me

10 Jenis-Jenis Minuman Kopi yang Bisa Kamu Coba

Oct 06, 2023.By Blibli Friends
Bagikan

coffeeaffection.com
Simak jenis-jenis minuman kopi yang bisa kamu coba!

Jenis Minuman Kopi  Kopi menjadi salah satu minuman yang paling banyak diminum oleh masyarakat, baik itu pria maupun wanita. Biasanya, kopi ini diminum pada waktu pagi hari sebelum memulai aktivitas ataupun di malam hari saat sedang santai. Menariknya, kopi menjadi minuman yang bisa dinikmati oleh siapa aja dari berbagai kalangan. Wajar aja kalau beberapa tahun ini banyak bermunculan coffee shop.

Hal itu dilihat dari banyaknya peminat minum kopi dan paling sering adalah anak muda hingga orang dewasa. Semakin terkenalnya minuman kopi ini, ada pula istilah kopdar atau kopi darat yang diartikan untuk interaksi sosial para anak muda sambil nongkrong. Disamping itu, saat kamu berkunjung ke kedai kopi, kamu juga bakal ditawarkan dengan berbagai menu kopi.

Baca juga :


Jenis-Jenis Minuman Kopi

Sama seperti minuman teh, kopi memiliki berbagai jenis dan biasanya nama-nama kopi ini diambil dari bahasa Inggris. Mungkin yang kamu tahu diantaranya ada Americano, Espresso, Cappuccino, Latte, Affogato, Long Black, Cold Brew, dan masih banyak lagi. Tapi, ternyata masih banyak lagi jenis kopi yang bisa kamu nikmati saat bosan dengan menu-menu yang disebutkan sebelumnya.

Nah, untuk kamu yang penasaran, berikut ini jenis-jenis minuman kopi yang bisa kamu nikmati!

Americano

Jenis-Jenis Minuman Kopi
foodandwine.com

Jenis kopi yang pertama ini mungkin sudah banyak yang tahu, memang benar rasanya mirip seperti kopi hitam pada umumnya. Americano ini dibuat dari espresso shot yang dicairkan bersama air panas dan tekanan, sehingga dapat menghasilkan ekstrak kopi yang kental.

Tapi, jika dibandingkan dengan rasa espresso, americano ini lebih ringan, ya. Buat kamu yang mungkin ingin mencoba americano di rumah, kamu bisa menuangkan espresso terlebih dahulu ke dalam wadah gelas, lalu tambahkan air panas.

Espresso

Jenis-Jenis Minuman Kopi
coffeehero.com.au

Sempat disinggung sebelumnya, jenis kopi ini memiliki rasa pahit yang sangat pekat. Memang tampilan espresso ini sangat sederhana, namun untuk rasanya sulit diminum terutama bagi pemula. Terlebih lagi, espresso ini memiliki tekstur yang lebih kental.

Selain itu, espresso ini biasanya disajikan sendiri atau bisa juga dicampurkan bersama jenis minuman lainnya sebagai dasar, seperti latte atau macchiatos. Dari cara penyeduhan sedikit mirip dengan americano, tapi untuk espresso ini menggunakan tekanan uap, ya.

Black Coffee

Jenis-Jenis Minuman Kopi
healthifyme.com

Jenis kopi yang ketiga ini juga ada dari black coffee atau kopi hitam. Jenis kopi ini seringnya disukai oleh orang dewasa, nih. Salah satu ciri khas black coffee ini sama seperti jenis kopi sebelumnya, yaitu sederhana.

Tapi, black coffee dibuat dari biji kopi bubuk yang sebelumnya sudah direndam dengan air panas, lalu disajikan bersama air hangat. Selain itu, black coffee ini juga memiliki nama lain yang terdengar mewah, yaitu cafe noir.

Latte

foodandwine.com

Berikutnya, ada jenis kopi dari latte yang juga termasuk dikenal di dunia. Latte ini dibuat dari kopi espresso dan steamed milk serta menggunakan sedikit busa pada bagian atasnya. Biasanya, latte ini juga bisa dibuat dengan rasa original atau dengan tambahan perasa lain, seperti vanilla dan kayu manis.

Mungkin menu latte ini juga sudah banyak dikenal dengan bentuk latte art-nya, yaitu seni menggambar bentuk yang berada di atas busa kopi ini. Tapi, perlu kamu tahu latte ini beda dengan cappuccino, ya.

Cappuccino

nescafe.com

Diantara kamu mungkin masih ada yang bingung dengan cara pembuatan latte dan cappuccino. Nyatanya, kedua jenis kopi ini berbeda dan cappuccino ini menggunakan busa atau foam yang lebih banyak. Selain itu, cappuccino juga menggunakan steamed milk yang cukup sedikit.

Menariknya, cappuccino ini juga diberi taburan bubuk kakao atau atau kayu manis pada bagian atasnya. Biasanya, pada bagian atas cappuccino inilah yang dibentuk menjadi seni atau pola sesuai keinginan pembuatannya. Bukan cuma itu, beberapa cappuccino juga menggunakan krim untuk pengganti susu atau bisa juga sebagai penambah rasa, ya.

Doppio

doppiocoffeehouse.com

Jenis kopi yang lainnya juga ada dari doppio atau dalam dunia perkopian juga disebut dua sloki espresso. Pada umumnya, doppio ini didapatkan dari double coffee filter yang ada di portafilter. Biasanya dalam satu doppio ini berisikan 60 ml, yang mana dua kali lipat dari satu sloki espresso.

Seringnya doppio ini diminum oleh para pecinta kopi yang memang membutuhkan semangat atau energi ekstrak sebelum memulai aktivitasnya. Nama doppio sendiri diambil dari bahasa Italia, yang artinya adalah rangkap dua. 

Macchiato

portfoliocoffee.ca

Jenis kopi selanjutnya yaitu ada macchiato, yang mana merupakan kopi berbahan dasar dari espresso dan memiliki sedikit busa pada bagian atasnya. Macchiato sendiri diambil dari bahasa Italia, yang berartikan noda atau tanda.

Maksud dari macchiato ini adalah steamed milk yang digunakan meninggalkan permukaan espresso ketika dituangkan ke dalam minuman tersebut. Selain itu, ada juga macchiato yang menggunakan sirup perasa sebagai tambahan dan tergantung pada keinginan pelanggan.

Mocha

athome.starbucks.com

Jenis kopi satu ini juga sering dipesan di berbagai coffee shop, karena rasanya yang nggak terlalu pahit. Mocha sendiri termasuk minuman kopi yang dibuat dari espresso, coklat, steamed milk, dan foam. Biasanya, mocha ini dipesan oleh pelanggan yang menyukai rasa coklat.

Selain itu, mocha ini merupakan paduan unik dari kopi dan coklat panas. Bubuk atau sirup coklat yang digunakan untuk mocha ini memberikan rasa yang lembut dan mengurangi rasa asam dari espresso yang dipakai.

Flat White

athome.starbucks.com

Ada juga flat white yang menjadi salah satu jenis kopi yang berasal dari Australia dan New Zealand. Flat white sendiri terdiri dari campuran cappucino tanpa menggunakan foam atau taburan coklat. Maka dari itu, banyak juga yang mengatakan kalau flat white ini hampir mirip dengan cappuccino.

Tapi, untuk flat white memiliki rasa yang lebih intens dengan kopinya, karena minuman ini lebih banyak mengandung espresso. Jadi memang flat white ini sering disarankan untuk kamu yang suka dengan minuman kopi susu, ya.

Affogato

thespruceeats.com

Terakhir, jenis minuman kopi lainnya juga ada affogato yang disajikan bersama satu sendok es krim dan satu hingga dua gelas espresso. Affogato sendiri berasal dari Italia dan memiliki arti, yaitu tenggelam atau bisa dimaksud dengan es krim yang berada di dalam gelas affogato ini.

Menariknya, affogato memiliki rasa kelezatan yang perlu kamu coba, karena sering dijadikan sebagai dessert dan dinikmati sesudah makan. Biasanya, es krim yang digunakan untuk affogato ini adalah rasa vanila, sebab rasanya membuat kopi menjadi netral.


Baca juga :

Nah, untuk kamu yang ingin mencoba minuman kopi seperti jenis di atas, bisa langsung temukan produk bubuk kopi yang asli di Blibli. Bukan cuma menghadirkan bubuk kopi asli, di Blibli kamu juga bisa temukan produk kopi instan yang memiliki rasa enak dan terdiri dari berbagai merek terkenal, ya.