me

8 Ragam Jenis-Jenis Gula, Apa Saja?

Nov 03, 2023.By Blibli Friends
Bagikan

Image Source : umroh.com

Jenis-Jenis Gula – Siapa yang nggak suka dengan rasa manis? Semua orang pastinya suka rasa manis yang dihasilkan oleh makanan, minuman atau senyuman si doi yang manis. Eh? Kamu pasti tahu dong kalau rasa manis yang ada di makanan atau minuman asalnya dari gula.

Sebelum bahas lebih jauh soal jenis-jenis gula, kamu tau nggak sih apa aja yang terkandung di jenis-jenis gula? Singkatnya gula adalah suatu karbohidrat sederhana yang menjadi sumber energi bagi tubuh manusia. Gula juga menjadi salah satu komoditas perdagangan utama dalam suatu negara. Nah, dari asalnya yang sederhana ini munculah beraneka ragam jenis-jenisnya.

Penasaran apa aja jenis-jenis gula? Simak ulasan ini sampai selesai ya. Setidaknya kalau kamu bisa tau kalo di dunia ini isinya nggak cuman gula pasir aja. Oke, yuk mulai ulasan tentang jenis-jenis gula!

Baca Juga :


1. Refined Sugar

fimela.com

Refined sugar atau gula rafinasi biasanya juga disebut gula kristal putih. Gula ini merupakan produk olahan gula mentah yang sudah melalui proses pemurnian. Biasanya warnanya lebih putih dibandingkan dengan gula pada umumnya yang berwarna kecoklatan.

Gula rafinasi ini biasanya dipakai oleh orang-orang yang bekerja di bidang pembuatan kue manis atau penikmat kuliner manis. Cita rasa manis yang ada di makanan tadi asalnya adalah dari gula rafinasi ini. Kalau nggak ada gula rafinasi, cita rasa kue manis tadi bakal hilang. Jadi namanya bukan kue manis lagi, tapi berubah jadi roti goreng, roti panggang dan lain sebagainya.

Salah satu produk gula rafinasi yang bisa kamu cobain adalah Gulus, Gula Halus dari Primsfood. Gulus memiliki produk yang tekstur gulanya sangat halus, bahkan saking halusnya bisa jadi kayak tepung gitu. Gulus biasanya dipakai untuk taburan donat atau mini cake gitu.

Apakah Gulus aman dikonsumsi? Tentu saja karena Gulus merupakan 100% refined sugar. Apalagi Gulus sudah teruji klinis dan halal oleh BPOM dan MUI. Jadi bisa kamu konsumsi dengan mudah dan mendapatkannya pun mudah. Untuk harganya, refined sugar dari Gulus ini dibanderol dengan harga Rp12 ribuan

2. Raw Sugar

motherjones.com

Jenis gula lainnya yang harus kamu tau adalah Raw Sugar. Berbeda dengan refined sugar yang merupakan gula berwarna putih bersih, Raw sugar adalah kebalikannya. Raw sugar bertekstur kristal dan berwarna kecoklatan.

Bahan dasar pembuatan gula ini adalah tanaman tebu. Jadi bentuknya mirip sama gula pasir yang biasanya ada di rumah-rumah itu. Salah satu produk raw sugar yang bisa kamu pilih dan aman dikonsumsi adalah produknya Puravita. Kenapa?

Karena produk Puravita ini, merupakan gula pasir yang terbuat dari 100% tebu. Puravita menjaga kualitas produknya dengan menjaga keamanan produksi yang menggunakan teknologi tinggi. Gula milik Puravita biasanya memiliki tekstur kristal dan  berwarna putih.

Jenis gula seperti ini bisa langsung kamu pakai atau konsumsi di rumah. Jadi nggak perlu melewati proses pengolahan lagi. Untuk harganya, gula dari Puravita bisa kamu dapatkan dengan harga 12 ribuan saja.  

3. Gula Jawa

royco.com

Dari namanya sudah ketebak ya. Gula Jawa berarti dibuat oleh orang Jawa. Ya ada benarnya, tapi dalam pengertian yang lebih luas gula jawa merupakan gula yang berasal dari nira kelapa murni. Biasanya gula ini diolah secara tradisional dan berwarna coklat. Bentuknya ada beberapa macam, ada yang agak bundar, bundar dan tabung.

Blibli Friends pasti udah punya gambaran, gula Jawa itu seperti apa. Terus apa bedanya gula jawa dan gula aren? Jadi guys, bedanya gula Jawa dan gula aren ada di proses pembuatannya. Hasilnya juga agak berbeda, mulai dari bentuk dan teksturnya. Semuanya berbeda. Kalau gula aren proses pembuatanya pakai nira kelapa dimasak selama 1 jam dan dimasukan dalam cetakan batok kelapa.

Kalau gula Jawa, proses pembuatannya menggunakan nira kelapa dimasak lebih dari satu jam bahkan sampai 3,5 jam sehingga nira kelapa benar-benar dan mengental berwarna coklat gelap. Hasil akhir dari gula jawa bertekstur keras dan berwarna coklat gelap.

Salah satu produk gula Jawa yang bisa kamu cicipi adalah Gula Jawa dari Banyumas Jawa Tengah. Gula ini diolah secara tradisional dan tanpa tambahan ataupun bahan kimia berbahaya jenis apapun. Gula ini aman dikonsumsi oleh siapa saja dan bisa dijadikan bumbu dasar bahan makanan. Kamu bisa memperoleh Gula jawa ini dengan harga Rp 160 ribu untuk ukuran 10kg.

4. Gula Kastor

blibli.com

Terakhir, jenis gula terakhir yang harus kamu tahu. Mungkin dari semua jenis gula yang udah dibahas sebelumnya gula kastor adalah nama paling asing di baca. Setuju nggak? Oke, biar nggak asing-asing banget mari kenalan dulu.

Istilah gula kastor sebenarnya ditujukan kepada gula yang memiliki tekstur halus. Tapi bukan halus seperti bubuk gula tadi. Tekstur gula kastor posisinya berada di tengah-tengah gula pasir dan gula bubuk. Begitulah teksturnya.

Gula kastor ini sangat cocok digunakan untuk membuat kue, permen, dan aneka makanan manis lainnya karena mudah mencair, larut, dan menyatu dengan bahan-bahan olahan lainnya. Kamu bisa membuat gula ini di rumah dengan menggunakan blender. Tapi kalau rasanya terlalu memusingkan, kamu bisa langsung beli produknya aja.

Gula kastor yang bisa kamu coba adalah gula kastor Royal Premium dari None. Produk ini tersedia dalam bentuk kemasan berukuran 500 gram. Untuk harganya, kamu cukup siapkan uang Rp 12 ribu aja buat dapetin gula kastor ini. Murah meriah, olahan kue, cream, pastry, cake, cookies di rumah jadi enak dan berkualitas.

5. Gula Aren

kompas.com

Siapa yang punya hobi minum kopi kekinian nih? Gula yang terbuat dari nira pohon enau ini memang saat ini sedang digandrungi oleh masyarakat luas. Gula aren sendiri memiliki rasa yang lebih legit dan manis apabila kita bandingkan dengan gula jawa. Selain itu, gula aren memiliki aroma harum yang khas. Selain memiliki aro serta rasa yang enak, gula aren memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan loh seperti menyeimbangkan kadar gula dalam darah dan dapat mengendalikan bakteri di usus karena memiliki kandungan inulin di dalamnya.

6. Brown Sugar

kompas.com

Kalau kalian suka banget minum boba, pasti ga asing lagi nih sama yang namanya Brown Sugar. Banyak orang yang mengira kalau brown sugar itu sama dengan gula merah atau pun gula palem, padahal ini adalah jenis gula yang berbeda.  

Brown sugar sebenarnya terbuat dari gula putih yang dicampurkan dengan molases sehingga menghasilkan warna kecoklatan pada gulanya. Brown sugar sendiri terdapat 2 versi, ada yang light brown sugar dan dark brown sugar. Jenis gula ini diketahui memiliki rasa yang manis namun terdapat aroma karamel yang khas, selain itu dipercaya bahwa Brown Sugar memiliki kandungan kalium, kalsium, zat besi, magnesium, dan vitamin B yang berguna untuk tubuh. 

7. Gula Batu

tempo.co

Kalau mampir ke angkringan nasi kucing, kayaknya kurang lengkap deh kalo gak pesan teh poci dengan gula batunya benar gak sih? Gula batu sendiri banyak digunakan dalam minuman ataupun hidangan penutup. Rasanya yang ringan dan tidak terlalu manis lah yang membuat gula ini digemari oleh banyak orang. Gula batu sendiri merupakan gula putih atau coklat yang dikristalisasikan menjadi bentuk batu. Gula ini sering dijadikan sebagai pengganti gula pasir karena gula ini memiliki tingkat gula darah yang lebih rendah. 

8. Gula Pasir

ekonomi.bandung.go.id

Siapa sih yang gak kenal dengan gula pasir? Gula yang paling mudah ditemukan dan paling banyak digunakan oleh masyarakat. Gula pasir sendiri terbuat dari air tebu yang diproses membentuk kristal dengan butiran yang kasar. Gula pasir sendiri dikenal sebagai salah satu sumber energi bagi tubuh dan juga dapat dijadikan sebagai bahan yang dapat membantu dalam  pengolahan makanan, seperti dalam mengawetkan makanan dan juga fermentasi makanan. 


Baca Juga :

Kalau dilihat-lihat hampir semua produk dan jenis gula ini dibanderol dengan harga yang cukup bersahabat ya. Kamu nggak perlu merogoh terlalu banyak uang lho buat bisa dapetin gula jenis apapun yang kamu butuhkan. Karena jenisnya juga beraneka ragam, kamu harus pintar memilih dan jeli ya. Jangan sampai kamu salah masukkan gula saat bikin makanan.

Pokoknya hal pertama yang harus selalu ada adalah gula dari Puravita. Karena dari semua jenis gula yang dijelaskan di atas, gula Puravita adalah yang paling sering dipakai dan paling banyak dibutuhkan. Hampir semua aktivitas masak dan buat minuman menggunakan gula jenis ini. Jadi kalau gula Puravita kamu dirumah udah habis, bisa langsung check out produknya di Blibli ya.

Blibli juga sudah nyiapin banyak diskon menarik, potongan harga dan penawaran harga dari berbagai took yang bisa kamu pilih secara gratis. Kamu juga bisa dapetin ekspedisi pengiriman ke seluruh Indonesia. Kalau beruntung, kamu bahkan bisa dapetin promo gratis ongkir. Kurang baik apa coba? Makanya langsung aja mampir ke Blibli, pilih produknya terus check out deh. Jangan sampai kehabisan ya, Blibli Friends!

Tag:

Artikel Kategori Terkait

Artikel Tag Terkait

Artikel Penulis Terkait

Lihat Artikel Lainnya