10 Manfaat Batu Giok yang Ternyata Baik untuk Kesehatan

manfaat batu giok

Manfaat Batu Giok – Blibli Friends pasti sudah nggak asing lagi dengan istilah giok, bukan? Giok merupakan jenis batuan mulia yang dikenal berasal dari Cina. Padahal, bukan hanya dari Cina saja, giok juga banyak ditemukan di Tibet dan juga Burma. Dalam bahasa Inggris, giok dikenal dengan nama jade, memiliki warna kehijauan alami yang super cantik. Yuk, berkenalan lebih jauh dengan batuan cantik ini mulai dari manfaat batu giok, jenis batu giok, dan cara membedakan yang asli dengan palu berikut ini. 


Baca juga: Yuk Kenalan Dengan Birthstones, Si Batu Alam Cantik yang Mewakili Bulan Kelahiranmu

Apa itu Batu Giok

manfata batu giokSelama ribuan tahun, batu giok dikenal sebagai batuan yang bisa menyembuhkan. Jadi penggunaannya di zaman kuno cenderung menjadi semacam jimat penyelamat, termasuk ketika digunakan di budaya Maya dan Inca. Namun seiring berjalannya waktu, giok mulai diubah jadi berbagai macam perhiasan, meski di sisi lain manfaatnya untuk menyembuhkan dan menyelamatkan juga masih tetap melekat. Keunikan lain dari giok adalah batuan ini mudah dibentuk dan diasah menjadi berbagai jenis benda, bukan cuma perhiasan tapi juga furnitur. Ya, ada lho, meja dan kursi yang terbuat dari giok. Meski warna giok yang paling populer adalah hijau, tapi sebenarnya banyak juga jenis giok dengan warna lain misalnya saja merah, putih, serta kuning.

Manfaat Batu Giok

Imgae Source: Youtube / Mirza Kafrawi

Nggak cuma sangat cantik, ada berbagai manfaat batu giok bagi penggunanya, antara lain:

  1. Memperlancar peredaran darah

Salah satu manfaat giok yang paling terkenal terutama di kalangan masyarakat Asia Timur adalah untuk memperlancar peredaran darah yang bisa mencegah penyakit semacam darah tinggi, serangan jantung, dan juga kolesterol. 

2. Menghilangkan racun

Batu giok juga terkenal dengan manfaatnya sebagai pendetoks atau penghilang racun dari dalam tubuh. Menggunakan gelang atau kalung giok dipercaya akan membantu membersihkan tubuh dari berbagai zat berbahaya.

3. Mencegah masuknya energi negatif

Di kalangan masyarakat tradisional, giok dipercaya bisa menangkan energi negatif seperti guna-guna. Nggak heran jika giok banyak dipakaikan pada ibu hamil dan anak-anak yang dianggap rawan terkena gangguan energi negatif.

4. Menyeimbangkan tubuh

Yin dan yang atau keseimbangan antara baik dan buruk menjadi hal yang sangat penting dalam kebudayaan Tiongkok. Memakai batu giok dipercaya bisa menciptakan keseimbangan antara energi positif dan negatif di dalam tubuh.

5. Meningkatkan imunitas

Salah satu klaim terbesar dari manfaat giok adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan di dalam giok terdapai ion positif yang bisa menghindarkan tubuh dari penyakit dan meningkatkan imunitas.

6. Memaksimalkan metabolisme

Masalah metabolisme juga dipercaya bisa disembuhkan dengan batu giok. Banyak pengobatan alternatif yang menggunakan batu giok sebagai alat untuk memijat atau sekedar diletakkan di bagian tubuh tertentu seperti kepala dan perut.

7. Mencegah penuaan dini

Di dalam batu giok, terkandung mineral yang dipercaya bisa membantu menangkan radikal bebas penyebab penuaan dini. Dalam beberapa tradisi kecantikan kuno, giok juga sering digunakan untuk memijat bagian wajah.

8. Menghindarkan stres

Banyak juga yang mempercayai jika menggunakan atau membawa batu giok bisa menghindarkan seseorang dari serangan stres. Hal ini dikarenakan adanya energi positif yang ada di dalam batu giok.

9. Memaksimalkan penyerapan oksigen

Ion positif yang ada di dalam batu giok juga dipercaya bisa memaksimalkan penyerapan oksigen ke dalam darah, yang secara tidak langsung mencegah berbagai penyakit. Asupan oksigen maksimal juga membuat tubuh lebih bugar.

10. Mendatangkan keberuntungan

Percaya atau nggak, batu giok seringkali dianggap sebagai penarik keberuntungan dan juga penyelamat. Banyak orang yang menjadikannya sebagai jimat dan menyimpannya di dalam kain untuk dibawa ke manapun.

Jenis Batu Giok

Batu Giok punya cukup banyak jenis, baik itu yang lokal maupun berasal dari luar negeri. Harga dari setiap batu giok bervariasi tergantung corak dan keindahannya.

  1. Jadeite Jade

manfaat batu giok
Image Source: Courtesy Mason-Kay Fine Jade Jewelry

Disebut juga dengan imperial jade, giok satu ini seringkali dianggap sebagai giok paling asli dengan level tertinggi. Nggak heran, sebab giok jenis inilah yang kebanyakan ditemukan di negara asalnya Cina dan Birma. Giok jenis ini memiliki warna hijau yang sangat terang dan cantik.

2. Nephrite Jade

Image Source: .gemrockauctions.com

Jenis giok yang kedua adalah nephrite jade, paling banyak diperjualbelikan karena harganya yang cukup terjangkau. Dibanding jadeite jade, giok ini punya warna hijau lebih gelap menyerupai lumut. Di Indonesia, beberapa daerah juga menghasilkan giok jenis ini seperti Aceh dan Sumatera Barat.

3. Giok Solar

Image Source: U-report

Giok jenis ini memiliki warna jingga kekuningan, kadang juga sedikit coklat. Di Indonesia, giok ini bisa ditemukan di daerah Aceh. Giok Solar sangat cantik saat diubah menjadi aksesoris seperti kalung.

4. Giok Inanga

Banyak sekali pecinta giok yang sangat menyukai jenis asal Selandia Baru ini. Warnanya putih pucat dengan sedikit sentuhan warna hijau. Giok Inanga punya kilau yang memukau seperti mutiara. Uniknya, giok ini bisa berubah warna seiring berjalannya waktu.

5. Giok Tangiwai

Image Source: wakik.com

Giok jenis ini juga banyak ditemukan di Selandia Baru, memiliki ciri utama dengan warna hijau gelap kebiruan, persis dengan lautan dalam. Nama tangiwai sendiri berarti air mata, sesuai dengan kecantikannya yang menyejukkan.

6. Giok Kalimaya

Image Source: inkuiri.com

Jenis giok ini punya warna yang hampir sama dengan giok tangiwai, bedanya ada sedikit bercak kehitaman yang acak pada permukaannya. Di Indonesia, jenis giok ini bisa ditemukan di daerah Lebak.

7. Giok Red Rafflesia

giok
Image Source: BERITABATU.com.

Seperti namanya, batu giok ini memiliki warna merah bak kelopak bunga Rafflesia yang terkenal. Keindahan batu giok ini sangat unik karena berbeda dengan yang kebanyakan berwarna hijau. Banyak ditemukan di daerah Bengkulu.

8. Kingfisher Jade

giok
Image Source: lgjade.com

Giok kenis ini memiliki warna hijau yang cukup lembut, dikenal sebagai level 2 giok terbaik di dunia. Banyak figunakan untuk aksesoris di kerajaan-kerajaan Cina Kuno, termasuk juga untuk hiasan mahkota raja.

9. Apple Jade

Image Source: rexandpenny.com

Dinamakan apple jade atau giok apel karena baruan satu ini memiliki warna hijau dengan sentuhan kuning, seperti apel yang masih muda. Giok jenis ini termasuk salah satu jenis yang paling banyak dicari di Asia.

10. Snow Jade

batu giok
Image Source: jemboxx.files

Snow Jade mmempunya warna putih dengan sedikit sentuhan hijau pucat, sehingga seringkali disebut menyerupai salju. Giok ini sangat cantik saat dijadikan gelang ataupun kalung, biasanya dibentuk bulat atau lonjong.

Cara Membedakan Batu Giok Asli dan Palsu

Gimana Blibli Friends, tertarik untuk membeli giok? Pastikan kamu bisa membedakan batu giok asli dan palsu. Caranya sangat muda, giok asli nggak akan berbekas saat terkena air ataupun minyak. Batuan ini juga tahan api, sehingga nggak akan berubah warna jadi kehitaman. Namun jika dibakar terlalu lama, akan muncul cairan berwarna kecoklatan. Selain itu, batu giok asli juga nggak mudah pecah, terlihat bening dan nggak punya serat apapun.


Baca juga: CS Kochsysteme Tromso Jadi Solusi Asahan Batu Berbagai Jenis Pisau

Kalau kamu ingin mendapatkan batu giok hijau asli, coba deh buka Blibli. Ada banyak rekomendasi aksesoris berbahan batu giok terbaik dengan harga super terjangkau. Nggak cuma cantik, batu giok ini juga akan mendatangkan banyak manfaat untukmu!

Dapatkan Batu Giok Hijau Cantik Hanya di Sini!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY