me

Resep Nugget Daging Sapi Wortel, Lebih Nikmat, Lebih Sehat!

May 08, 2024.By Blibli Friends
Bagikan

cookingwithchefbryan.com
Buat stok lauk di rumah, kenapa nggak coba bikin resep nugget daging sapi wortel ini?

Makanan frozen atau beku sering menjadi pilihan untuk lauk di rumah. Selain karena rasanya yang enak dan gampang memasaknya, makanan beku juga nggak gampang rusak karena tinggal dimasukkan ke dalam freezer. Contohnya nugget. Produk olahan daging ayam ini merupakan favorit seluruh keluarga terutama anak-anak.

Walaupun banyak tersedia di swalayan, nggak ada salahnya lho, kamu mencoba membuat nugget sendiri untuk si Kecil. Selain lebih terjamin gizinya, nugget homemade begini juga minim bahan pengawet yang nggak bagus buat kesehatan. Biar nggak bosen, coba deh, kali ini gunakan daging sapi sebagai bahan utamanya. Berikut ini adalah resep nugget daging sapi wortel yang nikmatnya jempol dua!

Baca juga: Resep Makanan Sehat yang Mudah dan Praktis


Tentang Nugget Daging Sapi Wortel

Tentang Nugget Daging Sapi Wortel
fimela.com

Tahu nggak sih, bahwa sebenarnya nugget udah ada di dunia sejak tahun 1950an? Seorang ilmuwan makanan di Cornell University, Amerika Serikat, mencoba mengembangkan makanan dari daging ayam yang digiling, kemudian dicelupkan ke dalam adonan yang dibumbui lalu digoreng. Voila! Jadilah yang namanya chicken nugget.

Sayangnya, menurut penelitian, kebanyakan nugget ini memiliki kandungan lemak yang tinggi akibat penggunaan daging ayam yang kurang dipilih dengan baik. Menggorengnya dengan minyak yang udah nggak layak juga makin menambah kandungan lemak jahatnya sehingga disebut-sebut dapat memicu obesitas. Belum lagi kandungan bahan pengawetnya karena ada juga nugget yang dijual beku.

Padahal, sebenarnya nugget juga banyak gizinya karena daging ayam merupakan sumber protein. Namun, memang pengolahannya musti lebih diperhatikan. Solusinya, kamu bikin nugget sendiri di rumah agar bahan hingga cara memasaknya terpantau dengan seksama. Nah, kali ini coba deh, menggunakan daging sapi yang kaya zat besi dan protein sebagai bahan utamanya. Pasti lezat dan sehat!

Resep Nugget Daging Sapi Wortel

Resep Nugget Daging Sapi Wortel
momsindonesia.com

Buat yang udah penasaran dengan nugget daging sapi wortel, di bawah ini ada resep lengkapnya. Supaya proses pembuatannya lebih mudah dan cepat, pastikan kamu menyiapkan alat dan bahannya dulu. Satu lagi, pilih daging sapi yang bagus dan minim lemak ya, agar nugget buatanmu tinggi gizi tapi rendah lemak yang membahayakan kesehatan. Yuk, kita mulai!

Alat yang Dibutuhkan

Belum pernah mencoba nugget daging sapi wortel sebelumnya? Nggak masalah. Jangan takut gagal dulu karena alat dan bahannya aja sederhana. Apalagi cara pembuatannya yang tinggal iris-iris, celup dan goreng. Sambil baca resepnya, yuk, siapkan alat yang dibutuhkan:

  • Food chopper
  • Mixing bowl
  • Mangkok
  • Loyang
  • Kuas roti
  • Kukusan
  • Pisau
  • Penggorengan

Bahan-Bahan

Udah lengkap semua nih, alat yang dibutuhkan untuk membuat nugget daging sapi wortel? Kalau udah, kini saatnya kamu menyiapkan bahan-bahannya. Baca dengan teliti ya, supaya nggak ada bahan yang tertinggal dan bikin kamu kerepotan saat proses memasak. Bahan-bahan yang dibutuhkan dibagi menjadi dua yaitu bahan utama dan bahan pelapis, sebagai berikut:

Bahan Utama:

  • 250 gr daging sapi has dalam
  • 1 lembar roti tawar kupas, rendam menggunakan 5 sdm susu supaya lembut
  • 4 sdm tepung sagu
  • 1 buah wortel, serut halus
  • 2 butir telur ayam
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sdm bawang putih bubuk
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 1/2 sdm garam halus
  • 1/2 sdm kaldu sapi non msg (bisa diganti kaldu jamur)
  • 1 sdt merica bubuk

Bahan Pelapis:

  • 5 sdm tepung terigu
  • 200 gram tepung panir
  • Air secukupnya
  • Minyak untuk menggoreng nugget

Cocolan:

  • Saos sambal
  • Saos tomat
  • Mayonnaise

Cara Membuat

Sekarang kita masuk ke cara membuat nugget daging sapi wortel. Pastikan semua alat dan bahan ada dalam jangkauan tangan biar kamu lebih mudah saat membutuhkannya. Satu lagi, membuat nugget perlu waktu karena adonan harus dikukus dan dimasukkan dalam kulkas, jadi sabar dan pelan-pelan aja, ya.

  1. Masukkan daging sapi yang udah disiapkan ke dalam food chopper, proses hingga setengah halus.
  2. Setelah itu, tambahkan roti tawar yang udah direndam dengan susu, telur ayam, bawang putih, gula pasir, garam, kaldu dan merica. Proses kembali sampai daging benar-benar halus.
  3. Tuangkan adonan daging sapi yang udah dihaluskan ke dalam mixing bowl, kemudian masukkan tepung sagu dan serutan wortel ke dalamnya. Aduk-aduk hingga semua bahan tercampur rata.
  4. Panaskan kukusan sambil memersiapkan adonan dan loyang.
  5. Ambil loyang yang udah disiapkan, lalu olesi dengan minyak goreng menggunakan kuas roti.
  6. Pindahkan adonan daging dari mixing bowl ke loyang, masukkan ke dalam kukusan sekitar 30 menit atau sampai matang.
  7. Setelah nugget daging sapi wortel matang, jangan langsung dipotong. Biarkan dulu hingga benar-benar dingin baru dipotong atau cetak untuk menghindari tekstur yang terlalu lembek.
  8. Sambil menunggu nugget dingin, buat adonan pelapis dengan cara campurkan tepung terigu dengan air dalam mixing bowl, aduk rata. Pastikan adonan nggak terlalu encer. Sisihkan.
  9. Siapkan tepung panir dalam mangkok atau piring
  10. Potong nugget bentuk persegi atau sesuai selera
  11. Celup nugget ke dalam adonan pelapis, lalu ke tepung panir. Ulangi langkah ini 1 kali lagi jika dirasa perlu.
  12. Letakkan nugget yang udah dibalut tepung panir dalam wadah terpisah, simpan dalam kulkas selama setidaknya 30 menit supaya pelapis menempel.
  13. Goreng nugget dalam minyak panas hingga warnanya kuning keemasan. Sajikan nugget bersama cocolan mayonaise dan saus.

Langkah-langkahnya memang panjang tapi sebenarnya cukup mudah diikuti. Kalau ada sisa nugget yang belum digoreng, kamu bisa memasukannya lagi dalam kulkas. Jika ingin lebih awet hingga 3 mingguan, simpan nugget dalam wadah tertutup – misalnya food container—dan bekukan dalam freezer. Nanti jika ingin menggorengnya, jangan lupa untuk menguapkannya dulu supaya nugget nggak mudah gosong.

Sedikit tips penyajian. Agar lebih menarik untuk buah hati, pada step mengiris adonan nugget yang udah dikukus, kamu bisa menggunakan cetakan kue aneka bentuk, seperti bintang, bulan atau binatang. Bentuk yang unik dan lucu begini akan membuat si Kecil lebih semangat menikmati nugget daging sapi wortel buatanmu yang lebih sehat daripada nugget beku di luar sana.  


Baca juga: Resep Praktis Ala Sarwendah Buat Menu Harian Anak

Mencoba resep nugget daging sapi wortel bisa jadi kegiatan seru di dapur saat akhir pekan nanti. Namun, pastikan kamu udah menyiapkan bahan utamanya yaitu daging sapi dari sekarang yang bisa dibeli di Blibli. Dijamin segar dan berkualitas, belanja daging sapi 1 kg di Blibli makin happy dengan promo diskon sampai gratis ongkir. Makanya, buruan belanja biar semangat masaknya!