me

10 Makanan yang Mengandung Lemak

Nov 05, 2021.By Blibli Friends
Bagikan

Image Source: www.shop.hestancue.com

Makanan yang Mengandung Lemak – Blibli Friends pasti mengira bahwa lemak adalah zat yang memiliki kandungan jahat yang berbahaya bagi tubuh. Padahal, tanpa Blibli Friends tahu, lemak juga dapat bermanfaat bagi tubuh, lho. Tapi, harus diperhatikan juga jumlah konsumsi lemak dalam tubuh agar nggak berlebihan.

Lemak adalah zat yang sangat diperlukan bagi tubuh karena dapat membantu penyerapan vitamin A, D, dan E. Hanya ketiga vitamin inilah yang harus dibantu dengan adanya lemak agar dapat terserap dengan baik oleh tubuh.

Konsumsi lemak dalam tubuh dapat diubah menjadi energi, dan bila masih tersisa maka lemak bisa menumpuk dalam tubuh. Hal itulah yang mengakibatkan gangguan kesehatan seperti kolesterol, jantung dan obesitas.

BACA JUGA: Rekomendasi Makanan yang Mengandung Protein Tinggi

___________________________________________________________________________

Jenis-Jenis Lemak

Lemak dibagi menjadi tiga jenis, yaitu lemak tak jenuh, lemak jenuh, dan lemak trans. Lemak tak jenuh biasanya ditemukan pada buah-buahan dan sayuran dalam temperatur ruang dengan bentuk cair. Lemak ini bisa menambah kadar kolesterol baik atau HDL di dalam darah. Konsumsi lemak ini bisa mencegah penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Lemak jenuh seringkali ditemukan pada temperatur ruangan dengan bentuk yang padat. Biasanya, lemak jenuh mudah ditemui pada makanan manis dan asin. Lemak jenis ini bisa menambah kadar kolesterol LDL di dalam darah.

Berbeda dengan lemak tak jenuh, lemak jenuh justru meningkatkan resiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2.  Lemak trans mudah ditemukan dalam jumlah sedikit pada daging dan susu. Sedangkan dalam jumlah besar pada makanan yang digoreng. Setiap makanan yang melalui proses penggorengan pasti minyaknya mengalami proses hidrogenasi parsial yang menghasilkan lemak trans.

Konsumsi jenis lemak ini hanya diperbolehkan nggak lebih dari 2% saja karena bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat dan mengakibatkan resiko penyakit jantung.

Hmm, semakin tahu jenis-jenis lemak, fungsi, dan bahayanya, Blibli Friends harus lebih selektif lagi ya dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi.

5 Manfaat Konsumsi Lemak

lemak
Image Source: www.health.com

Perlu Blibli Friends tahu, mengonsumsi lemak nggak hanya membawa dampak buruk bagi kesehatan, tapi juga bisa bermanfaat bagi tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat mengonsumsi lemak bagi tubuh.

  1. Menjadi sumber energi bagi tubuh

Jumlah konsumsi lemak dalam tubuh sangat berguna bagi kesehatan, karena lemak yang terserap bisa diubah menjadi energi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk beraktivitas sehari-hari. Maka dari itu, konsumsilah lemak dalam jumlah yang wajar.

Karena jika jumlah lemak berlebih setelah sebagian telah diubah menjadi energi, maka lemak akan terus tertimbun di dalam tubuh.

Lemak yang terus tertimbun lama-lama akan semakin mengganggu sistem metabolisme di dalam tubuh, dan jika dibiarkan terus-menerus maka akan berpengaruh pada kondisi kesehatan.

  1. Membantu penyerapan beberapa vitamin

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, lemak dapat membantu proses penyerapan vitamin pada tubuh. Vitamin yang dimaksudkan adalah jenis vitamin yang mudah larut di tengah keberadaan lemak.

Beberapa vitamin yang sangat mudah larut dalam lemak adalah vitamin A, vitamin D, dan vitamin E. Kemunculan dari bantuan lemak, membuat ketiga vitamin ini dapat terserap dengan baik oleh tubuh.

  1. Melindungi organ-organ penting di dalam tubuh

Keberadaan lemak di dalam tubuh berfungsi sebagai lapisan atau bantalan dari organ-organ penting tersebut untuk melindungi dari terjadinya benturan. Benturan yang terjadi bisa saja menyebabkan kerusakan jika organ di dalam tubuh nggak dilapisi dengan lemak.

Lemak juga bisa membantu tubuh dalam proses produksi sel-sel dan hormon yang ada, agar tubuh tetap berfungsi dengan baik.

  1. Mengontrol jumlah kadar gula dalam darah

Konsumsi lemak dalam jumlah yang seimbang, terutama lemak tak jenuh, bisa membantu mengontrol jumlah kadar gula yang ada di dalam darah. Tubuh yang memiliki kadar gula pada keadaan normal, maka bisa mencegah terjadinya resiko penyakit diabetes.

Apalagi jika konsumsi lemak tak jenuh dibarengi dengan serat, biji-bijian, dan protein, maka bisa bermanfaat bagi pemeliharaan kesehatan tubuh.

  1. Meningkatkan jumlah kolesterol baik dalam tubuh

Jumlah konsumsi lemak sehat yang sesuai akan bisa meningkatkan kadar kolesterol baik, serta bisa menurunkan kolesterol buruk dari dalam tubuh. Hal ini bisa dipastikan ketika Blibli Friends mengonsumsi makanan yang alami, tanpa adanya tambahan dari bahan pengawet.

Jika terus dikontrol dan diawasi jumlah konsumsinya dalam kadar yang sesuai, lemak sehat juga bisa mencegah terjadinya penyakit jantung dan stroke hingga 80%.

10 Makanan yang Mengandung Lemak

Setelah mengetahui manfat dari mengonsumsi lemak dalam jumlah yang sesuai bagi tubuh, selanjutnya Blibli Friends perlu mengetahui makanan apa saja yang mengandung lemak. Yuk, kita simak sama-sama!

  1. Keju

keju
Image Source: www.culturesforhealth.com

Keju merupakan salah satu hasil produk olahan dari susu yang diproses melalui koagulasi dengan bantuan bakteri atau enzim rennet. Keju nggak hanya memiliki kandungan asam asam lemak yang kuat, tapi juga kalsium, protein, fosfor, vitamin B12, dan selenium.

Jumlah kandungan asam lemak inilah yang bisa menurunkan resiko penyakit diabetes tipe 2 yang seringkali diderita oleh masyarakat.

PROCHIZ Gold Keju Cheddar Olahan 160 g

  1. Yogurt

HEAVENLY BLUSH YOGURT GREEK PEACH 100GR

Selain keju, yogurt juga merupakan produk olahan dari susu yang difermentasikan sehingga menghasilkan bakteri baik atau probiotik dan lemak baik yang dibutuhkan oleh tubuh.

Mengonsumsi yogurt dengan porsi yang sesuai bisa membantu mengurangi tekanan darah tinggi pada wanita sampai 20%. Selain itu, bisa mencegah terjadinya obesitas dan memelihara kesehatan jantung.

  1. Alpukat

Alpukat Mentega 1 Kg - KEDAIMART

Buah yang satu ini terkenal mengandung lemak baik dalam jumlah yang besar. Lemak yang terkandung dalam alpukat merupakan asam oleat atau yang lebih dikenal dengan lemak tak jenuh tunggal.

Asam oleat berfungsi sebagai anti inflamasi dan anti kanker. Selain itu, minyak yang terkandung pada alpukat juga bisa mencegah resiko penyakit jantung dan diabetes.

Nggak hanya itu, zat lutein yang terkandung dalam alpukat bisa membantu memelihara kesehatan mata dan berperan sebagai sumber kalium yang melimpah.

  1. Dark Chocolate

coklat
Image Source: www.thespruceeats.com

Mengonsumsi 1 ons dark chocolate bisa memenuhi kebutuhan lemak sehat dalam tubuh serta berbagai nutrisi lainnya seperti kalsium, kalium, magnesium, dan kaya akan zat antioksidan.

Bahkan, nggak jarang pula bagi Blibli Friends yang mengonsumsi dark chocolate bisa menurunkan resiko penyakit jantung serta meningkatkan fungsi kerja otak.

coklat batangan / coklat premium dark chocolate compund batangan - 5KG

  1. Chia Seed

Sayurbox El Organico Chia Seed Organik 100 gram - JKT

Chia seed memiliki ukuran yang kecil, tapi kaya akan kandungan nutrisi seperti lemak, serat, zat besi, protein, kalsium, omega-3 dan antioksidan.

Mengonsumsi chia seed bisa mengurangi gejala rheumatoid athritis, menurunkan tekanan darah yang cenderung tinggi, serta membantu mengurangi jumlah trigliserida di dalam darah.

  1. Telur

Telur Ayam Omega / Fresh Healthy Omega Egg So Good - 10 Butir

Sebutir telur mengandung 5,3 gram lemak, di antaranya 1,6 gram lemak jenuh dan juga kandungan kalori sebanyak 78 kkal. Selain kedua kandungan tersebut, telur juga dilengkapi dengan kandungan vitamin B, vitamin D, kolin, lutein, serta fitonutrien.

Mengonsumsi telur bisa meningkatkan fungsi otak, syaraf, hati, dan otot. Bahkan, telur juga bisa menurunkan resiko penyakit jantung yang menjadi momok bagi sebagian atau bahkan hampir semua Blibli Friends.

  1. Ikan

Norwegian Salmon Premium Fillet Fresh 100 gram

Ikan mungkin menjadi salah satu makanan favorit bagi sebagian Blibli Friends yang mengandung asam lemak tak jenuh, omega-3, dan protein yang dibutuhkan untuk memelihara kesehatan tubuh.

Mengonsumsi ikan bisa membantu dalam memelihara kesehatan jantung dan kerja otak. Tapi, nggak semua ikan bisa dikonsumsi karena beberapa di antaranya memiliki kandungan zat-zat berbahaya, salah satunya adalah merkuri. Ikan tersebut adalah ikan hiu dan todak.

  1. Kacang

Kacang Mede Panggang 500 Gr ( Plain )

Kacang merupakan cemilan sehat yang memiliki banyak kandungan lemak sehat, protein, serat, mineral, vitamin, antioksidan, serta pitosterol. Kandungan dalam kacang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Manfaat tersebut di antaranya adalah mencegah resiko penyakit jantung, diabetes tipe 2, serta memelihara kesehatan otak.

  1. Tahu

tahu
Image Source: www.scmp.com

Meskipun harganya yang ekonomis, tahu sangat bermanfaat karena bisa memenuhi kebutuhan kalsium, protein dan lemak harian untuk tubuh.Tahu merupakan makanan yang bisa didapatkan dengan harga yang ekonomis, tapi memiliki kandungan nutrisi yang melimpah, seperti lemak sehat, kalsium dan protein nabati. Sebenarnya, tahu merupakan produk olahan dari kacang kedelai yang menjadi makanan favorit.

Tofu Natural Non GMO SESA /276 g

  1. Minyak Zaitun

Olivoila Extra Virgin Olive Oil 250 mL

Minyak zaitun mengandung vitamin E, vitamin K, lemak tak jenuh tunggal, kalori, dan antioksidan. Biasanya, minyak zaitun digunakan sebagai bahan masakan atau campuran pada salad.

Mengonsumsi minyak zaitun bisa memberikan efek pada kesehatan tubuh, salah satunya adalah mencegah resiko penyakit jantung. Namun sayangnya, nggak semua orang suka mengonsumsi minyak zaitun ini.

______________________________________________________________________

BACA JUGA: Makanan Khas Jawa Barat yang Harus Kamu Beli Saat Berlibur Nanti

Nah, Blibli Friends sudah tahu kan pentingnya mengonsumsi bahan makanan yang menganduk lemak baik bagi tubuh. Sempat atau nggak sempat, Blibli Friends harus menyempatkan diri buat mengonsumsinya, lho. Semua makanan di atas juga bisa Blibli Friends dapatkan di Supermarket Online Bliblimart.

BELANJA PRODUK SEGAR DAN GROCERIES DI BLIBLIMART SEKARANG!