me

Rekomendasi Makanan yang Mengandung Protein Tinggi

Nov 12, 2022.By Blibli Friends
Bagikan

unlockphoto.com

Makanan yang Mengandung Protein – Untuk menjaga kesehatan, Blibli Friends perlu mendapatkan asupan yang bergizi. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang mengandung protein. Makanan ini sehat dan mengenyangkan. Di samping itu, protein dapat membantu menghilangkan lemak perut dan meningkatkan massa otot.

Maka dari itu makanan kaya protein bisa ikut membantu menurunkan berat badan. Menurut tabel Angka Kecukupan Gizi (AKG), angka standar kecukupan protein masyarakat Indonesia usia 17-60 tahun adalah sekitar 56-59 gram per hari buat perempuan, dan 62-66 gram per hari buat laki-laki.

Nah, sekarang, mari kita lihat makanan apa aja yang tinggi kandungan protein, buat jadi sumber asupan kamu.

_________________________________________

Baca juga: Nyulap Mie Instan Jadi Makanan Sultan Biar Gak Bosen

15 Rekomendasi Makanan yang Mengandung Protein Tinggi

Berikut makanan yang banyak mengandung protein:

  • Telur

unsplash.com

Satu butir telur mengandung 6 gram protein dan 78 kalori. Putih telur lebih baik buat dikonsumsi karena tinggi kandungan protein dan murni nggak mengandung lemak. 

Telur juga merupakan makanan tinggi protein yang sehat dan bergizi. Soalnya, telur ini punya kandungan nutrisi lain seperti lemak sehat, vitamin, mineral dan antioksidan yang berfungsi buat melindungi mata, serta menjadi nutrisi otak.

  • Kacang Almond

unsplash.com

Kacang almond mengandung protein sebanyak 6 gram per 1 ons. Nah, almond ini adalah jenis kacang yang populer banget. Banyak makanan ringan yang juga menggunakan campuran bahan almond.

Nggak cuma rasanya yang gurih. Almond juga punya banyak kandungan nutrisi penting, seperti serat, magnesium, mangan dan vitamin E. Nggak heran kalau kacang yang satu ini sehat buat dikonsumsi.

  • Dada Ayam

thespruceeats.com

Satu dada ayam tanpa kulit memiliki kandungan protein sebanyak 53 gram dan 284 kalori. Nah, dada ayam ini adalah salah satu sumber protein yang lezat dan gampang buat diolah.

Soalnya, dada ayam mudah dimasak. Tapi, yang penting kamu tahu cara memasaknya yang benar. Selain itu, dada ayam ini bakal lebih menyehatkan kalau dikonsumsi tanpa kulit.

  • Gandum

unsplash.com

Gandum mentah mengandung kadar protein sebesar 13 gram dan 303 kalori. Berkat kandungan nutrisi yang dimilikinya, nggak heran kalau gandum termasuk salah satu makanan yang paling sehat.

Selain memiliki banyak kandungan protein, gandum juga mengandung nutrisi lain seperti serat sehat, vitamin B1, magnesium, mangan dan masih banyak lagi. Gandum adalah pilihan asupan tepat buat kamu.

  • Keju Cottage

timesofindia.indiatimes.com

Kamu suka keju? Keju merupakan salah satu makanan berprotein tinggi. Secangkir keju cottage yang memiliki 2% lemak mengandung 27 gram protein dan ini termasuk tinggi, juga memiliki 194 kalori. 

Nah, keju cottage ini tergolong rendah lemak dan kalori. Selain protein yang tinggi, keju cottage juga mengandung nutrisi penting lainnya, seperti vitamin B2 dan B12, kalsium, fosfor, selenium dan lain-lain.

  • Yogurt

thedairyalliance.com

Yogurt dengan berat 170 gram memiliki kandungan 17 gram protein dan ini adalah angka yang tinggi. Selain itu, ada kandungan 100 kalori. Ini menjadikan yogurt salah satu sumber protein yang menyehatkan.

Apalagi, yogurt juga banyak mengandung nutrisi lainnya yang diperlukan tubuh. Di samping itu, yang menyenangkan dari yogurt adalah rasanya lezat, dengan tekstur yang lembut sehingga mudah dikonsumsi.

  • Susu Tinggi Protein

freepik.com

Satu cangkir susu dengan kandungan lemak 1% mengandung 8 gram protein dan 103 kalori. Makanya, susu merupakan minuman bergizi tinggi. Tapi, memang nggak semua orang suka minuman susu.

Padahal, selain kaya protein, susu juga kaya kandungan nutrisi tunggal yang diperlukan tubuh manusia. Susu mengandung banyak kalsium, fosfor dan juga vitamin B2 yang penting untuk tubuh.

  • Daging Sapi

seriouseats.com

Pilih daging sapi tanpa lemak yang lebih menyehatkan. Daging sapi dengan berat 85 ons yang dimasak, dan memiliki 10% lemak, punya kandungan 22 gram protein dan 184 kalori.

Daging sapi ini nggak cuma mengandung nutrisi tinggi. Tapi, rasa daging juga lezat. Selain itu, daging cocok diolah jadi makanan apa saja. Mulai dari lauk bahkan sampai makanan ringan dan kue.

  • Ikan Tuna

betterme.world

Satu ons tuna memiliki kandungan 30 gram protein dan 157 kalori. Tuna ini merupakan salah satu ikan yang sangat kaya nutrisi terutama lemak omega-3.

Selain itu, ikan tuna punya kandungan lemak dan kalori rendah. Oleh karena itu, sebagian besar kandungan di dalamnya merupakan protein yang memiliki kadar yang tinggi.

  • Udang

istockphoto.com

Satu ons udang memiliki kandungan 24 gram protein dan 99 kalori. Jadi, udang emang termasuk makanan laut yang menjadi sumber protein yang tinggi. Udang juga punya kandungan lemak yang rendah.

Walaupun udang punya kandungan kalori yang rendah, tapi ada banyak banget nutrisi lainnya. Mulai dari selenium, vitamin B12 sampai lemak omega-3. Jadi, udang baik dikonsumsi buat kesehatan.

  • Kentang

unsplash.com

Mungkin lebih banyak yang mengenal kentang, sebagai salah satu makanan karbohidrat bertepung. Tapi, kentang punya kandungan protein yang tinggi, lho. 

Satu kentang berukuran sedang mengandung sampai 4 gram protein. Hanya saja, kalau mengonsumsi kentang, perhatikan porsinya, ya. Soalnya kentang punya cukup banyak kalori. 

  • Brokoli

healthline.com

Dalam 96 gram brokoli cincang, terdapat kandungan 3 gram protein dan 31 kalori. Nah, sayuran hijau ini mengandung protein sampai 33% dari total seluruh kalorinya. 

Nggak cuma itu aja, brokoli juga banyak mengandung nutrisi penting. Di dalamnya ada kandungan vitamin C, vitamin K, serat dan juga kalium.

  • Kacang

unsplash.com

Nah, kacang juga merupakan salah satu makanan dengan kandungan protein tinggi, yaitu sampai 18% dari jumlah total kalori yang ada di dalamnya. 

Satu ons atau 28 gram kacang mengandung 7 gram protein dan 161 kalori. Seperti kentang, kalori kacang juga terbilang cukup tinggi. Jadi, kamu bisa mengonsumsinya dalam takaran yang wajar aja.

  • Alpukat

freepik.com

Kandungan protein dalam buah alpukat terbilang tinggi. Setiap 3,5 ons atau 100 gram alpukat memiliki kandungan 2 gram protein dan 15 gram lemak baik.

Buah alpukat merupakan makanan mengandung protein, yang juga banyak memiliki nutrisi penting lainnya. Ada juga kandungan serat dan lemak tak jenuh yang bagus buat kesehatan.

  • Tempe

femina.co.id

Tempe merupakan makanan kesukaan orang Indonesia. Nggak cuma rasanya yang gurih, tapi manfaat lainnya yaitu tempe menjadi sumber protein yang tinggi.

Di dalam 3 ons atau 84 gram tempe, terdapat kandungan 15 gram protein. Kemudian, tempe juga mengandung vitamin, mineral, prebiotik, dan sedikit sodium serta karbohidrat. 

_________________________________________

Baca juga: Makan Makanan yang Berserat biar Perut Bapak Gak Offside Lagi

Nah, sekarang kamu udah paham lebih banyak tentang makanan tinggi protein. Kamu bisa masukkan makanan ini ke dalam menu sehat untuk dikonsumsi sehari-hari. Ada banyak banget pilihan makanannya. Kamu tinggal mengolah makanan kesukaanmu buat dijadikan sumber protein.

Dengan rajin konsumsi makanan yang mengandung protein, berat badan bisa terjaga tetap ideal. Salah satu makanan kaya protein yang enak banget dan bisa diolah jadi apa aja, adalah daging. Dapatkan daging berkualitas terbaik di Blibli! Produknya lengkap dan banyak promonya.

Tag:

Artikel Kategori Terkait

Artikel Tag Terkait

Artikel Penulis Terkait

Lihat Artikel Lainnya