Makanan Khas Jawa Barat yang Harus Kamu Beli Saat Berlibur Nanti

Sumber: inews.id

Berlibur akan kurang bila tidak tahu apa saja pilihan makanan khas Jawa barat. Wisata kuliner sekaligus wisata biasa pada umumnya bisa jadi kombinasi sempurna. Kamu bisa mengunjungi tempat-tempat wisatanya, juga bisa sekalian mencoba jajanan asli sana.

Harus tahu, berikut adalah beberapa makanan khas Jawa Barat yang populer dan tak sulit dicarinya.

BACA JUGA: Rekomendasi Snack Lokal Indonesia

_____________________

1. Karedok

Karedok
Image Source: sumber.com

Sudah pernah dengar nama karedok selama ini? Karedok merupakan salah satu warisan kuliner nusantara tertua asal Sunda. Di awal idah kamu harus beradaptasi dulu dengan rasanya, sebab cita rasa makanan asli Sunda ini cukup unik sehingga mungkin belum kamu rasakan sebelumnya.

Bahan pembuatnya antara lain kacang panjang, kacang tanah, timun, tauge, dan masih banyak lagi. Penyajiannya adalah dengan saus sambal yang dituangkan. Biasa disajikan dengan kerupuk, sebab bagi mereka yang belum terbiasa karedok ini terasa pedas.

2. Nasi Tutug Oncom

Masih membahas makanan khas Sunda yang rasanya sama uniknya. Nasi Tutug Oncom, bisa dijadikan menu makan siang saat berlibur di Jawa Timur. Apalagi saat berlibur di daerah Bandung, jangan sampai kelewatan untuk coba.

Porsinya biasa berukuran besar, kamu bakal merasa kenyang banget setelah memakannya. Apa yang akan disajikan adalah satu papan oncom, dua porsi nasi, dan lauk-pauk yang lengkap. Originalnya, lauk pauk yang disajikan adalah tempe, tahu, ayam serundeng, karedok, dan sambal.

Otentiknya memang begitu, lauknya banyak dan ada dua porsi nasi. Namun mungkin yang kamu jumpai nanti lebih kecil porsinya karena menyesuaikan dengan kebutuhan wisatawan. Kamu sendiri juga mungkin tidak habis mampu bila harus menghabiskan dua porsi nasi dalam satu piring dengan banyak pilihan lauk.

3. Seblak

seblak bandung

Tanpa harus ke Jawa Barat memang benar kamu sudah bisa temukan penjual seblak. Namun percayalah, seblak di luar Jawa Barat dengan yang di dalam provinsi rasanya akan berbeda. Makanya, selagi berada di Jawa Barat jangan lupa untuk cobain seblak versi asli.

Untuk kamu yang belum tahu, seblak ini adalah makanan kuah yang bisa berisi topping apa saja. Ada yang diisi dengan mie dan cakar ayam, juga ada yang berisi telur, mie, dengan kerupuk. Bakso, ayam, kol, sosis, hingga caisim juga bisa menjadi topping nya, akan disajikan sesuai dengan yang dipesan.

Rasanya sangat pedas, namun paling nikmat dikonsumsi saat masih panas-panasnya. Terbayang dengan nuansanya?

4. Sate Maranggi

Sate Maranggi Sapi
Image Source: resepkumasak.web.app

Keluar dari Bandung, saat memasuki Purwokerto kamu akan menemukan makanan khas sana seperti sate maranggi. Sate daging sapi yang diolah khusus dengan daun pepaya dan air asam jawa. Berbeda dengan sate pada umumnya, saat merasakan langsung kamu akan menemukan perbedaannya.

5. Pepes Tahu

Murah Meriah, Resep Pepes Tahu Jamur Kemangi untuk Sahur
Image Source: akurat.co

Belum wisata kuliner di Jawa Barat namanya kalau kamu belum tahu bagaimana rasanya pepes tahu. Boleh jadi di kotamu yang sekarang ada yang jual pepes tahu. Namun sekali lagi, ada jaminan rasanya akan beda dengan pepes tahu yang dijual di tempat asal aslinya.

Terbuat dari tahu yang dihancurkan dan dicampur dengan banyak rempah-rempah dan pepes tahu merupakan salah satu lauk yang banyak digemari oleh masyarakat sekitar. Sehingga lauk ini sangat cocok menjadi pilihan ketika kamu sedang berlibur.

_____________________

BACA JUGA: Daftar Makanan Enak di Bali, Jangan Sampai Kelewatan

Cari makanan-makanan di atas semakin mudah di Blibli. Kamu hanya perlu memasukkan nama makanan khas Jawa Barat yang ingin dicoba, dan keluarlah info di mana bisa menemukannya. Dengan review, alamat, dan info harganya, kulineran di Jawa Barat jadi lebih oke.

Temukan Kuliner Terbaik Khas Indonesia di Sini!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY