestetika.

TEMUKAN BERAGAM CASE PONSEL DENGAN DESAIN MENARIK DI SINI

10. Tambah Aksesori Kamera Ponsel

Via nationalgeographic.com

Fotografi ponsel menjadi hal besar saat ini, bahkan sampai ada penghargaan khususnya, seperti misalnya Mobile Photography Awards dan Sony World Mobile Phone Photography Awards. Semuanya mengkhususkan diri pada penilaian foto yang dibidik menggunakan kamera ponsel, edit atau tanpa edit.

Untuk mendukung tren tersebut, kini semakin banyak ditemukan aksesori kamera ponsel di pasaran, yang fungsinya beragam. Ada yang khusus untuk meningkatkan eksposur cahaya dan bahkan ada pula yang sengahja diciptakan untuk membuat efek sudut foto lebar (fish eye).

Asalkan cermat dan piawai dalam memanfaatkan fitur-fiturnya, maka rasa-rasanya tidak perlu lagi kamera DSLR untuk memotret visual yang berkarakter.

TEMUKAN BERBAGAI AKSESORI PONSEL TERBAIK DI SINI

11. Pikirkan Kontras dan Warna Menyala

Via timeincuk.net

Mendapatkan pencahayaan yang sempurna bukanlah pekerjaan mudah, kecuali kamu memang sudah piawai dalam melihat peluangnya. Sering kali apa yang sudah terlihat bagus oleh mata kita, justru terlihat buram dan kurang hidup setelah dibidik oleh kamera ponsel.

Jangan ngedumel atau pusing mengulang-ulang bidikan kamera karena itu akan menguras tenaga dan waktu. Alangkah baiknya untuk memanfaatkan fitur edit yang di ponsel atau Instagram dengan mengutamakan pada kulikan kontras dan nyala warna (vibrant).

Kamu bisa mengatur jumlah ekspor cahaya, warna, kehangatan, dan sebagainya guna menjadikan foto tampil lebih hidup. Tidak jarang, dengan hanya sedikit meningkatkan kecerahan dan kontrasnya, bisa membuat fotomu terlihat lebih cerah dan tajam. Sederhana, bukan?

BUTUH ORGANIZER ANDALAN UNTUK SELURUH GADGET-MU? CEK DEH DI SINI

12. Sebisa Mungkin Gunakan Pencahayaan Alami

Via everlaw.com

Bisa dibilang bahwa cahaya adalah hal paling krusial dalam fotografi, di mana tingkat eksposurnya dapat mempengaruhi hasil akhir foto yang dibidik. Berbagai jenis cahaya alami dapat menghasilkan beragam penampakan obyek foto itu tergantung pada waktu, sudut pengambilan gambar, dan juga terkadang cuaca.

Alih-alih mengandalkan edit pascaproduksi, cobalah untuk mengambil gambar di berbagai waktu di siang hari guna meemaksimalkan paparan cahaya alami yang akan berpengaruh pada intensitas warna pada hasil akhir foto.

BUTUH PERLINDUNGAN EKSTRA UNTUK PONSELMU? CEK REKOMENDASI PRODUKNYA DI SINI

13. Bersihkan Kamera Ponsel

Via futurecdn.net

Ini mungkin terdengar sederhana, tetapi sebenarnya cukup penting karena akan berpengaruh cukup kuat pada hasil akhir foto yang dibidik. Ini bukan sesuatu yang dipikirkan kebanyakan orang, tetapi ponsel bisa menjadi sangat kotor, bahkan “menyelinap” hingga ke bagian kamera.

Jarang membersihkan kamera, khususnya bagian luar kaca terluarnya, seringkali berujung pada risiko hasil foto yang kabur atau tidak fokus. Jika kamu kurang yakin untuk mengurus hal ini secara mandiri, kamu bisa menyerahkannya kepada para teknisi di toko servis ponsel. Pastikan untuk konsultasi mendetail sebelumnya, agar pembaruan apa yang diharapkan dapat terpenuhi dengan baik.

CARI ALAT PEMBERSIH LAYAR GADGET? CEK SELENGKAPNYA DI SINI

14. Coba Tantangan #NoFilter

Via gramista.com

Nah, poin ini sih khusus bagi kamu yang memang ingin lebih serius menggali potensi dalam membidik obyek foto langsung dari kamera ponsel secara prima. Tidak ada tips khusus selain terus berlatih agar dapat menemukan sendiri presferensi foto yang diinginkan, sudut gambar yang cocok untuk dibidik, dan pengaturan eksposur yang seimbang.

Tantangan #NoFilter juga akan membuatmu tertantang untuk membidik obyek foto layaknya seorang fotografer, namun dengam mengandalkan kamera ponsel. Oleh karena itu, dibutuhkan versi gadget terkini dan canggih yang tidak hanya menawarkan pikseel tinggi, namun juga fitur-fitur lain yang membuatnya seolah seperti kamera DSLR.

CEK DEH REKOMENDASI BERBAGAI PONSEL DENGAN KAMERA BAGUS DI SINI

Nah, buat kamu yang ingin mengeksplorasi lebih banyak obyek foto, namun tidak ingin ribet pindah ke sana ke mari, Motomoto museum adalah destinasi alternatif yang patut dicoba.

Ini adalah sebuah eksibisi yang menawarkan begitu banyak karya instalasi kreatif yang semuanya bisa kamu eksplorasi sepuas hati. Temanya pun beragam dan dirancang easy to attract sehingga dijamin setiap sudut mana pun yang dibidik akan menghasilkan komposisi foto yang menarik.

Dapatkan harga terbaik untuk mengujunginya dengan membeli tiket di Blibli.com, dijamin nggak bakal nyesel, deh!

Selamat bereksplorasi dengan Instagram!

DAPATKAN TIKET MASUK MOTOMOTO MUSEUM MULAI DARI Rp 100.000

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves makeup too! My routines are reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment. Before that, I have another habit such as jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning. I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY