me

Kaldu Jamur untuk MPASI ini Aman Buat Si Kecil, Loh!

Apr 19, 2022.By Ruth
Bagikan

image source: hellosehat.com

Setelah si kecil menginjak usia 6 bulan, pastinya konsumsi ASI saja nggak cukup. Jadi, para ibu sudah harus mempersiapkan makanan pendamping ASI yang bisa melengkapi kebutuhan gizi si kecil. Supaya memancing selera makan anak, maka bisa ditambahkan berbagai bumbu didalamnya. Contohnya saja penggunaan kaldu jamur untuk MPASI.

Kaldu jamur ini dipakai untuk menambah rasa gurih dalam makanan yang membuat selera makan anak jadi meningkat. Biasanya kaldu jamur terbuat dari jamur tiram dan memiliki beberapa kandungan bermanfaat. Tapi untuk si kecil, kamu nggak bisa sembarangan pilih kaldu jamur bukan? Simak beberapa rekomendasi kaldu jamur yang aman untuk MPASI berikut ini.

BACA JUGA: Vitamin untuk Ibu Menyusui Saat Puasa

Supermarket Online BLM


Sekilas Mengenai Kaldu Jamur

Jenis kaldu satu ini merupakan penyedap rasa yang bahan utamanya jamur. Kalau di Indonesia, biasanya kaldu jenis ini berasal dari jamur tiram. Kalau dideskripsikan, kaldu jamur sendiri memiliki rasa seperti kacang dan keju yang gurih. Selain dijadikan pengganti kaldu hewani untuk makanan vegan, juga bisa untuk campuran MPASI.

Ada banyak kandungan nutrisi dalam kaldu jamur ini biasanya ada protein, selenium, kalium, magnesium, vitamin A, B6, B12, C, dan D. Manfaatnya antara lain untuk mencegah kekurangan vitamin B12 yang berfungsi untuk produksi DNA, melindungi tubuh supaya nggak stress, serta untuk meningkatkan imunitas. Takarannya nggak boleh berlebihan yaitu cukup satu sendok teh per hari.

Rekomendasi Kaldu Jamur untuk MPASI

Bagi para ibu yang sedang mencari penyedap MPASI yang aman, kaldu jamur bisa menjadi pilihan. Nutrisinya yang diberikan kalau sudah sesuai, rasanya nggak akan kalah dengan kaldu ayam ataupun sapi. Berikut ini ada beberapa kaldu jamur yang aman untuk MPASI.

  1. Aidan Kitchen Kaldu Jamur Bubuk
    Aidan Kitchen Kaldu Jamur Bubuk (50 g)

Kaldu jamur untuk MPASI pertama adalah dari Aidan Kitchen. Produk dari Aidan Kitchen terkenal tanpa tambahan gula dan garam, serta nggak ada tambahan bahan kimia berbahaya lainnya. Kamu juga nggak perlu ragu memakainya karena 100% halal. Kaldu jamur dari Aidan Kitchen ini sudah terdaftar di departemen kesehatan, jadi kalau masalah mutu, pasti sudah terjamin.

Terbuat dari bahan jamur pilihan, kaldu jamur bubuk dari Aidan Kitchen ini bisa juga dikonsumsi oleh orang dewasa. Pemakaiannya dicampurkan pada masakan MPASI atau ditaburkan langsung ketika makanan sudah jadi. Kemasannya berupa toples dan memiliki daya tahan 3 – 6 bulan, tergantung dari penyimpanannya.

  1. Maseko Kaldu Jamur
    Maseko Kaldu Jamur Non MSG 100 gr REFILL - Bumbu Organik Penyedap Rasa

Maseko merupakan salah satu merk yang mengeluarkan kaldu jamur berbahan alami. Proses pembuatannya juga steril sehingga aman dikonsumsi oleh anak-anak. Bahan yang digunakan berasal dari panenan lokal pilihan petani Indonesia, bebas 3P (Pengawet, perasa, dan pewarna buatan). Apalagi produk ini nggak mengandung MSG dan GMO, jadi aman banget buat konsumsi si kecil.

Maseko bisa menjadi salah satu rekomendasi kaldu jamur untuk MPASI yang patut dicoba, selain sudah memiliki label halal dari MUI, bahannya juga sudah dilakukan pengujian laboratorium. Kamu bisa pilih mau beli yang kemasan botol atau refill. Cara pakainya juga mudah, bisa langsung ditaburkan ke MPASI yang sudah kamu buat.

  1. Lemonilo Kaldu Pelezat Alami (Jamur)
    Lemonilo Kaldu Mpasi Non MSG Jamur - Kaldu Jamur

Kamu pasti sudah kenal dengan merk Lemonilo yang booming lewat mie instan sehatnya bukan? ternyata Lemonilo juga punya kaldu jamur untuk MPASI berkualitas. Selain kaldu jamur, ada varian lain seperti ayam, ayam kampung, dan sapi. Kaldu jamur dari Lemonilo diklaim bebas gula dan aman dikonsumsi ibu hamil, menyusui, anak-anak, dan vegetarian. Tersedia dalam kemasan botol 150 gram dan 80 gram.

  1. Mama Kamu Kaldu Jamur
    Mama Kamu Kaldu Jamur Non MSG Bumbu Masak (80 g)

Mama Kamu Kaldu Jamur merupakan salah satu kaldu yang khusus dibuat untuk menunjang MPASI. Selain non-MSG, kaldu ini dibuat dari jamur tiram asli, tanpa pengawet dan pewarna. Juga ditambah bawang putih dan bawang merah yang disteam, kemudian dioven untuk dijadikan tepung. Jamur tiram + bawang putih + bawang merah hasil oven tadi dicampur garam dan maizena.

Kaldu jamur untuk MPASI ini memang masih mengandung gula dan garam, tetapi komposisinya aman untuk dikonsumsi bayi, anak-anak, ibu hamil dan menyusui, vegetarian, sampai manula. Tanggal kadaluarsanya juga cukup lama, sehingga aman kalau dicampurkan dengan makanan MPASI si kecil.

  1. Umamitake Kaldu Jamur Shitake
    BIONIC FARM UMAMITAKE KALDU JAMUR SHIITAKE NON MSG 75G

Berbeda dengan kaldu jamur lainnya yang kebanyakan menggunakan jamur tiram untuk bahan dasar, Umamitake ini menggunakan jamur shitake premium. Jamur ini sudah terkenal lezat meskipun tanpa bahan tambahan lain. Kalau di Umamitake yang merupakan produk dari Bionic Farm, masih dicampur dengan lada dan bawang putih supaya rasanya semakin kuat.

Meskipun berbahan jamur shitake, harganya tergolong masih ekonomis. Apalagi sudah diklaim berbahan organic non-MSG, jadi cocok banget kalau dijadikan pilihan sebagai kaldu jamur untuk MPASI. Selain bebas MSG, kaldu satu ini juga sudah bebas pengawet, perasa, dan pewarna buatan, jadi semakin sehat. Aman banget buat konsumsi si kecil setiap hari.

  1. Totole Kaldu Rasa Jamur Penyedap Rasa
    Totole Kaldu Rasa Jamur Penyedap Rasa (200 g)

Kalau merk kaldu jamur satu ini pastinya Blibli Friends sudah nggak asing lagi kan? Akhir-akhir ini, Totole kaldu rasa jamur sedang banyak diminati sebagai bumbu penyedap masakan. Terbuat dari sari jamur pilihan sebagai bahan utamanya, ditambah protein sayuran yang membuat cita rasa semakin gurih. Teksturnya dibuat semacam granule yang bisa mudah larut di air hangat.

Kamu bisa banget campur Totole kaldu jamur untuk MPASI karena memang jadi tambah gurih. Campur ke bubur sampai dengan masakan berkuah atau tumis, semuanya cocok. Apalagi kemasannya juga variatif, mulai dari yang kecil sampai jumbo. Ada juga yang kemasan isi ulang, lebih hemat tempat.

  1. Kaldu Jamur AlaNia
    Kaldu Jamur AlaNia 80gr - Penyedap Rasa - Non MSG

Kaldu jamur AlaNia merupakan salah satu yang recommended karena nggak pakai vetsin atau MSG. Jadi cocok banget kalau dijadikan kaldu MPASI. Proses pembuatan bubuk kaldunya pakai metode pengeringan bersuhu rendah, jadi kualitas gizi, aroma, warna, dan rasanya sudah pasti terjaga. Selain itu, kaldu jamur untuk MPASI satu ini juga mudah banget campur masakan karena ada formula anti gumpal.

  1. Royco Kaldu Rasa Jamur
    Bandung - ROYCO Kaldu Rasa Jamur (Multi Pack/ 2x170g)

Satu lagi kaldu jamur untuk MPASI yang mudah sekali ditemukan yaitu dari merk Royco. Kaldu ini diklaim terbuat dari jamur asli tanpa tambahan penguat rasa dan pewarna buatan. Selain itu juga ada zat besi, 9 asam amino, vitamin, A, B, dan D, yang baik untuk perkembangan si kecil. kemasannya juga ada yang sachet praktis, jadi mudah dibawa kemana-mana.


BACA JUGA: Produk Anak Yang Harus Dipunya Oleh Mama Muda!

Itu dia berbagai merek kaldu jamur MPASI yang recommended untuk dicoba di rumah. Perlu diperhatikan untuk selalu memilih kaldu non-MSG supaya si kecil selalu sehat. Kamu lebih prefer merk kaldu jamur yang mana? Jangan lupa belinya di Blibli ya, soalnya tersedia juga berbagai jenis kaldu lainnya. Apalagi kamu bisa dapat banyak promo menggiurkan.

Tag: