me

Jenis-Jenis Peci yang Sempurna untuk Ramadhan dan Lebaran

Feb 17, 2024.By Nadine
Bagikan

freepik.com/author/rembolle
Dari jenis-jenis peci yang ada di Indonesia, kamu paling cocok dengan yang mana?

Menjelang Ramadhan dan Lebaran, kamu pasti menyiapkan banyak hal yang bisa menunjang ibadahmu di bulan baik. Dalam hal penampilan, jangan lupa kamu bukan hanya perlu baju koko terbaik namun juga penutup kepala alias peci yang sesuai dan harmonis dengan gata berbusanamu. Menariknya, ternyata jenis peci di Indonesia ada banyak, lho.

Di tahun 2024 ini, kamu musti punya setidaknya satu dari jenis peci yang populer supaya nggak ketinggalan gaya. Memang sih, pakaian yang kamu kenakan nggak langsung berhubungan dengan kualitas ibadah. Namun, dengan memilih item dari jenis-jenis peci yang sedang trend, kamu jadi lebih pede sehingga tenang saat melakukan ibadah atau menghadiri berbagai acara keagamaan.

Baca Juga :


Peci Songkok

Peci Songkok
blibli.com

Pertama, ada yang namanya peci songkok. Mungkin ini adalah jenis peci yang paling populer dan nggak lekang oleh waktu di Indonesia. Sejak zaman tahun dulu sampai sekarang, peci songkok yang juga disebut dengan nama kopiah masih acap dikenakan baik untuk tahlilan, shalat, mengaji dan lain sebagainya.

Terlepas dari apapun mereknya, peci songkok umumnya terbuat dari bahan suede seperti beludru sehingga sangat lembut disentuh. ada yang polosan aja, ada juga yang dilengkapi dengan motif yang mengelilingi songkok. Di beberapa daerah, tingginya songkok menunjukkan status sosialnya di tengah masyarakat. Menarik, kan? 

Peci Rajut Kopiah

Peci Rajut Kopiah
blibli.com

Selanjutnya, ada yang namanya peci rajut kopiah. Bisa dibilang ini adalah perpaduan antara kopiah dengan bentuk yang udah tercetak dengan bahan rajut yang lentur dan melar. Kalau dilihat, peci rajut kopiah ini cukup unik karena seringkali, motif rajut yang digunakan terkesan etnik yang nggak biasa dan bikin gayamu berbeda.

Nggak seperti kopiah konvensional yang berwarna hitam, rajut kopiah ini memiliki banyak pilihan warna mulai dari yang teduh sampai yang terang. Semuanya bagus, tergantung dari seleramu. Kalau nggak ingin tampil mencolok saat ibadah, pakailah yang berwarna teduh. Namun, kalau ingin lebih nampak atau takut peci tertukar, nggak ada salahnya memilih warna terang.

Peci Topi Jaring

Peci Topi Jaring
blibli.com

Ini dia nih, peci yang lagi hits di kalangan anak muda. Namanya adalah peci topi jaring. Namanya unik begini karena memang merupakan kombinasi nggak biasa antara topi kupluk dengan konsep peci. Nah, yang bikin lebih seru lagi adalah bagian sampingnya disisipi bahan jaring yang memberikan sirkulasi udara saat memakainya. Efeknya, kamu nggak gampang gerah saat memakai peci topi ini.

Ada banyak warna yang tersedia untuk peci topi. Ada yang terang seperti kuning dan merah, namun ada juga yang gelap seperti hitam. Jangan mencari topi peci warna putih ya karena emang jarang banget dan bahkan nggak ada. Mungkin itu karena peci ini emang didesain sebagai pelengkap penampilan jadi harus mencolok.

Peci Rajut

Peci Rajut
blibli.com

Buat kamu yang malas bawa peci besar kemana-mana karena ribet dan nggak bisa rapi masuk kantong, coba aja pakai peci rajut. Beda dengan kopiah rajut sebelumnya, peci rajut ini beneran full rajut sehingga elastis dan bisa ditekuk sampai bentuk terkecil. Dia sangat fleksibel dan mengikuti bentuk kepala pemakainya. 

Kelebihan dari peci rajut ini adalah dia sangat ringan. Jika kamu termasuk orang yang nggak betah pakai penutup kepala berlama-lama, maka peci rajut ini menjadi solusi supaya tetap rapi namun nyaman ketika beribadah. Selain itu, pilihan warnanya juga banyak banget, bisa kamu sesuaikan dengan nuansa baju muslimmu.

Peci Malaysia

Peci Malaysia
blibli.com

Pernah dengar nggak sih, peci Malaysia? Namanya demikian mungkin karena dulunya banyak dipakai oleh orang Melayu yang ada di Malaysia. Semakin berkembang zaman, peci ini menyebar hingga akhirnya masuk ke Indonesia dan menjadi salah satu yang tren saat ini. Kalau dilihat sepintas, peci Malaysia mirip dengan kopiah rajut bentuknya.

Nah, bedanya adalah bahannya. Peci malaysia yang bentuknya udah cetakan terbuat dari bahan yang lembut seperti keluarga baby terry yang ketika dipakai memberikan rasa hangat di kepala. Biasanya, peci Malaysia nggak punya banyak pilihan warna, hanya hitam dan putih. Alih-alih membosankan, ini justru menguntungkan karena kamu jadi nggak bingung milihnya.

Peci Mesir

Peci Mesir
blibli.com

Sebangsa dengan peci Malaysia, ada juga yang namanya peci Mesir. Secara bentuk mereka berdua sangat mirip. Bedanya adalah peci Mesir memiliki celah di bagian kanan dan kirinya yang bisa kamu gunakan untuk menyimpan benda tipis kecil misalnya uang amal jika celanamu nggak ada kantongnya, hehe.

Intinya adalah, peci Mesir menawarkan kenyamanan yang sama karena menggunakan bahan serupa dengan peci Malaysia. Pilihan warnanya lebih banyak, mulai dari teduh, terang, netral sampai penuh warna. Kamu jadi bisa menyesuaikannya dengan pakaian muslim yang dikenakan. Biar senada dan seirama, gitu.

Peci Beanicap

Peci Beanicap
blibli.com 

Biasa disebut dengan peci kupluk, peci jenis ini sering dipakai oleh Ustadz Hannan Attaki. Selain nyaman, kesan kasual sangat terpancar saat kamu memakainya sehingga dia cocok buat acara santai misalnya sata berbuka bersama atau menghadiri kajian. Buat shalatpun sebenarnya oke, selama kamu memakainya nggak sampai menutupi dahi yang harus menempel di sajadah saat sujud.

Peci beanicap ini terbuat dari bahan mirip rajut jadi pasti melar, nyaman dan mengikuti bentuk kepala. Dia nggak menekan sama sekali, dipakai lama juga nggak bakalan bikin pusing. Ada banyak warna yang tersedia dan bisa dipilih sesuai kebutuhanmu aja. Boleh banget sih, punya beberapa varian warna peci ini.

Peci Haji

Peci Haji
blibli.com

Terakhir, ada peci haji. Kamu yang masih asing dengan peci ini bisa sambil mengingat sosok Pak Haji yang ada di sinetron jadul Tukang Bubur Naik Haji. Warnanya putih bersih dengan sedikit ornamen emboss yang warnanya senada jadi dari jauh seperti putih polos aja gitu. Bentuknya standar karena udah cetakan pabrik. Jadi, kamu bisa memilih berdasarkan nomornya.

Walaupun namanya peci haji, bukan berarti yang belum pergi haji nggak boleh pakai. Kamu bisa kok, memakainya dengan bebas misalnya saat menghadiri tabligh akbar, pengajian, shalat berjamaah, tadarus sampai buka bersama. Kesannya lebih formal, jadi pas dikenakan di acara tersebut.


Baca Juga :

Semua jenis peci di atas tersedia di Blibli, jadi kalau tertarik langsung aja belanja di sini. Selain menghadirkan koleksi peci yang lagi tren, Blibli juga kasih kamu banyak promo dan diskon yang bikin belanja jadi lebih hemat dan menyenangkan. Mumpung belum masuk bulan puasa nih, buruan persiapkan kebutuhan busanamu bareng Blibli.

Tag:

Artikel Kategori Terkait

Artikel Tag Terkait

Artikel Penulis Terkait

Lihat Artikel Lainnya