me

10 Rekomendasi Lagu Tulus Terbaik Sepanjang Masa

Sep 26, 2023.By Blibli Friends
Bagikan

wikimedia.org
Rekomendasi lagu Tulus yang siap menemani harimu.

Rekomendasi Lagu Tulus — Apa kamu termasuk orang yang suka mendengarkan musik di mana saja dan kapan saja? Misalnya sambil bekerja, menyetir kendaraan, memasak, olahraga maupun saat bersantai. Kalau mendengarkan musik menjadi salah satu hobimu, nama penyanyi Tulus sudah pasti nggak asing lagi. Penyanyi kelahiran 20 Agustus 1987 yang bernama lengkap Muhammad Tulus Rusydi ini memang punya suara yang khas.

Memulai debut di industri musik sejak 2011 melalui label rekaman independen Tulus Company yang didirikannya. Salah satu yang menarik dari penyanyi ini adalah hampir semua karya musik yang dirilisnya adalah hasil karya ciptaannya sendiri, lho. Sepanjang karier bermusiknya, Tulus sudah menerima banyak penghargaan salah satunya Anugerah Musik Indonesia 2015 lewat album Gajah.

Baca Juga:


Apa saja rekomendasi lagu Tulus terbaik?

Dengan vokal yang khas serta lirik lagu yang dalam bikin lagu-lagu Tulus berhasil menyentuh hari berjuta penggemarnya. Berikut rekomendasi lagu Tulus terbaik sepanjang masa yang oke banget untuk menemani aktivitas sehari-harimu, Blibli Friends!

1. Sewindu – Album Tulus 2011

rekomendasi-lagu-tulus
manaberita.com

Sudah sangat akrab dengan lagu Tulus yang satu ini? Bisa dibilang lagu Sewindu ini karya dari Tulus yang paling dikenal dan melekat di hati jutaan penggemarnya. Lagu berdurasi 4:32 menit ini mengisahkan tentang seorang pria yang sudah lama banget menyimpan rasa suka pada seseorang yang sering dijumpai dan berakhir dengan patah hati karena perempuan pujaannya tersebut ternyata menyukai orang lain dan melupakannya.

Lagu Sewindu selain dinyanyikan oleh Tulus juga diciptakan sendiri oleh Tulus. Nggak sampai di situ, Tulus juga bertindak sebagai produser dan mengaransmen musiknya bareng Ivan Jonathan. Dilansir pada 15 Oktober 2022, video musik Sewindu di akun YouTube sudah ditonton sebanyak 26 juta kali. Selain itu video musik Sewindu ini juga memiliki jumlah like sebanyak 111 ribu.

2. Kisah Sebentar – Album Tulus 2011

rekomendasi-lagu-tulus
bola.com

Dari album pertama yang bertajuk Tulus, selain Sewindu juga ada lagu yang nggak keren, yakni Kisah Sebentar. Pada album pertama ini Tulus memang menyuguhkan deretan lagu dengan karakter yang kuat dan membuat jutaan penggemar makin terhanyut dalam lirik dan melodinya. Tembang Kisah Sebentar dengan lirik pilu hadir dengan balutan musik jazz yang upbeat dan emosi yang pas.

Kisah Sebentar menceritakan tentang kisah sedih seseorang yang memiliki hubungan asmara hanya sebentar, awalnya bikin bahagia tapi sayang harus berakhir pahit. Padahal sebelumnya berharap hubungannya dengan sang kekasih bisa langgeng bahkan sampai selamanya. Walaupun liriknya bikin pilu tapi Kisah Sebentar musiknya nggak mendayu-day kok jadi, tetap asyik didengarkan.

3. Sepatu – Album Gajah 2014

rekomendasi-lagu-tulus
bola.com

Lirik nyesek dan irama ballad lagi-lagi dengan apik diramu oleh musisi Indonesia pertama yang berhasil meraih 1 juta pelanggan di Spotify pada 2016 ini. Lagu Sepatu mengisahkan sepasang kekasih yang saling mencintai tapi nggak bisa bersatu karena perbedaan dan alasan tertentu. Perbedaan tersebut akhirnya bikin mereka sadar kalau hubungan nggak bisa dipertahankan dan harus berujung perpisahan.

Video musik Sepatu di kanal YouTube pribadi Tulus juga sudah ditonton puluhan juta penggemarnya. Saat manggung atau live, walaupun bukan tergolong lagu baru tapi Sepatu tetap jadi salah satu lagu andalan yang dinyanyikan Tulus. Didengar pada masa sekarang pun masih tetap oke alias nggak pernah lekang oleh waktu. Termasuk dirimulah yang nggak pernah bosan dengan lagu ini?

4. Gajah – Album Gajah 2014

rekomendasi-lagu-tulus
situstulus.com

Semasa kecil Tulus ternyata pernah menjadi korban perundungan karena ia kerap dipanggil dengan sebutan gajah. Setelah dewasa ia justru bisa melihat sisi menarik dari gajah karena hewan yang memiliki badan besar ini merupakan salah satu hewan yang kuat, pintar, memiliki umur panjang serta punya rasa kekeluargaan yang tinggi.

Lewat lagu Gajah, Tulus ingin menyuarakan pesan kalau dirinya mampu mengubah persepsi masa kecilnya menjadi sesuatu yang positif. Karya lagu ini juga merupakan dukungan Tulus buat semua orang yang mungkin pernah mengalami hal yang serupa sepertinya. 

Lagu lagu Gajah Tulus juga ingin menyampaikan pesan akan pentingnya untuk mencintai dan menghargai diri sendiri dan belajar menerima diri apa adanya.

5. Monokrom – Album Monokrom 2016

rekomendasi-lagu-tulus
creativedisc.com

Lagu Monokrom yang diambil dari album ketiga Tulus yang bertajuk sama, yakni Monokrom menampilkan kekuatan vokal Tulus yang menawan banget. Lagu ini mengisahkan tentang seseorang yang tengah mengenang masa kecilnya yang indah. Lewat lagu ini Tulus juga mengungkapkan rasa terima kasih pada semua pihak yang berperan besar dalam perjalanan hidup karier bermusiknya.

Dengan lagu ini Tulus juga ingin mengucap syukur karena sudah tumbuh menjadi dewasa bersama orang-orang yang baik. Sang musisi juga tergambarkan melihat foto hitam putih yang merupakan jejak kenangan masa lalunya. Liriknya sederhana tapi justru disitulah kekuatannya karena mampu menggambarkan kesederhanaan dalam sebuah hubungan.

6. Pamit – Album Monokrom 2016

rekomendasi-lagu-tulus
bola.com

Satu lagi lagu dari Tulus yang berhasil menyentuh hati berjuta pemujanya yakni berjudul Pamit. Salah satu lagu yang oke di album Monokrom ini mengisahkan tentang kisah sedih suatu hubungan yang nggak lagi mempunyai titik temu dan mau nggak mau berujung pada kata pisah. Oleh karena itu harus mulai ikhlas untuk melepas pujaan hatinya dan percaya kalau mereka masih bisa berhubungan sebagai teman.

Lirik yang puitis melebur dengan melody yang catchy bikin lagu Pamit menjadi hits besar buat Tulus. Nggak tanggung-tanggung, dalam rekaman dan pembuatan video musik dilakoni bareng The City of Prague Philharmonic di Republik Ceko dengan alasan Tulus ingin jadi bagian sejarah baik musik Indonesia maupun di dunia. Gimana, apa lagu Pamit ini juga termasuk lagu favoritmu?

7. Langit Abu-Abu – Album Monokrom 2016

music.indozone.id

Setelah sukses dengan dua album Tulus dan Gajah, reputasi Tulus sebagai musisi papan atas di Tanah Air makin nggak terbantahkan. Lewat album Monokrom Tulus ingin mengucapkan terima kasih buat penggemar yang sudah membawanya sampai sejauh ini. Nah, bukan Tulus namanya kalau lagunya nggak mengandung lirik yang puitis dan bikin nyesek, salah satunya pada lagu Langit Abu-Abu.

Tembang dari Tulus yang konon paling memilukan saat didengar ini mengisahkan tentang seseorang yang telah sabar mendampingi pujaan hati saat menghadapi masa-masa sulit yang kemudian merasa terkhianati karena kemudian ia justru ditinggal saat dalam keadaan yang nggak baik-baik saja. Rasa sedih dan nggak adil berhasil dituangkan Tulus dengan apik lewat lagu ini. 

Kalau ingin yang lebih menyayat hati coba, deh dengarkan lagu Langit Abu-abu yang versi tanpa musik. Siap-siap menyeka air mata, ya!

8. Baru – Album Manusia 2022

mediaindonesia.com

Pada kesempatan perayaan 10 tahun Tulus berkarya di dunia musik, penyanyi dan penulis lagu ini merilis sebuah album yang diberi judul Manusia. Nah, di dalam album yang berisi 10 lagu oke ini, salah satunya ada yang berjudul Baru. Lagu ini liriknya penuh semangat dan menunjukkan pada dunia kalau semua orang bsia berubah menjadi lebih baik. 

Lagu Baru masih menceritakan kisah masa lalu sang penyanyi yang pernah menjadi korban perundungan. Ia sering dipandang sebelah mata dan nggak dianggap tapi kini telah berhasil membuktikan dirinya menjadi orang yang berhasil. Ia juga membuktikan kalau ia mampu hadir dengan dirinya yang baru, yang lebih berani sekaligus nggak bisa dikuasai oleh siapa pun.

Sebetulnya selain lagu Baru ada juga lagu lain di album Manusia yang maknanya sangat dalam yakni Lagu untuk Matahari. Lewat lagu ini Tulus ini menyampaikan pesan kalau setiap orang punya kekurangan masing-masing tapi harus tetap percaya diri karena setiap pribadi juga punya sesuatu yang mungkin nggak dimiliki orang lain.

9. Hati-Hati di Jalan – Album Manusia 2022

music.indozone.id

Kepiawaian Tulus di dunia musik kembali terbukti lewat album keempat yang bertajuk Manusia, dengan salah satu tembang keren Hati-hati di Jalan. Lagu ini berhasil memasuki urutan pertama sebagai lagu yang banyak dicari, jadi nggak heran kalau Hati-hati di Jalan makin populer dan menjadikan Tulus musisi Indonesia dengan lagu berlirik bahasa Indonesia pertama yang bisa tembus “Billboard Global 200”.

Nggak hanya itu, tembang Hati-hati di Jalan juga berhasil memuncaki tangga lagu “Indonesia Songs” selama 12 pekan berturut-turut, lho. Lagu ini juga pernah berhasil menjadi trending di Twitter dan YouTube. 

Lalu lagu Hati-hati di Jalan ini mengisahkan tentang apa, sih? Sebetulnya liriknya sederhana menceritakan tentang pertemuan dan perpisahan antara dua insan. Awalnya karena pertemuan dengan sosok yang selama ini dicari-cari, merasa saling cocok kemudian menjalin hubungan. Tapi seiring waktu memutuskan untuk berpisah dan melakoni hidup masing-masing karena sudah nggak sejalan.

Kisahnya memang nyata banget dengan kehidupan percintaan banyak orang, terutama kawula muda. Termasuk kamu mungkin?

10. Remidi – Album Manusia 2022

fimela.com

Bicara soal cinta sepanjang umur dunia memang nggak akan pernah ada habisnya. Jadi nggak heran kalau lagu yang mengisahkan kisah asmara baik yang indah, perih, penghianatan, rindu dan bumbu-bumbu lainnya selalu diminati. Seperti juga tembang dari Tulus di album Manusia berjudul Remidi yang berhasil mengaduk-aduk emosi penggemarnya.

Lagu super mellow ini mengisahkan tentang seseorang yang rela melepas sang kekasih untuk mengejar impiannya. Merelakan kepergian orang yang sangat dicintai tentu nggak mudah namun demi kebahagian sang kekasih ia rela untuk berpisah dan berharap semoga rasa sedih yang dirasakan hanya sementara.

Blibli Friends itulah 10 rekomendasi lagu Tulus terbaik yang siap menemani aktivitas sehari-hari kamu. Nah, untuk mendengarkan lagu-lagu Tulus dan lagu lainnya dari penyanyi favoritmu pastikan untuk berlangganan Spotify Premium. Spotify Premium ini merupakan layanan musik digital berbayar yang membuatmu bisa menikmati aneka lagu tanpa batas.


Baca Juga:

Untuk beli Spotify premium dengan praktis, mudah dan aman, toko online terpercaya Blibli bisa jadi solusi tepat. Pilihan paket beragam yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan bujet. Harga terbaik sudah pasti bsia didapat, apalagi Blibli banyak memberikan promo istimewa yang bikin belanja online makin menyenangkan. Nggak perlu menunda ayo, segera ke Blibli!