me

Resep Lapis Daging Nikmat Lengkap dengan Bahannya

May 08, 2024.By
Bagikan

Simak dulu resep lapis daging berikut sebelum belanja bahannya.

Sekilas dilihat saat disajikan, lapis daging memang terlihat seperti rendang karena bumbunya yang berwarna coklat tua. Padahal kalau diperhatikan lagi, lapis daging irisannya lebih tipis dibandingkan rendang. Nah, buat yang belum pernah mencoba menyantapnya, mungkin penasaran dengan resep lapis daging dan bagaimana cara membuatnya? Yuk, temukan infonya di bawah ini!


Apa Itu Lapis Daging?

Apa itu Lapis Daging
Kompas.com

Lapis daging adalah hidangan dari daging sapi yang diiris tipis-tipis setelah itu di celupkan ke telur kocok, lalu digoreng. Hidangan ini asalnya dari Jawa Timur, tepatnya kota Probolinggo. Cara memasak yang unik dengan mencampurkan daging dan telur, lalu dengan berbagai bumbu lainnya membuat cita rasa lapis daging jadi lebih gurih. 

Apakah harus selalu pakai daging sapi? Lapis daging yang paling sering disajikan memang bahan dasarnya menggunakan daging sapi, tapi bukan berarti nggak boleh diganti. Resep ini juga bisa kok menggunakan daging kambing. Salah satu pilihan daging sapi terbaik adalah Daging Sapi Beef Slice Premium Halal & Higienis 250 gram Frozen Food Import dari Australia yang sudah dipotong tipis.

Kebanyakan resep lapis daging Jawa Timur menggunakan daging sapi has sebagai bahan utama. Daging has ini kemudian diiris-iris tipis sesuai selera. Sama juga kalau menggunakan daging kambing, biasanya dipilih daging utuh, baru diiris-iris. Meski begitu, pilihan daging beku yang sudah diiris lebih praktis dan tetap oke digunakan. Proses memasaknya jadi nggak terlalu repot, kan?

Resep Lapis Daging

Resep Lapis Daging
Topwisata.info

Tertarik memasak lapis daging untuk disantap bersama seluruh anggota keluarga dan orang-orang terdekat? Tentu harus menyiapkan dulu alat apa saja yang dibutuhkan, bahan-bahan utama serta pelengkapnya, dan tentu resep lapis daging yang dijamin nikmat. Berikut ini info selengkapnya:

Alat yang Dibutuhkan

Apa saja alat yang harus dipersiapkan di dapur sebelum membuat lapis daging? Ini dia daftar lengkapnya:

  • Pisau 
  • Talenan
  • Alat pemukul daging
  • Wajan anti lengket
  • Sendok masak anti panas
  • Piring saji. 

Bahan yang dibutuhkan

Sementara itu, bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat lapis daging khas Jawa Timur adalah:

BAHANJUMLAH
 Daging has sapi750 gram 
 Telur ayam2 butir 
 Bawang putih3 siung 
 Bawang bombai100 gram 
 Cengkih 2 buah 
 Pala1 buah 
 Tomat merah2 buah 
Mentega5 sdm
Kecap manis50 ml
Garam1 sdt
Merica bubuk½ sdt
Air 500 ml
Peterseli cincang1 sdt
Kentang 150 gram
Wortel 150 gram

Cara Membuat Lapis Daging

Cara Membuat Lapis Daging
Bango.co.id

Kalau semua peralatan dan bahan yang dibutuhkan sudah siap, sekarang saatnya mulai memasak lapis daging. Yuk, ikuti langkahnya satu demi satu di bawah ini: 

1. Potong Daging

Kalau Blibli Friends menggunakan daging has utuh, maka potong dulu dagingnya sebelum dimasak. Cara memotongnya adalah melintang dengan ketebalan 1 cm saja. Sebaiknya jangan terlalu tebal, supaya lebih mudah proses menipiskannya nanti. 

2. Pukul Daging Hingga Tipis

Sudah dipotong-potong, sekarang saatnya menipiskan irisan daging dengan bantuan alat pemukul daging. Kalau Blibli Friends menggunakan daging beku irisan, langsung saja ke tahap ini. Siapkan talenan, lalu mulai pukul-pukul daging hingga bentuknya jadi melebar dan pastinya lebih tipis. 

3. Bumbui Daging

Semua irisan daging sudah dipukul hingga rata dan melebar? Sekarang saatnya dibumbui. Siapkan wadah yang cukup untuk membumbui daging. Siapkan wadah yang cukup lalu kocok telur dan bumbui dengan ½ sdt garam dan ½ sdt merica bubuk. Setelah itu, celupkan irisan daging tipis ke dalamnya dan aduk hingga rata. 

4. Goreng Daging

Siapkan wajan anti lengket dan panaskan 2 sdm mentega dengan api sedang. Setelah mentega meleleh, masak daging yang sudah dilumuri telur hingga warnanya berubah. Setelah matang, angkat daging dan sisihkan terlebih dahulu. 

5. Tumis Bumbu

Setelah itu, masukkan sisa mentega di wajan yang sama. Setelah mentega meleleh, masukkan bawang putih yang sudah dicincang halus dan bawang bombai yang sudah dicincang kasar, tumis keduanya hingga harum. Masukkan kembali daging, lalu tambahkan air. Kemudian masukkan juga pala, tomat, ½ sdt garam dan kecap manis ke dalamnya.

6. Koreksi Rasa

Masak semua bahan dengan api sedang. Aduk sesekali agar bumbu benar-benar meresap ke dalam daging. Pastikan Blibli Friends memasak hingga semua bahan sudah benar-benar matang. Koreksi rasa dan tambahkan bumbu sesuai selera. Kalau kuahnya sudah tinggal sedikit, maka saatnya mematikan kompor dan proses memasak bahan utama pun selesai.

7. Masak Bahan Pelengkap

Supaya lapis daging lebih lengkap dan ada sayurnya, kita bisa tambahkan dengan kentang dan wortel. Pertama, iris kentang dan wortel sesuai selera, dalam potongan yang nyaman untuk sekali gigit. Setelah itu kukus keduanya. Saat dikukus, boleh ditambahkan dengan sedikit garam. 

Lalu panaskan sedikit mentega untuk menumis sebentar kentang dan wortel yang sudah dikukus. Setelah lapis daging matang, kentang dan wortel kukus bisa disajikan bersamaan, lalu taburi dengan peterseli cincang.

Tips Menyajikan Lapis Daging

Tips Menyajikan Lapis Daging
herstory.co.id

Untuk menambah selera makan, berikut ini cara menyajikan lapis daging agar tampilannya lebih menarik:

  • Pilih piring saji warna putih bersih lalu letakkan lapis daging di bagian tengah
  • Piring lain yang juga cantik untuk lapis daging adalah piring saji dari kayu
  • Untuk menambah warna, bisa gunakan daun kemangi untuk hiasan di tengah sajian
  • Tambahkan juga dengan peterseli cincang untuk mempercantik. 

Tips Memilih Bahan Lapis Daging Terbaik

warisankuliner.com

Semua bahan makanan harus diperhatikan sumbernya, terutama daging sapi. Pastikan juga kamu memilih kecap yang terjamin kualitasnya seperti Bango 68582213 Kecap Manis 210 mL yang dibuat dari kedelai hitam terbaik yang rasanya sudah terjamin. 

Pilih toko daging yang terpercaya dan pastikan untuk memilih warna daging yang masih segar. Hindari membeli daging sapi yang warnanya sudah agak kusam. Cium aroma yang keluar dari daging apakah masih segar atau sudah kurang sedap. Hindari membeli daging yang sudah nggak segar lagi. Perhatikan juga waktu kedaluwarsanya. 


Itu dia resep lapis daging nikmat, lengkap dengan bahan-bahan yang diperlukan. Khusus untuk bahan-bahannya, bisa Blibli Friends dapatkan dengan harga miring di Promo Festival Jajanan Bango yang diselenggarakan Blibli! Yuk, belanja bahannya sekarang dan supaya nggak ketinggalan promo menariknya!

Tag: