me

8 Cara Agar Tas Dompet Tahan Lama

May 06, 2024.By Nadine
Bagikan

freepik.com/author/mayakruchankova
Simak 8 cara agar tas dompet tahan lama ini dulu sebelum beli yang baru!

outfit cewek bumi, ootd cewek bumi earth tone wanita

Siapa yang nggak kesal kalau tas dompet wanita yang baru dibeli belum begitu lama mengalami kerusakan? Entah itu karena kulitnya mengelupas, berubah warna, atau kerusakan lainnya, pasti sama-sama bikin kesal. Karena itu, kita bakal membahas cara agar tas dompet tahan lama di bawah ini supaya masalah yang sama nggak terjadi lagi!

Baca juga :


Hindarkan dari Sinar Matahari Langsung

Hindarkan dari Sinar Matahari Langsung
freepik.com/author/graphicsobai

Pertama-tama, kalau Blibli Friends menyimpan tas di rumah atau di mana pun dalam waktu cukup lama, sebaiknya hindari tempat penyimpanan yang terkena sinar matahari langsing. Mirip make up, bahan tas dan dompet juga bisa sensitif terhadap sinar matahari atau sinar lampu yang terang banget. 

Kalau cuma beberapa jam saja sebenarnya aman, tapi kalau sampai lebih dari 12 jam dan setiap hari, sebaiknya jangan. Simpan di tempat yang nggak langsung terkena sinar terang, dengan begitu kulitnya lebih awet, nggak mudah mengelupas dan berubah warna. Pastikan simpan tas 9 to 12 kamu di tempat yang sejuk, ya!

Simpan di Dust Bag

Simpan di Dust Bag
freepik.com/author/rawpixel-com

Banyak yang mengira kalau dust bag cuma bisa dipakai tas dari bahan kulit saja, padahal nggak juga, lho. Kalau kamu kepingin tas lebih tahan lama dan bentuknya tetap seperti waktu baru dibeli, begitu sudah nggak dipakai lagi sebaiknya disimpan dalam dust bag bersih. Sama juga dengan tas yang baru kamu beli di 9 to 12 Official Store

Dompet, pouch, dan jenis tas lain juga disarankan dimasukkan ke dalam dust bag yang sesuai dengan ukuran masing-masing kalau mau disimpan. Apalagi kalau nggak berencana kamu pakai dalam waktu yang cukup lama. Menyimpan dalam dust bag membantu tas dan dompet tetap terjaga bentuk dan kebersihannya.

Bersihkan Tas, Tapi Jangan Terlalu Sering

Bersihkan Tas, Tapi Jangan Terlalu Sering
freepik.com

Namanya juga item fashion, tas dan dompet juga perlu dibersihkan, seperti halnya sepatu dan baju. Tapi kalau mau tahan lama, ternyata tas dan dompet nggak perlu dibersihkan terlalu sering, Cuma kalau benar-benar kotor saja atau kalau kamu butuh tampilannya benar-benar fresh. Kalau terlalu sering dibersihkan, justru bisa bikin bahannya cepat kusam, bahkan cepat rusak.

Cara membersihkan tas dan dompet juga berbeda-beda, tergantung dari bahannya. Untuk yang bahannya kulit, campurkan sabun cuci piring dengan air hangat, lalu celupkan lap bersih yang bahannya lembut. Setelah diperas, lap bahan tas dan dompet kulit dengan lembut dan bersihkan dengan kain kering atau handuk. 

Sementara untuk bahan tas dan dompet dari kain nilon, bisa dicuci dengan manual menggunakan sabun yang formulanya lembut. Bungkus dulu dengan handuk bersih lalu peras, kemudian jemur secara alami sampai benar-benar kering. 

Keluarkan Tas & Dompet Sesekali

Keluarkan Tas & Dompet Sesekali
freepik.com/author/EyeEm

Blibli Friends tipe yang suka mengoleksi tas dan dompet dalam jumlah banyak? Kalau begitu, pasti banyak banget tas dan dompet yang tersimpan di dalam lemari, laci, atau di dalam dust bag, kan? Nah, jangan lupa kalau koleksimu ini juga butuh “bernafas,” lho. Terutama untuk yang terbuat dari kulit, karena ini bakal membuat warna kulitnya tetap segar dan nggak cepat kusam. 

Sinar matahari memang perlu dihindari, tapi kalau cuma sesekali, justru baik untuk kondisi kulit tas dan dompet. Pas kamu mengeluarkan tas dan dompet yang sudah lama disimpan, aman banget kok untuk meletakkannya di area yang terkena sinar matahari. Asalkan jangan lama-lama, 10 menit saja sudah cukup. Setelah itu pindahkan ke bagian ruangan yang tertutup sinar matahari. 

Tutup Tas dan Dompet Saat Disimpan

Tutup Tas dan Dompet Saat Disimpan
freepik.com/author/EyeEm

Terkadang pas kita menyimpan tas dan dompet yang sudah nggak dipakai, kita menyimpannya dalam keadaan terbuka di dalam lemari. Cara ini ternyata nggak disarankan, lho. Terutama kalau kamu menggantung tas dan membiarkannya dalam keadaan terbuka. Ini bisa bikin bentuk tas jadi miring atau nggak sempurna ke satu sisi. 

Jadi, mulai sekarang kalau mau menyimpan tas dan dompet, sebaiknya tutup dulu dengan benar. Entah itu menggunakan zipper, kancing magnet, velcro, dan lain-lain, tutup dulu  dengan baik, baru deh disimpan dengan cara yang tepat supaya bentuknya tetap awet. 

Perbaiki Kalau Ada Bagian yang Rusak

Perbaiki Kalau Ada Bagian yang Rusak
freepik.com/author/EyeEm

Kancing tas rusak atau zipper nggak mau menutup? Tas dan dompet yang mahal sekalipun kadang ada saja yang rusak. Nah, kalau sudah ada bagian yang rusak, sebaiknya jangan menunda terlalu lama untuk mereparasinya. Kalau terlalu lama, kadang kerusakannya bisa bertambah parah. 

Sekarang sudah banyak jasa khusus perbaikan tas yang bisa Blibli Friends temukan gerainya di pinggir jalan besar atau mungkin di dalam pusat perbelanjaan. Biasanya mereka tahu bagaimana mengatasi masalah pada tas dan dompet, lalu bakal memberi beberapa opsi solusi untuk pemilik tasnya. Setelah itu, kamu bisa pilih teknik reparasinya dan bakal ditangani dengan profesional. 

Jangan Ragu Menggunakan Produk Perawatan yang Bagus

Jangan Ragu Menggunakan Produk Perawatan yang Bagus
freepik.com/author/EyeEm

Kalau kebetulan Blibli Friends punya tas dan dompet branded yang harganya cukup tinggi, jangan ragu membeli produk perawatan untuk tas dan dompet yang bagus. Biasanya tersedia produk khusus untuk merawat bahan dari kulit, seperti krim khusus untuk kulit. Kalau membersihkan dengan krim ini, kamu nggak bakal khawatir bahan tas dan dompet kulitmu jadi cepat rusak. 

Sementara itu, tas dan dompet yang terbuat dari bahan suede atau beludru bisa dibersihkan menggunakan pembersih khusus yang bentuknya berupa spray. Sebaiknya tanyakan pada pihak produsen tas atau ahlinya supaya tahu jenis produk perawatan yang tepat. 

Cek Tas dan Dompet Secara Berkala

Cek Tas dan Dompet Secara Berkala
freepik.com/author/freepik

Cara yang terakhir ini adalah cara merawat tas dan dompet yang paling mudah dan terjangkau. Blibli Friends cuma perlu mengecek kondisinya secara berkala. Ini bakal membantumu mengetahui kalau ada tas dan dompet yang mengalami kerusakan, perlu dibersihkan, dan lain-lain. 

Selama tas dan dompet disimpan, mungkin saja ada sesuatu yang salah dengan cara penyimpanannya. Kalau nggak pernah dicek, bisa jadi kerusakannya ini jadi lebih cepat memburuk. Sementara kalau kita rajin mengeceknya, pasti langsung ketahuan. Jadi, jangan lupa buka tempat penyimpananmu sesekali untuk memastikan nggak ada yang rusak, ya. 


Baca juga :

Nah, itu dia beberapa cara agar tas dompet tahan lama yang bisa kamu coba sendiri praktekkan di rumah. Kalau konstan dijaga, pasti tas dan dompet kamu kondisinya jadi seperti baru terus. Tapi kalau kamu butuh tas dan dompet baru yang berkualitas, jangan lupa mendapatkannya di laman Fashion Wanita Blibli. Pilihannya lengkap, kualitasnya nggak perlu diragukan lagi! Yuk, cek sekarang juga di Blibli!